Hidup Sehat dengan Pisang Sunpride ala Fania

Hidup sehat dengan pola makan sehat sudah saya jalani selama 2 tahun belakangan ini. Pola makan sehat yang saya lakukan memang teruntuk diri saya sendiri supaya badan tetap sehat dan bugar serta awet muda. Siapa sih yang tidak ingin sehat? Semua orang pasti menginginkannya bukan?Karena sakit itu tidak enak dan merugikan.

Sejak pola makan hidup sehat, alhamdulilah saya jarang sekali sakit. Terutama sakit yang ringan dan menular seperti batuk dan flu.  Disaat orang-orang di sekitar saya terserang sakit batuk dan flu justru saya seperti terbantengi dari virus tersebut. Rasanya seperti  mental karena dalam tubuh saya sudah ada antibiotik alami yang saya dapatkan dari pola makan sehat. Itulah yang saya alami sampai sekarang.



Pola makan sehat yang saya lakukan yaitu dengan memperbanyak makan buah dan sayuran dimana jumlahnya 80% daripada makanan lainnya seperti daging-dagingan, ikan dan karbohidrat. Dengan memperbanyak buah dan sayuran otomatis asupan gizi yang saya peroleh untuk tubuh akan lebih banyak terserap karena kandungan gizinya yang baik.

Untuk buah biasanya saya konsumsi di pagi hari saat perut dalam kondisi kosong. Hal tersebut dimaksudkan supaya gizi dan nutrisi yang ada bisa langsung masuk dan diserap oleh tubuh dengan maksimal dan lebih sempurna. Sebaiknya mengkonsumsi buah sebelum kita makan besar seperti nasi. Sebab bila buah dikonsumsi setelah makan, maka zat gizi yang ada akan rusak karena sudah bercampur dengan yang lain. Sehingga seringkali jika tidak terserap dengan sempurna akan menimbulkan pembusukan zat-zat makanan yang mengakibatkan timbulnya penyakit seperti kolesterol, diabetes, asam urat dan lainnya. 

BUAH PISANG CAVENDISH SUNPRIDE

Buah favorit yang sering saya konsumsi adalah buah pisang. Yaitu buah Pisang Pasti Sunpride. Buah Pisang Sunpride khusunya yang berjenis pisang Cavendish. Biasanya saya membeli pisang Cavendish sunpride di mall atau supermarket terdekat karena kalau di pasar seringkali tidak ada yang menjual. Harganya juga terjangkau lo. Buah pisang ini enak, lembut, manis dan empuk jika dimakan. Makanya saya suka sekali dan menjadi sarapan setiap pagi hari.

Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)

Saya dan Pisang Cavendish (dok. Pribadi)

Struk pembelian Pisang Cavendish Sunpride (Dok. Pribadi)



Buah pisang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh saya. Justru karena itulah ada beberapa khasiat dari buah pisang yang membuat saya suka mengkonsumsinya. Buah pisang mengandung vitamin, mineral, karbohidrat dan gizi yang tinggi untuk tubuh. Diantara kandungan buah pisang yaitu salah satunya kandungan fruktosa dengan indeks glikemiks yang rendah, kandungan karbohidrat dalam buah pisang bermanfaat untuk menunda rasa lapar. Kandungan proteinnya dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Tak hanya itu buah pisang juga mengandung kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium.

Pisang Cavendish Sunpride jenis cluster ( dok. Pribadi)


Pisang Cavendish adalah buah tropis yang popular saat ini dan banyak dikembangbiakkan dengan metode kultur jaringan. Dengan metode ini pisang Cavendish adalah pisang yang terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. Pisang Cavendish ini memiliki ciri kulit buah warna kuning dan rasanya manis.

Spot Pisang Cavendish Sunpride di Carefour ITC Cempaka Mas (dok. Pribadi)

Spot Pisang Cavendish Sunpride di Carefour ITC Cempaka Mas (dok. Pribadi)


Pisang Cavendish Sunpride yang ada di pasaran ada 3 jenis yaitu cluster, finger dan single. Untuk jenis cluster  pisangnya terdiri dari 3-8 fingers. Untuk pisang Cavendish finger terdiri dari 1-2 finger. Untuk Pisang Cavendish yang single hanya terdiri dari 1 finger saja dan dikemas dalam plastik khusus yang ada lubangnya supaya suhu buah terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan jamur.

Bagi saya pribadi, ada beberapa tujuan yang saya inginkan dengan mengkonsumsi buah pisang. 

PISANG UNTUK PROGRAM HAMIL

Berhubung saya ingin sekali hamil dan memiliki buah hati, maka saya sedang terapi makan buah pisang sebagai program hamil. Ini adalah salah satu bentuk ikhtiar yang saya lakukan supaya keinginan saya selama ini terwujud. Mudah-mudahan terkabul ya.

