Tips Skincare Untuk Pemula

Tips Skincare Untuk Pemula - Hai... para wanita cantik. Bicara soal skincare, pasti pada senang kan? Apalagi skincare buat mempercantik dan memperawet wajah kita. Kali ini aku mau ngomongin soal skincare untuk pemula ya. Gimana merawat wajah kita supaya tetap terlihat bersih dan segar serta tidak kusam. Aku mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang skincare ini dari beberapa beauty class yang aku ikuti, dari review skincare di blog, youtube maupun dari sosmed lainnya. Belajar tentang skincare itu sama halnya kayak belajar ilmu sekolah. Kudu dipelajari sungguh-sungguh supaya dapat hasil yang maksimal. Iya nggak sih?




Wajah cantik, bersih, mulus dan glowing adalah dambaan wanita bukan? Kunci utamanya adalah di skincare. Asalkan rajin dan telaten pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Aku mengenal skincare sejak bekerja kantoran. Tentunya harus mempercantik penampilan saat bekerja supaya semangat menjalani hari-hari selama bekerja dan enak dilihat bila bertemu dengan orang lain. Apalagi sekarang ini banyak sekali beragam macam jenis skincare yang dengan gampang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan kondisi wajah kita. Tentunya juga disesuaikan dengan kantong kita dong. Memilih skincare untuk pemula jadi lebih mudah.

Sebagai pemula, harus tahu benar nih, skincare apa yang harus dipakai. Jangan asal pakai saja ya dan pastikan kita tahu kondisi wajah kita seperti apa, apakah kering, normal atau berminyak. Mencoba skincare untuk pemula itu harus tahu dasar-dasarnya apa saja. Eh tapi sabelumnya tahu nggak sih apa itu skincare? Skincare itu adalah produk-produk perawatan wajah yang digunakan untuk perawatan kulit wajah. 

Tips Skincare Untuk Pemula

Buat pemula menggunakan skincare gak usah yang terlalu ribet dan lengkap. Cukup yang dasar-dasarnya/basicnya saja dan simpel. Berikut adalah tips skincare untuk pemula yang bisa dipraktekkan:

1. Untuk pemula pakailah terlebih dahulu produk dasar atau basic. Jangan terlalu memaksakan membeli semua produk secara lengkap.  Baru setelah cocok dengan satu produk dasar, bisa dilanjutkan dengan produk lanjutannya. 

2. Belilah produk sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Apakah wajah kering, normal, berminyak atau berjerawat. Jangan sampai salah beli produk.

3. Belilah produk skincare yang ukuran travel kit karena ukurannya lebih kecil dan harga lebih murah. Kalau ada yang jual share in jar boleh juga tuh dicoba. Jangan langsung yang ukuran besar. Karena kalau tidak cocok,  bisa diganti atau beli skincare yang lain yang lebih cocok. Jadi gak perlu menyesal dong sudah beli produk mahal dengan ukuran yang gede.

4. Saat beli skincare, pastikan cek terlebih dahulu kandungan atau komposisi bahan-bahan yang digunakan oleh produk tersebut. Jangan sampai kandungan yang ada di dalamnya mengandung merkuri atau bahan non halal. 

5. Beli produk skincare sesuai dengan kebutuhan kantongmu. Nggak perlu maksain diri beli skincare yang mahal kalau nggak sesuai dengan kondisi kantong keuanganmu. 

6. Kalau sudah mencoba suatu produk skincare tapi mengalami iritasi atau gatal-gatal, segeralah ganti dengan produk lain. Karena hal itu berarti produk tersebut tidak cocok dengan kulit wajahmu.

Produk Skincare Untuk Pemula


Nah, setelah tahu tips skincare untuk pemula, berikut aku jabarkan beberapa produk skincare untuk pemula yang bisa kamu gunakan:

1.  Cleanser.


Skincare basic yang pertama adalah cleanser. Membersihkan wajah pertama kali yaitu menggunakan cleanser. Cleanser ini adalah pembersih wajah. Banyak merk cleanser yang bisa kamu pilih. Ingat sesuaikan dengan jenis kulit wajah dan kantonhmu. Jenis cleanser ada bermacam-macam, bisa berupa facial wash, facial gel, facial foam dan lainnya. 

Fungsi dari cleanser adalah untuk membersihkan wajah dan mengangkat kotoran di wajah termasuk minyak wajah. Penggunaan cleanser ini akan lebih optimal untuk wajah yang tanpa make up atau bersih dari make up.

 Nah, kalau wajah kita masih penuh dengan make up sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cleansing oil atau bisa cleansing milk. Karrna kalau cuma pakai facial foam atau gel tidak cukup dalam mengangkat kotoran wajah sehingga pori-pori wajah masih tertutup kotoran. 

Cara menggunakan skincare cleansing oil atau cleansing milk yaitu cukup dioleskan pada wajah sampai rata sambil wajah dipijat dengan gerakan memutar kemudian bersihkan dengan kapas. Baru setelah itu bisa memakai cleanser berupa facial foam atau facial gel. Gampang kan?


2.  Toner

Sebagai pemula, skincare berikutnya yang perlu diketahui adalah toner. Toner yang dimaksud yaitu berupa exfoliating toner. Fungsinya adalah untuk membersihkan wajah dan mengangkat kotoran sampai bersih. 

Untuk kulit kering agar terlihat lebih lembab sebaiknya menggunakan hydrating toner . Seperti kulitku yang cenderung kering. Hydrating toner ini fungsinya melembabkan kulit wjah akibat pemakaian facial foam atau facial wash dan karena mengandung alkohol yang menyebabkan kulit kering. 

3.   Moisturizer

Langkah penggunaan skincare untuk pemula berikutnya yaitu penggunaan moisturizer. Moisturizer ini merupakan pelembab wajah. Tahapan penggunaan moisturizer ini adalah tahapan paling penting dalam dunia perskincarean. Khususnya untuk jenis kulit kering. Fungsi lain dari pelembab supaya make up yang akan kita pakai bisa menempel dengan baik. 

Untuk jenis wajah berminyak juga bisa menggunakan pelembab tapi teksturnya harus disesuaikan dengan wajah kita misalnya tektur pelembab yang gel  based supaya wajah tidak terdehidrasi sedangkan untuk tipe kulit kering sebaiknya pilih moisturizer yang oil based. 

4.   Sun screen

Skincare pemula berikutnya yang juga penting adalah penggunaan sun screen. Fungsi dari sun screen ini untuk melindungi wajah dari bahaya sinar matahari terutama yang sering berada di luar ruangan. 

Pilihlah sun screen yang tidak lengket di wajah dan cocok dengan jenis kulitmu. Usahakan memakai sunscreen yang ber SPF agar maksimal dalam melindungi wajah dari sinar matahari. 

Itulah beberapa tahapan penggunan skincare untuk pemula yang bisa diterapkan. Tahapan ini adalah secara umum dipakai dalam dunia perskincarean. Untuk skincare lanjutannya tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan, karena saat ini skincare sudah banyak sekali jenis dan macamnya bahkan merknya. Skincare yang ada sekarang sudah digolongkan sesuai dengan jenis kulit mulai dari anti agne, anti aging, brightening dan lainnya. Tinggal suka-suka kita memilihnya.

Selamat mencoba tipsnya ya. 

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