Acer Liquid Z320, Smartphone Paling Bersahabat Untuk Anak

Saya sering mendapat curhatan dari beberapa teman yang sudah mempunyai anak. Berawal dari sebuah obrolan di grup Whatsapp. Dari obrolan itulah saya mendapat banyak pelajaran bagaimana nantinya menjadi orang tua yang baik dan cermat dalam mendidik anak. Ada sebuah obrolan yang cukup menarik bagi saya yaitu tentang penggunaan smartphone pada anak. Terutama pada zaman sekarang dimana smartphone bertebaran dan semakin canggih. Bahkan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap dan menarik.



Obrolan di WA waktu itu:

Ibu A: Saya sedikit khawatir belakangan ini, Jeng, anak saya sering main games di Hp tapi tiba-tiba muncul aplikasi yang menampilkan gambar orang dewasa. Semacam games juga. Kalau di klik langsung mengarah ke games tersebut. Padahal anak saya gak buka games yang macam-macam.

Ibu B : Wah. Iya saya juga mengalami hal yang sama waktu anakku main games di Hp. Itu kenapa ya? Padahal kita gak pernah buka situs-situs porno.

Ibu C: Itu mungkin dari Hpnya, Jeng. Saya kurang tahu juga sih.

Ibu A: Wah, gawat nih kalau  begini, saya jadi semakin khawatir kalau anak-anak lagi main games. Makanya sering saya awasi.

Ibu D: Jangan keseringan main games Jeng A nanti ketagihan lo anaknya.

Ibu A: Nggak kok Jeng, saya kasih main games di Hp pas weekend saja. Kalau pas lagi hari sekolah gak saya ijinin.

Ibu B:  Iya saya juga kok. Jadi semakin khawatir saja nih.

Ibu C: Kalau anak saya gak mau diatur. Suka curi-curi  kalau main Hp. Saya seringkali tuh berantem sama anak hanya gara-gara Hp. Saya bingung nih gimana caranya supaya tuh anak nurut gitu. Ada solusinya gak ya?

Nah, jadi puyeng sendiri kan mendengar obrolan mereka. Saya saja yang belum punya anak merasa resah atas apa yang terjadi sama anak-anak sekarang. Apalagi aplikasi bahkan internet yang ada di Hp seringkali tidak bisa difilter. Kalau kita sebagai orang tua tidak memantau dan mendampingi aktivitas anak ketika main Hp, bisa-bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalkan tanpa sengaja mereka mengklik situs-situs dewasa. Ataupun situs games dewasa yang sangat tidak cocok untuk anak seumuran mereka. Kita tahu sendiri kan jaman sekarang ini apa sih yang tidak canggih. Anak balita pun bisa mengerti sebuah games tanpa harus bisa membaca. Hanya dengan melihat gambar saja mereka sudah paham apa yang dimaksud. Bahkan rasa ingin tahu mereka sangat besar. Apapun yang membuat mereka penasaran pasti akan dicari tahu. Apalagi kalau anak yang sudah berumur diatas 4 tahun, pastinya sudah paham dan bisa membaca, tentunya lebih berbahaya lagi. Anak itu adalah jiwa yang peniru. Jangan sampai mereka meniru hal-hal yang salah dan diluar batas kewajaran.

Menurut saya ada satu contoh games anak-anak yang tidak berbahaya seperti POU. Kalian tahu juga kan kalau games ini sering dimainkan oleh orang dewasa. Gamesnya lucu dengan menampilkan boneka yang harus dirawat dengan baik. Kalau sakit diberi obat, kalau lapar diberi makan, kalau kotor dimandikan. Kalau uangnya habis tinggal main games lagi. Games ini tidak perlu pintar membaca karena sudah disediakan gambar-gambar yang tinggal di klik saja. Gambarnya pun mudah dipahami. Ini baru games yang memang cocok untuk anak-anak karena mengajarkan mereka agar bisa mengurus diri sendiri.

Bagaimana kalau games yang menampilkan gambar-gambar dewasa dan tanpa sengaja di klik oleh anak-anak kita? Tentu saja gambar-gambar yang tidak sepantasnya itu akan berada di ingatan mereka. Hal tersebut dapat merusak pikiran mereka sedikit demi sedikit. Kalau anak-anak sudah ketagihan games dan tidak bisa kita pantau bagaimana jadinya? Atau anak anak menjebol tagihan kita tanpa kita ketahui? Siapkah kita mengalami hal ini?

Bagaimana kalau games yang dimainkan adalah games yang berbayar dengan membeli berbagai macam aplikasi? Bagi anak-anak mereka tidak akan tahu-menahu apakah aplikasi games itu  memerlukan uang untuk membeli atau tidak. Mereka kan hanya asal pencet saja menurut apa yang mereka tahu. Bagi orang tua yang mempunyai kartu kredit tentunya harus lebih hati-hati lagi. Apalagi kalau sampai si anak tahu bagaimana cara/petunjuk  pembelian aplikasi  games di smartphone. Kalau tidak diberi kunci pengaman, bisa menyebabkan si anak dengan seenaknya menggunakan uang di kartu kredit orang tuanya ketika membeli aplikasi games tersebut. Jika orang tua tidak tahu dan tidak memantau apa yang akan terjadi bisa-bisa tagihan yang akan melampaui batas akan menghadap kita. Apakah kita semua mau hal ini terjadi dan malah merepotkan kita?



Untuk memantau dan mengajarkan anak agar menggunakan smartphone sesuai dengan umurnya, hal hal yang bisa kita lakukan adalah:

1. Pastikan anda memilihkan jenis permainan yang edukatif dan sesuai dengan usia anak.

2. Jangan hiraukan peran kita sebagai orang tua dalam mengawasi dan memantau setiap aktivitas anak sekalipun menggunakan games di Hp.

3. Berikan arahan dan didikan pada anak ketika menggunakan smartphone.

4. Batasi penggunaan smartphone pada anak sehingga mereka tidak kecanduan dan tahu peraturannya. Misalkan diperbolehkan main smartphone setelah selesai belajar atau hanya di hari weekend saja.

5. Berikan smartphone yang sudah mempunyai aplikasi perlindungan terhadap hal-hal yang tidak dinginkan ketika anak menggunakannya.





Ketika zaman semakin canggih, smartphone yang bermunculan saat ini pun semakin canggih. Untuk membantu orang tua dalam hal penggunaan smartphone bagi anak, kali ini Acer Indonesia mengeluarkan produk smartphone Acer yang baik dan cocok untuk segmen anak-anak pada khususnya.  Smartphone tersebut adalah Acer Liquid Z320. Sebut saja bahwa Acer Liquid Z320 ini adalah smartphone yang paling bersahabat untuk anak. Terutama ketika mereka menggunakan berbagai macam aplikasi dan fitur di dalam Hp termasuk memainkan beberapa games dan browsing artikel baik untuk tugas sekolah maupun untuk sekedar membaca. Mengapa harus Acer Liquid Z320 yang cocok untuk anak-anak? Ini dia beberapa alasannya:

1. Tampilan pabrikan untuk aplikasi-aplikasi pada Acer Liquid Z320 sudah sangat cocok dan sesuai dengan anak. Hal ini dapat dilihat dengan tampilan layar ketika dihidupkan yaitu colorfull penuh dengan warna warni. Tak hanya itu icon dari setiap fiturnya sangat lucu dan menampilkan karakter anak. Desain seperti inilah yang menjadi daya tarik bagi anak-anak. Seperti kita ketahui bahwa anak-anak itu adalah pribadi yang ceria dan penuh warna. 

2. Adanya fitur teknologi Blue Light Shield
Teknologi Blue Light Shield yaitu fitur cahaya biru yang aman untuk mata anak-anak. Dengan fitur ini cahaya biru yang muncul di layar ponsel akan terkontrol sehingga anak-anak tidak mudah terkena paparan langsung dari cahaya biru melalui layar ponsel. Orang tua juga tidak perlu merasa khawatir jika anak-anaknya sedang asyik berlama-lama menatap layar ponsel saat bermain games atau menggunakan fitur lainnya. Mata tidak akan merasa kelelahan tetapi justru lebih terasa nyaman dipakai.



 3. Adanya Tutorial Acer yang mempermudah orang tua atau anak menggunakan aplikasi di smartphone Acer Liquid Z320. Tutorial Acer ini berupa jawaban dan pertanyaan tentang bagaimana menggunakan aplikasi ponsel untuk anak-anak dengan panduan yang sangat lengkap dan aplikatif. Mereka tidak perlu terlalu bingung ketika awal pertama memakai ponsel, karena sudah ada panduannya. Sangat mudah dan praktis bukan?



4. Adanya Parental Control
Pada Acer Liquid Z320 ini, adanya parental control adalah menjadi hal utama. Sebab smartphone ini memang dikhususkan untuk anak-anak dengan keamanan yang terjamin. Orang tua bisa mengatur dan mengaktifkan Safe Zone pada ponsel sehingga anak-anak hanya dapat mengakses aplikasi yang sesuai dengan umur mereka. Jikalau keamanan dan kenyamanan masih kurang tercipta, maka orang tua bisa mengaktifkan Extra Safe Zone sehingga ponsel dapat mengunci fitur Kids Center meskipun sudah dinyalakan ulang.

5. Adanya fitur  Kids Center.
Fitur Kids Center merupakan fitur yang cocok bagi anak-anak. Pada fitur ini terdapat aplikasi yang memberikan panduan multimedia kepada anak-anak. Diantaranya adalah aplikasi untuk belajar/kreativitas diri, aplikasi bermain games,  aplikasi musik, aplikasi video, aplikasi mengakses web/internet sesuai dengan umur anak-anak.




Nah, dari alasan-alasan diatas, menunjukkan bahwa smartphone Acer Liquid Z320 ini memang bersahabat untuk anak. Bagaimana tidak, fitur-fitur yang ada di dalam smartphone tersebut memanjakan anak dengan icon yang lucu dan fitur yang menarik sesuai dengan usia mereka. Diantara fitur dan aplikasi yang tersedia di smartphone Acer Liquid Z320 adalah sebagai berikut:

A. Aplikasi belajar/kreativitas diri

Anak anak adalah pribadi yang butuh pembelajaran dan kreativitas. Otak mereka masih butuh banyak hal agar kreativitasnya bertambah. Segala sesuatu yang edukatif akan menunjang kreativitas anak. Pada fitur Kids Center ini anak-anak bisa belajar edukatif dan melatih kreativitasnya. Bila anak senang disuguhi hal-hal yang menarik dan menyenangkan di sebuah ponsel otomatis mereka akan betah dan berlama-lama main ponselnya. Asalkan suguhan yang diberikan bisa bermanfaat untuk mereka.

Di dalam Acer Liquid ini sudah disedikan ribuan aplikasi edukatif yang membantu anak untuk belajar dan berkreativitas. Tergantung aplikasi edukatif mana yang mereka sukai. Orang tua hanya bisa memantau saja dengan aman tanpa harus khawatir, karena terdapat parental control di dalamnya.

B. Aplikasi games dan video

Dalam jiwa anak-anak selalu ada kata bermain. Entah bermain di luar rumah atau di dalam rumah karena diusia mereka bermain itu masih dibutuhkan. Lalu apa jadinya kalau bermain mereka hanya bermain games yang ada di ponsel. Apakah berbahaya? Dengan adanya Fitur Kids Center, panduan bermain games sangat aman bagi anak-anak. Mereka bisa bermain dan bersenang-senang asalkan cocok untuk usia mereka saja. Maka dari itu aplikasi ini memberikan batasan bagi anak khususnya akses games dewasa yang tidak sesuai dengan umur mereka. Untuk waktu bermain games sebaiknya anak diberi batasan waktu ketika weekend atau waktu senggang saja agar tidak mengganggu jam belajar dan sekolah mereka. Yang terpenting adalah kontrol orang tua terhadap aktivitas anak.

C. Aplikasi mengakses web internet.

Dengan adanya fitur Kids Center, orang tua bisa mengontrol anak-anaknya ketika harus mengakses web internet (controlled browsing). Hal ini dimaksudkan demi keamanan dan kenyamanan anak-anak. Sehingga mereka tidak secara sengaja atau tidak mengklik situs-situs dewasa yang sangat tidak cocok untuk seusia mereka. Orang tua pun tidak perlu merasa was-was dan khawatir jika anaknya mengakses web internet baik untuk keperluan tugas sekolah ataupun keperluan belajar lainnya. Situs-situs dewasa dan yang menyimpang dari umur anak bisa diblokir oleh orang tua dengan menggunakan Kidoz Safe Search dan anak-anak hanya dibatasi untuk mengakses web khusus mereka saja. Sehingga orang tua bisa mengawasi dan memantau link-link apa saja yang sedang dibuka oleh anaknya ketika bermain ponsel. Aplikasi ini juga membatasi anak untuk mengakses menu lainnya seperti pembelian aplikasi-aplikasi baru tanpa seizin spAcer. Keamanan pun terjamin dan orang tua pun senang.

Untuk rincian fitur-fitur yang terdapat pada Kids Center diantaranya yaitu:

 1.  Kidoz store.

Pada fitur ini banyak terdapat permainan/games yang cocok untuk anak-anak. Mereka bisa mendownloadnya sesuai dengan kesukaan mereka karena sudah terpilih dan sesuai untuk usia mereka. Orang tua tidak perlu khawatir, jika nanti anak-anaknya mendownload permainan yang tidak sesuai dengan umur mereka. Tetapi untuk mendownload permainan yang ada di fitur Kids Store ini, smartphone harus terhubung dengan internet baik menggunakan paket bulanan atau wifi.



 2. Fitur video.
Pada fitur ini terdapat pilihan-pilihan chanel video anak-anak yang bisa dipilih sesuka hati. Tampilan video pada fitur Kids Center dibuat berbeda dengan tampilan di youtube. Jadi sangat aman ketika digunakan oleh anak-anak. Untuk memutar videonya juga harus terhubung dengan internet.



 3. Fitur permainan.
Pada fitur ini banyak terdapat permainan yang bisa dipilih oleh anak-anak sesuai dengan minat mereka.

 4. Fitur Situs Web
Pada fitur ini anak-anak dapat mencari link-link yang mereka inginkan, tapi tetap jadi link yang disediakan adalah yang cocok dengan karakter mereka. Jadi orang tua tidak perlu cemas dan khawatir jika anak membuka situs web yang menyimpang dari umurnya.

 5. Fitur Kotak Lukis  ( Kids Center Painter )
Fitur ini mengajarkan anak untuk berkreativitas dalam hal melukis dan mewarnai. Ada dua kreativitas yang bisa diasah disini yaitu coloring pages (mewarnai gambar) dan blank pages (melukis gambar).  Pada bagian Blank Pages, anak-anak diajarkan untuk melukis/menggambar sendiri sesuai dengan keinginannya dan kemudian mewarnainya. Disini terdapat berbagai macam pensil warna yang bisa digunakan. Tinggal dipilih dan di klik saja. Ada juga stiker-stiker yang bisa digunakan dan tombol penghapus bila ingin  menghapus gambarnya.



Pada bagian Coloring Page, anak diajarkan untuk mewarnai gambar.  Di bagian ini sudah disediakan gambar-gambar yang siap untuk diwarnai oleh anak-anak. Disediakan juga beragam pilihan pensil warna. Sebaiknya orang tua memandu anak ketika harus mengasah kreativitas mereka sendiri sehingga ketika anak ingin bertanya maka orangtua tinggal menjawab dan memberi panduan. Jika mereka sudah paham, kita bisa meninggalkan mereka sendiri agar bisa bebas berkreasi tanpa batas.



6. Fitur Kamera
Fitur kamera pada Kids Center memberikan kemudahan bagi anak-anak mengambil foto sendiri, baik itu foto selfie maupun tidak. Mereka dapat mengkreasikan fotonya dengan menggunakan frame-frame yang lucu dan cocok dengan karakter mereka.


7. Fitur kertas dinding.
Merupakan fitur yang menyediakan wallpaper dengan gambar-gambar yang lucu dan cocok dengan karakter anak. Caranya tinggal klik icon Kertas Dinding dan pilih gambar mana yang akan dijadikan layar/wallpaper pada ponsel.



8. Fitur Foto Saya
Pada fitur ini, anak-anak dapat menyimpan foto-foto hasil jepretan mereka. Jadi penyimpanan foto di Kids Center terpisah dengan penyimpanan foto di galeri utama. Anak-anak tak perlu lagi mengakses galari foto utama, karena di fitur Kids Center sudah tersedia kebutuhannya.

9. Fitur aplikasi saya/kunci (Kidoz Safe Search).
Fitur ini merupakan alat untuk melakukan pengamanan kunci pada ponsel sehingga bisa memberikan keamanan bagi anak sewaktu memakainya. Anak tidak bisa keluar dari zona Kids Center ketika berada di zona ini, sehingga sangat aman dari penyimpangan ke konten negatif. Untuk menggunakan fitur ini harus register terlebih dahulu dengan membuat akun sendiri. Untuk meregister tidak bisa  menggunakan akun-akun seperti email, FB atau yang lainnya. Dengan adanya fitur ini orang tua bisa membatasi akses anak ketika menggunakan ponsel dan mengaktifkan kunci pada ponsel. Selain itu orang tua juga bisa memfilter situs-situs yang berbahaya dan bisa memantau link apa saja yang dibuka oleh anak mereka.



Wah, fiturnya keren-keren ya! Anak-anak pasti senang. Orang tua juga senang dong!

Tak hanya fitur-fitur keren itu yang membuat Acer Liquid Z320 cocok dengan anak-anak, tapi spesifikasi dan performancenya yang oke banget. Mau tahu apa itu? Yuk, simak paparan saya:


Performance dari Acer Liquid Z320 ini menampilkan desain yang cukup elegan dengan dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm, dan beratnya 142 gram. Bodinya yang bulat di keempat sisinya cukup nyaman ketiga digenggam oleh tangan. Bodinya tidak terlalu licin dan aman ketika dipakai oleh anak.

Layarnya mempunyai ukuran 4,5 inchi dan terdapat kamera depan sebesar 2 Mp, kamera belakang sebesar 8 Mp serta video call. Ukuran kamera seperti itu sudah sangat cukup bila digunakan oleh anak-anak. Yang terpenting adalah mereka bisa memahami sebuah gambar tanpa harus menciptakan kualitas gambar yang oke punya.

Ponsel ini memiliki slot dual sim, artinya kita bisa memakai dua Sim Card dalam satu ponsel. Memori internalnya mencapai 8 GB dan memori eksternalnya menggunakan Slot micro SD yang berkapasitas sampai 32 GB. RAM yang digunakan sebesar 1 GB. Baterai yang digunakan removeable Li-Ion dengan kapasitas 2000 mAh.

Sistem operasi yang digunakan oleh Acer Liquid Z320 adalah Android Lollipop 5.1 yang dibalut dengan Acer Float UI. Floating apps mempermudah kita mengakses aplikasi secara bersamaan. Dengan spesifikasi yang mumpuni tersebut apalagi ditambah dengan fitur dan aplikasi yang menarik, sudah jelas bahwa smartphone Acer Liquid Z320 ini adalah smartphone yang paling bersahabat dengan anak. Kekhawatiran orang tua terhadap penggunaan gadget di jaman canggih seperti ini dapat diminimalisir. Penyimpangan yang umumnya berasal dari penggunaan gadget oleh anak dapat ditanggulangi. Itulah fungsi adanya parental control yang sudah disediakan di dalam ponsel Acer.

Nah, kita sebagai orang tua harus lebih bijak, cerdas dan hati-hati dalam memilih dan memberikan gadget pada anak. Berdasarkan paparan saya di atas, smartphone Acer Liquid Z320 inilah yang cocok bagi anak-anak. Harganya cukup terjangkau yaitu kurang dari 1 juta rupiah. Nyaman di kantong, juga aman untuk anak kan? Anak dan orang tua sama-sama senang.


Referensi:

Www.acerid.com

Www.acer.com

http://www.jobsurabaya.com/2016/01/fitur-kids-center-di-acer-liquid-z320.html?m=1

https://youtu.be/ZLUlvz5kpWc

https://youtu.be/O4n014dpdg4

https://youtu.be/Z89BZW1SfTk



  • Acer Indonesia, Smartphone Acer, Acer Liquid Z32

Comments

Windah Saputro said…
Iya ngeri tuh gamea yg porno skrg banyak iklannya
Selamatkan anak-anak Indonesia mulai dari rumah. :)
FaniaSurya said…
Iya mbak betul, skg makin hati2
FaniaSurya said…
Berawal dari kita sendiri
FaniaSurya said…
Berawal dari kita sendiri

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia