Jejak Langkah Dibalik Konsep "Indonesia Is Me" Dalam Proyek Synthesis Development


Berbicara tentang jejak langkah, seolah-olah kita berbicara sebuah pencapaian atas suatu perjalanan. Mulai dari sebuah proses sampai hasil akhirnya. Seperti sebuah proses perjalanan manusia dari lahir hingga kematian. Perjalanan hidup manusia dari titik 0 sebagai bayi yang baru lahir, lalu tumbuh menjadi anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Namun kali ini saya akan membicarakan sebuah jejak langkah dari perusahaan properti dalam perjalanannya menemukan identitas dan ciri khas di setiap proyeknya.

Perusahaan properti tersebut bernama Synthesis Development

Berbicara tentang properti langsunglah saya antusias sekali. Berawal dari sebuah undangan dari Blogger Perempuan yang mengundang para blogger untuk mengikuti beberapa rangkaian acara yang diadakan oleh Synthesis Development. Berikut jejak langkah perjalanan Synthesis Development dalam menghasilkan karya.

Kelahiran Synthesis Development



Berawal dari sebuah proses, Synthesis Development berdiri tahun 1992. Awalnya adalah sebuah ProLease, konsultan properti yang mengkhususkan diri dalam bidang konsultan dan manajemen. Ini adalah proses dimana Synthesis seperti bayi yang sedang lahir merangkak tumbuh menjadi anak-anak. Dalam proses pertumbuhannya yang menginjak umur 7 tahun pada  1999, Synthesis membuat terobosan membangun properti sendiri. Proyek pertamanya adalah Plaza Semanggi, sebuah bangunan paling ikonik di Jakarta. Synthesis mulai tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun mencari jati dirinya. Dari situlah perkembangan proyek-proyek Synthesis meluas serta menjadi ujung tombak dalam mengembangkan bisnis properti. Akhirnya tercapailah 10 proyek properti yang dibangun dengan mengutamakan masyarakat  kelas menengah. Mulai adanya apartemen high-end, mall, hotel dan gedung perkantoran.

Maka dari itulah untuk selanjutkan Synthesis akan terus mengembangkan beberapa karya proyeknya di bidang properti  sebagai karya terbaik di Indonesia. Synthesis juga berharap  bisa menciptakan ruang perkotaan yang  aman, nyaman dan menyenangkan bagi masyarakat Indonesia.

Proyek-proyek yang dibangun oleh #SynthesisDevelopment adalah:
1. Kalibata City
3. Synthesis Square
4. Casablanca Mansion
5. Plaza Semanggi
6. Urbane Place
7. Festival City Link abndung
8. Synthesis Residence Kemang
9. Bali Nusa Dua
10. De Oaze
11. Lavande Residence
12. Prajawangsa City

Konsep  "Indonesia Is Me" dalam proyek properti Synthesis Development

Indonesia Is Me


Banner rangkaian acara"Indonesia Is Me"


Memasuki proses kedewasaannya yang menginjak usia 24 tahun saat ini,  Synthesis mulai menetapkan apa jati diri yang akan ditampilkan dalam setiap karyanya. Sebagai perusahaan properti dengan pembangunan hunian perkotaan yang nyaman dan menyenangkan bagi masyarakat maka untuk ketiga proyek yang akan dibangun nantinya diangkatlah sebuah tema dan konsep "Indonesia Is Me". Proses pendewasaan yang mampu menampilkan jati diri bangsa dengan segala budayanya. Dari tema itulah dibuat serangkaian acara yang berlokasi di ketiga proyek Synthesis yaitu Synthesis Residence Kemang, Samara Suites, Bassura City, dan Synthesis Square.  Acara ini tentunya sangat meriah dengan merah putih Indonesia.

Melalui informasi tersebut langsunglah saya tertarik dan antusias untuk mengikuti rangkaian acara yang dilakukan oleh Synthesis Development. Temanya Indonesia banget karena untuk memperingati Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2016 yang berumur 71 tahun. Kebetulan acaranya digelar di sepanjang bulan Agustus 2016.

