Friday, August 21, 2015

MY 7-DAYS FRUITS DIARY: Petualangan Hidup Sehat Bersama Buah-Buahan

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Siap sih yang mau sakit. Tidak ada kan? Begitu juga dengan saya. Saya menyadari sehat itu sangat penting dan sehat itu adalah masa depan. Sakit itu tidak enak, karena saya pernah mengalami. Makan tidak enak, tidur juga tidak enak, mau beraktivitas juga malas. Tapi kalau sehat, apapun bisa kita lakukan bukan?
Dalam upaya hidup sehat ini, selain makan makanan pokok setiap hari secara teratur saya juga menambahkan dengan makan buah-buahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apalagi kalau buah—buahan tersebut dikonsumsi setiap hari. Maka tubuh kita akan terpenuhi nutrisi dan gizi setiap harinya juga.

Kegemaran sejak kecil

I Love Fruits

Buah merupakan kegemaran saya sejak kecil bahkan sampai dengan sekarang. Segala macam buah saya sukai dan tidak pilih-pilih, mulai dari buah yang manis, asem, bahkan kecut tetap saya sukai. Entah mengapa sekarang itu mata saya lebih berbinar kalau melihat buah-buahan daripada makanan yang lainnya. Maka dari itu, kalau mau membawa oleh-oleh ke rumah mending bawa buah-buahan deh daripada bawa makanan lain seperti kue, roti, wafer, gorengan atau yang lainnya. Ngarep ya…Hi..hi..hi..

Di dalam keluarga saya, hanya saya yang paling doyan dengan buah, sedangkan adik-adik saya tidak ada yang doyan kecuali buah pisang. Seringkali buah-buahan yang ada hanya nongkrong saja di  meja ataupun di lemari es tanpa ada satupun yang mau menyentuhnya. Entah itu buah apel, jeruk, pir, semangka dan lainnya. Saking geregetnya melihat buah-buahan tersebut terlantar begitu saja, saya coba trik  dengan mengupas satu-satu buah tersebut. Lalu  saya bikin bumbu rujak manis dengan menggunakan gula merah, kacang goreng dan terasi serta sedikit cabe rawit. Setelah selesai saya ajak ortu dan adik-adik saya untuk makan rujak bersama. Alhamdulilah sih dengan dibikin rujak, buah-buahanku laris manis tak tersisa, sebab kalau rujak pasti pada suka deh. Terkadang sempat berpikir juga sih, apa iya mereka malas untuk mengupas buah atau memang tidak suka? Saya bingung sendiri. Sepertinya butuh trik khusus nih agar pada suka buah.
Dai dulu saya merupakan pencinta buah buahan. Mereka akan selalu menemani saya dan langkah hidup saya di setiap harinya. Tanpa mereka rasanya ada yang kurang deh.. sebab saya tahu mereka adalah bekal hidup dan investasi sehatku di masa depan. Dengan buah aku temukan cinta dalam hidupku. Dengan buah aku temukan hidup yang lebih berarti dari segalanya.

Oh ya.. saya juga mau memberikan tips sedikit nih buat siapa saja yang sampai detik ini tidak suka buah. Ini nih tipsnya:

1.      Bertekad dan berniat agar suka buah. Bagi yang tidak suka buah, ayolah mulai sekarang berniat untuk menyukainya. Tanamkan niat terlebih dahulu dalam hatimu, bahwa kamu itu suka buah. Sebab kalau tidak ada niat, gak bakalan jalan tuh wacana makan buah. Kalau sudah niat, baru deh tekadnya dipertahankan. Selamat mencoba.

2.      Bertekad untuk hidup sehat. Sudah tahu kan manfaat buah itu banyak sekali untuk kesehatan? Mulai sekarang bagi yang tidak suka buah , niatin dulu deh supaya kamu itu mau menjalani hidup sehat. Tanamkan setiap hari niatan itu, agar tekadmu untuk makan buah bisa langsung terealisasi. Jangan hanya niat saja ya, tapi pelaksanaannya juga.

3.      Mencoba untuk makan satu buah selama satu minggu. Biasanya ada yang tidak suka buah sama sekali bahkan ada yang suka buah tertentu. Kalau tidak suka buah tertentu, cobalah dengan cara ini yaitu membeli satu  buah lalu makanlah setiap hari. Hal ini harus dipaksakan. Misal nih gak suka apel. Belilah apel dan usahakan dalam sehari itu makan apel meskipun cuma seperempatnya saja. Ulangi lagi keesokan harinya sampai selama seminggu. Insyaallah deh kalau sudah dibiasakan lama-lama bakalan suka juga. Ibarat belajar hafalan ABCD, kalau setiap hari diulang-ulang pasti akan hafal kan? 

Saya terkadang heran lo dengan orang yang gak suka buah. Apa yang menjadi alasannya? Padahal buah itu enak sekali, manis, meskipun  terkadang ada yang asem tapi tidak pahit kok kayak jamu. Sekarang mau milih mana, buah apa jamu? Dua-duanya menyehatkan lo.

4.      Selalu siapkan buah di tempat yang mudah dilihat. Usahakan ya.. bagi yang gak suka buah, coba letakkan buah yang tidak kamu suka di meja yang mudah kamu lihat. Misal di meja makan. Otomatis kan setiap kali kita mau makan selalu terlihat buah ini. Nah.. paling lama-lama kamu bakalan jengah ingin memakannya.

5.      Pasang gambar-gambar buah yang menarik dan bikin ngiler untuk memakannya. Ini juga trik yang cukup ampuh lo... coba deh pasang gambar buah-buahan di meja makan kamu. Pasti deh bakalan bikin ngiler ya.

6.      Browsing-browsing manfaat buah buahan. Bagi yang tidak suka buah biasanya belum paham apa manfaat di balik buah tersebut. Sama seperti saya yang tadinya tidak menyukai jamu-jamuan. Saya sempat browsing manfaat umbi-umbian yang dibuat untuk jamu. Setelah tahu manfaatnya saya mulai berani deh minum segala macam jamu termasuk yang pahit.  Bahkan sekarang saya mencoba bikin sendiri jamunya. Ternyata jamu itu enak. Terapkan pada buah juga ya.

7.      Olah buah dengan berbagai macam olahan. Ini trik terakhir yang cukup ampuh. Buah tidak hanya bisa dimakan begitu saja. Tapi bisa diolah dengan berbagai macam olahan makanan. Misal dibuat es buah, dibuat puding, dibuat jus, dibuat rujak, bahkan dibuat cemilan kering dan kue juga bisa. Biasanya bagi yang gemar masak, suka mengotak-atik dan memvariasikan buah dengan berbagai olahan. Dijamin pasti dimakan sama yang tidak suka buah. Usahakan olahannya dibuat sesuka hatimu dan  semenarik mungkin.


Niat hidup sehat

Buah adalah makanan yang banyak sekali mengandung vitamin dan  mineral. Setiap buah mengandung berbagai macam gizi. Maka dari itu saya mulai rutin mengkonsumai buah sejak saya mulai bekerja. Selain trauma akan suatu penyakit yang menyebabkan saya harus dioperasi.  Juga trauma akan sakit ambeien yang baru-baru ini saya alami. Tidak hanya itu saja, saya juga ada niat untuk hidup sehat agar selalu bahagia. Ada yang tahu sakit ambeien itu apa? Menurut Wikipedia, Ambeien atau wasir adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat. Apalagi kalau BAB saya seringkali keras, maka ambeien saya kumat bahkan seringkali mengeluarkan darah dan terasa sakit. Untuk mengatasi agar BAB saya  encer, maka saya mengkonsumsi buah-buahan. Sebab buah-buahan bisa memperlancarkan sistem pencernaan seperti buah pepaya dan apel. Alhamdulilah setiap saya mengkonsumsi buah-buahan tersebut, saya tidak lagi mengalami kesulitan ketika BAB dan ambeien saya tidak kumat lagi. Doakan ya semoga cepat sembuh ambeiennya.

Kebiasaan makan buah untuk hidup sehat pun saya tularkan kepada suami. Beruntunglah suami mau mengikuti gaya hidup sehat saya. Walaupun tidak semua buah-buahan dia suka, terkadang saya agak sedikit memaksa dan terkadang pula membuat bermacam variasi dengan buah-buahan tersebut. Saya pun berusaha memaparkan manfaat-manfaat dari buah-buahan tersebut.

Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Food Combining.

Memang benar baru-baru ini pola hidup sehat mulai booming. Saya yang saat ini berniat hidup sehat mulai kepo dengan pola FC. Apa sih itu FC? Menurut Erikar Lebang, “Food Combining adalah pengaturan pola makan yang mengacu kepada sistem cerna tubuh terutama sistem cerna.Pola makan ini lebih mengacu ke mekanisme pencernaan alamiah tubuh dalam menerima jenis makanan yang serasi sehingga tubuh dapat memproses semua itu dengan baik dan mendapatkan hasil secara maksimal. Mengapa harus Food Combining? Karena kita mengincar kondisi yang bernama Homeostatis yaitu kondisi ideal dalam tubuh saat seluruh fungsi berjalan dengan sempurna.

Hmmm... setelah saya tahu, saya pun mulai menerapkannya sendiri. Walaupun belum total benar menjalankannya karena bagiku mengubah sesuatu yang sudah biasa dilakukan itu masih sulit dan setidaknya perubahan itu harus pelan-pelan dan bertahap. Saya mulai pola makan FC ini dengan meminum jeniper terlebih dahulu setiap bangun tidur yaitu perasan jeruk nipis dengan air hangat. Penerapan lainnya dengan makan buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan besar seperti nasi, ikan, sayur dan lainnya. Mengapa harus terlebih dahulu makan buah-buahan? Ya karena buah-buahan lebih mudah terserap lebih dahulu oleh organ-organ pencernaan di dalam tubuh dan waktu penyerapannya tidak lama. Sedangkan makanan karbohidrat dan protein serta lemak itu membutuhkan waktu yang lama untuk diserap oleh tubuh. Tak hanya itu saja. Buah-buahan pun menbantu menyaring dan membuang racun-racun di dalam tubuh kita. Maka dari itu sangat tepat kalau buah lebih dahulu dimakan ketika perut dalam kondisi kosong.

Investasi di Masa Tua.

Tahu kan buah-buahan itu banyak manfaatnya? Bila sejak dini kita sudah terbiasa makan buah-buahan dengan teratur, hal ini nantinya akan menjadi investsi kita di masa tua. Loh... apa hubungannya ya? Oke.. begini. Biasanya orang yang sudah tua atau berumur, akan sering mengalami berbagai macam penyakit. Nah sebenarnya hal itu bisa kita lihat dari bagaimana makanan yang kita konsumsi sejak muda. Sebab makanan yang kita konsumsi berhubungan dengan kesehatan kita nantinya. Maka dari itu bila kita terbiasa menerapkan pola hidup sehat  insyaallah di hari tua nanti tubuh kita pun tetap akan sehat dan dijauhkan dari segala macam penyakit seperti stroke, kolesterol, darah tinggi dan lainnya. Investasi ini gak mahal kok... cukup dengan makan banyak buah-buahan dan minum air putih secara teratur. Perlu diingat, meskipun sudah rajin makan buah-buahan seimbangkanlah dengan olahraga ringan yang teratur serta mempunyai pikiran yang santai dan tenang alias tidak stress. Stress pun bisa menjadi penyebab penyakit juga lo. Maka dari itu berinvestasilah sejak sekarang. Investasi sehat lebih utama dari segalanya. Nah... siapa sih yang mau sakit? Gak ada kan ya? 

Sunpride: Buah Lokal Banyak Manfaat

Singo Pear dari Sunpride

Pisang dari Sunpride

Sunpride ? Apa sih itu? Hmm..pertama mendengar nama ini dari sebuah blog seorang teman. Ternyata istilah Sunpride adalah nama merk buah lokal yang cukup keren dan terkenal. Saya pun jadi kepo. Seperti apa sih buah-buahan Sunpride itu? Saking penasarannya seperti apa buah Sunpride itu, kemudian saya blogwalking ke website sunpride. Di situ saya banyak menemukan artikel tentang buah Sunpride,  nama buah dan manfaatnya. Akhirnya saya mulai jatuh cinta dengan buah Sunpride ini. Sepertinya saya harus berburu buah Sunpride nih. Saya pun menjelajah pasar dan supermarket terdekat. Seringkali susah sih menemukan buah lokal Sunpride di pasar dan yang ada hanya pisang Sunpride saja. Buah Sunpride yang lain belum ada. Tapi tidak menyurutkan saya untuk makan buah-buahan. Saya pun mencoba mencari di supermarket dekat tempat tinggal saya dan saya menemukannya. Oke.. tak sabar saya untuk mencobanya. Nah..ini dia petualangan saya makan buah-buahan selama 7 hari.

My-7 Days Fruits Diary

Ini Buahku. Mana Buahmu?
Yayaya.... setelah berburu Sunpride dan hanya mendapatkan beberapa buah saja itu sudah menjadi kesenangan tersendiri. Dalam perjalanan selama 7 hari mengkonsumsi buah-buahan, saya akan mencoba merangkumnya sebagai diary saya bersama buah-buahan tercinta. Siapa tahu bagi yang tidak suka buah, bila membaca tulisan saya, jadi terinspirasi dan terbuka pikirannya agar menyukai buah. Semoga ya… Saya doakan.

Ini adalah sebuah perjalanan yang menjadi tantangan yang harus saya lakukan demi kecintaan saya terhadap buah. Tapi setelah tantangan ini berarkhir, saya tidak akan berhenti sampai disini.  Saya akan menantang diri saya untuk setiap hari rajin makan buah-buahan demi kesehatan. Yuks simak perjalanan saya berikut ini.

Hari ke-1, Senin 10 Agustus 2015

Di hari pertama ini kebetulan saya sedang puasa sunnah Senin Kamis. Sahur tadi sebelum makan nasi saya sempetin bangun tidur langsung minum jeniper dan sedikit buah seperti pepaya. Baru setelah itu saat berbuka saya makan buah yang sudah diolah menjadi es buah dengan sedikit gula. Kebetulan di rumah ada buah pepaya, blewah, dan timun suri. Rasanya seger ya kalau puas-puas itu makan buah apalagi dibuat es buah. Semua buah dibentuk bulat-bulat dengan  menggunakan alat keruk buah, lalu dicampur dengan air masak yang sudah diberi gula sedikit. Aduk gula sampai hancur dan encer. Baru setelah itu angkat dan dinginkan. Setelah dingin campurkan dengan potongan buah-buahan tersebut dan cemplungkan balok-balok es ke dalam wadah. Siap deh disajikan. Seger kan ya?
Es buah pepaya, blewah dan timun suri

Petualangan buahku di hari pertama (menu berbuka puasa)
Ada berbagai manfaat yang terkandung dalam buah-buahan yang saya makan diatas, yaitu:

1. Pepaya. Buah ini mengandung
vitamin A dan C yang sangat tinggi. Buah pepaya ini rasanya cukup manis. Manfaat buah pepaya banyak sekali yaitu  kandungan vitamin A-nya berguna untuk kesehatan mata dan vitamin C-nya dapat meningkatkan imunitas serta menjauhkan tubuh dari virus dan penyakit seperti flu dan demam, dapat mencegah penuaan dini, memperindah rambut serta bisa membantu sistem pencernaan.

2. Blewah. Buah ini rasanya sangat segar dan termasuk jenis watermelon atau semangka. Blewah mengandung beta-karoten, vitamin C, serat, karbohidrat, potasium, dan sodium. Buah ini akan terasa segar bila diolah menjadi es buah ataupun olahan segar lainnya. Manfaat blewah pun banyak sekali seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan mata, aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, sumber antioksidan yang baik sehingga  dapat mengurangi radikal bebas dan mencegah penuaan dini serta kanker.

Hari ke-2, Selasa 11 Agustus 2015.

Di hari kedua ini, saya sedang tidak puasa, jadi saya bisa mengkonsumsi buah kapan saja sesuka hati. Tapi berhubung saya pergi ke kantor, konsumsi buahnya cukup di pagi hari dan malam hari saja. Untuk di kantor cukup beli pisang saja satu 2 biji di siang hari. Pada pagi harinya sebelum berangkat kantor dan sebelum makan pagi, saya terlebih dahulu sarapan buah seperti buah naga dan pisang. Dua-duanya cukup saya potong-potng kecil dan tinggal di makan. Begitu juga dengan suami saya, makan buah yang sama. Mengapa di pagi hari saya harus makan pisang, begitu juga di siang hari? Ya..pisang itu banyak manfaatnya, salah satunya yaitu dapat meningkatkan mood serta dapat mengatasi depresi. Tidak hanya itu saja, pisang juga dapat meredakan morning sickness bagi ibu hamil, melindungi terhadap kanker ginjal, diabetes, osteoporosis dan kebutaan.

Untuk buah naga ini ada 2 jenis, yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Kebetulan saya hanya menemukan buah naga putih di pasar dan harganya juga cukup murah. Rasa buah naga manis dan enak sekali. Di makan biasa saja sudah membuat perut kenyang. Buah naga masih termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan.  Buah naga ini banyak mengandung serat, protein, vitamin B dan C serta kalsium dan zat besi. Buah naga juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat  memperlambat proses penuaan dini serta mencegah kanker. Kandungan vitamin C-nya juga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit seperti infeksi yang disebabkan bakteri, virus serta kuman lainnya.

Petualangan buahku di hari kedua (pagi hari)

Petualangan buahku di hari kedua (malam hari)

Pada malam harinya saya mengkonsumsi buah dengan ditambah belimbing. Beruntung saja tadi mampir ke supermarket menemukan buah belimbing yang segar. Rasanya juga manis dan tidak kecut. Belimbingnya besar-besar dan cukup mengenyangkan. Belimbing ini saya potong kecil-kecil dan dimakan biasa sebelum makan malam. Tepatnya pulang kantor langsung memakan buah, ditambah pisang dan buah naga yang masih ada sisanya tadi pagi. Beberapa orang terkadang tidak menyukai belimbing sebab ada yang rasanya kecut. Tapi bagi saya, bukan soal rasa, namun soal manfaatnya yang juga banyak bagi kesehatan. Mau yang kecut atau manis, tetap  saya konsumsi. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah belimbing mampu memperlancar sistem pencernaan dan menghindarkan dari gejala kanker usus besar. Kandungan vitamin C-nya juga sangat kuat sehingga dapat mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol yang dapat mencegah kanker. Tak hanya itu saja, belimbing juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Hari ke-3, 12 Agustus 2015

Alhamdulilah hari ini bisa makan buah pisang Sunpride. Yeay…ini dia buah yang saya cari-cari. Selain rasanya manis juga enak sekali. Apalagi buahnya besar-besar dan sangat mengenyangkan meskipun hanya makan satu biji saja. Saya mengkonsumsi pisang Sunpride dengan buah yang lain seperti pir dan  jeruk. Saya hanya memotong-motongnya karena sangat praktis dan gak ribet berhubung saya mau pergi kerja di pagi hari ini.

Pisang Sunpride merupakan buah lokal yang banyak dibudidayakan di daerah Lampung. Rasanya tak kalah dengan buah pisang yang lainnya. Saya sendiri pun sudah merasakan manisnya buah pisang Sunpride ini. Buah pisang Sunpride juga merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.  Buah Pisang yang saya konsumsi termasuk dalam kelompok pisang Cavendish  yaitu sejenis pisang ambon dengan  kulit buah agak tebal, dan daging buah kekuningan, karena pisang ini banyak dijual di supermarket lokal bahkan internasional sehingga mudah saya temukan.

Petualangan buahku di hari ketiga (pagi hari)

Pagi hari makan jeruk? Apa gak bakalan bikin sakit perut dan maag? Bagi saya tidak. Alhamdulilah sih ya, buah jeruk ini malah membuat sehat dan tidak menyebabkan sakit. Bahkan setelah bangun tidur saya langsung minum persasan jeruk nipis hangat. Tapi kenyataannya badanku menjadi lebih enakan dan tambah segar. Jadi..jangan takut ya mengkonsumsi jeruk di pagi hari meski sebelum makan. Dijamin sehat kok. Bagi yang suka makan buah jeruk, pasti bukan rahasia lagi dong kalo khasiat buah ini sangat banyak. Tidak hanya buah atau dagingnya saja yang banyak memiliki manfaat, namun kulit buah jeruk ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat  buah jeruk diantaranya yaitu: mencegah kanker, mencegah penyakit Batu Ginjal, menurunkan Kolestrol, menjaga Kesehatan Jantung, dan penyakit lainnya. Buah jeruk banyak mengandung  vitamin C, yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sedangkan kulit jeruk dapat mencegah mabuk perjalanan, mencegah frostbite (radang dingin), mengobati batuk, mengobati konstipasti (sembelit), Mengobati sakit geraham, Menghilangkan bau mulut dan lainnya. Tak hanya itu saja kulit jeruk juga berguna untuk kecantikan.

Petualangan buahku di hari ketiga (malam hari)

Di malam harinya saya pengen ngemil dengan praktis. Kebetulan ada buah alpukat 3 biji yang baru saja saya beli di sore hari tadi. Tadinya mau dibuat jus dengan susu kental manis. Tapi berhubung susunya tidak ada, daging alpukatnya cukup saya  kerok-kerok dan dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian tambahkan gula sedikit saja sebagai pemanis. Lalu diaduk-aduk hingga gula mencair dan siap dimakan. Praktis kan... gak pake lama kok. Oh ya, buah alpukat juga banyak manfaat lo, diantaranya yaitu membantu mempercepat penyerapan nutrisi, menjaga kesehatan mata, mengurangi kolesterol jahat , menghindari berkembangnya sel kanker karena mengandung antioksidan serta dapat memelihara berat badan.

Hari ke-4, 13 Agustus 2015

Yup… sudah hari keempat saja ya..cepat sekali. Kali ini saya berpuasa sunnah Senin Kamis lagi. Untuk buka puasa, kali ini saya membuat salad buah dengan mengkombinasikan buah Pepaya, apel malang, dan mangga serta ditambah mayonaise. Saya pun memakannya bersama-sama dengan suami. Kami sangat lahap karena rasanya enak sekali.

Petualangan buahku di hari keempat (menu buka puasa)

Untuk pepaya, sudah saja jelaskan di hari sebelumnya ya.. kali ini saya mau menjelaskan manfaat dari buah apel malang dan mangga. Apel malang banyak sekali dikonsumsi di Malang karena sumbernya dari sana. Apel malang ini banyak disebut-sebut sebagai obat bagi penyakit kanker. Saya suka sekali dengan apel malang yang renyah dan rasanya manis, meskipun ada juga apel Malang yang rasanya asem. Apel  Malang bentuknya kecil-kecil, biasanya warna kulitnya hijau dan ada sedikit bercak merah. Buah apel juga mengandung antioksidan yang dapat memerangi kolesterol jahat. Selain itu juga untuk menjaga kecantikan. Kandungan vitamin C-nya dapat mengurangi penuaan dini. Serat yang terkandung di dalam apel, dapat mencegah terjadinya sembelit.

