Friday, December 22, 2017

Tips Membuat Video Blog Lebih Kekinian

Dulu saya membuat blog hanya sekedar untuk bersenang senang dan ingin mencurahkan apa yang saya ketahui dan saya rasakan. Tapi semakin hari dunia blog semakin berwarna. Awalnya blog yang hanya sekedar menulis saja ditunjang dengan gambar-gambar yang ciamik. Tapi saat ini menulis blog tak hanya sekedar tulisan dan gambar saja yang ada. Dunia blog semakin berwarna dengan adanya video blog yang bisa disisipkan di dalam tulisan blog yang kita buat.  Inilah yang disebut dengan vlog yaitu video blog. Tentunya vlog yang saya buat tak hanya sekedar video saja, tapi harus ada sesuatu yang menarik sehingga pembaca blog tertarik untuk menonton video kita.


Sampai akhirnya vlog ini sekarang ngetren di Youtube. Para vlogger berlomba-lomba membuat vlog yang menarik agar ditonton banyak orang sehingga bisa mempunyai subscriber yang banyak. Itulah yang menjadikan para vlogger youtube bisa meraup rupiah.

Menurut pengertian dari Wikipedia, Vlog adalah suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging.

Saat ini selain menjadi blogger dan menimba ilmu tertang blog, saya juga ingin menimba ilmu tentang vlog. Karena dunia blog itu luas, Jadi vlog merupakan salah satu ilmu yang ada hubungannya dengan blog. Inilah yang ingin saya pelajari, karena saya tidak membatasi hanya dengan satu ilmu saja. Dengan membuat vlog itu artinya saya membuat blog yang diuraikan menjadi sebuah video. Membuat video sebenarnya susah-susah gampang. Memahami sebuah tulisan di blog akan berbeda dengan memahami sebuah video blog. Itulah yang harus saya pelajari agar bisa membuat vlog yang memberikan rasa bagi yang menonton video tersebut.

Hari Sabtu kemarin bersyukurlah saya diundang oleh Komunitas Emak Blogger yang digawangi oleh Mak Icoel atau Mak Sumarti Saelan ke acara talkshow yang  diselenggarakan oleh KEB dan Bhinneka dengan tema "Cara Membuat Video Blogmu Menjadi Kekinian". Sebagai pembicara adalah Mbak Bella Panggabean yaitu seorang Director of Photography yang mempunyai situs www.bellapanggabean.com. Acara talkshow ini bertempat di kantor Bhinneka di Jl. Gunung Sahari Raya.

Mak Icoel perwakilan KEB ( Kumpulan Emak blogger)

Untuk menuju kantor Bhinneka, saya cukup naik angkot 2 kali saja. Kebetulan saat itu saya datang terlalu pagi yaitu jam 8.30 WIB sehingga belum banyak undangan yang datang. Saat sampai di kantor Bhinneka sebenarnya agak ragu untuk masuk ke dalam karena dari luar hanya terlihat seperti sebuah restoran cafe. Berhubung di bagian depan bangunannya sudah tertulis tulisan BHINNEKA, saya pun masuk ke dalam. Saat membuka pintu, saya langsung disuguhi dengan ruangan yang cozy banget. Layaknya sebuah restoran cafe. Di bagian depan ada ruang resepsionis dan meja-meja restoran. Ada papan tulisan dengan tulisan hand lettering yang menarik dan membuat mata saya ketika masuk ke dalam langsung tertuju ke tulisan tersebut. Di sebelahnya ada semacam ruangan yang memang digunakan untuk memesan minuman seperti kopi. Di sebelahnya lagi barulah ada ruangan tempat menjual produk-produk dari Bhinneka seperti alat musik, gadget, laptop, alat elektronik dan lainnya. Keren sekali. Menurut saya tempat ini seperti bukan sebuah kantor ya. Di suatu sudut juga ada hiasan dinding berupa Peta Indonesia dengan ada watermark berbagai macam kopi dari berbagai daerah. Keren kan. Kalau saya punya kantor kayak gini sih bakalan betah deh. Pegawainya serasa dimanjakan dengan ruangan yang cozy dan keren. Apalagi para pelanggan yang datang pun kalau ingin membeli produk Bhinneka bisa sambil ngopi-ngopi atau minum-minum cantik di cafe yang sudah disediakan.