Tema #IndonesiaIsMe diangkat sebagai langkah dan inisiatif Synthesis Development untuk terus mendukung program dan kegiatan yang berhubungan dengan Indonesia secara budaya, pendidikan, kesehatan, historikal, seni, dan kuliner. Selain itu tema ini sebagai wujud komitmen, dimana sebagai pengembang properti Synthesis Development fokus memberikan karakteristik warna  heritage Indonesia pada setiap karya produk properti yang dibangun sebagai wujud edukasi kepada masyarakat. Dalam rangkaian acara tesebut juga diadakan beragam hiburan menarik terkait kekayaan Indonesia juga promosi terbaik untuk masyarakat dengan menarik benang merah 71 tahun  yang diungkapkan oleh Fianty R Gosal, Project and Operation Synthesis Development.


Rangkaian Acara "Indonesia Is Me"


Rangkaian "Indonesia Is Me" berlangsung tanggal 6 - 21 Agustus 2016 di keempat area proyek properti dan pusat belanja Synthesis Development tersebut. Dalam acara tersebut ada empat kegiatan seperti:

1. Petualangan Kuliner Indonesia (Tanggal 6 Agustus di Synthesis Residence Kemang (SRK)

Temanya yaitu Perjalanan kuliner Nusantara dimana acaranya adalah perlombaan memasak bagi ibu-ibu dan lomba balet serta hias kue untuk anak-anak. Di lokasi ini nantinya dibangun proyek SRK dengan 3 tower apartemen. Nuansa yang akan digunakan adalah adat jawa berupa joglo dan interiornya batik tradisonal Indonesia yaitu batik kawung. Acara dimulai jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB.

Panggung acara tema Kuliner Nusantara di Synthesis Residence Kemang

Bahan masakan yang diguankan dalam lomba memasak

Area lomba memasak

Maket Apartemen Synthesis Residence Kemang

Salah satu lomba menghias kue oleh anak-anak

Salah satu lomba tari balet

Salah satu makanan tradisional Indonesia dari Yogya

Hasil perlombaan memasak oleh ibu-ibu


2. Pementasan dan Aktifitas Seni Budaya (Tanggal 13 Agustus 2016 di Samara Suites)

Dalam acara ini menampilkan Art And Culture Indonesia berupa dengan acara pertunjukan gamelan dan tari-tarian tradisional seperti Tari Golek Putri dan Tari Klono Rojo. Keren sekali kan? Dengan adanya acara ini mengingatkan kita bahwa Indonesia itu beraneka ragam seni dan budayanya, sangat kental dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Maka dari itu perlu kita lestarikan ya. 


Marketing Gallery Samara Suites

Lobby Marketing Gallery Samara Suites

Model lampu di Marketing Gallery Samara Suites

Aplikasi batik di lobby Marketing Gallery Samara Suites

3. Pusaka Prajawangsa (Tanggal 20 Agustus 2016 di Bassura Mall)


Acara ini  dilakukan di Bassura City tepatnya di Mall Bassura. Kembali budaya Indonesia ditampilkan yaitu tentang sejarah Pusaka Prajawangsa sehingga terciptalah karya apartemen Prajawangsa City. Lalu dilanjutkan acara nonton bareng film pendek Prajawangsa, pertunjukan alat musik Kalimantan serta Creative Talk bersama Alexander Thian/Amrazing. Keren deh acaranya. Tema nusantara yang digunakan dalam proyek ini adalah kain Lurik dan kisah Prajawangsa.



Tempat acara Pusaka Prajawangsa

Marketing Gallery Prajawangsa City

Salah satu  tradisional art di BassuraMall


Mass Bassura, Lifestyle Family and Shopping

pertunjukan permainan alat musik Kalimantan oleh mas Ipin
Nonton bareng film Pusaka Prajawangsa

Creative Talk bersama Alexander Thian
video 

  video




4. Acara puncak Synthesis Merdeka Ride-bersepeda sejauh 71 Km berkeliling Jakarta (Tanggal 21 Agustus 2016 di Synthesis Square)

Lokasi start/Finish Merdeka Ride

Para peserta Merdeka Ride

Fasad Synthesis Square

Tower Synthesis Apartement

Banner Vertical Run

Lobby kantor Synthesis

Sudut ruangan kantor Synthesis yang beraroma budaya Jawa

Hiasan dinding di dalam ruangan kantor Synthesis berupa salah satu alat musik

Panggung acara Merdeka Ride

Nah di acara puncak ini menjadi akhir dari seluruh rangkaian acara Indonesia Is Me. Tema Merdeka (Charity) Ride dilaksanakan dengan mengadakan sebuah program bersepeda untuk membantu Program Hayandra Peduli Foundation dan Bersepeda Untuk Berbagi melakukan operasi Bibir Sumbing bagi anak-anak yang tidak mampu di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan setiap tahunnya di Indonesia ada sekitar 9000 bayi yang lahir dengan kondisi bibir sumbing.

Kegiatan bersepeda ini diikuti oleh 500 orang pesepeda dengan dibagi dalam 3 kelopok yaitu The Cool 20Km/hr, The fast 30km/hr and The furious 40km/hr. Mereka akan bersepeda sejauh sejauh 71 km keliling Jakarta. dimulai dari dari Synthesis Square Jl. Gatot Subroto lalu ke Bassura City Jl  Basuki Rahmat - Prajawangsa City Cijantung - Synthesis Residence Kemang - Menteng dan kembali ke Synthesis Square. Startnya jam 06.00 sampai jam 10.00. Sebagai fasilitas keamanan bagi pesepeda yaitu setiap grup didampingi oleh Polisi, Marshall, Tim mekanik, dan Petugas medis.

Tema "Indonesia Is Me" inilah yang akhirnya dalam proses pembuatan proyek Synthesis mengangkat budaya-budaya Indonesia yaitu budaya Jawa sebagai wujud rasa cinta tanah air dan wujud euforia merayakan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 71 tahun. Sudah tahu kan Budaya Jawa itu seperti apa. Yang paling khas adalah bangunannya berbentuk joglo dan batik-batiknya yang sudah sangat terkenal dimana-mana seperti batik Kawung dan Lurik.

Transformasi dan Out Put "Indonesia Is Me" oleh Synthesis Development



Tercapainya sebuah konsep tema "Indonesia Is Me" merupakan sebuah perjalanan proyek Synthesis yang dirancang dan diekspresikan sebagai sebuah wujud nyata pembangunan di bidang properti. Berdasarkan  data dan analisa, konsep "Indonesia Is Me" akhirnya ditransformasikan kepada ketiga proyek apartemen dengan mengambil nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Outputnya adalah berupa wujud nyata dalam bentuk pelaksanaan dan bukti fisik bangunan dan ruang yang selaras dan terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ketiga proyek yang akan dibangun Synthesis Development dengan tema konsep "Indonesia Is Me":

1. Synthesis Residence Kemang (RSK)
Apartemen yang berlokasi di Jalan Ampera Raya dalam pembangunannya akan menampilkan nuansa Jawa. Apartemen ini mempunyai 3 tower dengan nama tokoh Jawa yaitu Nakula, Sadewa dan Arjuna. Di pintu masuk apartemen akan ada bangunan berbentuk joglo dengan hiasan patung Jawa. Ruang kamarnya akan bernuansa Jawa dengan mengaplikasikan batik Kawung sebagai ikon interiornya. Bangunan ini akan menjadi ikon Synthesis Development yang kental dengan nuansa budaya Jawa.

Maket Synthesis Residence Kemang

Synthesis Residences Kemang

Aplikasi Budaya Jawa pada SRK

Aplikasi batik Kawung pada interior SRK

Aplikasi batik Kawung pada eksterior SRK




video


2. Samara Suites
Apartemen yang berlokasi di jalan Gatot Subroto memiliki konsep Apartemen bisnis yaitu perpaduan Service Apartement dan Resident Apartement yang  bisa disewa secara bulanan. Konsep budaya yang ditampilkan di proyek ini adalah pengaplikasian interior ruang menggunakan batik.


Samara Suites


3. Prajawangsa City
Prajawangsa City berlokasi di Cijantung dibangun dengan memakai cerita  pahlawan zaman Hindia Belanda yaitu Prajawangsa dan budaya lokal Indonesia berupa kain Lurik dalam pengaplikasian ruang dan bangunannya. Proyek ini menghadirkan konsep superblok yaitu Mal, Hotel dan Apartemen.

Prajawangsa City


Background Story Prajawangsa City dari cerita Pusaka Prajawangsa


Perspektif Prajawangsa City dengan tower G dan H

Site Plan Prajawangsa City


Lokasi Prajawangsa City yang strategis dan terintegrasi



Denah Tower H
Tipe Kamar Apartemen Prajawangsa City

Interior kamar apartemen Prajawangsa City

Synthesis Development juga memberikan promosi di semua proyek propertinya yaitu 71 % diskon uang muka, 71 installment, dan 71 hadiah untuk pembeli. Nah buat yang pengen banget punya apartemen muai dari sekarang ayuk berburu diskonan apartemen yang dibangun oleh Synthesis. Jangan ketinggalan lo. Rugi deh kalau ketinggalan.

Ketiga proyek tersebut saling terpadu, seirama dan selaras dengan konsep yang sama yaitu mengangkat Budaya tradisional Indonesia. Budaya yang menjadi ciri khas negara kita sebagai karakter yang tak terbantahkan. Sejalan dengan proses 71 tahun kemerdekaan Indonesia, inilah contoh wujud nyata kecintaan kita mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Synthesis Development sebagai rangkaian dalam mempersembahkan proyek-proyek terbaru dari Synthesis. Diharapkan dengan tema yang cukup sederhana ini, proyek yang dibangun terjangkau untuk kalangan menengah, terutama letaknya yang strategis bagi masyarakat yang butuh hunian tempat tinggal. Dari sinilah akan nampak jelas bahwa proyek-proyek yang dibangun adalah hasil karya dari Synthesis Development yang berkarakter Indonesia. Jika ingatan ini sudah menguat dalam benak masyarakat, maka otomatis jejak langkah Synthesis Development nantinya akan mudah dikenal. Dalam proses pendewasaan ini Synthesis harus tetap belajar dan berproses sehingga kedewasaannya lebih matang lagi dalam menciptakan proyek-proyek baru. Karyanya mampu menampilkan identitas dari Indonesia itu sendiri dan bisa diakui secara nasional maupun internasional.

Referensi:

http://synthesis-development.id
http://bassuracity.id
http://synthesisresidencekemang.id
http://synthesis-square.id
http://pusakaprajawangsa.id/
https://www.youtube.com/watch?v=pjQ5IKjIImM
https://www.youtube.com/watch?v=W8cbTFOFnIY
https://www.youtube.com/watch?v=-jyxgkm1AQc
https://www.youtube.com/watch?v=oJgl2qL0PgE
https://www.youtube.com/watch?v=zWgGkCdr654


Comments

Lengkapbanget mbak ulasan eventnya :) keren emang Synthesis yah:)
FaniaSurya said…
Makasih mbk prita
Tira Soekardi said…
wah asyiknya ya bisa ikutan acara seperti ini
FaniaSurya said…
Kebetulan ada waktu aja mbk. 😊tiap tahun rutin acaranya mbk.
namanya saja udah unik, Synthesis. Dan salut banget berani mengangkat khazanah kuliner lokal berdampingan dengan properti masyarakat modern. Model-model propertinya keren, jadi mupeng. Sekarang semua beralih ke apartemen dan kondominium ya Mbak karena hemat tanah terutama di perkotaan. Ada acara gelaran budaya juga, akomodatif nih. Jadi mikir nih buat investasi properti hehe :)
FaniaSurya said…
Iya mas unik bnget. Kamar2nya interiornya bikin mupeng banget dan pengen ngedesain kayak gt jg. Memang sih akg hunian beralih ke vertikal tp harus diaeimbangkan juga dgn adanya open space atau area hijau. Jadi lahan tidak tertutup semuanya. Monggo mas langsung pesan saja apartemennya. Hehehe