Menulis asyik dan mudah di Opini ID

Menulis menjadi keasyikan tersendiri buat kita yang suka dan hobi menulis. Saat ini menulis tak lagi di sebuah buku atau diary, namun mulai beralih ke sebuah blog pribadi yang gampang sekali untuk mendaftar dan membuat akunnya. Tapi kalau kita menulis di blog, rata-rata tulisan panjang kali lebar dan sangat detail, layaknya orang sedang curhat pribadi. Bahkan jumlah katanya bisa melebihi 2000 kata. Di blog kita bisa menulis apapun sesuka kita dan semampu kita.

Buat kalian yang suka menulis ringkas dan singkat, ada lo platform yang keren untuk tempat kalian menulis. Namanya Opini ID. Platform menulis ini cocok banget buat kalian yang suka menulis berupa poin-poin. Tulisan yang kita buat ringkas dan pendek. Layaknya blog mini yang dibuat ringkas dan hanya diambil poin-poin pentingnya saja. Platform Opini ID ini juga sangat cocok buat pemula yang ingin belajar menulis.


Saya sendiri mulai ketagihan menulis di Opini ID, karena mudah dan praktis. Bahkan untuk mendaftarpun mudah. Bentuknya yang mini sangat mudah digunakan serta mudah dibaca.

Kenapa sih harus menulis di opini ID? Ini dia beberapa alasan:

 1. Cara mendaftarnya mudah. 

Opini ID bisa di akses langaung ke websitenya yaitu opini.id. Cara mendaftarnya pun sangat gampang dan mudah. Tinggal buka webnya. Lalu kita bisa sign in dengan mengisi data-data yang dibutuhkan. Selain itu bisa juga sign in melalui sosial media seperti facebook, twitter dan whatsapp. Kita tidak perlu susah-susah mengkopi linknya. Setelah sign ini langsung deh akun kita terdaftar. Berikut langkah-langkah untuk membuat akun di opini id:

 a. Buka web opini ID di laptop, handphone maupun aplikasinya.


 b. Sign in melalui facebook,twitter atau email. Bisa juga sign up dengan mengisi alamat email, full name, create password dan confirm password.



 c. Edit profil dengan menuliskan bio kita dan alamat blog pribadi yang dimiliki.



 d. Siap menulis.

 2. Mudah diakses.

 Opini ID ini mudah sekali di akses melalui situs opini.id baik di laptop ataupun melalu Handphone. Untuk mengaksesnya cepat dan tidak butuh waktu yang lama.

 3. Mudah memposting tulisan.

 Untuk membuat tulisan pun mudah. Tidak terlalu ribet seperti menulis di blog. Berikut cara memposting tulisan:

1.      Buka web opini.id

2. Create artikel dengan membuka menu topic. Lalu klik bulatan hijau bergambar pensil.



3. Akan muncul create topic sebagai halaman pertama. Lalu add media dengan ukuran 512x800 pixel. Baru ditambahkan judul dengan maksimal 40 karakter. Selanjutnya klik next.


 4. Akan muncul halaman kedua. Di halaman ini kita bisa menuliskan awal atau pengantar tulisan dengan jumlah karakter maksimal 500. Setelah selesai, lalu di next lagi.


 5. Di halaman ketiga dan seterusnya, akan muncul tulisan "what do you think" dengan simbol lingkaran +. Klik lingkaran tersebut, lalu kita bisa melakukan 3 pilihan yaitu voice opinion, create article dan ask the crowd.



 6. Untuk memilih voice opinion, tinggal add media video yang akan kita posting kemudian tuliskan opini kita dengan maksimal 150 karakter.


 7. Untuk memilih create article , kita bisa add media, membuat judul dan menuliskan artikel yang diinginkan sesuai dengan judul di halaman pertama. Untuk membuat artikel pun maksimal 150 karakter. Baru setelah itu klik tombol post di kanan atas. Lalu posting untuk halaman berikutnya.



 8. Untuk memilih ask the crowd. Bagian ini merupakan artikel dimana kita bisa melakukan polling kepada pembaca. Caranya cukup klik ask the crowd lalu ada 2 pilihan yaitu image poll dan teks poll. Tinggal insert media lalu beri deskripsi. Maksimal deskripsinya 150 karakter.


 4. Mudah dipahami

Opini ID memang merupakan platform menulis yang praktis. Para pembaca pun tinggal menggeser halaman per halaman yang ada. Setiap halaman biasanya dilengkapi dengan gambar yang menjadi penjelasan dari tulisan. Di bawah gambar pun sudah ada penjelasan singkat yang mudah dipahami.

 5. Ada aplikasinya

Ya platform ini sudah ada aplikasinya lo. Jadi tinggal instal aplikasinya di play store. Kita langsung bisa mengakses opini ID melalui handphone. Logonya berwarna hijau dengan logo huruf O.

 6.  Cocok untuk pemula

 Nah, untuk yang lagi belajar menulis, platform opini ini cocok banget buat kalian. Tinggal melakukan langkah-langkah yang sudah disediakan, kita bisa membuat artikel dengan mudah. Tidak usah repot-repot memikirkan html, theme, dan lainnya.


 7.  Ada tombol share postingan

Postingan yang sudah kita buat, bisa lo langsung di share ke sosial media seperti facebook, twitter dan whatsapp. Untuk menshare postingan kita tinggal buka postingan yang kita buat lalu klik tanda titik tiga di bawah postingan. Pilih sesuai keinginan mau dishare di sosial media yang mana.



Nah, itulah beberapa hal kenapa menulis di opini ID itu asyik dan mudah. Di opini ID ini juga ada menu notifikasi, dimana kita bisa mendapatkan notifikasi siapa saja yang like and share postingan kita. Bahkan akun kita bisa di follow oleh sesama akun yang lain juga. Begitu juga sebaliknya. Kalau kita buka profil akun kita maka akan terlihat berapa jumlah followers dan following kita.

Bagi tulisan/postingan yang bagus dan menurut editor bagus, akan langsung di share langsung di media sosial opini ID Untuk tulisan-tulisan terpilih bisa kita lihat di menu editor choice. Menjadi kebanggaan tersendiri lo, kalau tulisan kita masuk di menu editor choice.



Selain menu editor choice ada beberapa menu yang bisa kita gunakan, yaitu:
 1. Fresh
 2. Topic
 3. #puasapuas
 4. 1 menit
 5. Obrolan kulkas
 6. Nge-giring nalar
 7. Hoax saber
 8. Oh gitu
 9. Kita kaya

Untuk mengetahui apa saja isinya,tinggal dilihat satu persatu. Banyak sekali artikel informasi yang kita dapatkan. Mulai dari hal-hal yang informatif, lucu, unik, aktual dan bukan berita-berita hoax.

Nah, sudah tahu kan platform baru yang bernama opini ID ini? Mudah kan membuatnya?

Comments

andrie said…
wahhh boleh nih buat rujukan nulis besok ;D
atanasia rian said…
Aku seneng nulis di opini karena simple-simple. Trus bisa langsung shared di sosmed. Beritanya update terus jadi nyaman, model beritanya asyik gak bosenin
keninglebar said…
Ini ndak harus nulis berita kan, ya? Asik nih kayak wattpad gitu ndak, sih?
Opini id itu platform baru yang simple dan menarik untuk belajar menulis yaa. Menarik sih, tapi kayaknya buat style aku ehhee.
Ilham Bachtiar said…
Kalau menurutku opini.id ini justru cocok buat yang nggak pemula-pemula banget. Soalnya jumlah karakter sangat dibatasi. Sulit itu. Perlu ketrampilan menyusun kata yang efektif bener.
Tampilan blognya mirip kayak punya saya :D

Keberadaan opini id ini tentu aaja akn memberikan kemudahan bagi masyarakat utk mengutarakan pendapat nya, maupun kritiknya terhadap pemerintah. Namun tentu saja tak sebatas kritik semata, namun juga dmemberi saran dan opini usulan yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah
Noni Rosliyani said…
Opini.id mirip sama Steller yaa..
Kapan2 coba ahh.. Lama-lama kok penasaran juga.
Duuh...kok, saya baru tau tentang Opini.id kemana aja yaak... Hihihi..

Asik juga bisa nulis yang simple-simple. Eh, tapi agak sulit juga ya... Karena harus berusaha untuk membatasi banyaknya karakter.
Wah, ini salah satu tempat untuk mencurahkan pemikiran nih. terimkasih informasinya.
baru tau nih kalau nulis di opini.id itu ternyata nggak ribet ya. boleh juga nih ntar dicoba menuangkan tulisan disana.
Sangat memudahkan orang yang belajar menulis dengan simple. Tak perlu ribet memikirkan banyak hal, apalagi fitur-fiturnya OpiniID cukup lengkap juga.
Tomi Purba said…
Kelebihan menulis di opini id apa ya? Kan di blog sendiri jg bs? Apakah spt Vivalog bs utk backlink atau dibayar seperti ucnews?
Timot said…
Barusan ngintip web nya Opini.id, oh jd tuh bentuk artikelnya kayak slide show gitu ya. Jd enak sih emang, nulisnya pendek2 hehe.
Tp bener kata Oom Tomi di atas, bisa backlink ke blog kita ga ya? *teteup* :D
Pertiwi Yuliana said…
Nulis di opini itu tantangan besar! Aku gak biasa nulis sependek tweet kayak gitu hahaha terlebih belum ada fitur edit. Itu menyedihkan. Tapi, ya, sejauh ini aku masih merasa senang nulis di opini. Walaupun awalnya emang kesel banget sih hahaha masih ingin lanjut nulis di opini. Menjawab tantangan-tantangan yang muncul secara otomatis di kepala ketika membuka platform tersebut.
Feedbacknya kita nulis di opini.id apa ya kak? Tapi kayanya seru nulis pendek kaya cerpen coba ah sesekali daftar di opini.id
Aku kepo sebenernya saat banyak orang yang nulis di opini. Kepo pengen ikutan, karena saya hobi banget nulis. Makasi ya, sekarang saya jadi tahu kalau nulis di opini gampang! Aku daftar sekarang deh. :)
erina julia said…
penasaran banget nulis di opini,
tapi nulis di blog aja bolong2, huhuhu
tapi boleh dicoba deh nulis di opini :2
Liza said…
Sudah lama pingin daftar di opini.id tapi akhirnya aku harus mikir2 lagi, blogku sendiri aja terbengkalai trrus kalo daftar disana, pasti cuma punya akun doang tapi ga ada isinya. Nanti kalo udah kumat rajinku, maulah ikutan daftar n nulis di opini.id
rasanya kebanyakan platform nulis jadi bingung :)