Konsumsi pisang untuk orogram hamil saya. (Sumber. Pixabay)


Saya mengkonsumsi pisang setiap pagi hari sebelum makan siang. Buah pisang dimakan berbarengan dengan buah lainnya misalnya mangga, jeruk, buah naga dan lainnya. Biasanya setiap hari saya mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari sebagai makanan sarapan. Karena buah pisang ini mengandung karbohidrat yang berfungsi untuk menunda rasa lapar.

Saya dan Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)

Kandungan folat dan Vitamin B6 ini sangat penting bagi wanita yang akan melakukan program hamil. Sebab dengan adanya kandungan tersebut pada buah pisang akan membantu pembuahan dan mengatur hormon sehingga meningkatkan kesuburan dan  membantu pertumbuhan sel telur lebih sempurna.


PISANG MENGURANGI SAKIT KEPALA

Saya seringkali mengalami sakit kepala yang amat sangat. Baik itu ketika akan menstruasi, ataupun ketika tekanan darah saya rendah (anemia). Maka dari itu, saya mengkonsumsi pisang sebagai terapi untuk mengurangi rasa sakit kepala yang saya derita. Kandungan kalium dalam pisanglah yang membantu sakit kepala saya bisa hilang. Sebab sakit kepala penyebabnya adalah kekurangan kalium. Zat besi yang ada dalam pisang sangat baik untuk saya yang sering terserang anemia agar kondiai tubuh membaik dan tidak mudah drop.



Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)


Saat sakit kepala menyerang saya biasanya mengkonsumsi pisang 2-5 buah. Wah banyak ya? Gak bikin eneg tuh? Bagiku enggak tuh. Karena saya doyan banget sama pisang. Efeknya setelah itu alhamdulilah sakit kepala saya berkurang sedikit demi sedikit dan akhirnya sembuh. Tak lupa juga saya banyak minum air putih saat sakit kepala mendera. Biasanya kalau sakit kepala itu artinya otak kita kekurangan oksigen. Oleh karena itu harus banyak minum air putih. 


PISANG UNTUK MENGURANGI STRESS

Stress seringkali bisa menyerang kita saat banyak pikiran. Saya seringkali mengalami stress saat banyak kerjaan yang menumpuk dan deadlinenya secara bersamaan. Sehingga menyebabkan beban pikiran menjadi berat. Akibat stress inilah kerjaan jadi terhambat dan seringkali tidak semangat melakukan apapun. 

Disaat stress itulah, pisang sangat baik dikonsumsi. Kandungan triptofan di dalamnya mampu memproduksi hormone serotonin yang berfungsi mengatur suasana hati/mood kita sehingga membuat stress kita hilang dan kembali bahagia. 

Tak hanya itu sumber kalori dalam pisang akan mampu memberikan kalori yang cukup bagi tubuh sehingga bisa melakukan aktivitas kembali dengan penuh semangat. 

CARA MENGKONSUMSI PISANG

Sebagai penyuka pisang, ada banyak cara bagi saya untuk mengkonsumsinya supaya terlihat bervariasi dan tidak bosan. Saat mengkonsumsi pisang saya juga barengi makan bersamaan dengan buah lain terutama pada saat pagi hari. 

Biasanya ketika mengkonsumsi pisang, saya memakannya secara utuh. Tinggal buka kulitnya langsung di lahap deh buahnya. Lebih gampang dan tidak merepotkan. Ketahanan buah pisang ini cukup 3 hari saja. Lebih dari itu biasanya busuk. Jadi kalau beli satu sisir pisang, sebelum tiga hari harus sudah habis. Bagi saya yang pecinta pisang seringkali dalam waktu satu hari satu sisir posang sudah habis lo. Mantap jiwa.


Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)

Untuk variasi lainnya, buah pisang seringkali saya jadikan jus buah yang dicampur dengan buah lain dan tanpa gula maupun susu. Mengapa? Pisang adalah buah yang sudah terasa manis dan kandungan gulanya tinggi, jadi saat dibuat jus, pisanglah sebagai pengganti gulanya. Rasanya dijamin sudah manis.

Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)

Pisang Cavendish Sunpride (dok.pribadi)

Variasi yang lain dari buah pisang yang sering saya buat yaitu sup buah. Sup buah yang saya buat ini tidak menggunakan gula dan susu. Caranya yaitu dengan memblender pisang sebagai kuahnya. Lalu potong-potong buah lain sebagai buahnya. Bisa ditaburi dengan biji-bijian seperti granola maupun wijen. Setelah itu hidangkan. Tinggal disantap deh. Atau sebaliknya, buah lain seperti mangga atau buah naga atau buah lainnya dijuas sebagai kuahnya. Sedangkan buah pisang sebagai isiannya yang dipotong-potong. Gampang dan praktis bukan?

