Skip to main content

Soto Madura, Masakan yang Selalu Kurindukan

Tak hanya di daerah lain yang mempunyai kekhasan makanan masing-masing, di Madura pun makanan yang khas banyak sekali. Bahkan sudah menjadi andalan di setiap rumah terutama pada hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri ataupun Hari Raya Idul Adha. Namun tidak hanya di hari besar saja saya harus makan makanan khas tersebut. Di keseharian pun bisa disajikan karena resepnya gampang sekali. Semua anggota keluarga pun suka. Bahkan sekali makan bisa berporsi-porsi.

Di keluarga saya, resep masakan yang menjadi andalan di rumah adalah Soto Madura. Ibu saya lah jagonya memasak makanan ini. Makanan ini tak akan pernah ada bosan-bosannya kami makan, karena rasanya enak dan sudah menjadi ciri khas. Soto Madura di tiap kota di Madura itu berbeda-beda resepnya meskipun sama-sama dinamakan Soto Madura. Kalau di Sumenep Soto Madura biasanya ditambah ulekan kacang tanah. Tetapi kalau di Panekasan bening-bening saja.



Tidak hanya ketika hari besar saja, ibu saya membuat masakan ini. Tetapi juga ketika ada acara keluarga, arisan, pengajian dan lainnya. Yang paling istimewa adalah ketika saya mudik ke kampung halaman dan ibu saya selalu memasakkan Soto Madura sebagai pengobat rasa rindu saya. Maklumlah selama di perantauan saya belum pernah menemukan rasa Soto Madura yang sama seperti dibuat oleh ibu saya. Meskipun di tempat rantau ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual Soto Madura tapi kebanyakan resepnya tidak sama dan lebih dimodifikasi, sehingga rasanya hampir sama dengan soto-soto yang lain. Maka dari itulah setiap mudik ke kampung saya selalu merindukan resep andalan ibuku yaitu Soto Madura. 

Cara membuat Soto Madura khas Pamekasan sebenarnya gampang sekali, bahannya juga tidak ribet-ribet amat. Hanya saja banyak sekali racikan-racikan yang disajikan dalam satu porsi Soto Madura. Supaya lebih jelas berikut saya sertakan resepnya:

Bahan:

1/2 ekor ayam
2500 ml air
4 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak untuk menumis

Bumbu halus:

Daun bawang diiris-iris
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit

Bahan pelengkap:

2 butir telur rebus, kupas, potong-potong
2 buah kentang rebus, kupas, potong-potong
100 g taoge tanpa akar, digoreng sampai menguning
50 g soun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
perkedel kentang
lontong, kupas, potong-potong
jeruk nipis, dipotong-potong
Kripik tette (kripik singkong) dibuat remuk
bawang merah goreng
Kecap manis
Cabe rawit direbus lalu diulek untuk sambal

Cara membuat:

1. Rebus ayam dan air hingga matang. Angkat ayam, suwir-suwir, sisihkan. 

2. Panaskan minyak. Tumis daun bawang yang sudah diiris-iris hingga menguning, harum dan hingga minyaknya berkurang. Lalu tiriskan.

3. Panaskan minyak lagi. Masukkan bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan. Serta lengkuas yang digeprek. Tumis hingga harum.

4. Masukkan tumisan bumbu dan tumisan daun bawang ke dalam kuah rebusan ayam, didihkan kembali.

5. Tambahkan garam, merica bubuk. Didihkan, angkat.

6. Penyajian: Ambil piring saji, susun sesuai urutan yaitu lontong, soun, taoge goreng, perkedel kentang, telur, suwiran daging ayam dan remukan kripik tette yang diatur di atas piring. Siram dengan kuah panas, sajikan bersama taburan bawang merah goreng, dan perasan air jeruk nipis di atasnya. Bila suka tambahkan kecap manis diatasnya dan sambal cabe. 

 7. Siap disajikan.

Nah, itulah rahasia resep masakan andalan ibu saya. Bagi yang ingin mencoba silahkan dicoba ya. Siapa tahu bisa menjadi tambahan reaep masakan di dapur anda. Selamat mencoba. 

Comments

Soto ayam madura emany enak. Bumbunya lebih soft ketimbang soto lainnya

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…