Thursday, August 25, 2016

"Indonesia Is Me": Perpaduan Etnik Modern dalam mencipta Karya ( Synthesis Residence Kemang)

Euforia perayaan kemerdekaan Indonesia masih tampak di depan mata. Bendera merah putih dan segala pernak-perniknya menghiasi setiap sudut kota Jakarta. Tak lupa untuk selalu mengingat jasa pahlawan yang telah berjuang memberikan Hari Kemerdekaan sehingga kita masih bisa hidup sehat sampai detik ini.

Adalah hari dimana untuk menyambut dan merayakan Hari Kemerdekaan bisa kita wujudkan dengan beragam cara. Mengadakan perlombaan Tradisional seperti Panjat Pinang, Tarik Tambang dan lainnya di masing-masing kampung, adalah menjadi kegiatan rutin yang tak terpisahkan.

Begitu juga dengan yang dilakukan oleh perusahaan properti di Indonesia yang karyanya tak diragukan lagi yaitu  Synthesis Development. Tahu Plaza Semanggi kan, Mall yang sangat ikonik itu? Mall tersebut adalah salah satu proyek dari Synthesis.  Nah kali ini dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan, Synthesis mengadakan acara yang bertajuk "Indonesia Is Me" sebagai wujud rasa cinta kepada tanah air.

Synthesis Development

Acara ini dilakukan selama bulan Agustus melalui empat rangkaian acara yaitu tanggal 6 Agustus 2016 bertajuk Kuliner Nusantara bertempat di Synthesis Residence Kemang (SRK). Acara kedua, tanggal 13 Agustus 2016 bertema Art and Culture di Samara Suites. Acara ketiga tanggal 20 Agustus 2016 bertema Pusaka Prajawangsa (Prajawangsa City) di Bassura City dan acara keempat tanggal 21 Agustus 2016 bertema Merdeka (Charity) Ride bertempat di Synthesis Square.

Me and "Indonesia Is Me"


Mengenal Kuliner Nusantara


Saya sangat antusias dengan acara ini, berkat Blogger Perempuan lah saya bisa menghadiri salah satu dari acara tersebut yaitu di Synthesis Residences Kemang. Menang sih lokasi rumah dengan lokasi acara sangat jauh. Tapi demi tekad yang amat sangat saya usahakan datang. Ternyata banyak hikmah yang saya dapat disana. Bisa dapat goodie bag berupa gelas, dapat makanan tradisional yaitu Gudeg Yu Djum dan Empek-empek Palembang. Tak hanya itu saya juga bisa melihat langsung tipe kamar apartemen yang akan dibangun oleh Synthesis serta bisa tahu daerah Ampera Raya karena sebelumnya daerah ini tak pernah saya jumpai.

Panggung "Indonesia Is Me" di SRK


Registrasi Acara di SRK

Sesampainya di tempat acara sebelumnya saya harus registrasi terlebih dahulu. Karena saya blogger maka diberilah goodie bag yang isinya gelas dan brosur SRK. Acaranya dilakukan di lokasi terbuka dengan adanya tenda dan panggung. Kebetulan banyak banget yang datang dan kesemuanya adalah ibu-ibu beserta anak-anaknya. Maklumlah ya di acara ini lebih banyak lombanya seperti lomba memasak, lomba menghias kue dan lomba balet. Eh ada juga Cooking Classnya lo.


Host Acara "Indonesia Is Me"

Sambutan Ibu Yeni, Sales Marketing Manager SRK

Suasana di Acara "Indonesia Is Me" SRK

Host acara adalah Mas-mas yang lumayan kocak lah orangnya. Acara dimulai jam 09.00-15.30 WIB dengan terlebih dahulu adanya sambutan dari Ibu Yeni sebagai Sales Marketing Manager dari Synthesis Residences Kemang. Baru setelah itu lomba menghias kue oleh anak-anak yang dilakukan di kantor marketing SRK. Anak-anak sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Sebelum lomba Tari Balet dimulai, para peserta adik-adik yang cantik ini bersiap-siap dandan dan memakai baju kebesarannya yaitu baju balet. Kebanyakan sih didandani sendiri sama orangtuanya. Kok malah saya jadi kepengen kursus Tari Balet. Haha. Ingat umur sudah tua dan badan sudah kaku semua tuh. Eh.

Ballerina on Ballet Competition


Lomba menghias kue

Sedangkan di area tenda para ibu-ibu sibuk mengikuti lomba memasak seperti nasi goreng. Bahannya pun sudah disediakan panitia, ada timun, tomat, bawang daun,  sawi dan lainnya. Duh kok saya jadi ngiler pingin nyomot sayuran-sayuran itu. Maklumlah saya kan doyan banget sama sayuran.

Perpaduan Etnik Modern dalam bentuk Hunian (Synthesis Residence Kemang)


Maket Synthesis Residence Kemang

Sebelum berbicara tentang hunian ekslusif yang nyaman dan menyenangkan di area Kemang ini,  saya dan teman-teman mendapatkan product knowledge tentang Synthesis Residence Kemang.

Produk Synthesis Residence Kemang

Ketiga tower Synthesis Residence Kemang

Semua orang pasti menginginkan hunian yang nyaman untuk tinggal. Apalagi bagi mereka para pekerja yang rumahnya jauh dari tempat kerja dan  aktivitasnya dari pagi sampai sore atau malam. Tentunya butuh tempat tinggal yang dekat dan tidak menguras waktu dan tenaga. Nah Synthesis Residence Kemang ini sangat cocok sekali sebagai sebuah investasi tempat tinggal kita. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau sekitar 10 menit menuju area Kemang. Dikelilingi oleh area urban lifestyle, area bisnis dan hiburan dan juga kemudahan akses menuju TB Simatupang. 

Diilhami oleh seni dan budaya Jawa. Konsep bangunan dan ruang dari Synthesis Residences Kemang ini dibangun untuk menciptakan rasa dan jiwa ke-Indonesiaan.
Konsep Batik Kawung pada Synthesis Residence Kemang

Aplikasi Batik Kawung pada interior bangunan

Aplikasi batik Kawung pada eksterior bangunan

Pemakian Batik Kawung yang berasal dari Jawa menjadi pilihan tersendiri bagi Synthesis dalam mengaplikasikannya ke dalam proyek apartemen SRK. Hal ini dapat terlihat pada bagian fasad bangunan mulai dari bawah sampai atas. Jadi jika dilihat dari kejauhan gedung masih tampak identitas Jawanya.

Plafon Marketing Gallery yang menggunakan konsep Batik Kawung

Begitu juga dengan interior ruangan yang menggunakan perpaduan desain interior kontemporer dan Jawa kuno. Meskipun tipenya minimalis modern namun finishing dari interiornya juga tidak melupakan Batik Kawung sebagai ciri khas. Hal ini lebih tampak terlihat jelas di bagian interior dapur yang keramik dindingnya bertemakan Batik Kawung. Motif Kawung diciptakan oleh raja Mataram terinspirasi dari pohon aren, yang menghasilkan "kolang-kaling". Motif ini diartikan bahwa manusia harus unggul dalam hidup dan berguna.

Di area lahan yang cukup luas nantinya akan dibangun 3 tower yang mengaplikasikan penggunaan nama pendekar Jawa yaitu Nakula dan Sadewa sebagai Twin Tower serta tower Arjuna. Unuk area open green spacenya sekitar 60% dari luas keseluruhan. Di bagian depan kawasan akan terdapat lobby berbentuk Joglo yang diartikan sebagai pendopo tempat berkumpul. Interiornya pun menampilkan batik Kawung sebagai ciri khasnya. Joglo sebagai simbol tempat tinggal dengan empat pilar utama, yang mewakili arah angin, timur, barat, utara, dan selatan ditempatkan sebagai pusat di lobi utama. Kehadiran joglo ini menjadikan Synthesis Residence Kemang sebagai hunian yang mulia di tengah kota.

Joglo pada Synthesis Residence Kemang

Di bagian depan drop off lobby area Joglo terdapat dua patung manusia yang sedang menari disebut Bancak Doyok Dance yang menceritakan kisah para pekerja dengan karakter berbeda. Mereka menari sambil menyanyi serta bercanda seperti sebuah cerita wayang.  Elemen itulah yang menjadi kekuatan seni bagi Synthesis Residence Kemang sebagai bagian integral dari desain bangunan. Artinya Synnthesis Residence Kemang dirancang dan dikembangkan oleh para profesional dengan keahlian khusus di bidangnya.

Patung Bancak Doyok Dance


Ada empat tipe kamar pada Apartemen ini, yaitu
1. Tipe 1 Bedrooms
2. Tipe 2 Bedrooms A dan B
3. Tipe 2 Bedrooms A
4. Tipe 3 Bedrooms

Aplikasi batik Kawung pada dinding dapur SRK

Interior kamar apartemen SRK

Interior Dapur pada kamar apartemen SRK

Interior Kamar Tidur pada kamar apartemen SRK

Untuk fasilitas yang disediakan cukup banyak dan ekslusif seperti:
 1.  Swimming pool Amerta
 2. Yoga pavilion prasasti
 3. Reflecting poll Ananta
 4. Main Gazebo Astaka
 5. Children swimming poll pranala
 6. Children playground Dewari
 7. BBQ area nismara victory
 8. Dining pavilion Samboga
 9. Reading pavilion Aksara.

Eksterior bangunan dan open green Space pada SRK

Untuk lebih jelasnya bisa langsung cek websitenya disini.

Sebuah hunian menjadi bagian tak terpisah dari manusia. Disitulah tempat segala ekspresi bisa dituangkan dan untuk melangsungkan kehidupannya. Hunian merupakan kebutuhan dasar manusia yang akan selalu dibutuhkan dan berkembang dari waktu ke waktu. Yang menentukan adalah perubahan jaman yang terkadang tak bisa kita tebak. Melalui proyek Synthesis Residence Kemang ini Synthesis berharap masyarakat mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan layak dengan pelayanan yang terbaik.


Referensi:

http://synthesis-development.id
http://bassuracity.id
http://synthesisresidencekemang.id
http://synthesis-square.id
http://pusakaprajawangsa.id/







4 comments:

Nchie Hanie said...

Komplit banget fasilitas huniannya ya mbaa,..
Itu lucu banget balerina2 cilik ya, ngegemesin

FaniaSurya said...

Betul komplit banget. Jadi pengen punya nih. Haahaha

Itu ada yg lebih kecil lagi balerinanya mbk..gemes deh

Nova Violita said...

Baju balerinana licu banget..

Fasilitas lengkap..desain interiornya pun cantik.

FaniaSurya said...

Iya mbk lucu2. Apartemennya keren pokoknya.

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvens...