Bermain Wahana di Trans Studio Bandung bersama Bloggercrony

Bermain Wahana di Trans Studio Bandung

Bus Blue Bird yang merupakan milik perusahaan Blue Bird Group berjalan memasuki gerbang masuk sebuah tempat wisata. Tampak sebuah bangunan berfasad kotak dan berwarna hitam dengan wall decor kupu-kupu yang tertempel di beberapa sisinya. Terbaca sebuah tulisan Trans Studio Mall. Bangunan ini terlihat besar dari pandangan yang aku lihat. Lalu bus berhenti di sebuah parkiran yang luas.

Tampak pula dalam jendela kaca bus, sebuah mesjid yang megah dan indah terpampang nyata di depan mataku dengan kubah-kubah keemasan. Maha Besar Allah atas kuasa-Mu bahwa masih ada mesjid yang megah dan besar di tengah-tengah bangunan hiburan dan mall seperti ini. Lalu hati menangis karena bangga. Mesjid itu ramai sekali dengan lalu lalang manusia yang berbalut hijab dan gamis menutup auratnya serta lelaki yang menggunakan sarung dan kopiah. Sepertinya ada sebuah acara kajian di dalam mesjid tersebut.

Fasad dari Trans Studi Bandung dan sekitarnya ( dokpri)

Kaki ini melangkah turun dari bus Blue Bird yang membawaku dan teman-teman dari Jakarta menuju Bandung. Keluar dari bus aku menghembuskan nafas dan merasakan kesegaran lingkungan sekitar. Ah akhirnya aku sampai di sini juga Trans Studi Bandung (TSB). Ini adalah impianku yang sudah lama terpendam. Senang sekali impian ini terwujud. Di samping bus terlihat pula sebuah wahana yang tinggi sekali, Yamaha Racing Coaster dan di bagian ujung atas wahana tersebut ada tulisan dan logo dari Trans Studio Bandung.

Ada yang sudah pernah ke sini? Jujur saja ini adalah kali pertama aku ke sini. Dulu sering mupeng setiap ada teman atau saudara yang selalu posting pergi ke TSB di medsosnya. Akhirnya kemupenganku tercapai juga. Ini juga berkat BloggerCrony.
Kenapa sih bisa sampai ke TSB? Ya, ini dalam rangka merayakan ulang tahun BloggerCrony yang ke-4 tahun di tahun 2019 dan biasanya disebut sebagai BloggerDay 2019. Oleh karena itu, 100 blogger yang datang ke acara ini bakalan dimanjain dan dihibur dengan bermain-main sepuasnya di TSB. Asyik bukan? TSB merupakan tempat wisata yang bertema indoor theme park dan merupakan terbesar di Indonesia selain TSB di Makasar.

Berfoto di depan pintu masuk Yrans

TSB ini berdampingan dengan mallnya. Sambil menunggu bus 2 sampai ke lokasi, para peserta di bus 1 diperbolehkan makan siang dan bersantai-santai terlebih dahulu sebelum masuk ke TSB. Akhirnya aku dan teman-teman menuju Mall TSB dan makan siang di sini. Pertama kali melangkah menuju Mall TSB, sudah ada penjaga atau security yang berjaga di depan pintu. Lalu masuk ke dalam mall dan seperti biasanya, interior mallnya mirip dengan mall-mall pada umumnya. Interior yang modern dan minimalis diwujudkan di mall TSB ini.

Waktu masih cukup lama untuk masuk ke TSB karena kita diminta berkumpul dan masuk bersama-sama. Sambil menunggu, aku dan teman-teman berkeliling sebentar di mall, lalu mampir ke sebuah restoran fast food yang cukup terkenal untuk mengisi perut yang sudah kosong sejak tadi. Setelah itu baru sholat. Lalu kita menuju titik area berkumpul yaitu di pintu masuk TSB tepat pukul 14.00 WIB.

