Skip to main content

Tips Menghemat Ongkos ke Acara Blogger

Menjadi blogger itu banyak hal menyenangkan. Selain sering ikut lomba dan dapat hadiah, itupun kalau dapat ya. Juga bisa kopdaran antar blogger entah itu di acara temu blogger atau acara-acara yang dilakukan oleh brand-brand tertentu. 

Saya sendiri mulai aktif ikut acara blogger sejak tahun lalu. Ternyata menyenangkan banget lo. Agar bisa mendapatkan undangan-undangan acara gratis dari brand-brand tertentu tentunya seorang blogger tuh harus bergabung di sebuah komunitas blogger. Nah pastinya kalau brand punya acara yang diundang adalah kita-kita. Undangan pun melalui admin komunitas. Tapi bagi saya tidak semua undangan harus saya datangi. Karena pastinya saya juga punya acara lain. Apalagi kalau pada hari kerja, sudah pasti saya tidak bisa ikut. Baru bisanya pas weekend saja.




Banyak keuntungan menghadiri sebuah undangan blogger, diantaranya bagi saya yaitu:

 1.  Datang ke acara gratis gak pake bayar.

 2. Dapat goodie bag gratis dari penyelenggara. Nah goodie bag ini isinya bisa bermacam-macam sesuai dengan apa yang disediakan oleh penyelenggara. Biasanya isi dari goodie bag selalu ada nama brand dari penyelenggara. Yang sering saya dapatkan dari goodie bag itu  yaitu topi, dompet, buku, bolpen, handuk, kaos, gantingan kunci, gelas, voucher belanja dll. Bisa jadi itu semua sama simpan baik -baik lo. Karena bisa dibuat kenangan.

 3. Biasanya tiap acara blogger ada  live tweet competition. Dimana setiap blogger wajib membuat tweet di twitter sejak acara berlangsung sampai selesai. Nanti bakalan ada pemenangnya. Nah hadiahnya lumayan lo kalau menang. Saya sendiri pernah dapat voucher kartu flash sebesar 500.000 rupiah dan pulsa 100.000 rupiah. Lumayan kan? 

 4. Terkadang ada brand-brand yang mengadakan lomba blog selesai acara. Kalau beruntung dan hoki, menangin lomba blog menjadi hal yang istimewa dan sebuah prestasi.

 5. Di tiap acara blogger juga bisa dapat makanan gratis lo. Lumayan kan buat blogger yang nge-kos gak usah susah-susah cari makan. Menghemat pengeluaran lagi.

 6. Dapat materi yang penting sebagai ilmu buat kita. 

 7. Kenalan dengan teman-teman blogger yang sebelumnya hanya kita kenal di dumay. Dengan begitu saya bisa punya banyak teman. 

Itu beberapa manfaat yang bisa saya dapatkan bila datang ke acara blogger. 

Namun, untuk datang ke acara blogger tentunya dibutuhkan ongkos juga ya. Apalagi kalau blogger seperti saya yang kemana-mana selalu mengandalkan angkutan umum. Mau naik sepeda motor, takut ramainya jalanan. Mau naik mobil belum punya mobil. Kalau lokasi acara dekat dari rumah dan hanya sekali angkot cukup menghemat pengeluaran. Tetapi kalau lokasinya yang jauh misalkan luar kota atau dari ujung ke ujung pastinya membutuhkan angkutan umum beberapa kali. Ongkosnya juga lumayan banyak. 

Tips saya untuk menghemat ongkos atau biaya:

1 . Karena lokasi saya di Jakarta, gunakanlah busway saja. Karena kalaupun harus transit berkali-kali ongkosnya cuma 3500 di atas jam 7 pagi. Kalau dibawah jam 7 pagi lebih murah lagi yaitu 2000 rupiah. Buat yang datang ke acara pagi hari mendong naik busway sebelum jam 7 pagi. Lumayan menghemat ongkos. Yah walaupun menunggu busway itu cukup lama dan belum tentu kebagian dapat tempat duduk, tapi fun-fun sajalah. Dinikmati setiap perjalanan kemanapun saya melangkah. Capek sih iya, tapi pengalamannya itu lo tak terlupakan.

 2.  Cari tebengan sesama teman blogger yang juga maudatang ke acara. Tebengan bisa pakai sepeda motor atau mobil pribadi. Triknya tanyakan pada teman blogger yang saya kenal, apakah dia juga datang ke acara itu. Kalau datang dan dia bawa kendaraan, nebeng saja sekalian pulang pergi. Ongkospun irit kan. 

 3. Minta antar jemput suami atau saudara. Kalau punya suami dan  saudara itu jangan disia-siakan lo ya. Berdayakan buat mengantar dan menjemput kita ke tempat acara. Kalau suami yang antar pasti gratislah. Tetapi kalau saudara yang mengantar cukuplah ditambahin ongkos buat beli bensin satu liter. Toh satu liter saja gak bakalan habis sehari buat antar jemput kita kan?

 4. Gunakan angkutan umum atau online yang memberikan promo. Misalnya nih gojek online sedang ada promo denga menawarkan harga yang murah buat pelanggan. Kebetulan di saat promo itu ada acara blogger, so saya bisa pesan gojek online terutama kalau lokasinya jauh sekali. Menghemat ongkos dan tenaga juga lo.

 5. Kalau saja di acara blogger saya bisa dapat ilmu yang bermanfaat, goodie bag dan makan, tidaklah menjadi masalah, karena sebanding dengan uang dan tenaga yang saya keluarkan. Tetapi kalau di acara blogger itu saya tidak mendapatkan apa-apa, sebenarnya rugi juga sih. Tapi di balik kerugiaan itu pastilah ada manfaat dan hikmah yang bisa saya dapatkan. Jadi kalau tidak dapat apa-apa ya dinikmati saja. Anggap saja saya sedang jalan-jalan dan sedang refresing. Menikmati hiburan di acara blogger. Bisa ketemu dan kopdaran dengan teman blogger yang lain selain mendapatkan ilmu dari acara blogger tersebut. 

Asyik kan menjadi blogger itu? Tips diatas bisa lo dijadikan referensi untuk menghemat ongkos kita bila datang ke sebuah acara. Saya sudah melakukannya. Dan saya enjoy-enjoy saja kalau harus datang ke sebuah acara blogger. Yang terpenting adalah ilmunya dan silaturrahminya dengan para blogger. Toh nanti pasti ada balasan lain yang bisa saya dapatkan dari Allah, kalau memang di acara blogger saya tidak mendpat apa-apa. So far dinikmati saja yuks sebagai pengalaman, ilmu dan hiburan. 

Comments

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…