Wednesday, June 13, 2018

Resep Sayur Asem Sunda

Menjadi ibu rumah tangga yang tidak mempunyai ART (Asisten Rumah Tangga), diusahakan untuk bisa masak. Meskipun masaka bukan hobi tapi sekedar bisa itu sudah luar biasa lo. Kalau aku pribadi aih memasaka bukan kegiatan yang hobi banget. Memasak bagiku ya seedar kewajiban saja demi memenuhi hasrat keinginan untuk makan. Kalau lagi malas masak lebih gampangnya sih belinsaja. Toh di luar sana banyak warung-warung yang menyediakan makanan rumahan. 

Karena nggak hobi masak, tapi kalau sudah kadung memasak, rasanya nggak bethenti untuk mencoba-cpba resep baru. Bahkan sampai seharian di dapur lo. Tapi rasa masakanlu nggak kalah sama chef-chef yang sufah ahli. Karena suamiku suka dengan masakanku. Sebenarnya kalau aku rajin masak, dipastikan aku bakalan bisa jadi chef profesional. Ceileh, kok malah sombong begini. Kayak yang pinter masak aja sih kamu Fan. Maaf ya, sedikit norak. Habis masakanku katanya enak sih. 

Tiap kali memasak, aku jarang banget pakai bumbu penyedap sepeti micin. Oleh karena itu, biar masakanu rasanya enak dan sedap, maka bumbu yang aku gunakan selalu banyak dan kentel. Aku dapat resep ini dari orang tuaku sih. Katanya kalau amsakan mau enak dansedap, perbanyaklah bumbunya. Aku sih nggak pelit sama bumbu, teutama bawang. Karena bahan utama masakan itu bawang, perbanyaklah bumbu bawang di setiap masakanmu. Alhamdulilah ya rasa masakanmu enak tanpa penyedap. 

Setiap kali beli maskaan di warung kadang suka gemes ya, karena rasa masakannya lebih banyak rada micinnya. Srdangkan bumbunya seperti bawang hanya satu dua iris saja dan terlihat bening. Contohnya nih sayur asem. 

Sayur asem ini makanan yang dibuat sangat simpel banget. Aku paling suka tuh sayur asem sunda yang dibuat kental dan enak. Setiap kali beli sayur asem di warung kebanyakan rasnaya kurang pas dan kurang kentel. Padahal sayur asem yang enak tuh terasa bumbunya yang kentel. Sepertinya aku harus buat srndiri nih sayur asem sundany. Dan srtiap kali aku bikin rasanya nggak kalah sama sayur asem buatan orang sunda. 

Kali ini aku mau bagi-bagi resep sayur asem sunda yang bisa kamu coba untuk dipraktekkan di rumah. Resep yang aku buat ini untuk bumbunya bisa disesuaikan sendiri ya. Tergantung dari selera saja sih. Yuks langsung praktek saja. 

Sumber: selerasa.com

Resep Sayur Asem sunda

Bahan :

– 2 buah jagung muda manis yang dipotong agak besar

– Kacang tanah secukupnya.

– 75 gram kacang panjang dipotong panjang-panjang.

– 1 buah labu siam yang dipotong dadu.

– Buah melinjo secukupnya

– Daun melinjo secukupnya

– 4 buah cabe ijo besar yang dipotong 2 cm.

– 1 buah lengkuas dan dimemarkan.

– 3 lembar daun salam.

– Air asam secukupnya.

– Air secukupnya.

Bahan bumbu yang dihaluskan :

– 4 siung bawang putih.

– 8 siung bawang merah.

– Terasi yang dibakar.

– 3 buah cabe merah.

– Garam secukupnya.

– Gula merah secukupnya.

Cara Membuat Sayur Asem Sunda :

  • Rebuslah air sampai mendidih, Lalu masukkan sayuran seperti jagung, melinjo, dan kacang tanah rebus hingga lunak.
  • Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan daun salam dan lengkuas. Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah itu masukkan labu siam, daun melinjo, cabe ijo dan kacang panjang sampai matang.
  • Lalu tambahkan gula, garam, dan air asam. Aduk secara merata. 
  • Siap dihidangkan. 
  • Sekarang sayurnasem sunda siap disajikan. Lebih enak dimakansat masih hangat. Gunakan sambal untuk lebih membuat makan bertambah. Biasanya kalau makan dengan sayur asem pasangannya adalah ikan asin dan kerupuk.
Nah, resep sayur asem sundanya sudah selesai nih. Ayuk praktek sekarang dan sajikan buat keluargamu tercinta.

3 comments:

Rhoshandhayani KT said...

wuah beda ya
ada terasinya
makanya khas sunda banget
hahaha

Timo said...

Kok aku baru tau, kl sup sayur asem sunda kuahnya kentel, biasanya selama ini yg kumakan kuahnya ya encer sih hue. :)

uchy sudhanto said...

ngebayangin kuah sayur asem nya langsung ngilerrr hihihi

Impian Menuju Kehamilan dengan Mengetahui Masa Subur Yang Tepat

IMPIAN HAMIL Memiliki seorang anak selalu menjadi impian setiap pasangan suami istri (Pasutri). Kehadiran seorang anak mampu memberikan ...