Saturday, November 21, 2015

BNI Debit Online Memudahkan dalam Berbelanja Online



Ketika jaman sudah canggih seperti sekarang banyak sekali kemudahan yang saya dapat. Terutama dalam hal penggunaan Kartu Debit Online, yaitu ketika harus berbelanja barang/sesuatu bahkan memesan tiket pesawat  secara online sangat dimudahkan. Sebelum adanya teknologi canggih seperti saat ini, ketika ingin berbelanja online, saya harus melakukan pendebitan uang untuk pembayarannya dengan dua cara, yaitu:
  1. Saya harus ke banknya langsung. Bank yang dituju cukuplah yang terdekat saja. Disana saya langsung menuju teller untuk melakukan transfer terhadap transakasi yang saya lakukan.
  2. Saya harus menuju ATM terdekat untuk melakukan pentransferan  hanya cukup dengan menggunakan kartu ATM yang saya miliki. Ketika menggunakan kartu ATM kuncinya adalah harus mempunyai nomor PIN yang berjumlah 6 digit. Caranya cukup melakukan transaksi transfer ke bank yang dituju di bagian menu transfer dan menuliskan jumlah uang yang mau ditransfer. Biasanya transfer antar bank akan dikenakan biaya admin. Namun untuk transfer sesama bank bebas biaya.

Transfer Belanja Online

Nah, dari kedua cara tersebut, cukup membutuhkan waktu, jarak dan tenaga untuk mencapai bank atau ATM yang dituju. Apalagi kalau menuju Bank, waktu pelayanannya pun terbatas hanya jam kerja dari Senin-Jumat yaitu dari jam 08.00 WIB  sampai jam 15.00 WIB saja. Belum lagi kalau hujan, panas-panasan dan malas untuk menuju bank. Terlebih lagi letak Banknya jauh sekali dengan tempat saya berada. Begitu juga bila menggunakan kartu ATM harus membutuhkan waktu dan tenaga, meskipun waktu pelayanannya sudah 24 jam dan saya bisa kapan saja melakukan transaksi melalui ATM. Tapi yang menjadi kendala bagi saya adalah jarak tempuhnya, dimana saya harus beranjak dari tempat saya berada dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Ah.. betapa repotnya ya. Saya sih cari yang mudah-mudah saja untuk melakukan transfer untuk transaksi beli online.

Satu lagi cara ketika saya berbelanja online, biasa ada online store yang menyediakan pembayaran dengan cara (COD) Cash On Delivery, dimana pembayarannya dilakukan di tempat ketika barang datang ke rumah saya. Cara ini sebenarnya bagus dan menghindari yang namanya penipuan, dimana barang ada uangpun ada. Tetapi kekurangannya adalah ketika barang datang sedangkan saya atau di rumah tidak ada orang. Wah jadi merepotkan tukang posnya dong.

Tapi sekarang segala kemudahan untuk melakukan pendebetan itu sangat mudah yaitu cukup dengan membuka rekening tabungan di BNI dan mendapatkan kartu ATM, lalu mendaftar Kartu Debit Online BNI. Saya tinggal melakukan transaksi transfer menggunakan kartu debit online di BNI dari handphone yang saya punya. Asalkan handphonenya ada saldo yang cukup dan tersambung  internet atau wifi. Tak perlulah jauh-jauh ke Bank atau ATM, apalagi COD. Cukup duduk manis dimanapun kita berada dan bisa langsung melakukan debit online saat itu juga. Melakukan transaksi ketika di dalam kendaraan atau perjalanan pun bisa dengan mudah. Bahkan di waktu tengah malam kalau ada keperluan mendesak tinggal langsung transaksi saja. Cukup mudah bukan. Segala transaksi dapat diselesaikan dalam beberapa menit saja. Waktu dan tenaga yang dibutuhkan juga dapat dipersingkat.

Berhubung di jaman dan era canggih saat ini, ditambah banyaknya e-Commerce di Indonesia yang dalam transaksi pembayarannya  banyak menggunakan transaksi transfer bank, kartu kredit maupun Cash On Delivery (COD), maka dibutuhkan fasilitas online payment untuk memudahkan transaksi dalam waktu yang singkat. Bank BNI sebagai bank terkemuka di Indonesia dan termasuk salah satu bank favorit, melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan e-Commerce dalam hal transaksi transfer bank. Maka dari itu, BNI sudah membuat fasilitas online payment berupa kartu debit online untuk para nasabahnya. Layanan BNI debit online bekerja sama dengan MasterCard International yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk bertransaksi di merchant-merchant online domestik maupun internasional yang menerima pembayaran melalui jaringan MasterCard Internasional. Dengan kerjasama ini, saya sebagai nasabah bisa mendapatkan penawaran menarik dan promo-promo yang sangat menggiurkan dari e-Commerce bila menggunakan BNI Debit Online serta mendapatkan berbagai keuntungan lainnya seperti di situs www.blandja.com maupun di Merchant Online lainnya seperti Lazada, Traveloka dan lainnya.

BNI Debit Online sendiri merupakan suatu model inovasi / alternatif pembayaran yang mudah, cepat dan aman yang dikeluarkan oleh Bank BNI untuk melakukan transaksi belanja di Merchant/Toko Online (e-commerce) dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan. VCN (Virtual Card Number) sendiri merupakan nomor kartu virtual yang terdiri dari 16 angka (digit) dengan masa berlaku  VCN  selama 1 (satu) jam mulai dari saat nomor virtual tersebut diterima oleh nasabah dan  hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Untuk mendapatkan VCN yaitu melalui SMS dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial / non financial).

Fitur dan keuntungan dari VCN ini adalah sebagai berikut
  1. Nasabah dapat melakukan transaksi e-commerce (online) dengan aman, tanpa cemas atas kemungkinan resiko kerugian yang diakibatkan oleh cyber fraud, karena nomor kartu asli terjaga kerahasiaannya (nasabah tidak memberikan nomor kartu asli kepada merchant saat bertransaksi.)
  2. Nomor VCN hanya berlaku dalam waktu terbatas, sehingga makin mengurangi resiko penipuan.
  3. VCN juga  memudahkan nasabah   mengatur finansial/budget berbelanja karena Nasabah  dapat menentukan batas maksimum yang bisa dibelanjakan  pada setiap nomor VCN

Penggunaan BNI Debit Online

Untuk menggunakan BNI Debit Online, ada beberapa syaratnya, yaitu:

a) Nasabah harus  mempunyai rekening tabungan/giro BNI, seperti di bawah ini:
     –  BNI Taplus
     –  BNI Taplus Bisnis
     –  BNI Taplus Muda
     –  BNI Emerald Saving
     –  BNI Giro Perorangan
     Serta mempunyai BNI Kartu Debit yang berlogo MasterCard

b) Nasabah telah melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking (transaksi Non Financial & Financial) dengan kartu debit BNI berlogo MasterCard serta nomor handphone yang terdaftar di BNI. Request VCN kedepannya juga bisa dilakukan melalui e-channel lainnya seperti BNI Internet Banking dan BNI Mobile.

BNI SMS Banking

Seperti dijelaskan diatas, untuk menggunakan Kartu Debit Online BNI, sebelumnya nasabah harus mengaktifkan BNI SMS Banking terlebih dahulu. Dengan BNI SMS Banking nasabah BNI dapat dengan mudah melakukan transaksi seperti isi ulang pulsa, transfer sampai bayar tagihan Kartu Kredit BNI.   BNI SMS Banking dapat diakses dengan menggunakan perintah SMS biasa, atau dengan  cara download BNI SMS Banking Menu.

 
BNI SMS Banking Menu
Dengan menggunakan BNI SMS Banking Menu, maka  transaksi Anda melalui SMS akan lebih aman dan nyaman dengan cara memiilih menu transaksi yang diinginkan maka transaksi melalui Layanan BNI SMS Banking Menu akan langsung terproses.

a. Cara download aplikasi BNI SMS Banking Menu untuk ponsel non Blackberry :
  • Ketik SMS dengan format :
Download<spasi>menu
  • Kirim ke 3346
          Contoh : Download menu 
b.  Cara download aplikasi BNI SMS Banking Menu untuk ponsel Blackberry:
  • Ketik SMS dengan format :
Download <spasi>menu<spasi>BB
  • Kirim ke 3346
          Contoh : Download menu BB
Untuk menggunakan aplikasi BNI SMS Banking Menu, ada beberapa kriteria dari ponsel/handphone yang anda gunakan, yaitu:
  • Support Java MIDP 2.0.
  • Operating System (OS) type symbian, Blackberry, Windows Mobile with midlet manager ready.
  • Memiliki tombol navigasi (untuk touch screen menggunakan virtual keyboard).
  • Memiliki kemampuan untuk koneksi ke internet dengan GPRS (untuk men-download aplikasi BNI SMS Banking Menu).

Untuk melakukan registrasi BNI SMS Banking cukup dengan dua cara yaitu Registrasi BNI SMS Banking Melalui BNI ATM dan Registrasi melalui kantor cabang terdekat.

  1.  Proses Registrasi BNI SMS Banking Melalui BNI ATM
  • Bawa Kartu Debit BNI yang anda punya
  • Mendaftar di BNI ATM, masuk ke meu “ Registrasi e-Channel”, lakukan langkah-langkah :
    • Pilih “BNI SMS Banking”
    • Masukkan nomor ponsel yang anda miliki
    • Buat Sendiri nomor PIN BNI SMS Banking (6 digit)
  • Setelah anda berhasil melakukan registrasi di BNI ATM, Anda akan mendapatkan struk registrasi dari BNI ATM dan ponsel Anda akan menerima SMS sukses registrasi dari 3346.
  • Layanan BNI SMS Banking telah dapat digunakan hanya untuk transaksi non financial, seperti : cek saldo, mutasi rekening dan informasi tagihan (kartu kredit BNI, Telkom, Kartu Halo,Matrix, Star One, Xplor, Flexy dan Speedy), perubahan nomor PIN BNI SMS Banking dan fasilitas bantuan.
  • Untuk dapat bertransaksi financial, seperti : transfer, pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa, silahkan datang ke cabang BNI terdekat untuk mengaktifkan layanan transaksi financial. Bawa struk registrasi anda di BNI ATM atau tunjukkan SMS notifikasi dari 3346.
  •  
     
  1. Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking Melalui Cabang
  • Datang ke cabang BNI terdekat dengan membawa :
    • Kartu Indentitas diri (KTP,SIM, Passport)
    • Bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan/atau BNI Card
  • Petugas Cabang akan membantu Anda untuk melakukan proses registrasi & aktivasi BNI SMS Banking.
Kalau menurut saya sebaiknya gunakan cara kedua, agar proses aktivasi lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama, karena biasanya proses aktivasi dari Bank itu diwaktu jam kerja saja.

Mendapatkan BNI Debit Online
Nah, sebelumnya sudah tahu kan ya caranya registrasi SMS Banking BNI, setelah hal tersebut dilakukan dan berhasil, sekarang tinggal melakukan registrasi Debit Online BNI, yaitu dengan cara: 


  1. Lakukan proses request VCN dengan langkah seperti pada gambar:
a)  BNI SMS Banking by Syntax
Anda bisa mendapatkan VCN dengan cara mengetik REG VCN (Nominal) melalui BNI SMS Banking ke nomor 3346, (gambar 1). Kemudian anda akan menerima SMS balasan dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN Anda, (gambar 2). Anda akan mendapatkan SMS balasan kembali yg berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), 3 digit nomor CVC2, 


b). BNI SMS Banking by BNI USSD (Akses *141#)
-> Provider Telkomsel di akses    : *141*1#
-> Provider Indosat & XL di akses    : *141*2#

  1. Kemudian, Lakukan input data (16 digit Nomor VCN, 3 digit CVC2 dan Valid Thru) sesuai notifikasi status request BNI Debit Online (pada gambar 1 langkah ke 3) di kolom yang telah tersedia pada menu pembayaran (gambar 2)



3. Setelah melakukan input data BNI Debit Online, klik “Pay Now” untuk verifikasi transaksi.

Ada beberapa hal yang perlu diingat, bahwa ketika meminta VCN & Nominal dalam jumlah tertentu, maka saldo yang anda punyai tidak akan terpotong terhadap jumlah nominal yang direquest namun anda hanya dikenakan biaya provider Telco (pengiriman & penerimaan Pesan SMS). Tetapi bila permintaan/Request VCN yang dilakukan mengalami kegagalan, hal ini disebabkan oleh:
  1. Perintah syntax SMS untuk Request VCN yang diketik oleh anda belum benar sesuai syntax
  2. Anda belum melakukan Registrasi fitur BNI SMS Banking serta Aktivasi SMS Banking anda untuk transaksi financial
  3. Anda adalah nasabah baru atau baru saja mengaktifkan BNI SMS Banking untuk transaksi finansial, dan informasi BNI SMS Banking anda sedang dalam proses pembaharuan.

Jika anda sudah mengaktifkan BNI SMS Banking Finansial melalui Customer Services di Cabang BNI terdekat, maka langkah selanjutnya yaitu Menelpon BNI Call untuk mengaktifkan fitur VCN BNI / BNI Debit Online Anda. Bila ada masalah yang ingin ditanyakan langsung cukup melakukan telepon ke BNI Call di 021-500045. Caranya yaitu dengan memasukan 16 digit nomor kartu debit anda, kemudian  masukan PIN BNI Hnadphone anda. Selanjutnya utarakan kepada CS BNI bahwa anda ingin mengaktifkan fitur VCN BNI.  Nah, CS BNI nantinya akan menanyakan beberapa pertanyaan yang harus anda jawab dengan benar. Pertanyaannya yaitu: nama anda, nama ibu, nomor Handphone yang didaftarkan untuk sms banking, nomor rekening tabungan, cabang pembukaan rekening, dan lainnya. Bila CS BNI menanyakan alasn penggunaan VCN yang anda ajukan, maka jawabnya sejujurnya misalanya untuk belanja online di Lazada, Traveloka, dll. Setelah itu CS BNI akan menyuruh Anda untuk menunggu 3 sampai 14 hari kerja untuk pengaktifan VCN BNI yang anda ajukan. Nah, saat anda menelepon CS BNI, tentunya akan membutuhkan waktu yang lama untuk berbicara sehingga menghabiskan biaya pulsa yang cukup banyak, untuk meminimalisir penggunaan pulsa yang banyak, daftarkan terlebih dahulu Phone Banking yang anda punya melalui  BNI ATM atau Cabang BNI terdekat.


Berhubung saya suka sekali berbelanja online, tapi sesuai dengan kebutuhan juga sih, gak terlalu boros amat ya, saya bisa dengan mudah melakukan transfer dengan debit online BNI. Caranya cukup mudah kok. Pertama kita kunjungi dulu situs e-commerce yang akan kita tuju, lalu memilih-milih barang yang akan dibeli, bila sudah cocok dengan produk yang akan dibeli, lakukanlah proses checkout, lalu  pilih metode pembayaran yang berlogo MasterCard (dikolom pembayaran Kartu Kredit). Kemudian lakukanlah pembayaran dengan cara memasukkan 16 angka nomor kartu VCN, bulan / tahun, dan 3 digit nomor CVC2 yang telah Anda request melalui BNI SMS Banking. Jika transaksi  berhasil, saldo anda akan terpotong sesuai jumlah transaksi tersebut. Namun jika transaksi gagal/tidak berhasil maka tidak ada pemotongan saldo. Bila kita mau memberikan VCN ke orang lain bisa-bisa saja sih dan jumlah saldo yang dipotong adalah sebesar nilai transaksi (belanja) dari rekening pemilik yang meminta VCN tersebut. Nah mudah dan cepat bukan?

Penggunaan BNI Debit Online di Lazada

Saya suka sekali berbelanja online di LAZADA, karena disana banyak sekali produk-produk yang dengan mudah saya temukan dan harganya pun cukup murah, bahkan banyak promo yang diberikan bila saya menggunakan BNI Debit Online. Belanja online memang lebih dimudahkan, saya tidak perlu jauh-jau dan mengeluarkan waktu dan tenaga yang banyak untuk datang kesebuah toko atau mall ketika menginginkan produk atau sesuatu. Ongkos untuk pergi ke toko/mall pun lebih diminimalisir dan cukup dengan membayar ongkos kirim saja bila berbelanja online. Tinggal pilih-pilih produk yang dibutuhkan, pesan, lakukan pembayaran, dan barangpun datang beberapa hari lagi. Sangat praktis sekali. Nah…untuk belanja produk di Lazada caranya mudah kok, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, seperti apa yang pernah saya lakukan:

  1. Saya mengunjungi situs/web dari Merchant/Toko Online yang dituju, kemudian saya  berbelanja  dan memilih produk yang akan saya beli.
  2. Setelah menemukan produk yang dibeli, lalu saya melakukan Klik “Add to Cart” untuk memasukkan pilihan produk yang akan dibeli ke dalam keranjang belanja. Untuk selanjutnya   dilakukan proses “Checkout”.
  3. Kemudian saya melakukan proses pembayaran di bagian halaman pembayaran dengan cara memilih metode pembayaran “Kartu Kredit” atau “BNI Debit Online”  pada jaringan MasterCard
  4. Tinggal melakukan Proses Request VCN dengan cara:
    1. Ketik Req <spasi> VCN <spasi> (Nominal) melalui SMS Banking BNI kirim ke 3346(gambar 1 langkah ke 1)
    2. Terima SMS balasan dari BNI, berisi perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN Anda. (gambar 1 langkah ke 2)
    3. Nasabah mendapatkan notifikasi status request BNI Debit Online melalui SMS Banking berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yang terdiri dari 16 DigitValid thru (bulan/tahun), dan 3 Digit nomor CVC2(gambar 1 langkah ke 3)
    1. Selanjutnya sata menginput data (16 digit Nomor VCN, 3 digit CVC2 dan Valid Thru) sesuai notifikasi status request BNI Debit Online (pada gambar 1 langkah ke 3) di kolom yang telah tersedia pada menu pembayaran (gambar 2). Setelah melakukan input data BNI Debit Online, klik “Submit” atau “Pay” untuk verifikasi transaksi.
  1. Jika proses pembayaran sudah berhasil / Success, saya akan menerima notifikasi pembayaran dari Merchant/Toko Online via email.
 Penggunaan BNI Debit Online di Traveloka

Sama halnya dengan proses pembelian tiket pesawat di situs Traveloka. Saat itu saya ingin pulang kampung ke Surabaya. Untuk lebih mudahnya saya langsung mengunjungi situs traveloka dan mencari penerbangan kea rah Surabaya yang sesuai dengan hari dan jam yang saya butuhkan. Setelah itu tinggal melakukan proses transaksi sebagai berikut:

  1. Saya mengisi Data Pemesan & Data Penumpang dengan benar sesuai dengan KTP/kartu identitas yang saya miliki.
  2. Di Halaman Pembayaran, saya kemudian memilih metode pembayaran BNI Debit Online.
  3. Selanjutnya menggunakan HP yang saya miliki dan melakukan Proses Request VCN dalam 3 langkah, yaitu:
    a. Ketik Req <spasi> VCN <spasi> (nominal transaksi) melalui SMS Banking BNI, kirim ke 3346 (Gambar 1 langkah ke 1).
    b. Terima SMS balasan dari BNI yang berisi perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN yang saya miliki (Gambar 1 langkah ke 2).
    c. Lalu saya  akan mendapatkan notifikasi status request BNI Debit Online melalui SMS Banking berupa Virtual Credit Number (VCN) yang terdiri dari 16 digit, Berlaku Hingga atau Valid Thru (bulan/tahun), dan 3 Digit nomor CVC2 (Gambar 1 langkah ke 3).
  1. Kemudian saya melakukan input data (16 digit Nomor VCN, Berlaku Hingga/Valid Thru dan 3 Digit CVC2) sesuai notifikasi status request BNI Debit Online (pada gambar 1 langkah ke 3) di kolom yang telah tersedia pada menu pembayaran(Gambar 2).
        
Setelah mengisi kolom data BNI Debit Online, lalu sya klik Bayar untuk verifikasi transaksi.
  1. Setelah pembayaran diterima dengan sukses, saya akan menerima SMS/Email konfirmasi dari Traveloka.com.
Masukan atau peningkatan terhadap produk BNI Debit Online
Sebagai nasabah yang baik dan tentunya selalu membutuhkan pelayanan dan produk-produk terbaru dari BNI yang baik, cepat dan mudah, saya harap BNI akan selalu menjadi Bank yang akan tetap dihati masyarakat.  Berharap pula kedepannya semakin menjadi Bank yang menjadi kepercayaan masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik sebagai bank pilihan di hati masyarakat. Selain itu juga memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai macam transaksi finasial yang saat ini sudah menuju era yang canggih. Maka dari itu, ada beberapa saran dari saya demi kemajuan dari BNI Debit Online yang saat ini sudah menjadi fasilitas penting terhadap kebutuhan nasabahnya, diantara saran-saran tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Sejauh yang saya ketahui selama ini, masih banyak online store/merchand yang belum bekerja sama dengan BNI dalam penggunaan fasilitas Kartu Debit Online, sehingga nasabah BNI yang ingin berbelanja di online store tersebut merasa kesulitan. Diharapkan ke depannya Kartu Debit Online BNI lebih melebarkan sayap untuk melakukan kerjasama dengan merchant yang belum terdaftar fasilitasnya sehingga semakin memudahkan nasabah BNI berbelanja online dimana saja menggnakan Kartu Debit Online BNI.
    2. Ketika ada nasabah yang menelepon CS BNI untuk melakukan proses pengaktifab VCN BNI yang diajukannya, sebaiknya jangan terlalu lama untuk memprosesnya, cukup 3-5 hari kerja saja, karena selama ini yang saya tahu adalah 3-14 hari kerja. Proses pengaktifan yang lama tentu akan menghambat nasabah dalam melakukan transaksi yang diinginkannya apalagi jika butuh mendesak.
    3. Pada situs http://www.bni.co.id, sebaiknya disebutkan dengan detail dan lengkap, merchand/online store mana saja yang bekerja sam dengan BNI dalam penggunaan kartu debit online, sehingga memudahkan nasabah untuk mencari.
    4. Ketika ada kegagalan dari nasabah dalam aktivasi VCN BNI Debit Online, dan mengadu ke CS BNI, sebaiknya prosesnya segera diselesaikan dan pihak BNI dengan tanggap dan cepat melakukan verifikasi terhadap permasalahan tersebut, sehingga nasabah tidak perlu berlama-lama menunggu. Dalam hal ini kepuasan nasabah sudah dapat dipenuhi, CS BNI juga perlu dibekali ilmu yang banyak tentang BNI Debit Online agar nasabah yang tanya-tanya dapat dijelaskan dengan pemahaman yang cukup.
    5. Sistem dan jaringannya lebih diperkuat dan diperlancar lagi sehingga prose pengaktifan VCN lebih cepat dan tidak mengalami trouble
    6. Peningkatan promo-promo di merchand-merchand yang bekerja sama dengan BNI dalam penggunaan BNI Debit Online sehingga semakin banyak yang menggunakan rekening pada BNI. 
Mudah-mudahan masukan yang saya berikan bisa memberikan kemajuan dan perbaikan bagi fasilitas BNI Debit Online yang dikeluarkan oleh BNI.

Referensi:
http://www.bni.co.id/
http://blog.lazada.co.id/panduan-berbelanja-online-dengan-bni-debit-online/








2 comments:

Ratu SYA said...

Good luck ya mak

Inda Chakim said...

BMI nhasih kemudahan bgd dah pokoknya ya mak, sip sip

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvens...