Skip to main content

Dari Ngeblog menjadi Buku yang Menginspirasi



Berawal dari ngeblog di sebuah platform bernama Blogdetik. Dari situlah saya mulai belajar ngeblog dan semakin hari semakin rajin ngeblognya. Blog saya awalnya hanya berisi puisi-puisi (karena suka puisi) sendiri dan juga tentang keseharian. Kemudian sampai sekarang malah lebih banyak berisi lomba blog dan giveaway sampai dengan review acara.

Dengan menulis Blog membuat saya terbuka dan lebih banyak wawasan. Ngeblog juga mampu mengasah kemampuan menulis saya apalagi kalau sering mengikuti lomba blog dengan berbagai tema. Sebuah keberuntungan tersendiri bila menjadi juara  lomba dan malah ketagihan.  Mengikuti lomba blog itu mengasyikkan lo. Ngeblog sambil blogwalking juga menambah teman sesama blogger, salah satunya yaitu Blog Emak Gaoel yang keren abis deh. Dari situlah kita saling kenalan, kopdaran, bahkan saling ikut menghadiri event-event produk tertentu. 

Dari ngeblog inilah banyak hal yang ingin saya raih. Dulu sebelum ngeblog berkeinginan membuat buku dan menerbitkannya bahkan sempat ingin menjadi penulis terkenal semacam Andrea Hirata. Impian itu masih ada dan tetap berdoa serta berusaha saja agar suatu saat tercapai. Doakan ya..

Berkat blog pula,  saya bisa mempunyai kontribusi tulisan dengan teman-teman sesama blogger dan menjadikan sebuah buku antologi. Ada 4 buku antologi yang saya hasilkan. Alhamdulilah buku-buku tersebut bisa menjadi kebanggaan saya meskipun hanya buku keroyokan.  Sekarang saya sedang merencanakan mimpi yaitu bisa membuat buku sendiri hasil karya saya sendiri. Saya ingin membuat novel. Sudah ada dua draft novel yang saya buat. Semuanya terispirasi dari kisah nyata.  Tapi ternyata bikin novel itu cukup lama ya, karena perlu riset juga.  Itu sedikit hal yang ingin saya capai dari  ngeblog.

Buku antologi yang saya hasilkan berkat ngeblog

Nah... dari mimpi itulah, saya tidak menyangka,  tiba-tiba ada teman saya mengajak untuk menulis buku duet.  Menulis buku? Wah...ini kesempatan nih.  Sebenarnya kita sudah saling kenal sejak kuliah hanya saja sebuah cemistry untuk menulis duet baru muncul kali ini. Saya jadi semangat deh. Inilah yang ingin kami berdua capai. Membuat buku hasil kita berdua. Temanya sih tentang perempuan. Lebih tepatnya tentang kita berdua. Meskipun kita terpisah jauh. Saya di Jakarta dia di Malang, tidak ada halangan menulis buku bareng dong. Komunikasi jarak jauh gak jadi hambatan, kan sudah ada media komunikasi seperti Skype, WA, Line, Message Facebook, BBM yang semuanya bisa dipakai. Kirim gambar dan tulisan untuk dicocokkan satu sama lain pun gampang dong. Doakan ya impian saya dan dia tercapai nih. Bismillah... mudah-mudahan buku yang akan kita buat bisa mencuat dan menginspirasi banyak orang terutama tentang perempuan. Hiyaaa... pede dikit lah... kan kalo gak pede gak jadi-jadi nih buku. 

Ketika ngeblog ada beberapa aplikasi yang saya gunakan baik itu di HP maupun di laptop. Semua aplikasi itu untuk menunjang tulisan dan pemberian gambar-gambar yang menarik. Ini dia aplikasi yang saya gunakan:

 1.          Memo dan Writer

Memo dan writer saya gunakan untuk menulis ketika tidak sedang di laptop. Kalao ada catatan-catatan yang hanya berupa point-point saya tulis di memo. Tapi menulis di memo ada keterbatasan dengan jumlah kata.Sedangkan di Writer saya menulisnya berupa uraian panjang. Saya suka dengan Writer karena setelah menulis langsung tersimpan sendiri tulisannya. Mau nulis sampai ribuan kata pun oke-oke saja. 

Hasil tulisan saya untuk blog di Writer

 2.    Picsart.

Picsart saya gunakan untuk editing foto. Tools sangat lengkap banget deh. Mau memberi efek atau pun memberi tulisan pada gambar juga bisa. Aplikasi ini berguna banget buat saya ketika harus editing foto di HP dan mempublishnya saat itu juga.

Edit gambar di Picsart by HP

 3.        Paint dan Photoshop

Paint saya gunakan untuk menyimpan screenpicture sebuah tulisan atau foto ketika memakai laptop. Saya juga bisa edit foto. Sedangkan dengan Photoshop saya bisa mengedit foto dengan berbagai macam tools yang sangat lengkap banget. Kalau sudah ahli, hasilnya pasti menakjubkan deh.
Mengedit gambar di Paint


Mengedit gambar di Photoshop

 4.        Email dan Bluetooth

Email saya gunakan untuk memtransfer tulisan yang ada di Hp. Saya lebih senang mentransfer tulisan lewat email dan dibukanya di.email laptop. Kalau pakai kabel USB rasanya terlalu ribet. Sedangkan Bluetooth saya gunakan untuk mentrasfer data kalau ada sinyal wifi. 
Mengirim dan mentransfer artikel melalui email


Nah..itulah beberapa aplikasi yang saya gunakan, sebenarnya masih banyak lagi, tapi itu yang utama. Untuk aplikasi yang digunakan di HP tentunya akan lebih mudah dan cepat digunakan bila menggunakan smartphone 4G LTE yang go for it banget deh buat referensi kamu. 

Go For It Blog Competition
/>



Comments

Mb caranya biar bisa masuk antologi gmn, nunggu ada proyekk kah
Inda Chakim said…
weist, manteb nih mbk, smoga mimpinya tercapai yak, go for it :)
FaniaSurya said…
biasanya ada proyek2 dari teman-teman di komunitas, kadang juga diajakin bikin buku bareng.
FaniaSurya said…
amin..makasih mb@indachakim... go for it juga untukmu ... :)
Teringin baca tulisan saudari

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…