Produk alat musik

Tempat penjualan di Bhinneka

Resto di Bhinneka

Hiasan dinding di Bhinneka

Ruang ngopi di Bhinneka

Ruang resepsionis Bhinneka

Hiasan dinding handletter di Bhinneka

Salah satu sudut resto di Bhinneka


Berhubung acara dilakukan di lantai 5, saya pun langsung menuju ke lantai 5. Lagi-lagi saya disuguhi dengan ruangan-ruangan per lantai yang keren banget deh. Banyak sudut-sudut ruangan yang instagramable alias bisa dijadikan background untuk foto-foto. Ruangan kerjanya pun keren banget. Ada hiasan dinding yang mencerminkan keanekaragaman budaya dari berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Bali, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan lainnya. Interior kantornya cocok sekali dengan nama kantor ini yaitu BHINNEKA. Interior kantornya mencerminkan kebhinnekaan banget.

Produk-produk yang dijual di Bhinneka


Acara talkshow ini akan dimulai jam 10.00 WIB. Saat saya datang sih suasana masih sepi. Masih belum banyak undangan yang datang. Sebelum acara dimulai kami dipersilahkan untuk registrasi terlebih dahulu. Ini berlaku bagi yang belum memiliki akun di www.bhinneka.com. Saya pun melakukan registrasi langsung melalui situs www.bhinneka.com. Alhamdulilah bagi para undangan yang sudah register nantinya akan mendapat voucher atau potongan harga sebesar Rp.50.000,- . Lumayan kan buat belanja-belanja di bhinneka.com.

Registrasi acara talkshow


Setelah para undangan sudah banyak yang hadir, dan tepat jam 10.00 WIB acara talkshownya dimulai. Sebagai MC acara talkshow Bhinneka Community Zone ini adalah Mbak Sarah dari Bhinneka. Saya langsung ngeh dengan wajah Mbak Sarah. Karena di layar depan ruangan sedang tayang video-video dari Bhinneka yang diperankan oleh Mbak Sarah.

Mbak Sarah sebagai MC dari Bhinneka


TALKSHOW DENGAN BELLA PANGGABEAN


Sebagai pembukaan awal ada sambutan pembuka dari PR & Social Media Bhinneka.com, setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yaitu talkshow yang akan dibawakan oleh Mbak Bella Panggabean.

Bella Panggabean 


Bella Panggabean adalah seorang Director of Photography yang sudah banyak menelurkan video-video kreatif dan bagus-bagus seperti narrative (feature/short/serries), commercial and music video. Mbak Bella juga merupakan part time Lecture di Universitas Binus, Multimedia Nusantara University dan UI. Karya-karya terbaiknya bisa dilihat langsung di situsnya www.bellapanggabean.com. Melihat mbak Bella ini masih muda banget dan sudah banyak berkarya dengan video tentunya bisa menjadi gambaran bagi saya untuk terus berkarya dan berkarya. Senang dengan performancenya dalam menyampaikan materi di talkshow kali ini.

Materi yang akan disampaikan oleh Mbak Bella adalah Bagaimana membuat video bloging yang kekinian. Materi-materi yang disampaikan terdiri dari poin-poin penting yang harus kita perhatikan.

TELL A GOOD STORY
- Good Stories Dont Appeal To Everyone
- Good stories resonate8
- Good stories are credible
- Good stories are usually simple

Sebuah video itu harus ada sesuatu yang ingin diceritakan. Sesuatu yang kita sharing harapannya akan menjadi inspirasi dan akan membuat orang lain bahagia. Dalam keseharian kita, carilah apa yang menarik untuk bisa kita jadikan sebuah video. Dalam membuat video blogging, selalu ada awal, tengah dan akhir. Artinya dalam video blogging ada suatu proses mulai dari awal bagaimana, lalu intinya bagaimana dan di akhir videonya bagaimana.

Misalnya nih video yang dibuat oleh Mbak Bella di sebuah kereta dari Sukabumi ke Jakarta. Saat itu dia mengambil posisi di dekat jendela. Kalau ada di kereta otomatis posisinya akan stagnan dan hanya duduk saja di tempat yang sama. Yang terlihat hanya pemandangan di luar jendela saja. Maka dari itu, mbak Bella menjadikannya sebuah video tersebut bercerita dan ada sebuah pesan/makna di dalamnya yaitu selain menampilkan alur pemandangan di luar kereta, juga menampilkan situasi yang ada di dalam kereta misalnya aktivitas orang-orang yang sedang duduk, melamun atau lainnya. Sehingga video itu tidak monoton. Walaupun durasinya sangat singkat. Itulah yang harus kita ceritakan dalam membuat video.

