Saturday, June 2, 2018

Langkah Mudah Mendesain Layouts Pada Blog Dengan Canva

Berawal ngeblog sejak tahun 2008, adalah awal dimana aku bisa sampai detik ini menjadi blogger namun dengan mempunyai profesi lain. Semakin tahun dunia perblogan semakin ramai. Banyak muncul blogger-blogger baru dengan beragam bentuk tulisan dan gayanya masing-masing.

Seiring semakin hari dunia blog makin diminati dan makin ramai, blog tak lagi hanya sekedar tempat curhat saja. Para blogger mulai memonetize blognya sehingga bisa menghasilkan uang. Memonetize blog tidak hanya didapatkan dari Google Adsense, tetapi juga bisa didapatkan dari kerja sama dengan brand dalam bentuk content placement atau tulisan sendiri. Tak hanya memperbanyak tulisan dan melakukan blog walking sehingga bisa menaikkan DA dan PA blognya, para blogger juga mempercantik tampilan blog baik templatenya, menambah foto-foto cantik, memberi infografis dan juga menambah video dengan beragam aplikasi yang sudah ada. Dengan begitu mereka berharap para brand bisa tertarik untuk bekerja sama dengan blog kita. 

Selain memonetize blog para blogger juga diwajibkan mempunyai beragam sosmed dan harus aktif menggunakannya baik Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Kesemua sosmed tersebut otomatis digunakan untuk menyebarkan tulisan-tulisan di blog kita sehingga banyak orang yang membaca dan berkunjung ke blognya. Kita sudah tahu kan page view itu menentukan keberlanjutan blog kita untuk menghasilkan uang. 

Nah, buat para blogger membuat sebuah tulisan itu harus bisa menarik pembaca. Tulisan tak hanya sekedar yang mudah dibaca saja, tata bahasa yang baik, tapi juga perlu tambahan gambar/foto/infografis yang menambah ketertarikan pembaca agar bertahan membaca blog kita. Bahkan usahakan agar para pembaca menjadikan blog kita sebagai prioritas bacaan utamanya, sehingga mereka selalu menunggu postingan terbaru dari kita. Asyik khan? Kayak seleb blog saja lo, tulisannya ditunggu-tunggu pembaca.




Untuk mempercantik tulisan di blog, kita perlu mendesign Layout blog dengan indah dan menarik. Nah, kali ini aku ajak kalian untuk belajar membuat Layout blog bersama Mbak Dama Vara dalam acara blogger gathering bersama Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan CNI Indonesia yang bertema "Easy Steps to the Perfects Website Layout". Mau kan? Yuks simak ceritaku selanjutnya.


TENTANG DAMAVARA DAN PERSONA


Mbak Dama ini adalah seorang blogger yang memiliki blog www.damara.com dan juga sebagai admin dari ISB. Dia adalah seorang grafik desainer dan pekerjaannya mengurusi segala hal yang berbau kreatif yaitu sebagai Head of Creative Department at Discovery Nusantara Capital. Selain itu, Dia pernah mengikuti workshop bersama Mozilla Texas di Amerika mengenai IT dan desain. Keren ya? 

Workshop yang diikuti oleh Mbak Dama yaitu tentang Persona yang berkaitan dengan website dan postingan di blog kita. Wah, ilmunya menarik nih. Persona diperkenalkan oleh Alan Cooper pada tahun 1998 melalui bukunya yang berjudul The Inmates Are Running The Asylum. Dalam kaitannya dengan desain, penggunaan Persona ini difokuskan pada tujuan dan kebutuhan bagi pengguna sehinga tidak terjadi kesalahan desain.

Persona dalam desain adalah tipe customer/target user yang mau dipenuhi kebutuhannya dari desain yang kita buat. Sehingga dengan adanya Persona desain yang kita buat bisa sesuai dengan target yang kita inginkan. Persona sendiri ada dua yaitu Persona primer dan Persona sekunder. 

Persona primer adalah customer utama yang akan dibuatkan fasilitas desain oleh kita. Persona sekunder adalah persona dimana yang akan mendapatkan manfaat dari desain adalah orang-orang di luar si pengguna utama. 



Salah satu kasus studi dari workshop tersebut adalah desain trotoar. Dalam desain trotoar contohnya yaitu penggunaan Curb Cut pada trotoar yaitu bagian/sisi rendah pada trotoar yang dimaksudkan agar kursi roda atau stroller bisa naik dan turun. Persona primernya adalah pengguna kursi roda atau penyandang disabilitas. Sedangkan Persona sekundernya adalah orang-orang diluar pengguna kursi roda seperti pejalan kaki yang sedang membaca troli belanjaan, pejalan kaki yang membawa stroller da nada anak/bayi did alamnya, pejalan kaki yang membawa koper dan lannya. Dengan adanya desain Curb Cut tersebut akan sangat membantu orang-orang yang membutuhkannya. 

Nah kali ini apa hubungannya Persona dengan desain blog kita? 

Hubungan Persona dengan desain blog yaitu siapa yang akan dijadikan target pembaca untuk blog kita. Jadi kita harus tentukan terlebih dahulu target pembacanya siapa agar tulisan kita benar-benar sesuai dengan pembaca. Apakah anak muda atau remaja, apakah ibu-ibu, apakah bapak-bapak dan lainnya. Fokuskan target pembaca pada setiap artikel atau postingan kita baik pembaca primer maupun pembaca sekunder. 

Contoh Persona pada blog yaitu: 

Judul postingan: 

Siapa Bilang Travelling Itu Mahal? Ini Dia 10 Rahasia Travelling dengan Budget Minim.

Pembaca primer : Pembaca yang benar-benar ingin travelling.
Pembaca sekunder: Pembaca yang ingin travelling tapi ragu-ragu yaitu. Pembaca primer adalah anak muda yang duitnya pas-pasan atau anak kuliahan/ mahasiswa.




Dengan adanya target pembaca primer dan sekunder, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memberikan link tambahan di tengah-tengah postingan. Hal ini dimaksudkan agar menambah daya tarik lebih kepada pembaca untuk membaca postingan kita yang lainnya yang berhubungan dengan travelling. Sehingga bisa menguatkan niat pembaca untuk membaca postingan lain yang berhubungan dengan keingintahuannya. Penambahan link postingan lain di tengah-tengah postingan ini sangat penting dan bisa menarik pembaca. Caranya yaitu dengan menambah tulisan seperti: 

" Baca juga: ..." atau “You Might Also like”



Penggunaan link tambahan pada wordpress biasanya sudah tersedia theme atau layouts tersendiri. Jadi kita tinggal memasukkan judul link postingannya. Kalau untuk blogger.com emang belum tersedia. Cara termudah yaitu mencari theme di situs etsydotcom. Di situs tersebut ada juga tema berbayar. Tapi jangan khawatir bayarannya cuma 1 dollar dan cukup dijangkau kalau untuk membeli theme-theme yang bagus. Harga segitu tidak terlalu mahal kalau untuk membuat tampilan blog kita lebih oke dan cantik. Untuk theme yang berbayar biasanya menggunakan paypall. Kalau tidak punya paypall, bisa dengan menggunakan aplikasi Jenius. Setelah membeli theme, kita juga akan diberikan langkah-langkah untuk melakukan migrasi theme dalam blog. Gampang khan. Yuks dicoba. 


GOOD DESIGN

Selanjutnya kita akan membahas tentang pembuatan Cover dalam postingan yang juga diisi oleh Mbak Dama. Agar blog kita menarik untuk dibaca sebaiknya terapkan Good Design pada blog. Manfaat dari good design adalah

  1. · Mempermudah pembaca memahami isi tulisan
  2. · Memperpendek durasi proses pemahaman informasi. 

Contoh-contoh Good Design yaitu pada pengguanaan huruf di layout postingan kita. Penggunaan huruf ini meliputi huruf pada background gambar, pada judul maupun pada isi tulisan dimana harus bisa terbaca dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Penggunaan huruf ada dua yaitu:


1. Huruf Dekoratif 

Adalah huruf yang memberikan kesan dekorasi dan ornament dan mengedepankan aspek estetika serta keindahan. Jenis huruf dekoratif ini bermacam-macam dengan bentuk yang berbeda- beda sehingga terlihat unik. Penggunaan huruf dekoratif dalam tulisan ini sangat menyusahkan pembaca sehingga menghilangkan kenyamanan ketika membaca tulisan kita. Usahakan jangan menggunakan jenis huruf ini pada tulisan kita. Kalaupun mau digunakan sebaiknya cukup diselipkan satu atau dua kata pada huruf non dekoratif.

Contohnya:



2. Huruf Non Dekoratif 

Adalah huruf-huruf yang tingkat keterbacaannya jelas dan mudah dibaca serta dipahami oleh pembaca. Jenis Huruf non dekoratif ini biasanya menggunakan huruf yang standar tanpa ornamen. Penggunaan huruf non dekoratif ini sangat disarankan dipakai pada blog. Kalau ingin mempercantik bisa dikombinasi dengan huruf dekoratif. Tapi syaratnya huruf dekoratif Cuma satu atau dua kata saja.

Contohnya:



MEMBUAT LAY OUT BLOG DENGAN CANVA

Untuk mendesain cover blog dan lay out pada blog, kita bisa menggunakan aplikasi Canva yang bisa ditemukan di Play Store pada HP maupun langsung di situsnya www.canva.com. mengunakan aplikasi Canva akan lebih leluasa kalau langsung praktek melalui websitenya. Karena kalau mengguanakan HP agak susah penggunaannya, tetapi lebih lancar.

Di canva kita bisa menggunakan layouts yang sudah ada. Tinggal dipilih sesuai dengan tema yang akan kita gunakan. Bisa juga kita menggunakan layouts sendiri atau download di situs seperti pexels.com.






Langkah-langkah menggunakan canva di computer: 

1. Buka web site ww.canva.com



2. Lakukan log in terlebih dahulu, bisa sign up menggunakan email dan password yang ada, bisa sign up dengan Facebook maupun Google.

3. Desain atau create a design . 



Ada dua cara membuat dimensi design yaitu:

- Use Custom Dimention. 



Untuk Use Custom Dimention ini kita bisa menggunakan ukuran sesuai dengan keinginan kita dengan menentukan panjang dan lebar lay outnya. Biasanya ukuran normal adalah 640x 427 pixel .


- Menggunakan ukuran/lay out yang sudah ada di Canva.


Caranya yaitu. 

a. Pilih Create a design dengan memilih pilihan yang sudah ada. Lalu klik salah satu lay out.

b. Pilih Layouts. Pilihlah layouts yang sudah disediakan. Lalu lakukan edit sesuai dengan keinginan kita. Kalau mau mengguankan gambar/layout sendiri tinggal klik uploads yang diambil dari drive PC/galeri foto.



c. Pilih elements. Elements merupakan ilustrasi-ilustrasi yang bisa kita munculkan serta gunakan untuk layouts. Tinggal dipilih sesuai dengan jenisnya masing-masing, misalnya frame, grid, shapes, line, ilustrations, icon, charts, canva dan free foto. Lalu setelah memilih elements kita tinggal mengedit dan meletakkanya sesuai dengan kebutuhan. Untuk elements berupa frame kita bisa meupload foto/gambar dan memasukkan ke dalam frame yang ada. Foto/gambar nntia kan menyesuaikan sendiri dengan frame.



d. Pilih Text. Text digunakan untuk memberikan tulisan pada layouts yang kita buat. Kita tinggal memilih jenis text yang sudah tersedia. Lalu lakukan edit berdsarkan tulisan apa yang akan kita masukkan. 



e. Pilih Background. Background digunakan untuk menampilkan warna background pada layouts yang kita buat. Biasanya background akan timbul aklau kita membuat frame pada elements



f. Uploads. 


Setelah gambar/foto kita upload, aturlah filternya sesuai dengan selera. 



g. Download. Setelah layouts cover selesai kita buat, kita bisa melakukan dan melakukan save pada PC. Bisa dipilih tipe filenya apa saja (Png, jpg, pdf)



h. Share. Kalau layouts yang sudah kita buat selesai, bisa kita share dengan menekan tombol Share baik melalui personal, sosmed, link dan embed.


Langkah-langkah menggunakan Canva di smartphone.

1. Instal aplikasi Canva



2. Lakukan log in dengan Facebook atau google.

                                     

3. Buat desain (create a design). Gunakan template yang sudah ada atau bisa membuat sendiri.



4. Lakukan edit desain. Caranya klik tanda plus di pojok kanan bawah. Edit sesuai dengan selera.





5. Lakukan penyimpanan atau share. 


Nah, dengan langkah-langkah diatas, mudah dipahami kan? Saatnya untuk langsung praktek yuks.


Berikut adalah hasil desainku dengan Canva.

Cover judul (awal)



Cover Akhir (penutup)




CNI BERSAMA MAS GUSTI

Di acara Blogger gathering kali ini ada perwakilan dari CNI yaitu Mas gusti merupakan marketing support dari CNI. Mas Gusti menjelaskan bahwa CNi memiliki sebuah situs tempat untuk melakukan bisnis sebagai akang untuk memperoleh uang tambahan. Nama situsnya adalah GeraiCNI.com yaitu tempat belanja online produk-produk CNI. Disini kita bisa berbisnis tanpa harus ada gudang. Artinya disini kita melakukan bisnis afiliasi. 

Untuk lebih mendalami tentang bisnis di geracni.com ini, bisa langsung menghubungi mas Gusti. Nanti akan dibekali ilmu dan diberikan sesi khusus untuk 5/6 orang mengenai bagaimana keuntungan berbisnis afiliasi. Berhubung di era digital ini perkembangan teknologi makin maju dan berkembang, kinilah saatnya kita bisa mendapatkan uang melalui dunia digital. Apa yang kita dapatkan dari ini bisa dijadikan income tambahan. Kita nanti bisa maju dengan bisnis ini. Segala macam jenis sosmed yang kita punyai bisa dijadikan media untuk menghasilkan uang. Asalkan digunakan dengan baik dan halal. Dengan mendaftar di geraicni.com, kita akan mempunyai toko online dan CNI yang akan memfasilitasi semuanya. 

Berminat untuk gabung dengan bisnis ini? 


KESIMPULAN 

Dari ilmu-ilmu yang aku dapatkan di atas, akan lebih bagus kalau diterapkan dan dipraktekkan langsung. Kalau bisa usahakan untuk berbagi ilmu yang kita dapatkan. Hasilnya suatu saat akan kembali kepada kita sendiri. Selalu siap untuk belajar dan mengupgrade ilmu supaya tidak ketinggalan jaman. 

Terima kasih banyak kepada Komunitas ISB dan CNI. Ilmu-ilmu yang didapatkan kali ini benar-benar bagus dan bermanfaat. 












22 comments:

Atisatya Arifin said...

Canva ini emang cocok banget untuk mereka yang awam soal desain. Soalnya gampang banget cara membuatnya dan hasilnya nggak kalah bagus sama yang profesional. Semoga next time kita ketemu lagi ya mbak. Kemarin belum puas ngobrolnya. Hehehehe

adipraa.com said...

Nice share mbak, jadi makin mudah bikin layout blog. tp perlu dipertimbangkan juga size gambarnya agar tidak memberatkan loading blog...

Nurul Mutiara RA said...

Canva memang memiliki desain yang begitu cantik. Apalagi kalau pas kita butuh cepat namun menginginkan lay out desain yang optimal. Canva bisa dijadikan solusi paling oke. Hanya saja, aku menggunakannya saat2 tertentu sih kak. Soalnya lagi seneng desain-desain sendiri meskipun belum ekspert hehehe

Okti Li said...

Sejak instal aplikasi canva saya gak pernah buka lagi komputer. Semua proses2 Ngeblog saya lakukan dari ponsel saja.

Eh saya mau tahu lebih detail terkait "Penggunaan link tambahan pada wordpress" katanya sudah tersedia theme atau lay out tersendiri. Jadi kita tinggal memasukkan judul link postingannya. Itu dimana dan gimana ya?

Mas Nuz said...

Aplikasi yang keren ini. Wajib coba deh. Saya bookmark saja dulu ya.
Sebab saya harus jalan-jalan dulu. Bisa coba untuk blog saya juga.

Salam
@nuzululpunya

Witri Prasetyo Aji said...

Aku pakai canva belum lama...heheh
Biasanya ngandelin photoshop sama snapseed...

Bdw, tfs
Aku jadi ngerti soal pembaca primer dan sekunder

Tian lustiana said...

pake canva jadi mudah banget yah, ga mesti belajar layout yang susah - susah hehehe

Sadewi said...

aku jadi pengen coba bikin layout dengan canva ini, makasih sharingnya kakak

Innova Carolina said...

Canva ini emang cocok banget untuk mereka yang awam soal desain. Soalnya gampang banget cara membuatnya dan hasilnya nggak kalah bagus sama photoshop. aku juga pake kalo lagi bikin cover dan desain sederhana buat kantor

Ira duniabiza said...

Keren ya canva.. sudah lama punya akun canva tapi belum teroptimalkan. Pada dasarnya sih suka sama konsep dan fotur canva. Tapi mungkin nanti kalau udah ga rempong lagi bisa take more time untuk main2 desain.. :-)

VHAranie said...

nahh.. ini aku baru banget nih sama canva, tapi pake hp aja sih, belum coba kalau pakai komputer.. kayak postingan aku yg RUMUS DOSIS PARASETAMOL tuh, itu semua pakai canva! culun tapi, belum maksimal hehehe.. next mau coba ngulik2 canva lagi ah~

fenni bungsu said...

Tapi kalau pakai canva itu blog kita jadi responsif nggak yah?
Btw, baru engeh nih momen blog nya mbak Fania berubah, hehehe

Ika Maya Susanti said...

Saya juga sering pakai Canva untuk urusan bikin infografis. Tinggal ngikutin layout yang ada, masukin data, tambahin beberapa ilustrasi, jadi deh.😊

Evi Fadliah said...

Aku pun akhir2 ini lagi belajar desain menggunakan aplikasi Canva Mba, tapi di Handphone siy. Jadi nambah dech informasinya tentang aplikasi ini dan betul memang harus banyak prakteknya niy!

TFS Mba Fania

Awan said...

Saya jadi pengen install canva juga nih Mba di HP supaya bisa bikin layout yang keren seperti yang Mba Fania ceritaan ini. Keren ya ternyata!

April Hamsa said...

Terima kasih penjelasannya mbak Fania, lengkap banget. Dr kmrn baca postingan ttg acara ini tapi blm ada yang menjelaskan teknis/ materi yg diajarkan selengkap dirimu. Jd berasa ikutan kelasnya mbak Dama nih hehe TFS

Nefertite Fatriyanti said...

Makasih mba, tulisan tentang canva, manfaat banget.
Aku sesekali juga.bikin gambar pakai canva, cuma belum eksplor

Ovianty _ said...

aku juga pake canva lumayan membantu banget nih, biar blog makin cakep, artikel juga cakep. memang kalau mau maksimal, blog harus keren juga biar yang baca seneng bacanya

Nova Violita said...

Aku juga pake canva aplikasi android.., cakep banyak pilihan desain dan fontnya...

Mendukung banget untuk blog...

Tukang jalan jajan said...

Aku idah lama sih pake Canva. Srlain mudah difungsikan, pilihan desainnya juga banyak. Pilihan buat ngedesain macam macam juga ada. Aman diaplikasikan juga. Ngebantu banget ini

AFFAN IBNU RAHMADI said...

buat yang masih awam dengan koding html atau CSS pasti akan sangat terbantu.. :)

Ursula Meta Rosarini said...

Wahhh thank you ilmunya mbak, design blogku ala kadarnya banget hehehhe

Mendengarkan Musik Lebih Asyik dengan SPC Speaker Outdoor Noah Edition

Sering banget kan dengerin musik atau nonton film? Kalau aku sih sering banget. Hampir setiap hari nyetel lagu, intinya sih biar rumah ng...