Tuesday, November 14, 2017

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvensional pun mulai tergeser.

Penggunaan uang non tunai atau bisa disebut e-money sudah mulai digerakkan untuk mengiringi kemajuan teknologi. Berawal dari penggunaan e-money untuk belanja di supermarket atau tempat perbelanjaan. Lalu untuk menggunakan angkutan transjakarta, maupun kereta pun kini harus menggunakan e-money. Bahkan saat ini mulai beralih ke pembayaran saat masuk tol. Kalau dulu untuk membayar tol saja masih harus memakai uang tunai. Tapi atas kebijakan Pemerintah saat ini, pengguna jalan tol harus menggunakan e-money yang disebut e-toll untuk pembayarannya.  Penggunaan e-money ini memang praktis dan mudah. Jadi kita tidak perlu membawa uang banyak ke mana-mana, cukup dengan satu kartu yang bisa digunakan untuk beragam transaksi. Jadi program pemerintah berupa GNT (Gerakan Non Tunai) bisa cepat terealisasi.

Hampir semua bank mengeluarkan kartu berupa e-money ini. Oleh karena itu untuk mendapatkannya kartu e-money, maka kita harus datang ke bank dan caranya pun mudah. Selain itu, untuk pengguna transjakarta, kartu e-money bisa langsung dibeli di halte busway. 
Saya termasuk pengguna angkutan umum khususnya busway. Berhubung saat ini setiap naik busway harus masuk menggunakan e-money, jadi kemana-mana saya harus selalu membawa kartu e-money. Kalau lupa atau ketinggalan, siap-siap cari alternatif angkutan umum lain selain transjakarta misalnya angkot, metro mini ataupun ojek.

Beruntungnya saya, mendapatkan kartu e-money hasil dari hadiah kompetisi live tweet yang diadakan sebuah brand. Tak tanggung-tanggung langsung terisi Rp.500.000,-. Alhamdulilah sekali rezeki tak terduga. Yang terpenting adalah satu kartu e-money yang saya punya bisa digunakan untuk membayar belanjaan di supermarket/mall, bisa membeli tiket kereta antar kota, bahkan termasuk tiket busway.


Sudah berkali-kali saya belanja dan membeli tiket angkutan dengan e-money yang saya punya. Permasalahannya yaitu saya belum sempat mengecek sisa saldo yang ada di kartu e-money saya sendiri. Bahkan kalau sudah habis, untuk mengisi ulang e-money pun saya selalu tidak sempat. Untuk mengecek saldo sebenarnya bisa langsung ke bank tempat e-money tersebut diterbitkan dan bisa juga di halte busway. Nah, hal inilah yang membuat saya seringkali lupa dan malas untuk pergi ke bank. Seringkali juga tidak ada waktu untuk ke sana apalagi saya seorang wanita pekerja yang susah sekali punya waktu untuk ke bank kalau tidak penting-penting amat.

Dari permasalahan tersebut, saya berpikir bahwa harus ada aplikasi yang memudahkan saya termasuk kita ini untuk bisa mengecek saldo dan mengisi ulang kartu e-money yang saya punya dari berbagai bank yang sudah menerbitkannya.  Setahu saya untuk mengecek dan mengisi saldo harus datang ke bank tempat dimana e-money diterbitkan. Ataupun harus ke halte busway. Setahu saya pula memang sudah ada aplikasi sebelumnya dikeluarkan oleh masing-masing bank penerbit e-money yang difungsikan untuk mengecek saldo e-money yang kita punya. Hanya saja aplikasi tersebut terpisah-pisah berdasarkan bank-bank yang menerbitkan seperti BCA dan Bank Mandiri. Maksud saya, lebih memudahkan lagi jika dalam satu aplikasi, saya bisa mengecek e-money yang diterbitkan dari semua bank. Kebetulan aplikasi tersebut sepertinya belum ada. Oleh karena itu perlu diaplikasikan keberadaannya buat kita para pengguna e-money lebih mudah dalam menggunakan e-money. 

Aplikasi Cek-E

Jika aplikasi ini nantinya ada, akan saya berikan nama "Cek-E". Untuk mendapatkan aplikasi ini cukup dengan menginstalnya di play store yang ada di smartphone masing-masing. Dengan adanya aplikasi ini, caranya cukup dengan menempelkan barcode yang ada di kartu e-money ke smartphone kita yang sudah diinstal Cek-E ini. Maka nantinya bisa diketahui data-data yang dibutuhkan.



Ada beberapa menu yang harus ada di dalam aplikasi ini.



1. Menu Pertama.

Menu Cek Saldo. Di menu ini kita bisa melakukan cek saldo e-money yang kita punyai. Di dalam menu ini ada beberapa nama bank penerbit e-money seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri dan lainnya. Untuk mengeceknya. Tinggal pilih bank penerbit lalu tempelkan barcode kartu e-money pada bagian kamera HP. Seperti semacam scanning pin di BBM.  Baru setelah itu keluarlah saldo yang masih tersisa.

 2.   Menu Kedua.

Menu laporan transaksi yang dilakukan pemilik e-money. Bisa disebut juga menu mutasi seperti di ATM Bank. Gunanya untuk mengetahui transaksi apa saja yang dilakukan oleh kita yang disajikan per tanggal, jenis transaksi dan jumlah uang yang ditransaksikan. Jadi kita bisa mengontrol pengeluaran dan penggunaan dari e-money yang kita punya.

 3.   Menu Isi Ulang

Nah, untuk isi ulang ini penting sekali lo ya. Kalau misalnya tiba-tiba saat mau melakukan transaksi apa saja,  saldo e-money kita habis, dengan adanya menu ini kita bisa lo langsung mengisi e-money melalui aplikasi ini. Tidak perlu repot datang ke bank atau ke halte busway. Dalam menu ini kita harus deposit aplikasi terlebih dahulu sesuai dengan keinginan kita. Baru nanti kalau mau isi ulang e-money, tinggal buka menu isi ulang, lalu tempelkan barcode e-money ke  kamera smartphone. Ketik berapa jumlah isi ulangnya. Selesai deh. E-money kita sudah terisi kembali dan transaksi pun bisa dilakukan lagi. Cepat dan praktis bukan?

 4.   Menu lokasi isi ulang.

Untuk yang belum ada deposit di aplikasinya, bisa mencari bank-bank terdekat untuk isi ulang. Caranya tinggal klik menu lokasi isi ulang, maka akan muncul nama-nama bank dan masing-masing cabangnya. Termasuk juga tempat-tempat tertentu untuk mengisi ulang e-money seperti lokasi halte busway. Disini juga disediakan google map.

 5.   Menu lokasi penggunaan e-money.

Di menu ini dijelaskan semua lokasi yang menggunakan e-money. Ada lokasi pusat perbelanjaan, lokasi tol, lokasi halte busway, lokasi stasiun kereta.

6. Menu Ubah Pin.

Menu ini dimaksudkan untuk mengubah pin dalam aplikasi untuk menghindari kemungkinan disalahgunakan oleh orang lain.

Seandainya nih, aplikasi ini terwujud pasti berguna sekali untuk kita yang sedang berada di era digital. Semua transaksi yang tadinya hanya menggunakan uang tunai berupa lembaran-lembaran, lebih dimudahkan dengan adanya e-money. Jadi kemana-mana tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak. Cukup dengan adanya satu kartu e-money untuk segala transaksi. Bahkan untuk cek saldo dan isi ulangnya pun gampang dan mudah dengan instal aplikasi Cek-E ini.


Tentang IWIC 11

Kebetulan nih ada kompetisi IWIC. Barangkali ide saya ini bisa diaplikasikan dan bisa bermanfaat untuk semua orang. Eh iya, sudah tahu IWIC belum ya?


IWIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) ini adalah program tahunan dari Indosat Ooredoo sejak tahun 2006, dan tahun ini merupakan program IWIC yang ke-11. IWIC  ini merupakan sebuah lomba ide aplikasi mobile (mobile apps) yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen.

Dengan adanya ide aplikasi yang diciptakan ini bisa berguna bagi banyak orang dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, mampu meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, serta bisa bersaing dengan produk digital dunia global.

Bagi yang berminat bisa lo langsung submit tulisan idenya dan mendaftarkannya di IWIC 11 ini. Lomba ini terbuka untuk siapa saja yang punya ide baik  anak-anak, orang tua, siswa, karyawan dan lainnya.  Dengan mengikuti lomba ini, siapa tahu idemu adalah salah satu yang terbaik dan menjadi pemenang di tahun ini. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung sampai ratusan juta rupiah lo.

Nah, buat kamu yang punya ide keren, yuks submit idemu disini. Kenapa sih kamu harus ikutan IWIC 11 ini? 

 1.   Hadiahnya banyak.


Totalnya ratusan juta rupiah untuk pemenang.

 2.  Publikasi.


Ide dan aplikasimu akan dikenal luas oleh banyak orang jika kamu mempublikasikan ide tulisanmu. Terlebih lagi kalau kamu menjadi salah satu pemenangnya. Bisa-bisa kamu jadi artis IWIC 11 lo.

 3.  Mentor.

Dengan mengikuti IWIC 11 ini nanti kamu akan diberi bimbingan langsung dari para ahli untuk mengembangkan ide kamu.

 4.  Network.

Menambah jaringan/network lebih luas dan banyak lagi hanya ada di IWIC 11 ini. Kamu bisa bertemu dan diskusi langsung dengan founder dan penggiat startup.

 5.  Pengalaman.

Mengikuti IWIC 11 bisa menjadikan sebuah pengalaman bagi kamu. Tak hanya bisa bertemu dengan sesama peserta IWIC 11, tapi juga bisa bertemu dan diskusi langsung dengan founder dan penggiat startup.


 6.  Pendanaan.

Nah, kalau kamu berkesempatan menang di IWIC 11 ini dengan registrasi sekarang juga dan aplikasimu adalah salah satu yang menjadi terpilih, maka ada kesempatan baru bagimu bisa  bertemu investor untuk pendanaan lanjutan terhadap ide aplikasi yang kamu ajukan. 