SHOW THEM, DON'T TELL THEM
Kita harus mempunyai sesuatu yang bisa ditunjukkan secara visual melalui video. Walaupun video yang kita buat tidak ada dialog atau caption tapi video tersebut mempunyai sebuah cerita yang ingin disampaikan kepada audience. Contohnya seperti perjalanan Mbak Bella di kereta tadi.

Menunjukkan sesuatu secara visual dalam bentuk foto atau video tentunya akan lebih menarik daripada hanya menunjukkan cerita secara verbal saja. Oleh karena itu, video yang kita tunjukkan kepada audience harus memberikan pesan yang ingin disampaikan kepada audience.

CHOOSE YOUR WORDS CAREFULLY
Saat membuat video, pilihlah kata-kata yang bagus dan dengan bahasa yang hati-hati. Susunlah kalimat yang ingin disampaikan dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya kita membuat script video supaya apa yang ingin kita sampaikan teratur dan rapi. Dari script itulah visual yang akan ditampilkan akan mudah dibuat.

The script is the "What" in the video development process. Everything else is the "How".

Menurut Mbak Bella, untuk membuat script ada tiga poin utama yang harus disampaikan , yaitu:
  - What are the top three messages you have to communicate.
  - Are you clearly outlining the benefits that will resonate with your target audience?
  - Are you speaking your follower's language?

UNSCRIPTED DOESN'T MEAN UNSTRUCTURED

Apa yang ingin disampaikan dalam sebuah video adalah inti dari suatu cerita. Maka dari itu, kita harus membuat script terlebih dahulu. Script disini adalah sebagai inti dari cerita tersebut.  Sampaikan apa yang menjadi manfaat dari cerita di video tersebut.

BUILD IN INTERACTION

Membangun interaksi dengan audience artinya kita harus tahu audience kita siapa dengan melakukan riset terlebih dahulu.  Bahasa apa yang akan kita gunakan di dalam video.

Menurut Mbak Bella ada beberapa cara untuk melakukan interaksi dengan audience yaitu:
  - click here to find out more about this service
  - click here to watch a related video
  - fill out a quick survey
  - subscribe: thumbs up, like

Dari cara-cara tersebut, usahakan kita melakukan interaksi dengan audience, supaya audience tertarik dengan video kita. Kalau banyak yang tertarik tidak menutup kemungkinan akan banyak followers kita nantinya.

Dalam membuat video jangan pernah takut untuk menyampaikan apapun yang akan kita sampaikan kepada audience. Karena jika kita sudah mempunyai banyak followers setia maka mereka akan selalu menantikan video-video kita berikutnya yang akan kita tayangkan. Kalau target audience kita tepat maka apa yang akan disampaikan dalam video juga akan tepat. Ketika kita memiliki banyak subscriber dan menjadi viral, usahakan bangunlah interaksi dengan mereka entah itu meminta mereka untuk like, subscribe video kita ataupun membalas komentar mereka. Maka jalinan interaksi dengan para audience kita tetap berjalan, seolah-olah mereka ada bersama dengan kita. Jangan takut juga untuk melakukan share hasil video kita kepada orang lain melalui berbagai macam sosial media. Karena jika nantinya viral akan membuat kita terkenal dan bisa menghasilkan duit dengan subscriber yang bertambah banyak.

Sebagai contoh adalah video dari salah seorang vlogger Indonesia yang hidup di luar negeri yaitu Pita's Life. Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunyai anak balita dan hidup di luar negeri dengan bersuamikan orang asing. Video-video yang dibuatnya sebagian besar menggunakan bahasa Indonesia karena memang ditujukan untuk orang-orang di Indonesia. Contoh lainnya adalah vlogger dari Mom's View yaitu ibu-ibu muda dari luar negeri yang berkumpul dan melakukan aktivitas kesehariannya sebagai seorang ibu dengan bahasa yang simpel dan aktivitas yang memang menjadi keseharian seorang ibu muda seperti mereka. Mereka membuat video memang ditujukan untuk para ibu-ibu. Barangkali dengan adanya video yang mereka buat bisa dijadikan contoh atau pembelajaran. Sesimpel apapun video yang mereka buat akan selalu dinantikan oleh para followersnya.

Selain itu kita harus hati-hati saat menyampaikan sesuatu kepada audiences. Jangan sampai apa yang kita sampaikan akan menjadi sebuah kesalahpahaman sehingga menimbulkan konflik.

TECHNIC FOR PHOTOGRAPHY

Dalam fotografi, kita harus tahu berbagai teknik yang harus digunakan supaya hasil pengambilan gambar kita bagus dan cerah.

SOUND AND LIGHT
Merupakan sebuah teknik dalam video dan fotografi. Suara dan pencahayaan ini penting saat mengambil video. Jangan pernah mengambil video di tempat yang ramai karena kurang efektif. Usahakan cari tempat yang tenang dan tidak berisik, sehingga hasil videonya nanti akan lebih nyaman dan bagus.

Untuk pencahayaan, saat mengambil foto/video jangan mengambil fokus yang membelakangi cahaya karena hasil fotonya akan gelap dan kurang bagus.

Berikut beberapa kesimpulan yang harus diperhatikan ketika mengambil gambar:
- Rule Of Compotition : rule of thirds, foreground, backlighting, etc.
- Leave Head Room
- Leave Nose Room
- Watch Wasted Space
- Cross Camera Interview

TOOLS

Mengambil gambar membutuhkan alat-alat yang mumpuni. Asalkan alat-alat itu bisa bekerja dengan baik dan kita bisa memaksimalkan dalam penggunaannya. Meskipun alatnya simpel maka hasilnya akan bagus. Secanggih apapun alat fotografi yang kita punya, kalau tidak maksimal dalam penggunaannya maka mustahil hasilnya akan bagus.

Alat-alat teknis yang biasanya digunakan untuk fotografi yaitu:
  - Web cam
  - Mobile phone
  - DSLR cameras with video capability ( canon 550 D, Canon 5D Max II)
  - Go Pro

JUST SHOOT IT
Setelah mengetahui semua teknik dalam fotografi dan membuat video, saatnya untuk praktek dan berkarya. Lakukan sekarang juga. Dengan semakin banyak kita berlatih mengambil gambar atau video, maka semakin lama akan semakin bagus hasil yang didapat. Selamat mencoba.

Saya dan Mbak Bella Panggabean


TALKSHOW DENGAN MICROSOFT

Setelah talkshow dengan Mbak Bella, kemudian acara dilanjutkan oleh pembicara dari Microsoft. Di dalam sesi ini dijelaskan tentang Windows 10. Dimana sekarang itu semua laptop keluaran terbaru sudah menggunakan versi windows terbaru yaitu Windows 10. Jika spesifikasi laptopnya belum terinstal Windows 10 maka akan rentan terkena serangan virus. Oleh karena itu diusahakan kalau kita punya laptop atau PC disegerakan untuk instal Windows 10 dan mengupgradenya. Untuk windows aslinya bisa beli di toko yang terkemuka dan terpercaya. Salah satunya yaitu di Bhinneka. Harganya lebih dari satu juta rupiah. Untuk mengupdate versi baru Windows 10 pun gampang sekali. Caranya yaitu tinggal terhubung dengan wifi atau mempunyai paket data minimal 4 GB.

Perwakilan dari Microsoft


Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.

Di dalam Windows 10 Creators Update ini sudah dilengkapi dengan adanya fitur 3D pada aplikasi Paint yang sangat berguna untuk pembelajaran bagi anak-anak. Seperti kita ketahui bahwa aplikasi Paint adalah aplikasi yang legendaris dari windows. Namun sekarang aplikasi ini sudah ditambah fitur baru yaitu 3D. Tinggal buka aplikasinya dan menggambar secara 2 dimensi. Lalu akan langsung teraplikasi dan memanipulasinya menjadi wujud 3 dimensi. Bisa juga ditambahkan dengan stiker dan emoji 3D pada objek yang kita buat. Keren kan? Anak-anak bisa belajar menggambar dan berimajinasi dengan menggunakan fitur 3D pada Paint. Fitur Paint disini lebih canggih daripada versi sebelumnya.

