Thursday, March 31, 2016

Perjuangan Masa Kecil Mendapatkan Air Bersih

Mengingat masa kecil seperti kembali ke rekam jejak masa lalu. Antara kenangan dan pengalaman yang saya rasakan waktu ini. Banyak hal yang sudah terekam dalam memori saya entah itu hal yang menyenangkan atau pun tidak menyenangkan. Kalau mengingat hal yang menyenangkan pasti saya selalu senyam senyum sendiri. Tetapi kalau mengingat hal yang menyedihkan bawaannya sebel dan geregetan. Sampai sempat menggerutu dalam hati, "Kok bisa ya saya dulu seperti itu? Duh, dulu diriku itu begitu menyedihkan ya? Tapi, kenangan hanyalah tinggal kenangan. Bersyukurlah sekarang kenangan itu hanya bisa dijadikan pelajaran ke depannya dan pasti di balik peristiwa yang dulu saya alami ada hikmah yang sampai sekarang saya rasakan.

Mengingat masa kecil saya sebenarnya tidak menderita sangat. Hanya saja waktu itu saya mengalami proses perjuangan yang cukup berat. Hidup dan tinggal di sebuah asrama atau rumah dinas itu sudah sangat bersyukur sekali. Karena pada saat itu orang tua saya belum mempunyai rumah. Kurang lebih sekitar 20 tahunan saya dan orang tua hidup di rumah dinas. Serba pas-pasan dan hidup seadanya. Tapi kami bahagia. 

Tapi sayangnya hidup di asrama itu ada kendalanya.  Air PAM yang mengalir di rumah dinas seringkali mati. Terpaksa kami semua harus menghemat air dengan mandi hanya 3 gayung saja. Wudhu pun cukup hanya satu gayung saja. Itu pun diirit-irit sangat. Ketika air di bak mandi habis, kita harus mengangkut air dari tempat penampungan air dengan menggunakan ember dari jarak 500 m. Saya melakukannya setiap pulang sekolah dan itu rutin setiap hari. Pada saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 6. Sedangkan adikku yang masih kelas 3 pun sudah diwajibkan untuk membantu mengangkut air sampai bak kamar mandi  dan ember-ember di rumah penuh. Meskipun terkadang adik menggerutu karena kecapekan. Tapi mau bagaimana lagi, ini harus kami lakukan karena orang tua kami saat itu dua-duanya bekerja kantoran dan baru pulang ke rumah sore hari. Tentu saja pekerjaan kami dibantu oleh pengasuh kami yang baik hati. Kasihan ya kami yang masih kecil-kecil sudah harus berjuang mencari air bersih. Kalau melihat teman yang lain kok hidupnya tidak sekeras kami berdua. Ah, tapi ya sudahlah jalan hidup tiap orang itu berbeda-beda. Dinikmati saja.

Kalau hari libur, saya dan adik diliburkan untuk mengangkut air. Karena tugas kami sudah digantikan oleh ayah dan pengasuh kami. Sedangkan ibu hanya bertugas bagian beres-beres rumah. Lumayan lo bolak-balik mengangkut air sebanyak 2 ember dengan jarak 500 m. Susah amat sih hidupmu Fan. Yah namanya saja orang hidup itu pasti dari bawah dan pasti ada perjuangan dahulu. Nikmati saja hari hari itu dan syukuri apa yang ada. Walau sempat terkadang merenung, "Kapan sih kamu bisa dengan bebas menikmati air tanpa harus mengangkut ngangkut kayak gini?" Ah, pemikiran anak kecil memang begitu. 

Lebih parah lagi, ketika tempat penampungan air yang biasanya kami ambil itu juga mati dan kehabisan air, kami terpaksa menadah air hujan untuk ditampung sebagai air mandi dan  bukan untuk minum. Kalau untuk air minum, kami terpaksa beli bergalon-galon.

Kebetulan pada saat itu musim hujan, sehingga kami tidak terlalu kesusahan mendapatkan air. Jadi bila hujan turun, saya, pengasuh dan ayah saya langsung buru-buru mengambil ember dan bak air untuk ditaruh di teras depan demi menampung air hujan.  Ahai, saat itu gak ada yang namanya gengsi deh. Karena itu adalah sebuah perjuangan kami untuk mendapatkan air. Mandi dengan air hujan tidak masalah dan terasa sangat dingin sekali ketika kita guyurkan ke  tubuh kita.


Dalam kondisi seperti itu kita masih bersyukur karena perjuangan yang kita hadapi belum berarti apa-apa dibandingkan orang lain yang lebih hidup sengsara dari kita. Selama 20 tahun perjuangan mendapatkan air bersih kami lalui. Sampai akhirnya kami pindah kota dan menempati rumah dinas yang baru dengan air yang sangat cukup untuk minum dan mandi. Alhamdulilah rasa syukur ini tak henti-hentinya.

