Kegiatan Yang CoCok Untuk Mengisi Liburan di Rumah

Liburan gak kemana-mana? Liburan di rumah saja? Ah, kok gak asyik banget sih. Bagi saya liburan ke suatu tempat atau di rumah saja sih tidak masalah, asalkan kita saja merasa enjoy dan tidak terbebani. Kalau lagi malas berlibur ke luar atau ke suatu tempat, lebih baik saya liburan di rumah saja. Lebih hemat, dan murah meriah bukan?

Biasanya nih kalau menghabiskan liburan di rumah saja itu artinya saya sedang malas keluar atau ke suatu tempat, sedang tidak ada duit untuk berlibur ke suatu tempat atau bahkan sedang kecapekan sehingga lebih senang berlibur di rumah saja.  Kalau kalian ketika sedang apa? 

Kalau sudah berlibur di rumah saja, supaya liburan terasa tidak membosankan, saya harus punya ide dan melakukan hal yang menarik. Berikut beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk mengisi hari libur di rumah, yaitu: 

 1.  Menulis. Kegiatan ini sudah menjadi hobi saya. Entah itu menulis diary, menulis blog ataupun menulis untuk lomba blog.  Kegiatan menulis juga butuh mood yang bagus. Kalau moodnya sedang tidak enak alias malas pasti deh tulisannya gak nyambung. Kalau hal ini sudah terjadi mendingan saya beralih ke aktivitas yang lain.

 2. Membersihkan rumah. Nah, meskipun aktivitas ini butuh tenaga yang besar, tapi saya paling senang kalau sudah urusan beberes. Apalagi biasanya kalau hari kerja tuh, rumah bawaannya kayak beratakan saja dan belum sempat diberesin. Kalau sudah hari libur, bisa deh rumah kelihatan lebih rapi. Membereskan rumah yang saya lakukan misalnya mengepel, menata lemari pakaian, menyeterika, membersihkan kaca jendela dan pernak-pernik di rumah. Jika sudah terlihat beres dan bersih semuanya, rasanya adem dan tenang lagi deh. 

 3.  Membuat craft. Berhubung saya suka sekali dengan craft dan sesuatu yang berbau seni, maka liburan ini sebaiknya saya habiskan waktu dengan membuat craft. Saya suka membuat kerajinan-kerajinan yang membutuhkan keterampilan, itupun sudah menjadi hobi sejak kecil sih,  misalkan membuat bros pita, merajut, menjahit kain-kain perca menjadi sesuatu barang, origami, dan membuat sketsa/gambar. Kebanyakan yang saya buat hanya untuk dipakai sendiri saja. Kalaupun ada yang mau pesan sih boleh-boleh saja. Saya siap menerima pesanan.

 4. Menonton film di laptop atau VCD. Nah, kegiatan ini juga hobi saya. Saya termasuk pencinta film dan drama tapi bukan pencinta sinetron ya. Kebanyakan film yang saya tonton adalah film-film Box office luar negeri dan juga film-film Indonesia. Selain itu saya juga pencinta film Korea, Jepang, India dan Turki. Pokoknya semua film saya suka yang penting bukan film horor. 

 5. Memasak. Meskipun tidak hobi masak, tapi sekarang saya sudah mulai menyukai membuat masakan. Kadang kala saya suka bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Entah itu membuat masakan rumahan ataupun membuat camilan seperti spaghetti, cilok, martabak, donut dan lainnya. Alhamdulilah sih suami suka dengan masakan saya. 

6.      Membaca buku. Dari dulu saya suka sekali membaca buku entah itu buku-buku science ataupun buku novel. Sampai-sampai dulu saya sering dijuluki kutu buku oleh saudara-saudara dekat saya. Tapi tak apalah, toh membaca buku itu bagus. Saya bisa mendpaatkan berbagai ilmu justru dari buku lo sehingga wawasan saya bertambah luas. Bukannya otak kita harus diasah terus ya supaya tidak alzheimer. 

7.       Belajar mendesain. Kalau untuk mendesain rumah sih saya tidak perlu belajar lagi. Karena sejak kuliah hal tersebut sudahe menjadi makanan sehari-hari. Yang menjadi masalah bagi saya untuk dipelajari adalah belajar membuat infografis karena selama ini saya masih belum jago dengan urusan infografis. Apalagi sekarang banyak sekali lomba blog yang butuh keahlian dan keterampilan dalam membuat infografis supaya menang. Nah, kalau saya tidak belajar, bisa-bisa saya ketinggalan jauh dengan teman-teman yang lainnya. Apalagi pada dasarnya saya tuh orangnya suka mempelajari hal-hal yang baru dan selalu ingin tahu akan hal baru tersebut. Jadi belajar itu tidak mengenal usia, tempat dan waktu. 


Itulah beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk  mengisi liburan di rumah. Mungkin masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Itu pun tergantung pada kemauan dan semangat kita. Nah, masih mau bilang kalau liburan di rumah itu membosankan? Bagi saya tentu saja tidak. Karena justru dengan liburan di rumah banyak manfaat dan hal-hal yang sebelumnya pernah kita abaikan atau belum dilakukan. Ataupun hal-hal yang sudah menjadi hobi dan kesenangan kita. 

Tidak ada komentar