Saat masuk ke TSB di lantai dasar sudah terlihat tulisan besar "Trans Studio Bandung". Aku berjalan melewati loket pembayaran dan naik eskalator. Akhirnya sampailah di pintu masuk berpalang. Sudah banyak teman-teman blogger berkumpul di sini. Ada 100 blogger yang hadir dan mereka berasal dari lintas kota selain Jabodetabek. Mereka sebagian juga jauh-jauh datang ke acara BloggerDay demi bisa berkumpul, bersenang-senang dan mendapat ilmu baru. Hebat yah. Senang akhirnya aku bertemu teman baru dari berbagai daerah hanya di acara ini.

100 Blogger di Trans Studio Bandung

Sebuah meja tempat registrasi sudah tersedia di pojokan disertai dengan banner bertuliskan BLOGGERDAY2019 bahkan banner para sponsor acara seperti Raka FM dan Sonora FM. Para peserta diminta untuk registrasi terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam TSB dan diberi kertas berbarcode sebagai karcis masuk ke TSB. Impianku jadi nyata akhirnya, karena sudah lama aku ingin ke TSB.

Suasana registrasi di TSB ( dokpri)

Masuklah kita semua ke dalam TSB dengan menempelkan kertas berbarcode di pintu masuk. Yeay... akhirnya bisa bermain-main dan bersenang-senang nih. Kita semua berjalan selangkah demi selangkah mengikuti alur jalan yang ada. Kanan dan kiri dipenuhi dengan model bangunan warna-warni dengan 20 ragam wahana Trans Studio Bandung yang bisa dimainkan seperti Pemburu Badai, CNN Indonesia, bolang Adventure, Ocean World Science Ceentarl, Studio Mie, Magic Corner, Kong Climb, Dragon Riders, Special Effect Action, Negeri Raksasa dan lainnya.

Baca juga:
Bahkan  banyak sekali spot-spot kece yang bisa kita gunakan untuk foto-foto cantik. Asyik banget kan. Mumpung ke sini banyakin foto-foto dan nikmati semua permainan yang ada. Suasana interiornya cukup temaram dan hanya mengandalkan cahaya dari lampu-lampu yang ada. Ini sih memang dibuat model begini, biar terlihat lebih dramatis dan seru gitu.

Berfoto di wahana Trans Studi Bandung ( dokpri)

Langkah pertama yang aku  dan teman-teman lakukan yaitu memasuki wahana Super Heroes 4D yaitu sebuah bioskop simulator 4D dengan memutarkan film Super Heroes Marvel. Kita berbondong-bondong masuk ke dalam sebuah ruangan. Di dalam ruangan ini sudah tersedia tempat duduk dengan seat belt dan kita juga diberi sebuah kacamata 4D yang harus digunakan saat di dalam ruangan. Setelah semua siap dan menggunakan seat belt, permainan dimulai dengan diputarlah sebuah film kartun Super Heroes 4D. Seolah-olah ikut merasakan berada di dalam film tersebut sambil kursi yang kita duduki pun bergoyang mengikuti alur film. Keren banget. Teriakan-teriakan pun menggelegar karena filmnya seru.

Wahana Super Heroes 4D ( sumber Mabak Waya Komala)

Yamaha Racing Coaster merupakan sebuah wahana yang akan menguji adrenalinmu. Wahana ini sudah terlihat dari luar bangunan TSB dan lokasinya tinggi sekali. Namun sayang saat ke sini, wahananya tidak beroperasi. Wahana ini bisa memcapai kecepatan tinggi yaitu 120 km/jam dengan jarak tempuh 3, 5 menit. Wow banget kan?Å•

Wahana Yamaha Racing Coaster ( dokpri)

Ada juga wahana Jelajah, dimana kita bisa merasakan suasana hutan belantara Afrika dan juga binatang-binatang buasnya. Ada juga jurang dengan air terjun setinggi 13 meter.

Wahana Jelajah ( dokpri)

Ada juga wahana Giant Swing yaitu sebuah wahana ayunan pendulum raksasa yang juga memacu adrenalin dimana kalau kita naik wahana ini nantinya akan diputar-putar dengan ketinggian 18 meter.

Wahana Giant Swing ( dokpri)

Ada lagi wahana yang menguji adrenalin yaitu wahana Vertigo. Vertigo merupakan sebuah wahan kincir angin raksasa. Kita akan diputar dengan putaran 360 derajat dengan cara vertikal. Bayangkan deh, tubuh kita diputar-putar gitu. Wow, benar-benar seru. Tapi sayang, aku nggak berani naik wahana ini karena takut.

