Skip to main content

Resep Sayur Asem Sunda

Menjadi ibu rumah tangga yang tidak mempunyai ART (Asisten Rumah Tangga), diusahakan untuk bisa masak. Meskipun masaka bukan hobi tapi sekedar bisa itu sudah luar biasa lo. Kalau aku pribadi aih memasaka bukan kegiatan yang hobi banget. Memasak bagiku ya seedar kewajiban saja demi memenuhi hasrat keinginan untuk makan. Kalau lagi malas masak lebih gampangnya sih belinsaja. Toh di luar sana banyak warung-warung yang menyediakan makanan rumahan. 

Karena nggak hobi masak, tapi kalau sudah kadung memasak, rasanya nggak bethenti untuk mencoba-cpba resep baru. Bahkan sampai seharian di dapur lo. Tapi rasa masakanlu nggak kalah sama chef-chef yang sufah ahli. Karena suamiku suka dengan masakanku. Sebenarnya kalau aku rajin masak, dipastikan aku bakalan bisa jadi chef profesional. Ceileh, kok malah sombong begini. Kayak yang pinter masak aja sih kamu Fan. Maaf ya, sedikit norak. Habis masakanku katanya enak sih. 

Tiap kali memasak, aku jarang banget pakai bumbu penyedap sepeti micin. Oleh karena itu, biar masakanu rasanya enak dan sedap, maka bumbu yang aku gunakan selalu banyak dan kentel. Aku dapat resep ini dari orang tuaku sih. Katanya kalau amsakan mau enak dansedap, perbanyaklah bumbunya. Aku sih nggak pelit sama bumbu, teutama bawang. Karena bahan utama masakan itu bawang, perbanyaklah bumbu bawang di setiap masakanmu. Alhamdulilah ya rasa masakanmu enak tanpa penyedap. 

Setiap kali beli maskaan di warung kadang suka gemes ya, karena rasa masakannya lebih banyak rada micinnya. Srdangkan bumbunya seperti bawang hanya satu dua iris saja dan terlihat bening. Contohnya nih sayur asem. 

Sayur asem ini makanan yang dibuat sangat simpel banget. Aku paling suka tuh sayur asem sunda yang dibuat kental dan enak. Setiap kali beli sayur asem di warung kebanyakan rasnaya kurang pas dan kurang kentel. Padahal sayur asem yang enak tuh terasa bumbunya yang kentel. Sepertinya aku harus buat srndiri nih sayur asem sundany. Dan srtiap kali aku bikin rasanya nggak kalah sama sayur asem buatan orang sunda. 

Kali ini aku mau bagi-bagi resep sayur asem sunda yang bisa kamu coba untuk dipraktekkan di rumah. Resep yang aku buat ini untuk bumbunya bisa disesuaikan sendiri ya. Tergantung dari selera saja sih. Yuks langsung praktek saja. 

Sumber: selerasa.com

Resep Sayur Asem sunda

Bahan :

– 2 buah jagung muda manis yang dipotong agak besar

– Kacang tanah secukupnya.

– 75 gram kacang panjang dipotong panjang-panjang.

– 1 buah labu siam yang dipotong dadu.

– Buah melinjo secukupnya

– Daun melinjo secukupnya

– 4 buah cabe ijo besar yang dipotong 2 cm.

– 1 buah lengkuas dan dimemarkan.

– 3 lembar daun salam.

– Air asam secukupnya.

– Air secukupnya.

Bahan bumbu yang dihaluskan :

– 4 siung bawang putih.

– 8 siung bawang merah.

– Terasi yang dibakar.

– 3 buah cabe merah.

– Garam secukupnya.

– Gula merah secukupnya.

Cara Membuat Sayur Asem Sunda :

  • Rebuslah air sampai mendidih, Lalu masukkan sayuran seperti jagung, melinjo, dan kacang tanah rebus hingga lunak.
  • Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan daun salam dan lengkuas. Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah itu masukkan labu siam, daun melinjo, cabe ijo dan kacang panjang sampai matang.
  • Lalu tambahkan gula, garam, dan air asam. Aduk secara merata. 
  • Siap dihidangkan. 
  • Sekarang sayurnasem sunda siap disajikan. Lebih enak dimakansat masih hangat. Gunakan sambal untuk lebih membuat makan bertambah. Biasanya kalau makan dengan sayur asem pasangannya adalah ikan asin dan kerupuk.
Nah, resep sayur asem sundanya sudah selesai nih. Ayuk praktek sekarang dan sajikan buat keluargamu tercinta.

Comments

wuah beda ya
ada terasinya
makanya khas sunda banget
hahaha
Timo said…
Kok aku baru tau, kl sup sayur asem sunda kuahnya kentel, biasanya selama ini yg kumakan kuahnya ya encer sih hue. :)
uchy sudhanto said…
ngebayangin kuah sayur asem nya langsung ngilerrr hihihi

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Make Up Look Mustika Ratu Beauty Queen Series Untuk Acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga

Assalamualaikum semuanya.
Ramadhan dan Lebaran sudah lewat nih. Tapi rasanya baru kemarin dan masih terasa suasananya. Penampilan saat Ramadhan dan Lebaran bagiku sih penting banget. Terutama untuk make up, supaya wajah terlihat lebih baik dan tidak kusam. Itu sih menurut aku ya. Bukan untuk ajang pamer make up sih. Tapi lebih ke kepercayaan diri saja. Siapa sih yang nggak pengen terlihat pede dengan tampilan yang terbaik dan siapa sih yang nggak bakalan suka kalau melihat tampilan kita menarik. 
Berhubung lebaran kemarin sudah lewat dan aku belum sempat pamer make up edisi Ramadhan dan Lebaran, maka kali ini aku mau memamerkan hasil make up untuk ke acara-acara lain. Misalnya acara luar rumah seperti acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga. Ke acara itu pun aku usahakan untuk tetap bermake up cantik, flawless, simpel dan bagus.
TENTANG MUSTIKA RATUBEAUTY QUEEN SERIES DAN KANDUNGAN MORINGA SEED EKSTRACT
Produk make up yang aku pakai kali ini adalah produk dari Mustika Ratu yaitu Bea…