Sekarang sudah tahu kan IWIC 11 itu apa? Masih nunggu apalagi. Lontarkan ide-idemu yang keren-keren itu sekarang juga. Dan ikutilah kompetisi ini. Kapan lagi kalau bukan sekarang?

Mudah-mudahan ide saya diatas bisa berguna buat semua orang terutama para ibu-ibu yang suka sekali berbelanja dengan kartu e-money. 



http://iwic.indosatooredoo.com





20 comments:

kabarilman said...

Wah, ada banyak hadiah hadiahnya yahh.. Artikelnya menarik nih..

unggulcenter said...

Boleh juga nih inovasinya.. suka dengan anak2muda penuh semangat.. semoga di IWIC berjaya!

Rani Yulianty said...

Ih bener banget, suka kesulitan cek saldo E-money, mesti ke ATM dulu khan lumayan ribet, aplikasi ini membantu banget, duuh ide-nya keren deh, smeoga menang yaaah di kontes IWIC

Retno said...

wah praktis juga kalau ada aplikasi ini. Satu kali buka aplikasi semua data bisa muncul. Good luck mbak... semoga menang di IWIC

Timo said...

Hahaha bener ya, saat ini aplikasinya terpisah. Tp memang aplikasi kek gini berguna bgt, walau sederhana hehe, soalnya suka ga inget, terakhir saldonya brp ya :D

Dikki Cantona Putra said...

jadi inii gunanya untuk aplikasi bank ya mba? Dimana bisa mengecek semua bank dalam satu aplikasi. Tapi, apakah itu tidak rumit ya? dan disini ubah pinnya semua bank atau nantinya ada pilihannya lagi didalam button ubah pin kak?

Zefy Arlinda said...

bagus idenya mbak

jadi dengan begitu memudahkan transaksi keuangan ya, namanya juga keren cek e, tapi supaya lebih jelas gimana kalau cek e money?

Ilham Kape said...

Menarik juga, nih, idenya. Sampai sekarang masih belum ada aplikasi itu. Kalo bisa, aplikasinya aktif terus karena banyak aplikasi yang gak aktif gitu karena mungkin jarang di-update. :D

Saranku sih, lebih ditambah something lagi gitu biar wah. Biar gaul. SALAM UPIL GAUL! :D

Amanda Desty Yunistyani said...

idenya menarik banget! pasti kalo ada app cek-E nantinya bakal memudahkan aku banget yang setiap harinya pakai e-money. good luck yaaaa semoga menang dan idenya diwujudkan.. nanti aku langsung download di app store :p

dian Farida said...

cek e kayaknya seru juga ya dan memudahkan banget. semoga beneran terealisasi ya

Nova Violita said...

Dengan aplikasi emang lebih mudah bertransaksi..mencari info secara lengkap...

Good luck ..

vlyaaa said...

Wah, seru juga idenya.
Semoga berhasil rebut hadiahnya mbaaakk

Nabela Aprilia said...

Wah keren nih aplikasi kalo bener" terwujud.
Sebagai pengguna e-money, aku mendukung aplikasi ini.
Semoga menang ya mbak

Nurul Fitri Fatkhani said...

Asik ya..sekarang udah ada aplikasi Cek E, semakin mempermudah saja. Cek saldo dan transaksi lainnya dari e-money jadi lebih praktis. Gak perlu jauh-jauh ke bank. Semakin memudahkan ya..
Good luck untuk kontesnya, mbak ...

lendyagasshi said...

Bener...
Aku termasuk orang yang bisa dibilang jarang bawa uang cash.
Karena selain bisa meningkatkan keamanan juga keefisienitas.

Tapi sayangnya,
Hal-hal semacam ini agak menyusahkan orangtua. Seperti Ibuku yang sering mengeluh susah menggunakan virtual money.

Semoga ada jalan keluarnya yaa..selain sosialisasi tentunya.

atanasia rian said...

wah ini aku kadang mengcombine jadi bawa cash tapi juga bawa virtual money. jadi bisa kadang-kadang gantian dipakai

Mahadewi Sugiastuti Shaleh said...

aplikasinya seru ya ini, terutama saya yang mulai cashless. kadang lupa tarik tunai dan akhirnya gak punya uang sama sekali. Cuma dari segi securitynya gimana ya?

Oky Maulana said...

aplikasi ini udah ada kok, tapi butuh NFC, waktu aku make note 2 udah ada kok. Hehehehe

Widya Herma said...

Idenya mantap banget kak. Bermanfaat banget bagi yang ingin ngecek saldo dan menambah saldo e-money. Jadinya ga perlu ribet lagi deh kalo mau ngecek saldo atau isi saldo kalau udah ada aplikasi ini :D

unizara dotcom said...

Di kota kota besar orang dah mulai biasa dgn e money ya
Di kota kecil blm biasa
Kdg ketika kita ingin memulai..banyak yg msh kagok atau tidak percaya

ASUS VivoBook Flip TP410 Impianku

Sudah hampir setengah tahun ini aku menulis blog dengan perangkat seadanya yaitu hanya menggunakan satu-satunya smartphone yang aku milik...