Saturday, October 24, 2015

Dari Ngeblog menjadi Buku yang Menginspirasi



Berawal dari ngeblog di sebuah platform bernama Blogdetik. Dari situlah saya mulai belajar ngeblog dan semakin hari semakin rajin ngeblognya. Blog saya awalnya hanya berisi puisi-puisi (karena suka puisi) sendiri dan juga tentang keseharian. Kemudian sampai sekarang malah lebih banyak berisi lomba blog dan giveaway sampai dengan review acara.

Dengan menulis Blog membuat saya terbuka dan lebih banyak wawasan. Ngeblog juga mampu mengasah kemampuan menulis saya apalagi kalau sering mengikuti lomba blog dengan berbagai tema. Sebuah keberuntungan tersendiri bila menjadi juara  lomba dan malah ketagihan.  Mengikuti lomba blog itu mengasyikkan lo. Ngeblog sambil blogwalking juga menambah teman sesama blogger, salah satunya yaitu Blog Emak Gaoel yang keren abis deh. Dari situlah kita saling kenalan, kopdaran, bahkan saling ikut menghadiri event-event produk tertentu. 

Dari ngeblog inilah banyak hal yang ingin saya raih. Dulu sebelum ngeblog berkeinginan membuat buku dan menerbitkannya bahkan sempat ingin menjadi penulis terkenal semacam Andrea Hirata. Impian itu masih ada dan tetap berdoa serta berusaha saja agar suatu saat tercapai. Doakan ya..

Berkat blog pula,  saya bisa mempunyai kontribusi tulisan dengan teman-teman sesama blogger dan menjadikan sebuah buku antologi. Ada 4 buku antologi yang saya hasilkan. Alhamdulilah buku-buku tersebut bisa menjadi kebanggaan saya meskipun hanya buku keroyokan.  Sekarang saya sedang merencanakan mimpi yaitu bisa membuat buku sendiri hasil karya saya sendiri. Saya ingin membuat novel. Sudah ada dua draft novel yang saya buat. Semuanya terispirasi dari kisah nyata.  Tapi ternyata bikin novel itu cukup lama ya, karena perlu riset juga.  Itu sedikit hal yang ingin saya capai dari  ngeblog.

Buku antologi yang saya hasilkan berkat ngeblog

Nah... dari mimpi itulah, saya tidak menyangka,  tiba-tiba ada teman saya mengajak untuk menulis buku duet.  Menulis buku? Wah...ini kesempatan nih.  Sebenarnya kita sudah saling kenal sejak kuliah hanya saja sebuah cemistry untuk menulis duet baru muncul kali ini. Saya jadi semangat deh. Inilah yang ingin kami berdua capai. Membuat buku hasil kita berdua. Temanya sih tentang perempuan. Lebih tepatnya tentang kita berdua. Meskipun kita terpisah jauh. Saya di Jakarta dia di Malang, tidak ada halangan menulis buku bareng dong. Komunikasi jarak jauh gak jadi hambatan, kan sudah ada media komunikasi seperti Skype, WA, Line, Message Facebook, BBM yang semuanya bisa dipakai. Kirim gambar dan tulisan untuk dicocokkan satu sama lain pun gampang dong. Doakan ya impian saya dan dia tercapai nih. Bismillah... mudah-mudahan buku yang akan kita buat bisa mencuat dan menginspirasi banyak orang terutama tentang perempuan. Hiyaaa... pede dikit lah... kan kalo gak pede gak jadi-jadi nih buku. 

Ketika ngeblog ada beberapa aplikasi yang saya gunakan baik itu di HP maupun di laptop. Semua aplikasi itu untuk menunjang tulisan dan pemberian gambar-gambar yang menarik. Ini dia aplikasi yang saya gunakan:

 1.          Memo dan Writer

Memo dan writer saya gunakan untuk menulis ketika tidak sedang di laptop. Kalao ada catatan-catatan yang hanya berupa point-point saya tulis di memo. Tapi menulis di memo ada keterbatasan dengan jumlah kata.Sedangkan di Writer saya menulisnya berupa uraian panjang. Saya suka dengan Writer karena setelah menulis langsung tersimpan sendiri tulisannya. Mau nulis sampai ribuan kata pun oke-oke saja. 

Hasil tulisan saya untuk blog di Writer

 2.    Picsart.

Picsart saya gunakan untuk editing foto. Tools sangat lengkap banget deh. Mau memberi efek atau pun memberi tulisan pada gambar juga bisa. Aplikasi ini berguna banget buat saya ketika harus editing foto di HP dan mempublishnya saat itu juga.

Edit gambar di Picsart by HP

 3.        Paint dan Photoshop

Paint saya gunakan untuk menyimpan screenpicture sebuah tulisan atau foto ketika memakai laptop. Saya juga bisa edit foto. Sedangkan dengan Photoshop saya bisa mengedit foto dengan berbagai macam tools yang sangat lengkap banget. Kalau sudah ahli, hasilnya pasti menakjubkan deh.
Mengedit gambar di Paint


Mengedit gambar di Photoshop

 4.        Email dan Bluetooth

Email saya gunakan untuk memtransfer tulisan yang ada di Hp. Saya lebih senang mentransfer tulisan lewat email dan dibukanya di.email laptop. Kalau pakai kabel USB rasanya terlalu ribet. Sedangkan Bluetooth saya gunakan untuk mentrasfer data kalau ada sinyal wifi. 
Mengirim dan mentransfer artikel melalui email


Nah..itulah beberapa aplikasi yang saya gunakan, sebenarnya masih banyak lagi, tapi itu yang utama. Untuk aplikasi yang digunakan di HP tentunya akan lebih mudah dan cepat digunakan bila menggunakan smartphone 4G LTE yang go for it banget deh buat referensi kamu. 

Go For It Blog Competition
/>



7 comments:

Gustyanita Pratiwi said...

Mb caranya biar bisa masuk antologi gmn, nunggu ada proyekk kah

Inda Chakim said...

weist, manteb nih mbk, smoga mimpinya tercapai yak, go for it :)

FaniaSurya said...

biasanya ada proyek2 dari teman-teman di komunitas, kadang juga diajakin bikin buku bareng.

FaniaSurya said...

amin..makasih mb@indachakim... go for it juga untukmu ... :)

Natagach Natalurp said...

Teringin baca tulisan saudari

FaniaSurya said...

Terimakasih.. ☺

FaniaSurya said...

Terimakasih.. ☺

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvens...