Bermain Game Lewat Layar Tanpa Mata Dengan ASUS ROG Phone 6

Gamer Tunanetra


Apa jadinya kalau pemain gamer adalah penyandang tunanetra? Orang yang tidak dapat melihat atau memiliki gangguan penglihatan bisa menjadi gamer sejati juga. Semua itu berkat ketekunan dan keinginan untuk belajar dari penyandang tunanetra yang tentunya tak dapat melihat layar HP menggunakan kedua mata. Sungguh suatu hal yang sangat mengagumkan ya jika ada tunanetra menjadi gamer.

Dulu suamiku suka bermain game , walaupun tidak pernah mengikuti game competition yang bisa menghasilkan penghasilan gede. Saat itu Hp gaming tidak sebooming saat ini karena jaman dulu kalau main game hanya bisa menggunakan komputer atau laptop. Game di HP masih belum booming. Kalaupun di HP ada game palingan hanya game-game yang standar saja seperti solitare, ular-ularan dan lainnya. Belum ada yang namanya Mobile Legend, PUBG dan sejenisnya yang lagi booming saat ini.


Tetapi sejak matanya mengalami penyakit Retinitis Pigmentosa yaitu kelainan atau penyakit pada retina mata yang menyebabkan penglihatan terganggu bahkan bisa sampai mengalami kebutaan, suamiku tidak bisa lagi menggunakan laptop/komputer dan juga smartphone. Sebab saat itu aku dan suami belum tahu bahwa ada aplikasi yang mengandalkan suara sehingga penderita disabilitas netra seperti suamiku belum sepenuhnya bisa menggunakan smartphone. Akhirnya sekian lama suamiku tidak pernah bisa menggunakan smartphone lagi. Kalaupun ingin menelepon harus dibantu orang lain.

Akhirnya smartphone yang dia punya saat itu hanya digunakan untuk mengangkat telepon atau menelepon saja. Fitur-fitur lainnya tidak dia gunakan karena tidak tahu cara menggunakannya dengan penglihatan yang sangat terbatas yaitu hanya bisa melihat cahaya saja. Suami tak bisa lagi melihat huruf dan angka pada tombol-tombol di smartphone. Ini adalah salah satu penghambat suami untuk bisa berkembang dengan keterbatasan penglihatannya.

Baru 2 tahun terakhir ini, aku mengenal aplikasi bersuara untuk tunanetra dan mengenal adanya talkback di smartphone sejak aku mengajak suamiku untuk kursus braile di sebuah Yayasan khusus tunanetra yaitu Mitra Netra. Padahal ya fitur talkback ini sudah ada sejak dulu di smartphone. Ya kenapa baru tahu sekarang. Itulah kurangnya sosialisasi untuk penggunaan smartphone pada tunanetra.

Sejak saat itulah, suamiku memakai fitur talkback yang ada di smartphone. Aku mulai mengajarinya pelan-pelan. Pada saat itu dia masih menggunakan smartphone Asus versi lama. Ternyata belajar talkback cukup sulit juga. Tapi lama kelamaan akhirnya bisa juga caranya menggunakan dua jari yang digeserkan ke atas untuk melanjutkan slide berikutnya. Untuk fitur-fiturnya tinggal diketuk dua kali dan akan muncul bunyi.

Apa itu fitur talkback? Yaitu fitur yang ada di smartphone yang digunakan untuk membaca layar Google pada perangkat Android. TalkBack memberikan kita kontrol atas perangkat tanpa perlu melihatnya. Fitur ini sangat membantu para disabilitas netra jika ingin menggunakan smartphone dalam berkomunikasi.

Bagaimana bisa disabilitas netra bermain game?


Smartphone android saat ini sudah banyak yang canggih bahkan makin lama makin banyak mengeluarkan versi terbarunya. Semua merk smartphone android berlomba-lomba untuk menjadi terbaik, terutama bagi para pengguna android yang suka bermain game baik itu hanya sekedar hobi ataupun game untuk profesionalitas.

Suamiku bukanlah gamer sejati. Dia hanya hobi bermain game. Sayangnya saat ini tak banyak aktivitas yang bisa dia kerjakan, bahkan sekarang dia sudah off bekerja karena tak dapat melihat lagi. Karena penglihatannya itulah dia di PHK saat bekerja menjadi guru beberapa tahun lalu. Aku berharap suatu saat ada keajaiban dia bisa beraktivitas dan bekerja lagi. Karena itulah aku berharap meskipun tidak ada banyak aktivitas yang bisa dia kerjakan, aku ingin dia punya skill lain sebagai tunanetra yang terbatas aktivitasnya misalnya aktivitas menulis dengan mengandalkan aplikasi suara di smartphone atau bikin podcast yang belum pernah dia lakukan. Aku usahakan untuk mengajarinya pelan-pelan walaupun sulit. Smartphone memang menjadi andalan baginya karena tidak banyak aktivitas yang bisa dia jangkau.

Apa saja sih manfaat smartphone untuk tunanetra:



1. Smartphone membantu tunanetra bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh tanpa harus bertemu.

2. Smartphone bisa membantu tunanetra mengembangkan dan mendapat ilmu dan skill melalui kursus atau seminar online.

3. Smartphone membantu tunanetra bisa bermain game.

4. Smartphone membantu tunanetra melakukan transaksi keuangan, perdagangan, transportasi dan lainnya.

5. Smartphone membantu tunanetra melakukan pembelian di online shop, dan pemesanan transportasi online.

6. smartphone ini membantu para tuna netra untuk naik bus, membaca teks cetak, dan menunjukkan lokasi dengan tepat

Ternyata fungsi smartphone bagi tunanetra sama halnya fungsi smartphone bagi manusia dengan penglihatan normal pada umumnya. Jika smartphone dipelajari oleh tunanetra, mereka pun bisa berkembang dan maju.

Tidak banyak memang gamer tunanetra yang sukses , salah satunya yaitu Steve Saylor yang merupakan seorang youtuber game tunanetra yang pandai bermain game. Sehingga dia membuat video-video ulasan di youtube dengan gayanya yang lucu dan kocak. Dia menunjukkan pada semua orang bahwa tunanetra bukan berarti tidak bisa melihat sama sekali. Itulah yang aku kagumi dari beliau. Beliau berharap suatu saat para penyandang disabilitas terutama tunanetra bisa bermain game dengan nyaman. Dimana fitur-fitur yang ada di smartphone dan game dengan mudah terbaca dan dipakai dengan nyaman oleh disabilitas netra. Game yang ada tidak hanya dikuasai dengan mudah oleh orang dengan penglihatan normal saja. Disabilitas netra juga berhak nyaman bermain game.

Saylor mengkritik bahwa game-game yang dikembangkan atau diluncurkan seharusnya sangat aksesibilitas dan nyaman dimainkan oleh disabilitas netra supaya bisa bermain game dengan lancar seperti orang-orang pada umumnya. Misalnya pengaturan dasar seperti deskripsi dalam bentuk audio sampai dengan ukuran font yang ada di game tersebut. Contohnya yaitu ada aksesibilitas khusus pada game Call of Duty.

Sejak akhir juni 2020, muncullah game yang ramah aksesibilitas bagi disabilitas netra yaitu The Last of Us Part II yang dikembangkan oleh developer Naughty Dog. Sebuah berita bahagia bagi para disabilitas netra karena pada game tersebut terdapat fitur yang selama ini diinginkan oleh disabilitas netra supaya bisa bermain game dengan lancar. Semoga para pengembang game untuk selanjutnya bisa memikirkan bagaimana game bisa dinikmati dan dimainkan oleh semua orang tak terkecuali juga disabilitas netra. Contoh game lainnya yang cocok untuk disabilitas netra adalah Blind Legend dan Dice World. Game tersebut bila dimainkan bisa terakses oleh aplikasi pembaca layar. Saat bermain game, disabilitas netra bisa mengarahkan permainan ke kanan atau ke kiri berdasarkan tuntunan suara.