Wahana Vertigo ( dokpri)

Selanjutnya aku dan teman-teman masuk ke wahana Sky Pirates yaitu wahana dengan menaiki kapal bajak laut berupa kapal udara yang menggantung lalu kita diajak berkeliling Trans Studio Bandung. Jadi kita bisa melihat suasana yang ada di bawah area. Seru dong.

Wahana Sky Pirates (dokpri)

Permainan selanjutnya yaitu Dunia lain. Ngeri-ngeri dan takut-takut sedap sih kalau kesini. Gimana nggak, suasana di dalamnya pasti horor dan kayak di film-film horor gitu. Cukup 4 orang di setiap kereta yang akan mengitari ruang Dunia Lain. Di sepanjang jalan kami disajikan dengan hal-hal dan suara yang menyeramkan dan horor. Tahu nggak sih kalau aku tuh penakut, makanya mataku aku pejamkan saja biar nggak melihat hal-hal yang aneh dan bikin nggak nyenyak tidur. Hahahaha. Curang yah.

Wahana Dunia Lain (dokpri)

Kembali ke wahana yang lain yaitu Trans  Car Racing. Nah ini tak kalah seru nih. Wahana ini merupakan area balapan dengan panjang 1 km dan kecepatan mobil maksimum 40 km/jam. Setiap mobil ditumpangi 2 orang. Saat itu aku bersama dengan Mely. Dia yang menyetir, dan aku yang ngevlog. Berhubung aku nggak bisa nyetir. Eh, payahnya di tengah jalan mobil stagnan dan nggak mau jalan. Berkali-kali di tekan pedal gasnya nggak mau juga. Waduh, gawat dong. Sempat khwatir. Gimana nih ya. Akhirnya sekuat tenaga si Mely menekan pedal gas, dan ahay bisa jalan juga. Alhamdulilah.

Wahana Trans Car Racing (dokpri)

Masih dengan keseruan yang belum terpuaskan, wahana berlanjut ke Dragon Riders yaitu wahana yang mampu mengocok perut dimana kita seolah-olah menunggang naga sambil berputar. Untung saja nggak mual dan muntah. Aku dan Imawan duduk di kursi dengan memakai seat belt lalu kami diputar berkeliling kayak digoncangkan gitu. Ya ampun cukup sekali deh. Kapok ternyata. Tapi seru.

Wahana Dragon Riders ( dokpri)

Masih mau lanjut nggak nih? Yok kita lanjut main lagi. Ini wahana terakhir yang aku mainkan yaitu si Bolang Adventure. Di sini kita diajak berpetualang dengan berkeliling nusantara bersama si Bolang sambil menaiki sebuah kereta. Hahaha. Serasa menjadi anak kecil kembali ya. Mumpung di TSB, jadi pengen tahu kayak apa sih wahana Si Bolang Adventure ini. Masuklah kami berempat ke sebuah kereta. Lalu kita mengitari sebuah ruangan, dimana di dalam ruangan ini disajikan boneka-boneka dengan pakaian adat dari beragam daerah. Lucu banget kan? Gemes sama boneka-bonekanya. Tak kalah seru dong.

Si Bolang adventure ( dokpri)

Saking capeknya dan belum sempat mencoba wahana-wahana ekstrim lainnya seperti Vertigo, Jelajah dan lainnya,  akhirnya kita beristirahat dulu sambil deprok di lantai. Eh, tiba-tiba ada segerombolan orang-orang dengan pakaian-pakaian seperti di dunia dongeng  sambil bernyanyi dan menari. Namanya adalah The Magical Parade Zoo Crew. Bahkan ada kereta lampu yang dibentuk macam-macam dan lucu banget. Ternyata ini adalah pertunjukan Amphitheatre yang siap memanjakan para pengunjung. Aishh, keren banget nggak sih. Aku menontonnya sampai selesai dan sempat foto-foto juga lo.  Alhasil pertunjukan ini dikelilingi oleh pengunjung yang memadati ruangan. Kalau anak-anak kecil pasti suka banget nih.

Tak hanya menyediakan wahana yang seru-seru, juga ada promo Trans Studio Bandung  yang bisa kamu dapatkan. Pasti dong kalau sudah ada promo-promo tuh bikin seger mata kan? Ya kan?

The Magical Parade Zoo Crew (dokpri)

Waktu untuk bersenang-senang sudah selesai nih. Waktu menunjukan jam 17.00 WIB dimana kita harus berkumpul di bus dan hendak menuju ke IDEAS Hotel. Melepas lelah dan siap untuk melanjutkan hari esok dengan mengikuti workshop  menulis dan stress management. Alhamdulilah, keseruan hari ini di TSB benar-benar mengesankan dan tak terlupakan. Senang rasanya bisa bermain bersama teman-teman blogger.

Ada beberapa kesimpulan yang ingin aku sampaikan saat bermain di TSB, yaitu:

1.  Menambah keakraban dengan teman-teman blogger.
  2.  Menambah kekompakan dan pertemanan baru.
  3. Melatih keberanian dan ketakutan akan suatu hal seperti ketinggian, kegelapan, hal yang menyeramkan dan lainnya.
  4.  Mencoba hal-hal baru yang ada di setiap wahana.
  5.  Sebagai wahana hiburan pribadi maupun keluarga.
  6. Melepas dan menghilangkan stress karena merasa senang dan bisa teriak sepuasnya.
  7.  Relaksasi dan melepas penat.

Malam mulai menampakkan wajahnya. Namun gerimis yang mengundang masih enggan untuk pergi dan menjauh. Istirahat malam sambil melepas penat di sebuah Hotel bernama IDEAS Hotel, lalu menikmati malam dengan sepiring lele penyet yang cukup menghangatkan dan mengisi perut yang sudah mulai lapar. Ya, malam ini kita tidur disini. Di sebuah kamar yang cukup luas dengan satu ranjang king untuk bertiga. Saat itu aku sekamar dengan mbak Evi Fadliah dan Mbak Deasty.

Kamar Ideas Hotel (dokpri)

Pagi harinya kita menikmati sarapan pagi di restoran hotel. Restoran Roof Top yang terletak di lantai 3 yang sangat terlihat nyaman. Bahkan kita bisa menikmati kota Bandung di pagi hari dari sini. Duduklah bertiga di sebuah ruangan berkaca sambil menikmati sarapan pagi yang nikmat. Menyaksikan sejuknya pagi hari di Kota Bandung ini.

Crowne Plaza Bandung

100 blogger melangkah menuju bus yang akan membawa kita ke Crowne Hotel Plaza Bandung. Ya, TSB dan IDEAS Hotel ini dekat sekali dengan Crowne Plaza Bandung dan  disinilah kita akan menimba ilmu baru dengan mengikuti workshop menulis dan workshop stress management.

Baca juga:
Kakiku pun melangkah kembali berjalan keluar dari bus. Lalu masuk ke sebuah hotel bintang 5 bernama Crowne Plaza Bandung. Melangkah menuju pintu samping. Tampak sebuah pintu kaca dan kami membukanya. Terlihat sebuah ruangan dengan interior modern, klasik dan mewah. Pertama kali masuk tampak sebuah tangga klasik dengan teralis yang modern dan karpet bermotif. Layaknya sebuah tangga sebuah kerajaan. Lalu diatas tangga tampak atap plafon dengan kaca bermotif dan berwarna dan digantungi sebuah hiasan berbentuk burung berwarna kuning. Sangat indah dan modern. Tak heran diantara kami sempat berfoto-foto dengan spot foto yang sangat keren ini. Satu demi satu bergantian saling foto demi memenuhi feed instagram agar tampak kece dan menarik. Betul nggak sih? Itulah dunia kita, dunia blogger. Termasuk aku pula ikut riuh gemuruh berfoto foto ria.