Bahkan untuk membuat video di windows 10 itu paling mudah dan tidak ribet. Kita tinggal menggunakan aplikasi bawaan windows 10 yaitu aplikasi video editor dan mengolah video menggunakan tombol-tombol yang ada. Membuat koleksi foto berbentuk video pun bisa. Tidak kalah dengan aplikasi video yang lainnya lo.

Kelebihan dari windows 10 adalah:
 1. Safer and more secure
 2. More productive, more creative
 3. More personal
 4. Powerfull, modern devices

Saat ini laptop keluaran terbaru yang menggunakan processor intel sudah mulai menggunakan versi keluarga intel core i. Ada tiga jenis intel core i yang terbaru yaitu intel core i3, i5, i7.

Untuk processor dengan intel i3 berarti di dalamnya terdapat 2 processor. Untuk intel i5 di dalamnya terdapat 2 processor Quad Core terhadap masing-masing processornya. Sedangkan untuk intel i7 terdapat 4 processor  Quad Core. Ketiganya mempunyai teknologi Turbo Boost yaitu sebuah kemampuan yang digunakan untuk meningkatkan clockspeed pada CPU atau overclocking otomatis dengan cara mematikan satu atau dua engine lainnya sehingga memberi porsi lebih pada CPU.

Pada intel i3, untuk Turbo Boostnya yaitu Maksimum overclocking otomatis antara 2.933 GHZ sampai 3.2 GHZ. Untuk intel i5, Turbo Boost Maksimum overclockingnya otomatis antara 2.4 GHZ - 3.33 GHZ. Sedangkan untuk intel i7, Turbo Boost maka maksimum overclocking otomatisnya yaitu 1.73 GHZ - 3.33 GHZ.

Berdasarkan informasi di atas, intel i5 dengan turbo boost seperti disebutkan diatas sangat cocok digunakan untuk desain. Sedangkan intel i7 selain cocok untuk desain juga cocok digunakan untuk vlogger karena tidak lelet penggunaannya.

Itulah beberapa perbedaan laptop/PC dengan processor intel yang disesuaikan. Setelah pembicara dari Microsoft selesai selanjutnya dilakukan tanya jawab dan ada kuis dari microsoft.
Rangkaian acara talkshow


Untuk acara penutupan dilakukan pengumuman bagi pemenang post IG yang beruntung dan juga pemenang kuis yang mampu menjawab pertanyaan dari microsoft tadi.

Peserta talkshow


Acara akhirnya selesai juga. Seru, menyenangkan dan banyak ilmu yang bisa saya terima. Kami para peserta undangan diberi suvenir dari Bhinneka dan Microsoft yaitu payung dan goodie bag. Kemudian dilanjutkan dengan acara foto-foto bersama di bagian belakang ruang talkshow.

Foto bersama


Banyak manfaat yang saya dapatkan di acara ini. Ilmu yang saya dapatkan akan lebih efektif kalau langsung saya terapkan. Mudah-mudahan saya bisa menghasikan video yang bercerita seperti yang dicontohkan oleh Mbak Bella. 

Yuks, Try It!




5 comments:

Lia Lathifa said...

seru banget ya mbak acaranya, mbak Bellanya juga enjoy dan energic, seneng lihatnya, ilmunya juga bermanfaat

Cilya "Sheshe" said...

Insha Allah kita bisa menimba Ilmu lagi mengenai membuat Vlog secara detail lagi. Ilmu yg kemarin dari Bhinneka juga belum dipraktekin ehehe..Sukses terus mba untuk Vlog nya :)

cicidesri said...

suka banget sama suasana kantornya yang cozy dan nyaman banget, berasa gak lagi kerja gitu ya mbak

Wian said...

Wah pas nih postingannya. Ak lg mau belajar buat vlog. Rencananya sih udh dr kaoan tau. TP realisasinya entah kaoan. Hehe

Mugniar said...

Kelemahan saya di video, Mbak. harus belajar sangat keras untuk bisa ngevlog. Makasih sharing-nya

Rajin Ngeblog Karena Alasan Ini

Awal mula ngeblog karena ada ketertarikan untuk menulis semacam diary secara digital. Sehingga rekam jejaknya akan bertahan lama dan lebih...