Mangga juga merupakan buah kesukaan saya dan suami. Berbagai macam buah saya suka karena rsanya itu sangat enak dan manis. Buah mangga banyak mengandung vitamin C sehingga dapat memberikan nutrisi yang dapat mencegah penyakit seperti sariawan, batuk dan pilek. Mangga juga termasuk buah yang dapat menangkal berbagai macam kanker, menurunkan kolesterol jahat, memberikan nutrisi untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem imun dan lainnya.  

Hari ke-5, 14 Agustus 2015.

Yap..di hari ke 5 ini, tepatnya hari jumat ya. Kali ini saya mengkonsumsi buah pepaya dan buah naga lagi. Kebetulan nih buah naganya dapat yang merah. Habis dari kemarin ngidam sama buah naga merah dan harganya lumayan mahal juga ya. Tapi tidak apa-apa deh, untuk kesehatan dan investasi, saya jabanin saja.
Pagi hari, seperti biasa saya cukup memotong-motong buah naga dan pepaya. Lalu saya makan seperti biasa tanpa campuran apapun. Setelah itu 30 menit berikutnya saya makan/sarapan pagi dengan nasi.

Petualangan buahku di hari kelima (pagi hari)

Petualangan buahku di hari kelima (malam hari)

Malam harinya , berhubung pepaya dan buah naga masih ada, ya saya lanjutkan memakannya. Tapi kali ini saya mau mencoba variasi lain yaitu dengan cara smoothies buah. Cukup dengan memotong-motong buah-buahan tersebut lalu di blender dengan ditambah air secukupnya. Berhubung buah pepaya dan naga ini sudah manis, jadi tidak usah pakai gula atau tambahan susu. Setelah selesai di blender, taruh di gelas dan siap diminum deh. Kalau ingin lebih segar lagi, bisa ditambah dengan es batu. Tapi karena saya kurang begitu suka dingin, jadi tidak perlu ditambah es batu lagi. Habis juga kok. Suami juga suka.

Hari ke-6, 15 Agustus 2015

Hai..sudah hari keenam nih. Tantangan makan buah gak akan pernah surut bagiku. Setelah 7 hari ini, saya akan tetap istiqomah kok makan buah setiap hari. Bagaimana dengan kamu?

Oke.di hari ke-6 ini , saya mengkonsumsi buah Mangga, pepaya  dan naga merah. Hari ini kebetulan hari libur ya, saya ingin membuat dessert yang sedikit berbeda di hari sebelumnya. Seperti biasanya saya potong-potong buah mangga, pepaya dan naga merahnya. Lalu sebagian dari naga merah saya blender dengan air dan saya jadikan topping diatas buah-buahan tersebut. Layaknya salad saja, tapi toppingnya smoothies buah naga. Enak juga lo.. ayok dicoba.

Petualangan buahku di hari keenam (pagi hari)

Petualangan buahku di hari keenam (malam hari)

Lalu malah harinya saya cukup makan potongan buah Naga merah dan Pir Sunpride. Yeay..alhamdulilah nemuin buah Pir Sunpride lagi di supermarket. Tidak sabar jadinya makan buah pir Sunpride. Pir atau Pear mengandung banyak air, masir dan manis. Pir dari Sunpride yang saya konsumsi ini namanya adalah Singo Pear (Berbentuk bulat besar seperti apel, berkulit kuning kecoklatan, daging berwarna putih) memiliki kadar air yang tinggi. Tadinya saya mengira Singo Pir ini adalah apel. Tapi setelah saya baca lagi tulisannya ternyata ini adalah semacam jenis pir yang bentuknya seperti apel. Saat saya konsumsi rasanya sangat manis. Meskipun kulitnya coklat tapi warna dagingnya putih dan teksturnya renyah. Manfaat Singo Pir ini sama seperti manfaat jenis pir lainnya, seperti mengatasi gangguan pencernaan dan mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker yang menyerang usus besar dan rektum.


Hari ke-7, 16 Agustus 2015

Sudah di hari ke-7. Hari ini adalah hari terakhir petualangan saya makan buah. Mudah-mudahan hari-hari berikutnya tetap istqomah makan buahnya. Mumpung hari Minggu nih. Saya mencoba makan buah baik pagi, siang maupun malam. Walaupun buahnya yang dikonsumsi sama, yang penting adalah istiqomah dan manfaatnya dong.

Kali ini saya mengkonsumsi buah Pir sunpride, jeruk, kiwi dan ditambah  mangga sebagai toppingnya. Hari ini saya menambahkan buah kiwi  sebagai variasi buah yang saya makan. Mendapatkannya pun harus ke Supermarket, karena mencari di pasar tradisional tidak bakalan dapat. Buah kiwi mengandung banyak serat, bentuknya oval, kulitnya berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam yang bisa dimakan. Buah kiwi ini rasanya unik dan agak sedikit asem tapi manfaatnya luar biasa. Kiwi dapat mencegah kerusakan pada mata, mencegah obesitas pada anak, menjaga kesehatan janin, mengandung antioksidan dengan kandungan vitamin C, E, dan polifenol, aman untuk penderita diabetes dan memudahkan pencernaan.

Petualangan buahku di hari ketujuh


Itu dia petualangan saya selama 7 hari dengan buah-buahan. Tetapi petualangan ini tidak hanya sampai disini saja. Di hari hari selanjutnya saya tetap mengkonsumsi buah-buahan kok. Terutama buah Sunpride yang rasanya enak dan renyah. Lain kali saya akan mencari dan membeli buah Sunpride sebanyak-banyaknya, karena saya tahu buah Sunpride itu rasanya top banget deh.

Oke... sekian perjalanan saya selama 7 hari bersama buah-buahan Sunpride. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.  Dengan adanya tulisan ini, mudah-mudahan semakin banyak yang suka buah. Yuks galakkan makan buah dari sekarang. Berawal dari dirimu sendiri.

Referensi:
1. foto: Sumber Sendiri

12 comments:

Mei Wulandari said...

Mak Fania emang bener2 niat ya sampai buat petualangan makan buah berturut2 gitu hihihi

Tapi emg bener sih buah itu bikin sehat dan trmsuk inveatasi masa tua. Aku jg suka semua jenis buah mak. Enak enak sih hehee

Tipsnya bagus mak..mg yg ga suka buah jd tertarik utk makan

FaniaSurya said...

Hehehe.... demi ikutan lomba nih mak....

Makasih mak...mudah2an ajdi banyak yang suka buah ya...

Gustyanita Pratiwi said...

ciamikk banget resepnya mak...#langsung catet ke buku
btw aku juga ikut ni mak lombanya

FaniaSurya said...

Monggo dicatet mb....

Waa.. ikutan jg ya... sukses jg ya mb...

Mukhofas Al-Fikri said...

coba buah zaitun. katanya bertekad makan buah, apakah buah seperti kurma, kacang arab dll hihihi...

salam

FaniaSurya said...

Buah yang disebutin saya jg suka... malah suka banget dan sering makan. 😊

Rina Susanti said...

mau coba akh resepnya...

FaniaSurya said...

Ayukks dicoba mb...

FaniaSurya said...

Ayukks dicoba mb...

Arifinda D Putri said...

itu alpukat? *merinding* untuk beberapa buah yang aku gak suka kayak melon dan pepaya, bisa disiasatin sama dipotong kecil-kecil dan dicampur air manis.... tapi alpukat.. *kibarin bendera putih*

FaniaSurya said...

Iya alpukat mb....enak lo.... jangan dilihat penampakannya mb... hehehehehe

FaniaSurya said...

Iya alpukat mb....enak lo.... jangan dilihat penampakannya mb... hehehehehe

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvens...