Wednesday, September 20, 2017

Memasak Mudah Tanpa Harus Jago Masak



Memantapkan diri untuk hidup sehat sejak menikah, sudah saya lakukan. Menyadari diri bahwa sehat itu mahal dan sangat berharga. Sakitpun akan membawa derita dan sengsara sehingga merugikan jiwa dan tenaga untuk menyembuhkannya. Akhirnya hidup sehat menjadi pilihan demi jiwa raga nan waspada.  

Hidup sehat kali ini adalah pilihan yang harus saya jalani ketika harus tinggal di kota besar dan menjadi karyawan. Memutuskan diri untuk menjalani pola hidup sehat memang susah, apalagi banyak sekali godaan kalau tidak ada niat yang terdalam. Godaan itu diantaranya yaitu makin menjamurnya restoran dan warung makanan yang menyediakan makanan enak-enak dan lezat. Termasuk diantaranya yaitu makanan instan, junk food yang dengan mudah tersedia baik di toko online maupun offline. Untuk toko offline tinggal datang ke warung atau restoran dan Mall yang menyediakan makanan yang kita suka. Begitupun dengan toko online dimana kita tinggal menginstal aplikasi dan melakukan pemesanan sesuai dengan menu yang ada. Apalagi saat ini sudah ada layanan delivery order. Dalam beberapa menit pesanan sudah diantarkan dan datang ke alamat kita. Tapi dari makanan di luar rumah yang kita konsumsi, kita tidak akan tahu lo bagaimana kualitas kebersihannya, pemakaian bumbunya, kehalalan bahan yang dipakai dan lainnya.

Meskipun saya hidup di kota besar yaitu ibu kota Jakarta dan harus disibukkan dengan pekerjaan sebagai karyawan di sebuah perusahaan, tapi ketekatan diri untuk melakukan hidup sehat tetap saya laksanakan.  Apalagi biaya hidup di kota besar itu tidak sedikit. Kalau harus jajan makanan di luar pasti akan boros sekali. Yes, saya harus lebih memange keuangan. Contohnya ketika makan siang di kantor, sekali makan saja bisa habis Rp. 30. 000. Ini belum ditambah cemilannya seperti siomay, cilok, gorengan, dan lainnya. Kalau sudah ada jajan tambahan, bakalan bisa betambah uang jajannya. Coba kalau dihitung dalam sebulan, lumayan kan besar pengeluaran hanya untuk makan saja. 

Kebetulan kantor saya bukan di kawasan elit dan bergedung tingkat dimana sekali makan bisa menghabiskan uang Rp.50.000. Apa jadinya kalau makan terus di luar kantor tanpa membawa bekal? Dijamin pasti boros deh hidupku. Oh, tidak. Ini harus dihentikan. 

Untuk mensiasatinya saya usahakan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah dan memasaknya sendiri. Begitupun juga dengan suami membawa bekal sendiri. Meskipun sedikit repot tapi demi hidup sehat dan hemat, saya rela menjalaninya.  Apalagi kalau pagi hari nih si suami harus sarapan di rumah. Sarapannya harus nasi dan lauk-pauk. Otomatis saya harus masak lebih pagi lagi, supaya sarapannya tidak telat dan berangkat kerja pun tepat waktu. 

Memasak beragam macam jenis masakan itu memang tidak mudah lo. Apalagi saya tidak begitu berbakat memasak. Dapat warisan resep dari Ibu pun juga tidak ada. Akhirnya cukup mengandalkan buku resep masakan dan browsing di youtube maupun google. Lalu setelah itu, pintar-pintarnya kita saja memasak sesuai resep dengan rasa yang enak dan bumbu yang pas.

Supaya tidak telat pergi ke kantor dan bisa menyediakan sarapan atau bekal ke kantor, saya selalu belanja bahan-bahannya setiap weekend dalam jumlah yang banyak. Lalu saya bersihkan terlebih dahulu, dan  ditaruh di kulkas dengan rapi. Mulai dari bumbu, sayuran, ikan, daging, buah dan lainnya sudah lengkap tersedia di kulkas. Kalau mau masak tinggal ambil apa yang ada di kulkas. 

Saat hari kerja, saya bangun sebelum subuh untuk mempersiapkan apa yang akan dimasak. Lalu setelah sholat subuh baru mulai memasak. Walaupun terkadang kalau sudah bangun pagi, seringkali memasak jadi terburu-buru dan seringkali telat ke kantor. Maklumlah masaknya masih manual, artinya masih mengupas, mengulek, merebus, menggoreng dengan cara bertahap satu per satu dan menggunakan satu persatu alat masak. Cukup repot juga ya kalau saya harus dikejar-kejar waktu. 

Akhirnya saya menemukan sebuah alat masak yang praktis dan otomatis yaitu produk dari Sharp yang bernama Healsio Automatic Cookware. Dengan Healsio Automatic Cookware ini saya merasa terbantu  yaitu waktu memasak saya lebih cepat dan mudah dengan adanya keterbatasan waktu yang saya miliki. Memasak pun jadi cepat, suami bisa sarapan pagi dan membawa bekal ke kantor tanpa harus jajan lagi. Praktis dan mudah bukan? Kalau ada alat yang canggih seperti ini bagi seorang ibu sekaligus istri pekerja akan membuat ringan bebannya saat memasak. 


Apa itu Healsio Automatic Cookware.



Healsio Automatic Cookware merupakan salah satu produk elektronik terbaru dari PT SHARP Electronics Indonesia yang termasuk dalam kategori small home appliances. Healsio Automatic Cookware ini memiliki slogan Easy Healthy Tasty dalam pemasaran produknya. Apalagi ditambah dengan beberapa fitur unggulan yang menjadikan produk SHARP ini menjadi pilihan utama para ibu. Tak hanya praktis dan menghemat waktu, saya pun bisa lebih sering memasak masakan yang lebih sehat dan enak. Dengan memasak sendiri saya bisa tahu takaran bumbunya, rasanya,  dan penggunaan bahannya.  

Keunggulan Healsio Automatic Cookware.

Produk SHARP yang satu ini yaitu Healsio Automatic Cookware menjadi pilihan tepat bagi saya  sebagai ibu pekerja yang tidak unggul dan hobi dalam memasak. Termasuk juga untuk ibu--ibu yang lain. Tapi jika dibiasakan memasak dengan alat yang canggih, makin lama saya juga bisa lo menjadi koki yang hebat bagi suami dan anak-anak saya. Betul tidak?



Sebagai produk unggulan bagi ibu pekerja yang hidup di kota besar seperti saya, tentunya saat memilih Healsio Automatic Cookware, saya memastikan terlebih dahulu keunggulan-keunggulannya seperti apa. Setelah saya telusuri, berikut beberapa keunggulan dari Healsio Automatic Cookware, diantaranya:

1.  AUTOMATIC COOKING

  -  Adanya alat pengaduk yang unik dari Healsio yang memudahkan dalam mengatur mode adukan dengan 330 pola berbeda serta dengan sensor pengaturan suhu yang dapat menyesuaikan suhu bahkan sebelum memasak agar makanan bebas dari bakteri.

  -  Ada 2 fitur pada Automatic Cooking, yaitu: 

  a. Automatic Heat.

      Fungsinya mengatur tingkatan panas waktu memasak baik tinggi, sedang dan rendah. Dengan adanya dua sensor yang dibenamkan di dalam produk ini, yaitu Steam Sensor dan Temperatur Sensor, memasak dapat menjadi lebih sempurna dan bisa mendeteksi jenis makanan sehingga terhindar dari masakan yang hangus dan  meluap serta dapat melindungi makanan dari bakteri dan jamur.


Untuk sensor yang berupa Steam Circulating Technology, dengan adanya sistem sirkulasi uap dari Healsio, kita dapat memasak makanan tanpa air dan menggunakan kelembaban alami. Masakan yang kita buat maka rasa asli dari bahan-bahan makanan akan lebih terasa. Terasa lebih TASTY, sesuai dengan slogan dari Healsio Automatic Cookware.



Untuk sensor Heating Control Technology by Double Sensor, kita dapat memasak makanan dengan pengaturan pemanas otomatis menggunakan sensor ganda. Sensor uap akan membantu mengatur agar uap tidak tumpah keluar saat masakan matang dan temperatur sensor akan mengatur suhu otomatis pada saat memasak. Inilah yang menjadikan Alat masak Healsio Automatic Cookware ini lebih EASY penggunaannya. 


  b. Automatic Stirring. 

Merupakan pengaduk otomatis yang dapat membuat masakan menyatu dengan baik. Selain itu juga dapat mendeteksi jenis dan jumlah makanan yang akan dimasak. Di dalamnya ada 330 pola gerakan memutar sesuai dengan dengan jenis masakan dan pengaturan masakan.