Variasi konsumsi Pisang Cavendish Sunpride
 (sumber: pixabay)




KESIMPULAN

Sebagai penggemar buah Pisang khususnya Pisang Sunpride Cavendish, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsinya. Baik dimakan secara langsung maupun diolah dengan beragam jenis masakan. Pisang adalah buah yang banyak manfaat buat saya terutama untuk kesehatan saya mulai dari untuk.program hamil, mengurangi sakit kepala sampai dengan mengurangi stress. Kandungan vitamin dan gizi dalam pisang sangat bagus dan penting apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itu supaya hidup saya sehat saya rajin mengkonsumsi buah-buahan terutama pisang. 

Comments

Reni said…
Baru tau kalo pisang buat promil, btw smg berhasil ya 😊
Ruli retno said…
Aku pas hamil anak kedua ngidamnya pisang cavendish ini. Dan anehnya harus merk sunpride ini, ga mau pisang lain pokoknya. Wakakaka emang enak bgt soalnya
Rinda Gusvita said…
Ini produk dari Lampung loh. Proud. Hahaha. Aku juga suka kalau ini dicampur kopi, coklat, atau susu. Semua enak.
Dian Safitri said…
Pisaaaang! Duh ini buah favorit aku sekali. Pisang cavendishnya Sunpride lagi. Nyuuuummmm
Eh aku baru tahu kalau pisang bagus buat promil, Mbak. Insha Allah dilancarin ya promilnya, dan berhasil. aamiin
Pisang ini sangatlah enak untuk dimakan. Walaupun harganya yg lumayan tetapi, banyak khasiatnya nih pisang bagus untuk ibu ibu hamil dan juga untuk anak anak
Marfa U said…
Aku juga suka banget pisang kak, buat ngeboost tenaga cepet banget, manis dan lembut juga, apalagi kalo diblend dijadiin milkshake dan dicampur stroberi, nikmaat :3
April Hamsa said…
Pisang sunpride ini dulu kukira hasil pisang luar negeri ternyata milik negerui sendiri yaaaaa.
Di minimarket terdekat dan di pinggir jalan banyak banget stand2 pisang sunpride ini. Emang enak sih, branding dan kemasannya bagus :D
Fia Meijora said…
Wah... Baru tau ya kalau pisang bisa juga buat program hamil.

Saya termasuk suka pisang, tapi belum pernah coba pisang sunpride.
Zefy Arlinda said…
Aaihh...pisang, kesukaan..... mau juga donggggg. Sayang ta di Bengkulu belum ada sunpride. Jadi blm bisa beli buah2nya sunpride.
Aku udah beberapa kali lihat pisang ini, di supermarket cuma nggak tau kenapa malas aja untuk beli. Hehee...
Ini asli dari kita yah? Kirain dari luar
ikhsan keren said…
Saya pernah loh menjadikan pisang sebagai pengganti nasi. Saya merasa jenuh makan nasi lagi, nasi lagi..hha. Lumayan bikin kenyang juga sih.
Anak lelaki saya hobi banget makan pisang, apalagi pisang sunpride, dia bisa ngehabisin satu sisir sendiri.
Saya juga suka pisang supride, rasanya manis lagipula bisa dibuat untuk menahan rasa lapar.
Hello fika said…
aku jg sejak hamil kemarin itu selalu konsumsi pisang, min 2 buah sehari, alhamdulillah terasa manfaatnya.. wah kebetulan aku pelanggan pisang ini, biasanya beli di carefour. kalau kehabisan yldi indomaret jg ada, alhamdulillah gampang nyari sunpride mah
yulia yuli said…
Saya penggemar buah pisang, tapi pisangnya yang dibeli dr warung sayur. Pernah juga sih makan pisang sunpride.. Enak, suka sih. Tapi.. Tetep yang dibeli pisang pasar hihihihj
Siti mudrikah said…
Aku suka pisang, baru tadi pagi ntip temen beliin dipasar. Aku sndiri suka pisang krna simple buahnya. Bisa buat bekel ke kantor atau camilan drumah.
Wah pisang ternyata bisa ngurangin setrea jg ya
Pertiwi Yuliana said…
Piisaaaang. Salah satu buah favorit aku juga, nih. Kalau aku sih makan pisang banyak-banyak tidak bikin eneg juga. tapi bikin kenyang banget! Satu aja kadang udah kerasa kenyangnya. Hahaha. Oiya, Mbak, kalau dijus dan dibikin sup boleh bolehlah ya itu tetep seger pun. Tapi kalau digoreng gimana? Apa khasiatnya menurun juga? Waduh baca pisang-pisang ini jadi pengen piscok atau pisang lumer-lumer itu. Hwehehehe.
Nabela Aprilia said…
Semoga promilnya sukses mbak. Aaamiiinn...
Oalah, saya baru tau kalo pisang bisa jadi obat buat sakit kepala.
Dulu aku lumayan sering sakit kepala dan penyembuhannya lewat obat aja
Dulu jarang makan buah juga sih :(
Btw, aku dulu pas sebelum nikah suka banget makan pisang karena disediakan juga sama kantin sih. Tenyata pisang bisa buat promil juga ya, baru tahu. Dan kayanya mempan soalnya aku ga lama setelah nikah isi. Sukses ya promilnya