Kalau masalah perangkat, smartphone saat ini sudah sangat ramah aksesibilitas bagi disabilitas netra. Fitur talkbalk salah satunya dan banyak fitur lain yang bisa di instal di play store seperti voiceover, braile keyboard dan lainnya. Teknologi sudah semakin maju dan semua perangkat elektronik sudah canggih. Sekarang smartphone yang bermunculan dengan beragam versi sudah mulai ramah dan bersahabat dengan disabilitas netra.

Asus ROG Phone Series


Smartphone apa sih yang cocok untuk disabilitas netra yang hobi main game dan bisa juga direkomendasikan untuk suamiku?

Ini dia Asus Rog phone 6 Series.

Wow... ada yang terbaru lagi ya keluaran Asus. Sebagus apa sih smartphone ini?


ROG phone series ini ada 2 tipe yaitu ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 pro. ROG Phone 6 standar memiliki dua pilihan warna yaitu Storm White dan Phantom Black. Sedangkan ROG Phone 6 Pro hanya memiliki warna Storm White dengan layar AMOLED ROG Vision.

Fitur dan Keunggulan ASUS ROG Phone 6 series


1. Memiliki layar Revolusioner yang nyaman bagi para gamer dan aman untuk mata.


ASUS ROG Phone 6 Series sudah menggunakan layar AMOLED HDR10+ dengan ukuran 6,78 inci dari Samsung dan disetel oleh ROG. Layarnya diproteksi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat sehingga membuat nyaman dan aman digunakan.

Dengan adanya teknologi Eye Care Display, saat menatap layar mata kita akan lebih terlindungi terutama bagi disabilitas netra yang low vision. Meski mata menatap layar tidak bikin silau dan sakit pada mata. Sehingga berlama-lama menatap layar sambil bermain game pun akan terasa nyaman dan aman.

ROG phone 6 ini memiliki refresh rate maksimum 165Hz sehingga layar ROG Phone 6 Series dikategorikan tercepat dan tertajam di pasaran. Touch-sampling ratenya sampai dengan 720 Hz dan latensi sentuhnya 23 ms.

Kita pun bisa jika ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Layar AMOLED. Untuk mendapatkan tampilan dan style yang cocok dengan kita tinggal diubah saja sesuai selera. Bahkan kita bisa memilih animasi sesuai selera misalnya Mode X, layar aktif, panggilan masuk, dan lainnya. Kalau ingin gonta-ganti animasi tinggal dipilih sesuai selera karena sudah tersedia 60 animasi baru di ROG Phone 6 Pro. Jika bosan denagn animasi yang itu-itu saja, dan ingin mendapatkan animasi yang lain bisa diunduh lagi atau bisa membuat animasi sendiri di editor ROG Vision. Keren sekali ya. Kalau sudah bosen sama animasinya tinggal gonta-ganti deh.

2. Memiliki Performa yang kencang


ROG Phone 6 hadir dengan performa yang tinggi dan kencang karena prosesor terbaru yang digunakan adalah Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih bagus dari pendahulunya. Dengan prosesor ini clock speed CPU nya menjadi lebih cepat sebesar 3,2 GHz. Buat para gamer, performa kencang memang yang dicari-cari. Karena game itu butuh kecepatan dan ketangkasan dalam bermain. Kalau performanya lambat, bermainpun jadi kurang nyaman dan selalu ketinggalan. Bagi yang aktivitasnya banyak menggunakan smartphone tentu juga sangat membantu. Bekerja online jadi cepat, mengirim data gak perlu nunggu loading lama dan lainnya.

Kombinasi CPU dan GPU Adreno 730 akan menciptakan kinerja CPU dan GPU sejauh10% lebih tinggi. Efisiensi daya CPU bahkan bisa meningkat sampai dengan 30%. RAM yang digunakan yaitu RAM LPDDR5 sampai dengan 18GB yang berfungsi untuk bottleneck. Sedangkan ruang penyimpanannya SSD UFS3.1 hingga 512GB. Untuk ruang penyimpanan ini sangat cocok bagi yang butuh ruang penyimpanan yang banyak. Terutama yang hobi foto dan video. Apalagi sebagai content creator tentu butuh banyak ruang penyimpanan.

3. Memiliki Sistem Pendingin Gamecolling yang canggih.

ROG Phone 6 sebagai smartphone gamer yang sangat canggih dilengkapi dengan teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System. Struktur internal pada sistem pendinginannya lebih bagus dalam pembuangan panas sehingga lebih efisien. Sistem pendingin CPU 360° sudah didesain ulang sehingga tata letak dual-PCB nya diletakkan di tengah fungsinya adalah mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, sehingga kinerja pendinginan bisa meningkat sampai dengan 10°C.


Biasanya bermain game di smartphone itu berjam-jam dengan waktu yang lama sehingga menyebabkan smartphone panas saat dipegang. Dengan adanya pendingin Gamecolling ini, smartphone saat dipakai lama akan tetap dingin dan tidak panas. Jadi lebih nyaman saat dipegang berjam-jam ya.

4. Memiliki AeroActive Cooler 6 sebagai Pembuangan Panas

ROG Phone 6 series ini memiliki pembuangan panas yaitu AeroActive Cooler 6 terbaru dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier, yang berfungsi untuk mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU. Hal tersebut penting dalam meningkatkan kinerja ASUS ROG Phone 6 Series.

Teknologi ini akan berkomunikasi dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Sehingga saat bermain game dalam waktu yang lama tidak merasakan panas yang berlebihan yang mengganggu kenyamanan pengguna. Tak hanya saat bermain game saja, melakukan aktivitas lainnya dalam waktu yang lama di smartphone, panas yang terasa akan dibuang secara otomatis oleh AeroActive Cooler 6. Aksesoris opsional ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. Contohnya saat bermain game dengan loading game yang berat, Cooler akan menyalakan chip pendinginnya sehingga saat bermain game , panas yang timbul tidak terasa.


5. Memiliki Baterai ‘Monster’ berperforma baik.

ASUS ROG Phone 6 Series memiliki dua buah baterai 3000 mAh dengan desain MMT. Dengan desain tersebut fungsinya bisa menurunkan suhu saat pengisian daya sampai dengan 65W.


Dengan desain baterai dua sel, posisi motherboard berada di tengah frame sehingga terjadi keseimbangan berat yang sempurna dan solusi pendinginan yang terbaik. Perbaikan pada desain termal ini telah memungkinkan pengisian lebih cepat dari 0 – 100% sehingga baterai ROG Phone 6 bisa penuh dalam waktu 42 menit.

Jangan khawatir saat bermain game dalam waktu lama, baterainya sudah menggunakan dua sel. Jadi saat di charger lebih cepat terisi dan tetap bisa bermain game dengan nyaman tanpa khawatir sering drop baterainya. Di bawa bermain kemanapun jadi lebih tenang ya.

6. GameFX Audio untuk Sound yang Imersif

ROG Phone 6 series ini soundnya sangat imersif dengan pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac. Sistemnya bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12x16 simetris dan didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45 sehingga menghasilkan sound yang lebar, jernih, dengan kedalaman suara yang lebih baik daripada ponsel lainnya.


Dengan sound yang imersif tentu sangat membantu para tunanetra saat bermain game, suara yang muncul saat menuntun perintah atau pencetan tombol lebih terdengar jernih dan dalam.

7. Pengontrolan Maksimal dengan AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons

Bermain game perlu dikontrol dengan baik sehingga lebih nyaman saat bermain dan tidak menyebabkan stress karena bermainnya kurang nyaman. ROG Phone 6 Series ini sudah memiliki teknologi AirTrigger 6 terbaru dengan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian lebih baik, dan banyak memiliki kontrol gerak. Teknologi tersebut dilengkapi dengan 18 titik sentuh spesifik pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang).



Sistem AirTrigger 6 ini juga bisa digunakan di luar game untuk mengaktifkan tindakan atau aplikasi dengan gerakan meremas sederhana saat dalam mode portrait. Pada AirTrigger terdapat fitur Tekan & Kiri untuk memetakan tindakan berbeda ketika menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan berbeda saat mengangkat jari dari tombol. Ada juga giroskop yang berfungsi membidik atau mengontrol sudut pandang caranya dengan menekan dan menahan tombol ultrasonik, lalu pengguna bisa mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

8. Memiliki Kamera Terbaik Dari Smartphone Gaming Manapun

Soal kamera sudah menjadi pertimbangan utama kita memiliki smartphone. Pastinya kamera yang bagus dan menghasilkan yang terbaik. Nah, ROG Phone 6 Series ini ini kamera tidak kalah dengan smartphone gaming yang lain. Memiliki tiga kamera belakang, dengan kamera utama di belakang bersensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini memiliki mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP.


Kamera yang dimiliki bisa melakukan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Kamera ini bisa beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah dan menangkap cahaya yang cukup.

Kamera kedua yaitu lensa sudut ultra lebar 13MP yang bisa merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time. Untuk kamera ketiga yaitu lensa makro 5MP.

Untuk kamera depan memiliki resolusi 12 MP sehingga ketika menggunakan kamera selfie bisa merekam dengan kualitas tinggi. Melakukan video streaming secara langsung juga bisa dilakukan.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Kesimpulan


Bagi penyandang disabilitas netra beraktivitas dan menggunakan smartphone bukan menjadi halangan lagi. Mereka bisa meraih dan menjangkau dunia hanya dengan genggaman tangan meski tak dapat melihat dengan mata. Tidak ada yang tidak mungkin selama ada kesempatan untuk mencoba dan berusaha. Bermain games, melakukan pekerjaan, menulis, berdagang dan mau bermobilitas dengan menggunakan smartphone sebagai andalan karena sudah dilengkapi dengan teknologi inklusi, dimana para disabilitas netra juga bisa menggunakan smartphone. Bantuan aplikasi atau fitur-fitur dalam smartphone sangat membantu mereka untuk menjangkau smartphone dengan lebih mudah.

Asus ROG Phone 6 series dengan teknologi terbarunya bisa menjadi andalan bagi gamer tunanetra. Profesionalitas tak mengenal batas sehingga tunanetra pun bisa menjadi gamer yang profesional.

Bagiku ini adalah smartphone idaman yang bisa aku hadiahkan untuk suamiku. Karena saat ini smartphone yang dimilikinya sudah tak mampu berfungsi dengan baik lagi. Layar sentuhnya mulai kurang performanya begitu juga RAM dan memori yang dimiliki. Apalagi aku ingin dia bisa melakukan aktivitas lainnya selama di rumah saja seperti bermain games atau mengasah skill yang lain dengan smartphone yang canggih dan terbaru. Semoga saja ya suatu saat bisa memiliki smartphone impian ini. Karena sejak muncul ROG Phone sebelumnya selalu mupeng dan tidak kesampaian untuk membeli.

Para disabilitas netra bisa lebih produktif dan melihat dunia walaupun tanpa mata dengan segala keterbatasannya. ROG Phone 6 series adalah jawabannya.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien



Referensi:

https://www.travelerien.com/2022/09/rog-phone-6-series.html

https://exp.itemku.com/bagaimana-gamer-penyandang-tunanetra-bermain-game/

https://www.vice.com/id/article/akzgwb/gamer-tunanetra-memperjuangkan-kesetaraan-akses-main-game

https://difabel.tempo.co/read/1351503/ketahui-jenis-game-online-seru-buat-tunanetra

Tidak ada komentar