Terdapat juga tujuh pilihan tombol pengaturan masakan untuk memudahkan proses memasak. Setiap tombol memiliki sistem pengadukan sendiri dengan total sistem pengadukan sebanyak  68 pengaturan dari  115 menu yang ada. Ketujuh tombol tersebut yaitu :

-  Curry/soup, 
-  Simmer, 
-  Boil, 
-  Steam, 
-  Noodle, 
-  Ferment, 
-  Dessert 

2. PRESET TIMER COOKING



Pada produk Healsio Automatic Cookware, saat memasak kita dapat mengatur suhu setelah memasak dan otomatis mengganti ke mode penghangatan memasak setelah masakan matang sesuai dengan waktu yang diinginkan. Artinya kita bisa mengatur sendiri waktu penyajian sesuai dengan waktu yang diiinginkan.  Caranya dengan menaruh seluruh bahan masakan dalam Healsio Automatic Cookware dan diatur dalam mode pre-set timer cooking sesuai waktu yang dipilih. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kualitas makanan hingga 12 jam. Sangat EASY bukan?

3. FITUR WATERLESS

Pada fitur Waterless, kita dapat memasak masakan tanpa air hingga kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayuran dan masakan tetap terjaga dengan baik. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Sharp dan Japan Food Research Laboratory, bahwa Healsio Automatic Cookware terbukti mampu menjaga nutrisi dengan memanfaatkan kelembaban yang dibawa oleh bahan makanan itu sendiri. Contohnya kandungan antioksidan dalam makanan seperti vitamin C dan asam folat  dapat terserap dengan baik jika dibandingkan dengan proses memasak pada umumnya. Sehingga kandungan antioksidan tidak hilang begitu saja. Termasuk juga vitamin dan nutrisi yang ada. Hal ini dapat menguntungkan para penggiat pola hidup sehat termasuk saya sendiri. Dengan begini, slogan HEALTHY dari Healsio Automatic Cookware benar-benar tercapai dengan baik. 



 4.  DIPRODUKSI DENGAN MATERIAL TANGGUH

a. Penggunaan stainless untuk inner pot dan aluminium untuk outer-nya.

b. Warna merah pada produk ini menjadi keunggulan tersendiri sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.

c.   Penggunaan listriknya sebesar 800 watt.

d.  Memiliki kapasitas 2,4 liter dengan lebar sebesar 216  mm dan tinggi  147 mm.

e. Dapat mengakomodir olahan makanan dalam jumlah besar hingga enam orang.

f. Steam circulating technology-nya dibuat dengan dripping structure sehingga sari-sari makanan yang jatuh akan tetap menempel dan meresap kembali pada makanan tanpa terbuang sia-sia.



5. BERSLOGAN EASY HEALTHY TASTY

Sebagai wanita pekerja bersuami yang mempunyai keterbatasan waktu untuk memasak, Healsio Automatic Cookware ini sangat membantu sekali. Saya bisa memasak beragam jenis masakan dengan waktu yang singkat, cepat dan praktis. Tentunya dengan tetap mempertahankan tiga kunci yaitu:

EASY

Dengan Healcio Automatic Cookware, saya bisa dengan mudah memasak makanan apa saja termasuk masakan yang rumit seperti memasak rendang, ikan bandeng, dan lainnya. Kemudahan ini saya dapatkan karena produk ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan mampu menjawab keresahan ibu-ibu seperti saya yang tidak jago masak. Teknologi canggih yang ada pada Healcio Automatic Cookware yaitu seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu Automatic cooking yang dilengkapi dengan automatic heat dan automatic stirring, waterless cooking dan timer cooking.

Kemudahan ini bisa kita rasakan yaitu memasak dengan menggunakan tombol yang ada serta mengaturnya sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Jadi waktu tidak terbuang -buang dan hemat. Sambil menunggu masakan selesai kita pun bisa melakukan pekerjaan lainnya sebelum berangkat ke kantor. Sebab kalau masakan sudah masak akan berhenti sendiri dan makanan akan tetap hangat karena ada tombol warmnya.

TASTY

Nah, memasak makanan yang utama adalah rasanya. Tanpa ada rasa, masakan yang kita masak akan terasa hambar. Dengan menggunakan Healcio Automatuc Cookware ini, bahan-bahan dan bumbu yang kita masak akan tetap terjaga rasa dan kualitasnya termasuk unsur vitamin dan nutrisinya.

HEALTHY

Memasak masakan sendiri tentu akan lebih terjaga kualitas sehatnya maķanan tersebut. Karena kita bisa memperkirakan bahan-bahan dan bumbu apa saja yang akan dimasak. Berbeda dengan ketika kita beli makanan di luar ( makanan yang tidak kita masak sendiri). Dipastikan kualitas sehatnya, kehalalan bahannya dan nutrisi serta vitaminnya kita tidak tahu pasti kan? Nah, dengan produk ini tanpa jago memasak pun kita bisa membuat masakan yang sehat dan lezat. Sari-sari makanan yang jatuh pada saat dimasak dengan menggunakan Healcio Automatic Cookware akan tetap menempel dan meresap kembali pada makanan tanpa terbuang sia-sia, sehingga nutrisi dan vitamin dari makanan tetap terjaga dan terproduksi lebih banyak.


Beberapa contoh masakan yang rasa dan nutrisinya masih tetap terjaga serta diproduksi lebih banyak yaitu :

- Saat memasak bayam, dengan menggunakan Healsio Automatic Cookware asam folat yang terkandung didalamnya masih bisa tersimpan sebesar 75,6%. Dibandingkan dengan presentase asam folat dalam bayam yang dimasak dengan cara direbus wadah konvensional hanya sebesar 34,3%.

- Saat memasak lobak putih misalnya, kandungan vitamin C-nya berhasil tersimpan hingga 77,9% dengan menggunakan Healcio Automatic Cookware. Sedangkan dengan wadah konvensional, kandungan vitamin C dalam lobak putih apabila dikukus hanya sebesar 45,6%.

Berikut adalah contoh video dan resep masakan yang dimasak dengan menggunakan Healcio Automatic Cookware, seperti masakan rendang. 






Sharp Cooking Class



Healcio Automatic Cookware ini merupakan produk small home Appliances yang diperuntukkan untuk kelas menengah atas. Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp. 7.000.000. Oleh karena itu untuk pemasarannya pun harus sesuai dengan target yang akan dicapai sehingga mengena kepada konsumen. Untuk lebih mengenalkan produk ini, SHARP pun mengadakan gathering untuk fans darin Facebook Sharp Cooking Club. Dalam acara gathering ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik sekaligus untuk memperkenalkan produk-produk terbaru dari SHARP termasuj juga Healcio Automatic Cookware. Diantara kegiatan tersebut seperti talkshow bersama  celebrity chef dan dokter ahli gizi bertajuk Healthy Cooking, Healthy Lifestyle, cooking demo dengan celebrity chef, hingga cooking battle. Dalam acara tersebut para fans dapat secara langsung menggunakan produk dari Sharp.



Para para ibu-ibu ataupun wanita yang ingin belajar masak, ada juga lo kegiatan Demo Cooking di Best Denki yang diadakan setiap hari jumat, sabtu dan minggu mulai jam 15.00 - 16.00 WIB. Bagi yang berminat bisa langsung dftar sesuai dengan jadwalnya. Untuk lebih jelas lagi, bisa langsung mengunjungi sosial medianya yaitu Facebook Fanpage Sharp Cooking Club dan IG @sharpcookingclub . Bisa juga untuk melihat produk-produk dari Sharp, dengan mengunjungi situs http://bestdenki.co.id


Referensi:

http://bestdenki.co.id/
https://youtu.be/edlLOaqn6zs
https://youtu.be/doopJssbq4s
Http://www.sharp-indonesia.com
https://www.sharp-indonesia.com/ind/prcsr/detail/470

20 comments:

Juniawan Arif said...

saya udah kebelet mau nyobain masak rendang pake Healsio sambil ngeblog mba..hahaha :D
good luck ya ;)

Diah Kusumastuti said...

Keunggulannya banyak banget ya, Mbak.. serba bisa gitu ya kayaknya. Hehe. Tapi harganya ya sebanding sih.. belum kuat beli kalau saya.. hahaha. Lagian ini cocoknya buat ibu bekerja sih ya :)

Harie Khairiah said...

Wow banyak banget keungulannya, bisa rayu suami neh minta dibeliin biar istrinya bisa banyak waktu ngerjaiin yang lain, serasa punya asisten yg bantuin ngaduk yaa masak pakai ini

Nova Violita said...

Kalo pake ini pastinya lebih hemat ya mba... Tinggal cemplungin...terus kita bisa kerja yang lain... Jadi hemat waktu apalagi buat wanita pekerja...
Pengen punya juga nih...

Jiah said...

Uwooo, kalau gini masaknya bisa cepet ya. Ditinggal nyambi ini itu eh udah mateng aja

Kalau aku tertarik buat masak bolu atau nasi uduk. Yang simpel2 dulu lah

Ali Muakhir said...

Keunggulannya banyak banget ya. Kebetulan ricecooker di rumah udah perlu ganti neh, ntar saya rekomendasikan ke bunyang ah.

Natalia Bulan Retno Palupi said...

Bawa bekal dari rumah itu memang paling enak sih, maklum jadi anak perbekalan sejak kecil sampe kerja gini.

Alat masaknya boleh juga nih kusaranin ke ibuku biar masaknya bisa lebih kilat. Ihiy.

Nurul Fitri Fatkhani said...

Memang menjaga kesehatan itu susah-susah gampang. Banyak godaannya. Tapi kalau masaknya pakai Healsio Automatic Cookware, hidup sehat jadi lebih mudah dilakukan ya..karena cara memasaknya sehat bangeet!

Yesi Intasari said...

kok aku jadi ngiler pengen punya Healsio Automatic Cookware juga ya mba.. gimana mba udah masak apa aja pake si Healsio ini?

asik banget ya bisa masak rendang tanpa perlu capek ngaduk-ngaduk terus hehe

Amanda Desty Yunistyani said...

Wah alatnya canggih! Berguna banget buat karyawati yang memang harus masak dulu paginya baik untuk bekal sendiri ke kantor atau bekal suami dan anak2. Aku juga termasuk orang yang bawa bekal mbak karena lebih hemat dan lebih terjaga juga makanannya.

Kalo masaknya make Healsio Automatic Cookware udah pasti lebih praktis dan mudah ya, tapi kualitas rasa tetap terjaga dan pastinya sehat dong makanannya.

Liza said...

Keren banget cookware sharp inj ya, mbak. Tapi harganyaaa.... Tujuh jeti, tiba2 pengsan. Aku skip dulu deh untuk memikirkan beli produk beginian. Cemplungin ke kuali pake kompor aja dulu. Ya, walaupun ada harga ada barang, cuma ekonomi ku bukan kelas menengah ke atas. Hihihi #curhat

Zefy Arlinda said...

Bagus produknya, bagi satu dong mbak. Aku tuh hobi masak tapi saat masak kadang2 masakkannya kan terpaksa ditinggal, mutung deh, item2 seksi gitu makanannya, untung orng2 di rumah ga banyak orotes

Susi Susindra said...

Kalau baca pemaparanmu tentang Healsio Automatic Cookware, aku jadi minat banget. Begitu banyak kelebihannya. Apalagi bisa muter gitu dan ada setting masakan pula. Jadi berasa punya cooker cerdas.
Kalau boleh komentar minusnya cuma 1, yaitu daya yang dibutuhkan bisa bikin mamak seperti saya menjerit. 800 watt... Alamat matiin kulkas dan lainnya tiap mau masak krn daya rumah hanya 900 watt.
Semoga segera ada inovasi yg lebih ramah daya.

yulia yuli said...

Duh itu wattnya bisa bikin jebol listrik ..saya sih pake ricecooker yang biasa aja, yg penting bisa masak nasi titik.

Oiya fan, background tempelete, pas baca huruf2nya bikin sakit Mata nih. Saya jadi ga bisa fokus, langsung pusing abis baca ini.. 😂😂

Lendy Kurnia Reny said...

Bener berarti yaa...kalau mau jago masak gak harus belajar dulu.
Yang penting dilakukan dengan hati.
Pasti makanan yang dihasilkan pun nikmat.

Tapi punya alat masak yang multifungsi kaya gini juga keren banget.
Bikin emak-emak remfong berkurang sedikit beban pekerjaannya.

Mahadewi Sugiastuti Shaleh said...

Pengen banget punya ini jadinya, udah lumayan bisa masak sih karena dulu diajarin masak. Cuma sekarang kayanya masak bakal ribet kalau manual, kalau alat ini kan kayanya tinggal pake doang praktis enggak bikin ribet heuheu

Dikki Cantona Putra said...

wadohh racun banget ini buat ibu ibu yang ingin memasak enak tetapi tidak mau ribet apalagi yang tidak bisa masak perlu dicoba nih buat experimen memasaknya biar makin maknyuss rasanya dan biar jago memasak. Tetapi, minusnya di listrik kayanya ya mba

April Hamsa said...

Makan makanan di luar emang meragukan dari segi kebersihan trus bikin dompet nangis jg ya mbak hehe.

Btw alat masaknya sayangnya watt-nya gedhe ya mbak. Tapi mungkin buat rumah tanga yg daya listriknya gedhe bakal cocok apalagi sepertinya alatnya oke dan berpotensi awet yaaa :D

erina julia said...

Waaahhh...

Kayaknya kudu punyaaaa biar dietku lancaaarr,

Kurus, kurus, kurus

Ransel Peri said...

Waduuhhh, kudu nabung dulu nih kalo mau beli ini. Tapi emang buat investasi jangka panjang sih mbaak :D

Berburu Voucher Murah di BambiDeal

Tiap kali weekend, ada saja keinginan untuk menghabiskan waktu berdua di luar rumah. Selain menghilangkan kebosanan juga supaya terasa leb...