Asyiknya Berfoto dengan Kamera Asus Zenfone 2 Laser Autofokus


Apa jadinya kalau sebuat perangkat smartphone di dalam kameranya menggunakan teknologi laser? Apa tidak berbahaya ya? Saya baru saja mendengar teknologi laser ini di sebuah kamera apalagi yang mengeluarkannya adalah Asus dengan produk smartphone terbarunya yaitu Asus Zenfone 2 Laser. Yang terlintas dipikiran saya adalah wow banget. Keren abis. Pasti hasil kameranya mantap banget nih. Sejauh pengetahuan saya selama ini, laser biasanya banyak digunakan dalam penggunaan senjata, alat rumah sakit dan lainnya. Tapi... ini beda, laser digunakan di smartphone lo. Nah... kali ini saya mau bahas nih tentang penggunaan teknologi laser pada produk Asus yaitu Zenfone 2 Laser. Yuk simak baik baik bahasan saya ya... bisa jadi ini sebuah smartphone rekomended yang cocok buat saya dan kamu juga.



ASUS ZENFONE 2 LASER




Penggunaan laser pada Asus Zenfone 2 ini sebenarnya diciptakan untuk para pecinta fotografi agar gambar atau foto yang dihasilkan lebih fokus meskipun pengambilan gambarnya jauh sekalipun. Untuk titik-titik tertentu dapat jelas diambil sehingga menghasilkan gambar yang detail dan jernih. Penggunaan laser pada bagian kameranya sudah benar-benar sangat membantu dalam urusan mengambil foto. Begitu juga dalam hal penggunaan videonya. Pada asus zenfone 2 laser ini jangan diragukan lagi kualitas kamera yang digunakan. Bahkan tidak kalah dengan kualitas kamera DSLR. Kameranya yang sudah menggunakan laser  autofocus berkecepatan tinggi dengan spesifikasi kamera utama 13 megapixel dan kamera sekundernya 5 megapiksel. Kamera utama sudah memiliki mode Super Resolution hingga resolusi 52 megapiksel.  Kamera utama ponsel ini memiliki 5 lensa dengan bukaan f/2.0. Sedangkan kamera sekunder memiliki sudut lebar 85 derajat serta bukaan f/2.0. Bahkan dengan kecepatan tinggi tersebut Asus Zenfone 2 Laser dapat mengunci fokus dalam waktu 0,3 detik saja, baik saat menggunakan mode pemotretan biasa, High Dynamic Range (HDR), atau dalam kondisi low light.

Smartphone Asus Zenfone 2 Laser Ini meskipun sangat sederhana tapi mampu memberikan segala kemudahan dengan Teknologi Diamond-cutting yang berjarak 0.13 mm untuk mencapai efek visual terbaik berupa desain lingkaran konsentris. Asus zenfone 2 laser ini memiliki performance yang luar biasa sekali. ZenFone 2 Laser sangat mudah sekali digenggam oleh tangan kita karena  memiliki sisi yang paling tipis yaitu dengan 3 varian ukuran 5 mm, 5.5 mm dan 6 mm. Sangat ergonomi dan nyaman digunakan. Keindahan dan efek sentuhan uniknya dapat terlihat dari desain ikonik konsentris lingkaran pada ASUS yang  disematkan di sisi depan dan tombol belakang. Sehingga pantaslah kalau zenfone 2 laser ini disebut sebagai produk dengan desain terbaik. 




Pemakaian Prosesor pada  Zenfone 2 Laser sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 410 64-bit , dengan pilihan RAM 2 GB atau 8 GB dan memori internal 16 GB. Sistem operasinya sudah memakai sistem Android  5.0 Lollipop, dengan kapasitas baterai antara 2.070 mAh atau 2.400 mAh. Jadi sangat hemat bila kita menggunakannya dalam perjalanan jauh sekalipun.