Koridor di Crowne Plaza Bandung (dokpri)

Plafon decor di Crowne Plaza Bandung (dokpri)

Tangga klasik modern di Crowne Plaza Bandung (dokori)

Tampak sebuah cermin gede yang menempel di salah satu dinding hotel sehingga menampakkan ruangan yang lebih luas. Saat masuk kembali di sebelah kanan terdapat bar dan lobby hotel dengan interior modern minimalis. Lalu masuk lagi ada area lobby dan sofa-sofa untuk duduk. Di salah satu wall terdapat sebuah wall dekor berwarna hitam terbuat dari besi dan menutupi dinding sampai ke ujung plafon yang menampakkan kesan elegan. Di sisi dekatnya terdapat hiasan bunga yang menambah cantik suasana. Sebuah spot foto yang keren banget nih.

Wall decor di Crowne Plaza Bandung (dokpri)

Connexions Lobby Lounge( dokpri)

Crowne Plaza Bandung merupakan sebuah hotel bintang 5 (lima) Internasional yang lokasinya sangat strategis dan terletak di pusat kota Bandung. Dekat dengan area pusat bisnis serta tempat-tempat liburan/wisata bahkan dekat dengan area historis kota Bandung seperti Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Jika mau ke Bandara Husein Sastranegara cukup menempuh waktu 25 menit sedangkan waktu tempuh ke Stasiun Kereta Api Bandung cukup 15 menit. Bahkan dekat dengan akses Gerbang Tol Pasteur.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di Crowne Plaza Bandung:

Fasilitas yang ada di Crowne Plaza Bandung (dokpri)

1.   Kamar yang elegan. Terdapat 279 kamar tamu dan suite yang elegan dengan gaya kontemporer. Dari kamar-kamar inilah kita bisa menikmati pemandangan Bandung dari atas.

2. Mosaic All-Day Dining Restaurant. Merupakan sebuah restauran yang terletak di lantai satu dengan interior yang modern minimalis dan sangat luas. Hidangan yang disediakan yaitu perpaduan hidangan internasional.

3. Mountain View Poolside Bar & Restaurant. Merupakan sebuah restauran semi outdoor hotel dan berada di lantai 5. Menyatu dengan kolam renang outdoor. Di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan kota Bandung sambil menikmati hidangan yang disedikan oleh hotel.

4. Connexions Lobby Lounge. Sebuah area yang berlokasi di area lobby level hotel dengan interior yang elegan dan ditemani alunan musik lounge.  Tempat ini cocok banget untuk tempat berkumpul santai dengan teman-teman atau rekan bisnis.

5. Eksekutif club lounge. Merupakan sebuah eksekutif club lounge terbesar di kota Bandung, yang terletak di lantai 16. Disini kita bisa menikmati  pemandangan kota Bandung yang indah.

6. Ruang pertemuan dan Ballroom. Merupakan area pertemuan yang biasanya disewakan untuk keperluan bisnis, rapat perusahaan, MICE atau acara-acara seperti pesta ulang tahun, reuni, serta pesta pernikahan.

7. Kids Club. Merupakan area bermain untuk anak-anak yang lokasinya berada di lantai 5 dekat dengan kolam renang dan Mountain View Poolside Bar & Restaurant.

8. Blissful Spa at Uluwatu Bali Spa. Fasilitas yang mampu memanjakan para pengunjung dengan spa.

9. Fitness & Wellness. Sebuah fasilitas olahraga yang cukup lengkap.

Setelah menikmati dan berkeliling ke setiap fasilitas area hotel, tibalah saatnya menuju ruang ballroom kembali untuk mengikuti Workhop Stress Management bersama dr. David dan Lineation.

Workhop Stress Management bersama Dr David dan Lineation.

Workshop Stress Management dengan dr. David (dokpri)

Bersama dr. David dari Lineation (dokpri)

Dokter David sebagai pembicara workshop kali ini. Dengan kaos merah dan bergaya santai, beliau memberikan workshop kepada para blogger.  Kali ini bukan teori yang disampaikannya tapi sebuah praktek bagaimana mengelola stress pada diri sendiri.

Menurut beliau Strees management itu bukan tentang "Who are they" tetapi "Who are you". Jadi bagaimana kau mencintai dirimu sendiri. Kapan terakhir kali kau mencintai dirimu sendiri. Kapan terakhir kali menyayangi badan sendiri. Kapan terakhir kamu berkaca dan bilang "Thanks you". Kapan kamu terakhir kali menerima love dari orang lain. Kapan terakhir kalian kamu memberi. Kapan terakhir kali receiving buat diri sendiri. Itulah bentuk sederhana dari mencintai diri sendiri.

Kalau misalkan ada orang yang menyakitimu, belajarlah untuk memaafkan dan beranikan diri untuk minta maaf terlebih dahulu tanpa memikirkan siapa yang salah. Kalau kamu tidak suka atau benci melihat orang lain, jangan dihiraukan perasaan itu. Karena bisa jadi apa yang kamu benci di dalam diri orang lain bisa jadi itu adalah pantulan dirimu sendiri.

Melihat masalah itu dari sisi positifnya jadi mana langkah yang mau kamu pilih apakah kamu mau bahagia ataukah kamu mau membenci dirimu sendiri. Contohnya: kamu melihat orang lain dan berkomentar negatif mengenai dirimu sendiri. Itu artinya kamu melihat energimu sendiri di dalam diri orang lain. Maka buanglah semua energi kebencian itu. Jika itu bisa kamu lakukan, maka kamu bisa mendapatkan perubahan.

Dalam stress management kamu juga perlu receiving and giving. Artinya tidak hanya mendapatkan receiving tapi juga melakukan giving. Jika kamu menolak untuk receiving maka stress akan muncul. Kamu akan merasakan sepi, kosong, hampa dan not happy. Karena kamu sudah lupa bagaimana menjadi anak-anak untuk giving dan receiving.

Contohnya: Ada yang berkata, "Kamu hari ini cantik banget."
Seharusnya kamu menjawab, "Makasih. Kamu juga cantik. Ini adalah bentuj giving and receiving.

Jadi intinya adalah kamu harus belajar mencintai diri sendiri, Belajar menghargai diri sendiri dan belajar untuk memberi cinta ke orang lain apapun bentuknya. Jika kamu ingin memilih bahagia maka jangan hanya diam dan lakukanlah perubahan.

Stress management juga bisa dilakukan dengan Terapi Bars. Jadi setelah workshop stress management dengan Dokter David, kita bisa praktek langsung dengan terapi Bars. Mendapat kesempatan ini, aku langsung mencoba untuk terapi juga selama 20 menit. Dimana aku diminta untuk tiduran di kasur dan kemudian terapisnya membelakangi kepala kita sambil melakukan terapi di 32 titik pada tubuh kita. Hasilnya aku benar-benar merasa lebih lega, lebih segar dan badan terasa enteng lo.  Waktu aku diterapi, mataku terpejam dan telinga masih tetap bisa mendengar.

Terapi Bars dari Lineation( dokpri)

Terapi Bars yaitu terapi sentuhan pada titik kepala yang berfungsi membantu meredakan pikiran yang meloncat loncat, bisa mengembalikan kita pada keseimbangan dan menciptakan kemudahan, kedamaian serta rasa damai. Terapi ini sama halnya seperti pijat atau meditasi. Terapi sentuhan ini difokuskan pada 32 titik bars di kepala yang kita sentuh untuk membuang masalah, untuk men-defrag otak kita, melepas memori trauma, dan membuang sampah elektromagmetik yang terkumpul dari seluruh kehidupan kita.

Dr. David Budi Wartono., ABAARM Cert., AAAM Cert. ini merupakan  penanggung jawab sebuah One-stop aesthetic and health centre di Bandung yang bernama Lineation Centre. Lineation merupakan transformasi dari DF Clinic sejak tahun 2007. Lineation Centre merupakan sebuah klinik layanan unggulan di bidang kecantikan (estetika) yang ada di Bandung.

Produk-produk dari Lineation (dokpri)

Terdapat 5 layanan yang ada di Lineation Centre yaitu Lineation Clinic, Lineation Skin Care, Lineation Farmasi, dan Lineation Lab dan Salon. Lineation Centre ini berlandaskan pada H.E.R.S (Holistic, Empathy, Rational & Safety) dalam melayani pasien.

Holistic
Lineation adalah klinik terlengkap yang memiliki fasilitas – layanan di dalam satu gedung.

Empathy
Menjadi manusia seutuhnya dalam menjalin hubungan selama proses medis sisi empati.

Rational
Memberikan pelayanaan solutif dan rasional sesuai kaidah medis, dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Safety
Bekerja atas nilai nilai profesionalisme yang menjadi kewajiban dalam etika profesional praktisi kesehatan.

Kebetulan pas di acara workshop stress Management ini, semua peserta akhirnya mendapat Goodie Bag berupa shampoo untuk perawatan rambut rontok dengan Rosemary Hair Treatment. Seneng banget kan bisa treatment rambut sendiri di rumah pakai shampoo ini.

Buat yang mau langsung melakukan treatment dan perawatan tubuh serta wajah bahkan untuk melakukan terapi Bars bisa lo langsung datang ke lokasi Lineation Centre. Untuk lokasi Lineation Centre ini yaitu di:

Jl. Lemah Nendeut No. 10
Setrasari, Bandung 40164
Jawa Barat

Workshop Menulis Bersama Anwari Natari

Setelah rileks dengan terapi Bars dan memanajemen stress bersama dokter David, sesi selanjutnya yaitu Workshop Menulis bersama Mas Anwari Natari atau Mas Away.

Di workshop ini Mas Away mengajak kita untuk melatih otak kanan untuk menuliskan apa yang kita pikirkan. Karena sejatinya kita sudah punya ilmu dan pengetahuan tapi belum melakukan latihan/praktek.

Workshop menulis dengan Anwari Natari ( dokpri)

Dari workshop Mas Away ini, para peserta BloggerDay diminta untuk langsung praktek menulis dengan 3 latihan yaitu:

Latihan pertama.
Menulis non stop 2 menit dengan satu kata kunci. Hiraukan typo dan jangan diedit terlebih dahulu.

Latihan kedua
Menulis cepat selama 5 menit dengan 3 kata kunci. Hiraukan typo dan jangan diedit terlebih dahulu.

Latihan ketiga
Menulis cepat dengan waktu 10 menit dengan 5 kata kunci.Hiraukan typo dan jangan diedit terlebih dahulu.
Berhubung kita tidak ada yang membawa laptop jadi praktek fast writing-nya menggunakan HP dan di share di grup. Kemudian akan dinilai oleh Mas Away mana yang terbaik. Ternyata hasil praktek dari teman-teman blogger lumayan bagus. Meskipun ada beberapa yang tulisannya typo.

Untuk melakukan Fast Writing ada acuan yang harus diperhatikan yaitu disingkat AIDCA.

1. Attention: apa atensi yang kita dapatkan.
  2. Interest: kita menuliskan sesuatu yang membuat orang tertarik.
  3. Desire: lalu kita menuliskan apa yang menjadi desire orang. Sambungkan apa yang menjadi ketertarikan seseorang atau keluhan seseorang dengan produk kita.
  4. Conviction: meyakinkan kembali apa yang kita tuliskan.
  5. Action: konten-konten tulisan yang membuat pembaca melakukan aksi. Contohnya buatlah kalimat yang menggerakkan orang untuk aksi.

Selain itu Fast Writing juga terdiri dari unsur-unsur yang terdiri dari MMGSAH, yaitu:

1. Manusia:tokohnya siapa yang akan dituliskan.
  2. Masalah: masalah apa yang menjadi persoalan yang akan diangkat?
  3. Guru: bisa berupa produk bisa perusahan. Guru merupakan objek atau sumber masalah.
  4. Meyakinkan:  bagaimana tulisan kita meyakinkan orang/pembaca.
  5. Action: bagaimana kita menuliskan sesuatu/produk sehingga orang/pembaca beraksi.
  6. Hasil: Setelah memakai produk apa hasilnya.
Di dalam workshop, kita diajak untuk melakukan menulis cepat ( Fast Writing) serta perbedaan antara Storytelling dan juga Copywriting.

Jadi praktek ini benar-benar bermanfaat banget. Kita bisa melatih bagaimana memeperlakukan otak kanan kita saat menulis. So, kudu rajin praktek nih supaya bisa menulis cepat setiap kali ada ide tulisan. Yuks dicoba guys.

Akhir Acara

Akhirnya waktu menunjukkan jam 17.30 WIB dan workshop sudah selesai. Di akhir acara ada edisi perayaan ultan Blogger Crony dengan pemberian kue yang dimotori oleh Mbak Wawa. Selain itu juga ada pembagian hadiah-hadiah buat para pemenang videogram, pemenang doorprize, pemenang Instagram, pemenang Facebook dan juga ada Most wanted Award yang dimenangi oleh Mbak Dita. Hadiah doorprize yang dibagikan yaitu disponsori oleh AHRA Reflexology by Nest, Bimas Islam Kemenag RI, BloggerPreneur Bloggercrony Community, Blogger Bandung,  dan juga Endeus TV.

Para sponsor acara BloggerDay 2019 ( dokpri)

Keseruan benar-benar dialami di acara ini. Tak kalah senangnya yaitu kami semua peserta BloggerDay 2019 mendapatkan goodie bag Bolu Susu Lembang sebanyak 2 kotak. Alhamdulilah ya, bisa buat oleh-oleh orang di rumah karena kami belum sempat pergi ke tempat oleh-oleh.

Oleh-oleh Bolu Susu Lembang (dokpri)

Oh iya, di sela-sela acara tadi, ada 2 kali coffee break yaitu sebelum acara dimulai dan di sore hari. Menu yang disajikan di coffee break ini enak-enak banget. Coffee break siang hari ada buah apel, kelengkeng, dan appetizer yang lain serta minuman kopi. Begitu juga di sore hari ada appetizer dan juga minuman kopi. Tak lupa ada minuman mineral yang bermerak Crowne Plaza Bandung. Para peserta tinggal ambil sesuka hati saja. Bahkan sepuasnya. Asyik kan?

Suasana coffee Break di Crowne Plaza Bandung ( dokpri)

Menu coffee break ( dokpri)

Nah, saat makan siang tak kalah serunya juga, para peserta diajak makan siang di Dining Room. Di ruangan ini, meja dan kursi ditata memanjang. Diatas meja sudah tersedia makan siang dengan cara liwetan. Dimana kita makan di atas daun pisang dan di atas daun pisang ini sudah tersedia nasi beserta sayuran dan lauknya. Untuk lauknya ada sayur asem, ada rendang, cumi asin, sambel kentang, tumis sayur. Seru banget makan bareng pakai tangan di hotel bintang 5 ini. Serasa makan di kampung mah kalau begini.

Suasana makan siang liwetan di Crowne Plaza Bandung (dokpri)

Menu empal di makan liwetan (dokpri)

Tak kalah menariknya ada demo masak pizza lo di area dinning room ini. Seru juga ya menyaksikan chef memasak pizza. Bahkan kita bisa mencicipi hasil pizzanya. Wow..mantap dah.

Sebagai penutup acara BloggerDay 2019 ini diresmikanlah para pengurus BCC baik itu pengurus komunitas Bloggercrony Network (BCN) maupun  BCN Executive (pengurus harian BCC). Wah lengkap banget ya acaranya. Seru dan tak terlupakan nih.

Para pengurus BCC (dokpri)

Perlu diketahui bahwa BloggerDay 2019 di Bandung 2-3 Maret 2019 didukung oleh Blue Bird Group, Bolu Susu Lembang, Raka FM dan Sonora FM, AHRA Reflexology by Nest, Bimas Islam Kemenag RI, BloggerPreneur Bloggercrony Community, Blogger Bandung, Endeus TV dan tentu saja BCC Squad bersama para pengurus komunitas Bloggercrony Network (BCN) dan BCN Executive (pengurus harian BCC).

Terima kasih untuk BCC Squad bersama para pengurus komunitas Bloggercrony Network (BCN) dan BCN Executive (pengurus harian BCC), berkat acara ini, aku bisa bermain dan bersenang-senang di Trans Studio Bandung, nginep di Ideas Hotel dan mendapat ilmu dari workshop menulis serta workshop stress management. Semoga selalu kompak dan sew you next time Blogger Day 2020. Semoga terealisasi acaranya di Bali. Hehehe