Wednesday, March 30, 2016

Silaturrahmi Berbuah Jodoh

Punya keluarga yang selalu kompak satu sama lain itu adalah sebuah anugerah yang besar. Apalagi dalam keluarga saya selalu ada tradisi saling mengingatkan untuk saling berkunjung ke saudara-saudara yang lain baik dekat maupun jauh agar silaturahmi tetap terjaga dengan baik. Walaupun sebenarnya tidak ada keperluan yang penting di antara kita disarankan supaya saling berkunjung. Hal ini tentunya bisa mempererat ukhuwah islamiyah dan akan terjaga keeratan hubungan kekeluargaan.

Tidak hanya kepada keluarga saja kita diharuskan bersilaturrahmi. Namun kepada teman dan tetangga juga disarankan. Karena silaturrahmi itu penting demi menjaga hablum minannas.

Dalam keluarga saya silaturrahmi yang rutin dilakukan adalah acara arisan keluarga yang diadakan setiap dua bulan sekali. Hal ini juga demi menjaga hubungan keluarga besar agar tetap kompak  dan saling mengenal mulai dari yang muda sampai yang tua bukan demi mendapatkan uang arisannya. Jika hal ini tidak dilakukan. Mustahil setiap anggota keluarga akan saling mengenal anggota keluarga yang lain. 

Beruntung sebagai orang perantauan, di tempat rantau ini saya masih mempunyai keluarga besar meskipun tidak berkumpul dalam satu kota. Tetapi kita tetap saling berkunjung untuk melepas rindu. Dengan adanya keluarga di daerah perantauan saya merasa tidak sendiri lagi. Oleh karena itu agar persaudaraan tidak hilang begitu saja kami mengadakan acara arisan. Siapa yang menang uang arisan rumahnyalah yang dijadikan tempat pelaksanaan arisan. Menunya juga seadanya dan tidak perlu mewah meriah.



Di dalam acara arisan keluarga juga ada sesi sharing agar setiap keluarga bisa mengeluarkan pendapat, saran dan kritiknya masing-masing. Selain itu juga ada acara tausiyah yang dipimpin oleh tetua di keluarga kami. Tausiyahnya bermacam-macam agar ilmu agama yang kita miliki bertambah. Sesekali agar acara arisan tidak bosan diadakan di rumah saja, keluarga kita pun mengadakan arisan outdoor atau di luar kota misalnya di puncak, di kebun raya atau di tempat-tempat lain yang mendukung untuk diadakan arisan. Dengan adanya acara rutin ini diharapkan tidak terputus hubungan keluarga besar hingga anak cucu dan cicit. Kalaupun ada masalah diantara kita, hal tersebut bisa dibicarakan secara bersama-sama dengan cara musyawarah.

Hal diatas adalah sebagian cerita saya tentang silaturrahmi di dalam keluarga besar saya. Banyak hikmah yang saya dapatkan ketika bersilaturrahmi kepada keluarga. Misalnya ketika saya datang ke rumah om atau tante,  tiba-tiba saya yang saat itu sedang buntu untuk mencari kerja lagi, serta merta om dan tanteku menawarkan sebuah pekerjaan di tempat tertentu. Senangnya bukan main. Hingga akhirnya saya diterima di tempat kerja tersebut. 

Hikmah yang lainnya yaitu ketika saya pergi ke rumah sepupu saya. Kebetulan dia hobi memasak makanan khas daerah tempat tinggal kita. Dan saat itu saya kangen banget dengan rasa masakan daerah tempat tinggal saya. Di perantauan ini mencari makanan khas daerah tidak ada yang jual. Akhirnya ketika saya berkunjung ke rumahnya saya dibuatkan makanan kesukaan saya tersebut. Alhamdulilah rasa kangen terobati dan dapat rezeki makanan secara gratis.

Nah, yang lebih berkesan lagi ketika seringnya saya bersilaturrahmi kepada keluarga, justru dari merekalah saya menemukan jodoh. Kebetulan waktu itu saya masih single dan belum punya pacar. Saking seringnya saya dikenalin ke beberapa laki-laki alias dijodohkan. Akhirnya salah satu dari mereka para laki-laki itu berjodoh dengan saya dan menjadi suami saya yang sekarang berkat perjodohan dari keluarga dekat. Tidak sia-sia ya sering-sering bersilaturrahmi dengan keluarga. Tidak ada yang salah sih dengan istilah perjodohan, karena hal itu bukanlah sesuatu hal yang memalukan. Keputusan seseorang berjodoh dengan kita adalah diri kita sendiri. Jadi tidak ada paksaan. Mungkin saat itu mereka alias keluarga dekat saya merasa jengah ya melihat saya menjomblo terus dan gak nikah-nikah. Padahal saya sendiri sih nyantai-nyantai saja. Ahai, bagaikan mendapat durian runtuh di tengah keterpurukan. Ups, Lebay ya.

Buat yang masih singgle nih, dan belum juga dapat jodoh, sering-seringlah bersilaturrahmi dengan keluarga besar kalian. Siapa tahu om atau tante, sepupu atau kakek dan nenek kalian menyediakan stok jodoh yang bisa dikenalin pada kalian. Yaelah stoK, memangnya sembako? Tapi lumayan kan? Silaturrahmi membawa berkah jodoh. 

Tidak hanya silaturrahmi kepada keluarga saja yang bisa membawa berkah jodoh buat kita. Siapa tahu rezeki kalian yang masih single bisa mendapat jodoh dengan bersilaturrahmi kepada teman atau tetangga. Tidak ada salahnya kan bersilaturrahmi? Walaupun sebenarnya mengenai jodoh hanya Tuhan yang tahu. Tapi kita sebagai manusia yang diciptakan berpasang-pasangan tentunya butuh usaha lain agar jodoh semakin dekat. Nah, sekarang masih adakah yang menyangsikan hikmah besar dibalik sebuah silaturrahmi? 

Tuesday, March 29, 2016

Sehat dengan Tanaman Apotik Hidup

Pengetahuan tentang apotik hidup saya ketahui sejak duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu saya tidak terlalu tertarik dengan yang namanya apotik hidup. Karena dalam pikiran saya apotik hidup adalah bahan-bahan yang digunakan untuk jamu. Ih, jamu kan pahit. Makanya waktu itu saya tidak doyan dengan yang namanya jamu.


Kali ini sejak saya getol dengan kesehatan saya mulai tertarik dengan yang namanya apotik hidup. Karena ternyata apotik hidup itu sangat berguna dan banyak manfaatnya bagi kesehatan kita lo. Yang dimaksud apotik hidup adalah tanaman berkhasiat yang digunakan untuk pengobatan dan kesehatan tubuh yang dapat ditanam di sekitar halaman rumah, selain itu juga berfungsi untuk penghijauan dan membuat oksigen serta hawa disekitar rumah menjadi segar. Contohnya yaitu jahe, kunyit, kencur, lengkuas, sambiloto, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Dulu saya sering sekali membuat ramuan jamu dengan tanaman apotik hidup misalnya ramuan jahe ditambah kencur, sereh dan daun jeruk serta gula batu. Semuanya saya rebus dan disaring airnya. Diminum hangat-hangat kuku. Khasiat ramuan tersebut adalah untuk mengobati batuk dan flu. Kalau sudah mau terserang batuk dan flu saya langsung saja membuat ramuan tadi. 

Terkadang juga saya membuat rebusan jahe dengan gula batu saja. Rasanya enak dan nyaman ditenggorokan dan juga untuk menghangatkan badan serta memulihkan tenaga. Cocok sekali diminum ketika cuaca dingin atau musim hujan. Tapi tidak menutup kemungkinan ketika musim panas juga diperbolehkan minum ramuan ini.

Jika saya tidak mempunyai nafsu makan, maka saya membuat ramuan rebusan temulawak dan gula batu. Fungsi lainnya juga untuk kesehatan hati. Ada lagi ramuan herbal yang sering saya buat yaitu rebusan daun sirih. Khasiatnya bagus sekali untuk kewanitaan. Selain itu juga daun binahong yang seringkali dibuat untuk ramuan obat cina. Istilah lainnya yaitu Dheng San Chi. Daun binahong ini ukurannya kecil dan daunnya berbentuk seperti hati, hidupnya menjalar. Manfaatnya untuk menyembuhkan dan mengeringkan luka. Sangat baik juga bagi orang yang baru dioperasi agar jahitannya cepat kering. Kebetulan saya mendapatkan daun ini dari sepupu saya karena di halaman rumahnya ditanami apotik hidup. 


Sejak mengikuti pola makan Food Combining, saya semakin rajin membuat ramuan herbal namanya yaitu teh rempah. Teh rempah ini bahannya bukan dari teh dan rempah-rempah tapu cukup dari tanaman apotik hidup saja. Bedanya dengan jamu yaitu teh rempah ini tidak direbus tapi bahannya  menggunakan satu batang utuh yang digeprek dan cukup disiram dengan air panas. Didiamkan selama 30 menit sampai terasa hangat-hangat kuku. Baru setelah itu boleh diminum. Rempah yang digunakan pun cukup satu macam saja dan jangan dicampur dengan bahan lain, agar tidak memberatkan ginjal bekerja. Saya sering meminumnya ketika sore hari bersamaan dengan alpukat atau kacang-kacangan. Diusahakan juga setiap harinya saya mengganti jenis rempah yang digunakan untuk teh. Yang saya rasakan setelah rutin minum teh rempah ini yaitu enak banget di badan dan terasa lebih sehat lagi. Teh tempah ini tidak dicampur dengan teh dan tidak menggunakan gula atau bahan sejenisnya. Tapi cukup satu rempah saja. Jadi murni tanpa campuran apa-apa. Bagi yang tidak biasa, mungkin rasanya tidak enak. Tapi kalau sudah dibiasakan nantinya juga terasa enak-enak saja.


Sebenarnya mempunyai apotik hidup di rumah sendiri itu penting lo. Diantaranya yaitu:

 1.  Memudahkan membuat ramuan herbal sendiri untuk mengobati penyakit.

 2. Tidak perlu jauh-jauh beli di pasar atau supermarket. Tapi cukup tinggal memetik saja di rumah. Hemat waktu dan tenaga dibandingkan harus ke pasar atau supermarket terlebih dahulu.

 3. Kalau mempunyai apotik hidup sendiri tentunya menghemat pengeluaran untuk membelinya di pasar atau supermarket. Apalagi ada beberpaa tanaman apotik hidup yang jarang ada dan langka di dapat terutama di kota besar. Jadi disarankan sebaiknya menanam sendiri tanmaan apotik hidup.

 4. Membantu menggalakkan penghijauan di rumah sendiri. Dengan menanam tanman apotik hidup, rumah yang kita tempati akan terlihat lebih hijau dan adem. 

 5. Jika menanam dalam jumlah banyak, bisa dijual dan kita akan mendapatkan keuntungan.


Nah, itulah manfaat yang dapat kita rasakan bila kita sendiri mempunyai lahan untuk menanam apotik hidup. Sedangkan untuk trik-triknya menanam apotik hidup di lahan sendiri yaitu:

 1.  Untuk lahan yang luas, akan lebih mudah menanam apotik hidup jenis apapun. Sebaiknya lahan dibuat sedemikian rupa dan dikelompokkan agar terlihat rapi dan mudah dikenali. Gunakan juga petak-petak dalam memisahkan jenis-jenis apotik hidup.  Bisa ditanam langsung di tanah ataupun menggunakan pot.


 2. Untuk lahan yang sempit bisa menggunakan pot-pot tanaman yang digantung atau disedikan tempat/rak pot berupa kayu yang berbentuk vertikal dan dibuat berkotakkotak. Nah pot-pot tersebut bisa ditaruh di rak kayu itu. Selain terlihat cantik juga lebih hemat lahan.  


Bagi saya pribadi mempunyai lahan untuk menanam apotik hidup itu sangat penting dan menjadi bekal kita ke depannya. Apotik hidup lebih murah digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit daripada menggunakan obat-obatan kimia. Siapa sih yang ingin sakit? Tidak ada kan? Karena sakit itu mahal. Yuk kita menjaga kesehatan dan mengkonsumsi tanaman apotik hidup sesuai dengan kebutuhan dan sekaligus membantu penghijauan. 

Tuesday, March 15, 2016

Belajar Membangun Bisnis Dari Bisnis Mukena Anak Sanaya

Berwirausaha bukan berawal dari bakat tapi sebuah tekad dan keinginan. Saya awalnya tidak mempunyai bakat untuk berwirausaha atau berdagang. Tapi sejak mulai mempunyai pekerjaan,  ada terbersit keinginan besar untuk mempunyai usaha. Walaupun usaha kecil-kecilan. Berawal dari menjual baju secara online. Alhamdulilah cukup membantu dan menambah uang jajan sehari-hari. Meskipun terkadang sempat jenuh juga ya.

Saya pun mencoba peruntungan lain seperti jualan pulsa dan sampai sekarang pun masih berjalan. Karena menurutku bisnis pulsa ini gak akan pernah bikin bangkrut walaupun untungnya juga kecil. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Kecuali pelanggan yang banyak hutang ya dan gak bayar-bayar. Bisa bangkrut awak. Bakalan gak balik modal tuh. 

Entah mengapa sekarang tuh saya senang berdagang barang apapun dan itu pun saya jual walaupun  untung sedikit. Memang benar sih dari tekad jadi nekat dan akhirnya jadi hobi. Bisnis lain yang saya geluti seperti membuat craft. Dari kecil saya suka sekali membuat craft dan kerajinan-kerajinan. Katanya sih saya orangnya terampil. Tapi emang iya sih. Pamer dikit lah ya. Hanya saja hal tersebut kurang saya tekuni dengan benar. Nah dari kesukaan itu saya pun memulai bisnis membuat hias hantaran nikah, dan juga bros pita. Hasilnya lumayan, walaupun yang memesan kebanyakan tetangga dan teman. 

Bisnis hias hantaran yang saya geluti
  
Bisnis hias hantaran yang saya geluti
  


Tapi saya sempat juga memasarkannya di internet dan mulai ada yang tertarik. Saya tidak terlalu ngoyo sih sebenarnya punya bisnis kecil-kecilan seperti itu. Karena saya juga seorang pegawai/karyawan yang harus stand by di kantor dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Jadi ketika ada pesanan bisnis saya kerjakan sepulang kantor atau di hari weekend saja.

Bisnis bros pita yang saya geluti


Saya juga menerima pesanan desain rumah dan logo, sesuai dengan ilmu yang saya pelajari sewaktu kuliah yaitu tukang gambar. Orderan terkadang berasal dari keluarga, teman bahkan tetangga. Ealah banyak sekali sih bisnismu fan? Fokus yang mana sih sebenarnya? Kan saya sudah bilang, kalau saya gak ngotot-ngotot amat. Dikerjakan sesuka hati saja. Mengerjakannya  enjoy saja tanpa beban. Mungkin karena itulah bisnis saya gak terlalu besar kali ya. Beda banget ya sama yang pebisnis betulan dan benar-benar fokus. Pebisnis yang memang hidupnya dari bisnis dan bertekad 100 persen berbisnis. 

Contohnya nih teman saya. Yang mempunyai bisnis mukena anak sejak tahun 2013 sampai dengan sekarang. Bisnisnya lancar jaya. Desainnya bagus-bagus dan lucu. Yang awalnya memproduksi mukena anak sampai meluas menjadi mukena dewasa dan sarung anak.  

Nama usahanya adalah Sanaya Kids, sebuah bisnis mukena yang dimiliki oleh teman saya.  Sebut saja Sanaya. Berawal dari kegalauannya selepas lulus dari kuliah dan menjadi sarjana dengan ilmu khusus yang seabrek. Banyak hal menumpuk dari pikirannya. Apa yang akan dia lakukan selanjutnya. Mau melanjutkan kuliah S2 sepertinya tidak mungkin karena tidak ada biaya. Mau bekerja menjadi pegawai atau berwirausaha pun menjadi pilihan yang sulit. Pikiran itu terus menggelayut begitu juga dengan orang tuanya yang resah akan masa depan anaknya. Mau menjadi  pegawai tapi mempunyai tanggung jawab yaitu orang tua yang tidak bisa ditinggal. Jadi jarus stand by di rumah sambil merawat orang tua. Kalau mengambil pekerjaan freelance sepertinya kurang cocok. Dengan ilmu yang didapat. Sanaya pun galau apakah mau bekerja sesuai dengan ilmunya ataupun bekerja di ilmu lain. 

Dan akhirnya pada tahun 2011, Dia mengikuti Asian Brain dalam waktu satu tahun. Asian brain yaitu kursus internet marketing untuk memperdalam bisnis. Setelah kursus itu, Sanaya mencoba membuat web, mengutak-atiknya tapi malah membuat uangnya habis. Akhirnya sekitar tahun 2012-2013  Sanaya mengikuti kursus SEO selama 2 tahun  dan memperdalam ilmu marketing  secara online. Dia kuliah online dengan biaya sendiri dan bertekad agar bisa berbisnis. Padahal sejatinya dia belum tahu apapun tentang bisnis dan pelaksanaannya. Dari hasil kursus SEO nya itulah, Akhirnya Sanaya memiliki banyak pandangan tentang internet marketing dan toko online. Kemudian Sanaya melakukan langkah awal dengan membuat riset sendiri, produk apakah yang akan dia jual nantinya.

Perang batin kembali menghampiri mengikuti arah hidupnya. Sembari teringat pesan salah satu dosennya sewaktu kuliah dulu yaitu" Berkarya itu bukan hanya untuk urusan perut saja. Kalau tujuanmu untuk itu maka yang kamu dapat hanya rasa kenyang saja. Seharusnya kamu bisa  berkarya  untuk bangsa dan bermanfaat untuk bangsa." Nah, dalem banget kan pesan sang dosen. 

Kegalauan terjadi dalam batinnya, akhirnya setelah riset dilakukan, Sanaya membuat keputusan bahwa bisnis mukena anak  akan menjadi prospek masa depan. Setelah ditemukan keputusan tersebut, Sanaya harus mulai mencari penjahit mukena, karena dia sendiri tidak bisa menjahit. Berkeliling sepanjang sudut kota tempat tinggalnya dan tak ada satupun ada penjahit konveksi yang cocok. 

Akhirnya Sanaya mendapatkan penjahit yang bersedia bekerja sama yaitu mantan tetangganya di kota lain.  Produksi dan proses awalnya berjalan lancar. Untuk pertama kali Sanaya hanya memproduksi 22 pcs mukena anak yang  diselesaikan dalam jangka waktu 3 bulan oleh penjahit tersebut. Padahal janji sebelumnya mau diselesaikan hanya 1 bulan saja. Tak hanya itu penjahit itu juga sering membatalkan orderan seenaknya. Kekecewaan dihadapi oleh Sanaya dan akhirnya dia menghentikan kerjasama dengan penjahit tersebut dan mencoba mencari penjahit lain. 

Setelah mencari, alhamdulilah dapat lagi. Kebetulan kali ini penjahitnya dia kenal yaitu temannya sendiri. Tapi kekecewaan kembali terulang. Di tengah jalan si penjahit ini menaikkan harga sesukanya yaitu lebih dari 10 ribu per pcs dan tidak sesuai dengan kesepakatan awal.  Bagi pedagang seperti Sanaya, kenaikan harga meskipun kecil tetap menjadi hal yang luar biasa dan akan mempengaruhi harga jualnya nanti.  Tetapi kekecewaan ini tidak diperbesar oleh pihak Sanaya. Akhirnya kenaikan harga tersebut disetujuinya agar tidak terjadi keributan atau masalah dengan teman sendiri. Akibatnya bagi pembeli yang membeli produk mukena Sanaya dengan cara grosir, menyebabkan kerugian sekitar 5-10 ribu per pcsnya. Tetapi untuk pembeli mukena yang membeli secara satuan masih bisa memberikan keuntungan buat Sanaya. Dalam pikirannya yang terpenting adalah barang habis dan kejadian ini tidak boleh terulang lagi. Pada saat itu Sanaya hanya dipegang dan dimenej seorang diri tanpa ada yang membantu. 

Pada tahun 2013 ketika itu produksi mukena Sanaya mulai banyak dan meningkat. Meskipun dikerjakan sendiri dan disertai lembur sampai jam 12 malam. Namun tekadnya untuk membesarkan bisnis mukena ini sangat besar. Rela begadang dan hanya tidur selama 3 jam saja sambil mengurus suami dan kehamilan yang pertama. Jatuh bangun sendiri dan tidak mau merepotkan suami.

Suatu hari ada seorang penjahit menghubungi Sanaya untuk menawarkan kerjasama. Setelah beberapa kesepakatan, akhirnya Sanaya menyetujuinya dan tidak lagi memakai penjahit sebelumnya. Bersyukurlah penjahit ini sangat cocok dan dipakai sampai sekarang. Kualitas jahitannya bagus dan rapi. Penjahitnya juga bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Bahkan bisa membuat mukena dengan model apapun. Begitu juga keahlian membordir yang bisa diandalkan oleh Sanaya.

Proses pemotongan kain mukena Sanaya oleh penjahit

Proses penjahitan mukena anak Sanaya Kids


Pada awalnya sejak pertama kali bekerja sama dengan Sanaya, karyawan penjahit ini hanya terdiri dari  5-6 orang saja. Berkat orderan yang rutin dan banyak dari Sanaya akhirnya penjahit itu mempunyai 40 orang karyawan. Perkembangan yang cukup signifikan buat pebisnis. Kerjasama tetap terlaksana dengan baik dan berharap Sanaya akan terus berkembang sehingga penjahit tersebut tetap bisa mempertahankan jumlah pegawai yang banyak bahkan kalau bisa menambah jumlah pegawai bagian jahit juga bagian bordir. Sebab sebagian besar tukang jahit yang bekerja pada penjahit tersebut salah satu mata pencahariannya adalah menjahit. Paling tidak sudah membantu warga disitu agar mempunyai mata pencaharian. Jadi kalau orderan dari Sanaya menurun maka otomatis kerjaan penjahit menurun dan hal ini berpengaruh pada jumlah tenaga kerja penjahit.


Sanaya pun berusa keras agar orderan tetap stabil dan lancar. Berkat ilmu marketing yang telah dipelajari, akhirnya orderan Sanaya bisa sampai ke seluruh kota di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Seperti kita ketahui bahwa orderan mukena biasanya hanya ramai pada saat-saat tertentu saja. Maka dari itu perlu trik-trik pintar dalam merencanakan cashflow sebuah bisnis.  Setiap bulan Sanaya mampu memesan orderan mukena kepada penjahit sebanyak 400-500 pcs. Namunn jika mendekati lebaran orderannya bisa lebih banyak lagi. 
Proses pengecekan stok dan quality control

Produk Sanaya yang sudah dikemas dan siap diorder

Proses packing dan quality control

Produk Sanaya yang sudah dikemas dengan bak

Produk Sanaya yang siap dikirim ke customer


Dulu Sanaya hanya bekerja sendiri atau single fighter. Namun sekarang sudah bisa mempekerjakan beberapa orang disesuaikan dengan pekerjaan yang dibutuhkan yaitu  CS sebanyak 4 orang, admin sebanyak 1 orang, packing dan pengiriman sebanyak 1 orang . Jadi total jumlah tenaga kerja Sanaya yaitu 6 orang. Alhamdulilah bisa sedikit mengurangi pengangguran dan bisa mempekerjakan orang yang butuh pekerjaan. 

Model produk Sanaya Kids

Model produk Sanaya Kids

Model produk Sanaya Kids

Model produk Sanaya Kids

Model produk Sanaya Kids

Model produk Sanaya Kids


Produk produk Sanaya mempunyai kualitas yang bagus dan oke punya. Tidak akan pernah menyesal deh membeli produk Sanaya. Penjualannya sementara ini 95% adalah secara online. Tidak menutup kemungkinan juga dijual secara offline. Namun hal tersebut masih direncanakan. Penjualan secara online bisa langsung diorder di websitenya. Untuk pemesanan lain Sanaya juga menjualnya dan mempromosikannya melalui sosial media seperti Facebook, dan  Instagram.  Alhamdulilah sampai sekarang produknya akan terus bertambah dengan model dan desain yang terbaru. 

Dari proses itulah saya belajar banyak dari Sanaya Kids. Bahkan sesuatu yang besar tidak serta merta terjadi begitu saja. Namun perlu sebuah proses untuk tumbuh dan besar. Proses itupun harus dilalui dengan susah payah. Jatuh bangun sebuah usaha memang sudah sewajarnya. Namun semangat untuk maju harus terus tumbuh dalam diri kita. Yang terpenting adalah bagaimana agar kita tidak selalu berpuas diri dan selalu mencoba untuk berinovasi dalam menciptakan sebuah karya. Agar karya ini dikenal dan selalu dikenang bahkan berguna dan bermanfaat untuk semua orang. Tak lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang dihasilkan.

 “Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Semua Tentang Wirausaha yang diselenggarakan oleh Suzie Icus dan Siswa Wirausaha”

Wednesday, March 9, 2016

(Review) Mau Cantik Alami? Pakailah Gizi Super Cream!

Memiliki wajah bersih itu penting. Tidak perlu cantik atau putih. Kalau wajah bersih yang memandang pun jadi nyaman. Betul tidak? Sebagai seorang wanita, kebersihan wajah itu harus diperhatikan. Sejujurnya kulit saya termasuk sensitif dengan berbagai macam skincare dan sulit sekali mendapatkan skincare yang cocok. Sebab kalau tidak cocok wajahku bisa berminyak dan berjerawat.
Maka dari itu saya jarang memakai skincare karena trauma dengan cocok tidaknya. Pernah saya ke dokter kulit hanya untuk sekedar membeli skincarenya saja. Tapi kelamaan seperti kecanduan. Kalau tidak pakai maka kulit akan kembali seperti semula.

Beruntunglah kali ini saya menemukan produk skincare untuk perawatan wajah yang cocok untuk saya. Ini pun saya dapat juga langsung dari perusahaan yang memproduksinya. Yap, Gizi Super Cream dari Kawaii Beauty Japan. Pasti sudah banyak yang tahu dong produk ini. Saya mengenal produk kecantikan ini juga sejak zaman SD dan sangat ngetop di pasaran. Berhubung saya masih kecil dan belum boleh memakai segala produk perawatan wajah, jadi saya hanya sekedar tahu saja saat itu. Tahunya pun dari tante saya yang suka sekali memakai produk Gizi ini. Alhasil wajahnya tampak bersih dan cerah.



Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk Gizi Super Cream yang disingkat menjadi 4H, yaitu:

1. Herbal

Kandungan yang terdapat dalam produk Gizi super Cream yaitu terdiri dari bahan-bahan alami. Ada 7 bahan alami terbaik dari alam Indonesia yang terkandung dalam Gizi Super Cream yaitu rumput laut, beras, bligo, kedelai, lidah buaya, jeruk nipis dan pepaya.  Manfaat dari masing-masing bahan tersebut sangat besar dan lebih aman bagi kulit kita. Itulah sebuah Kreasi Kecantikan Alami dari Gizi Super Cream.

2. Hitech

Pengolahan produk dari PT.Gizi Indonesia ini sekarang mulai melakukan inovasi dengan menerapkan Nano Technology tanpa mengubah konsep alaminya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas produknya sehingga menjadi yang terbaik  di pasaran.

Apa itu Nano Technology? Nano Technology merupakan pemanfaatan Teknologi Nano-Herbal yang digunakan untuk memperkecil ukuran partikel bahan herbal sehingga produk yang dibuat lebih mudah meresap dan menutrisi kulit. Nano Technology ini berhubungan dengan perubahan secara fisika, atau perubahan fisik tanpa menghilangkan dan mengubah struktur zat-zatnya juga tidak akan mengubah unsur kimianya.

Dalam penciptaan Nano Herbal PERTAMA di Indonesia ini, Gizi bekerjasama dengan LIPI sehingga mampu menghasilkan produk yang dapat menutrisi kulit secara alami dan efektif.

3. Heritage

Gizi yang merupakan produk dari Kawaii Beauty Japan ini sudah berdiri sejak tahun 1972, kurang lebih sudah berjalan 44 tahun sampai dengan sekarang. Sekarang produknya mulai mencuat lagi dengan kemasan baru berupa tube. Sehingga lebih terkesan marketable. Bahan-bahan alami tradisional Indonesia yang digunakan menjadi bahan penting dalam pembuatan produknya.

4. Halal

Gizi Super Cream merupakan produk halal yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Jadi saya tidak perlu takut dan ragu untuk memakainya. Mengapa halal? Karena bahan-bahan yang dikandung di dalam setiap produknya adalah bahan-bahan yang halal  dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Apalagi saya sebagai seorang muslim pastinya segala sesuatu yang kita gunakan terutama produk kecantikan harus berunsur halal. Betul tidak?

Nah, baru kali ini saya pakai produk skincare Gizi Super Cream dari Kawaii Beauty Japan. Saya sudah memakainya selama seminggu. Ternyata hasilnya cocok banget. Penggunaan foamnya membuat wajah saya bersih, keset dan memutihkan. Begitu juga penggunaan Daily Nutrition Creamnya yang melindungi kulit dalam keseharian karena sudah mengandung SPF 18 terutama ketika harus terkena paparan sinar matahari.

Gizi Super Cream dari Kawaii Beauty Japan yang saya punya ini ada 3 jenis yaitu:

1. Daily Natural Lightening Foam (Mild)

Daily Natural Lightening Foam ini mengandung 5 bahan alami. Produk ini  membantu membersihkan kotoran, sisa make up, mengangkat sel kulit mati secara alami, mengurangi minyak berlebih di wajah sekaligus menjaga kelembaban lebih lama sehingga kulit tidak kering (mild formula), menjadikan kulit lebih bersih, memutihkan dan tampak cerah.


Ketika saya memakainya dalam seminggu, kulit saya tampak bersih, keset dan cerah. Jadi sangat cocok sekali dengan kulit wajah saya. Sepertinya saya tak akan berpaling dari produk yang satu ini, karena tidak memberikan efek buruk pada wajah saya yang sensitif.

Cara pemakaiannya pun gampang. Cukup basahi wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan lebih maksimal ketika membersihkan kotoran. Usahakan ketika membersihkan wajah, tangan kita juga bersih. Setelah itu ambillah Daily Natural Lightening Foam (mild) secukupnya dan letakkan pada telapak tangan. Gosokkan pada wajah hingga berbusa. Sebaiknya pijat wajah perlahan supaya lebih rileks dan membantu peredaran darah pada wajah lebih lancar. Lalu bilaslah dengan air kembali dan keringkan dengan handuk. Dijamin setelah ini wajah akan terlihat lebih segar dan bersih.



Setelah wajah dibersihkan dengan Daily Natural Lightening Foam (mild), saya bisa langsung menggunakan krim pelembab wajah dari Gizi Super Cream supaya hasilnya lebih maksimal dan membantu perawatan wajah saya dalam keseharian.

2. Daily Nutrition Cream - 18gr Tube

Kemasannya yang sudah berbentuk tube, sangat memudahkan ketika dipencet. Ukurannya yang sedang memudahkan kita membawanya kemana-mana. Jadi bisa dipakai dimana saja. Daily Nutrition Cream merupakan krim pelembab wajah yang mengandung 7 bahan alami dengan tekstur yang ringan dan lembut. Mampu meresap lebih cepat ke dalam kulit. Selain itu cream ini melembabkan lebih lama, menghaluskan, mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.



Setiap hari saya memakainya sebagai pelembab ketika beraktivitas keluar rumah. Agar wajah tidak terlihat kering dan kusam. Meskipun di dalam rumah sehabis mandi saya juga memakainya.

Sebelum memakai cream ini sebaiknya wajah dan leher kita bersihkan dengan Gizi Daily Natural Lightening Foam (Mild) terlebih dahulu. Baru setelah itu oleskan Gizi Daily Nutrition Cream pada wajah dan leher kita secara merata. Cream ini bisa juga digunakan untuk alas bedak. Agar hasilnya terlihat lebih maksimal, sebaiknya gunakan secara rutin baik pagi dan malam hari.

3. Daily Nutrition Cream SPF 18 - 18gr Tube

Cream ini juga berbentuk tube yang mudah dipencet dan dibawa kemana-mana. Daily Nutrition Cream merupakan pelembab wajah yang juga mengandung 7 bahan alami dan sudah disempurnakan dengan  SPF 18. Fungsi SPF 18 ini yaitu memberikan perlindungan terhadap wajah kita dari paparan sinar matahari (UV). Jadi saya tidak perlu khawatir ketika harus beraktivitas di bawah matahari. Cara pemakaiannya sama dengan pemakaian pada Daily Nutrition Cream - 18gr Tube.


 
Dapat disimpulkan kalau ketiga produk tersebut sangat cocok bagi kulit saya. Recomended sekali untuk digunakan sehari-hari. Jadi saya tidak perlu melakukan perawatan kecantikan kulit dan wajah mahal-mahal. Cukup dengan produk Gizi Super Cream, masalah wajah saya yang sensitif bisa teratasi. Kulitpun lebih sehat glowing, putih, bersih dan cerah.
Sekarang produk Gizi Super Cream mudah didapat dimana-mana seperti di Indomaret ataupun Alfamart. Tapi untuk lebih praktisnya bisa langsung beli ke alamat webnya di http://www.giziindonesia.co.id). Atau lebih lengkap untuk link Gizi Super Cream yaitu:
Website     :www.giziindonesia.co.id
Facebook  : GIZI Super Cream
Twitter      : @gizisupercream
Instagram : @gizisupercream

SELAMAT MENCOBA!

Berburu Voucher Murah di BambiDeal

Tiap kali weekend, ada saja keinginan untuk menghabiskan waktu berdua di luar rumah. Selain menghilangkan kebosanan juga supaya terasa leb...