CARA KERJA LASER AUTOFOKUS PADA ZENFONE 2 LASER

Sebelumnya kita tidak pernah tahu kan ya bagaimana cara kerja Laser pada sebuah kamera. Untuk lebih tahunya, bisa dilihat penjelasan sebagai berikut:


Ketika kita akan mengambil sebuah gambar atau foto. Otomatis kita gunakan kamera. Nah ketika kamera ini ditujukan kepada objek yang akan kita ambil, otomatis kita akan fokus pada objeknya, maka laser yang ada pada kamera akan bergerak maju mundur untuk mencari gambar yang paling tajam. Awalnya saat pengambilan gambar layar tampak buram terlebih dahulu baru kemudian akan terlihat lebih tajam. Saat itulah laser kamera bekerja. Pada kamera tanpa laser biasanya untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam terutama pada kondisi background objek terang atau gelap , dapat diakali dengan penggunaan lampu flash. Namun di kamera asus zenfone 2 laser ini penggunaan lampu flash tidak perlu lagi. Karena penggunaannya sudah diambil alih oleh teknologi laser yang ada. Pada saat kita mengambil gambar suatu objek maka sinar laser langsung ditembakkan kepada objek yang dibidik sehingga lensa kamera langsung berfungsi untuk membandingkan kontras. Penggunaan flash pada kamera disini bukan untuk mencari kontras tapi digunakan untuk menerangi proses pemotretan.

Seringkali kita merasa takut ya ketika sebuah laser mengenai wajah kita terutama pada mata. Khususnya nih pengambilan gambar pada objek orang. Tapi tak perlu takut, penggunaan laser pada kamera zenfone 2 ini tidak berbahaya. Justru laser yang digunakan sangat rendah yaitu low power class 1 dan disebar keberbagai titik pemotretan, jadi tidak hanya fokus pada satu titik saja. Sangat amanlah meskipun harus mengenai langsung mata kita sendiri.


KEUNTUNGAN BERFOTO DENGAN KAMERA  ASUS ZENFONE 2 LASER



Mengambil gambar lebih tajam









Sejak dulu saya memang suka sekali mengambil gambar dengan kamera. Baik itu memotret interior maupun eksterior bahkan memotret orang. Apalagi kalau kameranya disertai dengan laser autofokus pasti hasilnya akan sangat tajam, jernih, cerah dan memukau. Dengan Asus Zenfone 2 Laser ini kualitas gambar yang diambil akan lebih tajam lagi. Layar ZenFone 2 Laser mampu mencapai rentang 72% dari gamut warna NTSC sehingga kita bisa melihat foto yang memiliki beragam warna. Warna pada foto lebih cerah, jernih dan sangat alami - serta jauh lebih nyata seperti kondisi aslinya. Laser  Autofokus yang ada juga bisa mempercepat proses pengambilan pada foto close up, serta pengambilan obyek yang lebih jauh dengan bantuan pergerakan lensa.


 
Keberadaan Lampu kilat Dual LED Real Tone pada ZenFone 2 Laser dapat menghasilkan cahaya paling alami untuk pengambilan gambar di dalam ruangan. Ketika kita mengambil gambar dengan menekan  tombol shutter, maka laser pada ZenFone 2 akan membuat kombinasi sempurna dari cahaya putih dan kuning sehingga  menghasilkan foto dengan tonal alami sesuai obyek foto yang kita ambil. Bahkan dengan penggunaan Mode Manual yang terdapat 13 setelan dan kontrol profesional, kita dapat melakukan pengaturan sendiri secara manual.


Mengambil gambar ketika minim dan maksimum cahaya

Dengan keunggulan laser pada zenfone 2 ini saya tidak perlu khawatir kualitas fotonya jelek ketika mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya maupun kondisi terang cahaya. Foto yang dihasilkan pada kondisi minim cahaya tidak akan terlihat gelap, begitu juga ketika terik matahari, foto yang dihasilkan tidak  akan terlalu kontras sehinga dapat memperburuk hasil foto. Laser pada ZenFone 2 Laser dapat mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan menerjemahkan fokus hanya dalam waktu 0.2 detik terutama di kondisi minim cahaya. Dengan motto yang diusung pada kamera zenfone 2 laser ini yaitu “See What Others Can’t See”, Kamera PixelMaster 13MP pada ZenFone 2 Laser memiliki apertur lensa f/2.0 untuk mengambil gambar terbaik dengan resolusi tinggi dan tanpa jeda rana. 

Teknologi PixelMaster secara otomatis mengatur rasio dari kontras maksimum (titik paling terang sampai titik paling gelap di gambar) untuk menyempurnakan kemampuan framing dan membentuk subyek, sekaligus meningkatkan detil dari area gelap. Dengan Wide Dynamic Range (WDR), kita bisa mengambil gambar lebih jelas dan tajam di berbagai kondisi cahaya. Ketika gambar diambil pada kondisi cahaya ekstrim, dengan bantuan WDR gambar yang dihasilkan lebih cerah dan detil sehingga menghasilkan foto yang sempurna kapanpun. 

Penggunaan Mode Low Light dengan teknologi pixel-merging yang menggabungkan 4 piksel terdekat menjadi sebuah piksel baru, dan algoritma pemroses gambar canggih akan menghasilkan gambar dengan sensitifitas cahaya 400% lebih terang ketika malam hari ataupun ketika berada di tempat minim cahaya dan tanpa bantuan lampu kilat. Tak hanya itu, penggunanan Mode Low Light juga dapat meredam noise gambar.



Sedangkan dengan menggunakan Mode Backlight (Super HDR) kita  dapat mengambil gambar dengan area bayangan yang terang saat matahari terik. Teknologi yang digunakan yaitu ASUS Pixel Enhancing dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda pada pengambilan foto sebanyak-banyaknya serta secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis sampai 4x lebih luas dan menghasilkan gambar 400% lebih terang.  Mode Super Resolution pada ZenFone 2 Laser menggunakan teknik pemroses gambar spesial (Multiframe Fusion Technology) untuk menghasilkan foto yang super detil yaitu mengambil dan menggabungkan empat foto untuk membuat satu foto baru yang 4X lebih cerah sampai dengan resolusi 32MP.


Mengambil gambar dengan cepat (Light-Speed Shots with Laser Auto-Focus)


Mengambil gambar dengan cepat itu seringkali membuat kita kesulitan, bahkan ketika mengambil gambar pada peristiwa yang hanya terjadi sepersekian detik saja. Dengan penggunaan Laser Autofocus pada Zenfone 2 ini, masalah tersebut dapat teratasi. Peristiwa yang terjadi hanya sepersekian detik dapat cepat terekam dengan penggunaan Zero shutter lag pada Mode Otomatis. Apapun yang ada di foto akan terekam secara real-time, sehingga kita  bisa merekam segala peristiwa seperti keindahan kembang api, senyum si kecil dan bintang jatuh yang hanya terjadi sekedipan mata.


Berfoto selfi


Siapa sih yang tidak suka foto selfi? Pasti semuanya suka ya, apalagi kalau kualitas kameranya sangat bagus. Wah pasti setiap saat akan selalu berfoto selfi dimanapun dan kapanpun berada. Kita pun bisa berfoto selfi bersama teman dengan background  panorama. Kita dapat mengambil foto selfie panorama sampai 140 derajat dengan menggunakan mode special, dimana diafragma lensanya yaitu f/2.0, dan sudut pandang 85-derajat.  Bahkan kita bisa foto selfie dengan 10 teman atau lebih dan menghasilkan kualitas foto yang detail, cerah dan jernih. Cukup mudah bukan?

Untuk berfoto selfi, kita bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih menarik dengan menggunakan Mode Beautification pada ZenFone 2 Laser.  Kita juga dapat menyeimbangkan fitur di wajah, melembutkan dan menghilangkan noda kulit sehingga menghasilkan foto yang sangat sempurna- semua dilakukan realtime.



Merekam video

Merekam video pada Zenfone 2 Laser Autofokus menjadi sangat tajam, jernih dan hasilnya sangat nyata sesuai dengan aslinya. Ketika merekam dan menyunting video HD kita tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai karena penggunaan videonya hanya menggunakan daya baterai yang sangat kecil.

Selain itu kita dapat merekam video dengan resolusi Full HD dengan menggunakan kecepatan 30 frame per detik. Bahkan untuk menonton streaming video melalui youtube lewat konektivitas data kecepatan tinggi 4G LTE, dengan adanya Bluelight Filter pada display layar, maka tampilan dan warna display akan lebih lembut dan tidak membuat mata mudah lelah ketika harus menatap layar terus-menerus. Hal tersebut dikarenakan Bluelight Filter yang ada mampu mengurangi warna biru pada layar.






Kualitas gambar untuk aktivitas fotografi


Dengan kualitas penggunaan laser pada Zenfone 2 Laser , tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak diragukan lagi, lebih tajam, lebih detail, lebih jelas dan mampu merekam segala moment dalam sepersekian detik bahkan kualitasnya sangat realtime. Maka dari itu, bagi kita yang suka berfotografi, penggunaan smartphone dengan kamera lasernya ini sangat cocok sekali. Kualitasnya pun tidak kalah dengan kamera DSLR yang harganya lebih mahal dari smartphone Zenfone 2 Laser ini. Bahkan harga yang dipatokkan bisa kita jangkau dengan kualitas kamera yang oke banget. Hasil kameranya bisa kita gunakan untuk berbagai lomba fotografi. Begitu juga bisa dijadikan koleksi pada akun instagram kita sendiri, sehingga foto-foto yang kita pajang menjadi lebih menarik dan kita akan kebanjiran followers.

Kualitas gambar untuk aktivitas ngeblog

Bagi kita yang suka ngeblog, gambar merupakan salah satu penunjang, agar hasil tulisan yang kita posting di blog menjadi lebih hidup dan berwarna. Sebuah tulisan pasti akan lebih menarik bila disertai dengan gambar, apalagi gambar tersebut memperjelas secara singkat apa yang sudah kita paparkan dalam tulisan kita. Maka perlulah kiranya menampilkan gambar-gambar yang jelas dan jernih dengan menggunakan kamera pada Zenfone 2 Laser.


Nah, sekarang sudah tahu kan kualitas Kamera Laser pada Aus zenfone 2 Laser. Smartphone ini sangat rekomended banget deh. Saya sendiri bahkan ingin sekali mempunyai smartphone ini supaya bisa mengambil foto-foto yang jernih dan cerah serta tajam sehingga bisa saya tampilkan pada blog saya. Bahkan saya sudah tidak sabar ingin memilikinya. Harganya bisa dijangkau dengan spesifikasi yang super premium. Dipasaran Asus Zenfone 2 Laser ini dibanderol dengan harga Rp2,399,000. Cukup murah bukan? Bagaimana dengan kamu? Tertarik juga bukan?


Referensi :

http://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Products/
https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-2-Laser-ZE500KG/
http://www.infokomputer.com/2015/08/berita/berita-reguler/mengapa-asus-pakai-laser-zenfone/
https://www.youtube.com/watch?v=eMo_rjzfPwQ
https://www.youtube.com/watch?v=szX0fEZgGn4
https://www.youtube.com/watch?v=TfRCMCbk5Vk
https://www.youtube.com/watch?v=5suYA6gqei4&feature=youtu.be





Comments

Hmmm....asusnya menggoda euy
Ini bisa jadi pesaing Samsung Grand Prime nih, harganya juga selisih tipis ^^


Mampir blog kami juga yuk, ada artikel menarik mengenai penerangan di rumah Anda.
Salam,
www.gartnerlighting.com
Jaya Permana said…
Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.