Tuesday, June 12, 2018

Tips Memesan Tiket Kereta Api Online

Bulan puasa sudah berjalan hampir selesai. Rasanya sedih ya, meninggalkan bulan Ramadhan yang hanya ada sekali dalam setahun. Itu pun hanya 30 hari lamanya. Sebentar lagi kita akan merayakan lebaran Idul Fitri 2018. Ada yang sudah mudik kah atau sedang dalam perjalanan mudik? Kalau mudik kalian naik transportasi apa nih? 

Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap Lebaran Idul Fitri aku selalu mudik ke kampung halaman, di tahun 2018 ini aku pun mudik untuk ke sekian kalinya. Kampungku tepatnya di Pulau Madura. Berhubung sekarang sudah bersuami, jadi mudiknya berdua saja. Transportasi yang aku gunakan seringnya sih kereta api karena kami merasa nyaman dan harga tiketnya cukup terjangkau. Naik kereta api pun tidak perlu bermacet-macet di jalan raya. Selain itu bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Menikmati perjalanan di kereta api itu menyenangkan. Walaupun waktu tempuhnya lebih lama daripada naik pesawat. Kalau naik pesawat kan satu jam sudah sampai. 

Karena mudiknya ke Pulau Madura, maka kalau naik kereta harus transit di stasiun Surabaya terlebih dahulu, baru setelah itu naik travel atau menggunakan mobil pribadi untuk menuju pulau Maduranya. Cukup ribet yah. Tapi tetap aku nikmati perjalanan ini. Demi mengunjungi kampung halaman dan bertemu dengan orang-orang tercinta.



Mudik menjadi tradisi yang setiap tahun aku lakukan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan transportasi mudik harus jauh-jauh hari pemesanannya terutama untuk tiket kereta api. Untuk mendapatkan tiket kereta api, aku harus memesan 3 bulan sebelumnya, karena pembukaan pemesanan tiket kereta api sudah dibuka oleh PT. KAI. Berburu tiket kereta api untuk mudik memang tidak mudah. Ada trik-trik yang harus dipelajari supaya saat pembukaan pemesanana tiket kereta api kita langsung mendapatkan tiketnya.

Berikut tips-tips yang bisa kalian lakukan, untuk mendapatkan tiket kereta api mudik secara online, yaitu:

1. Catat tanggal pemesanan

Nah, buat yang mau mudik, tentukan kapan tanggal mudik dan baliknya. Lalu catat dan hafalkan. Kalau perlu buat alarm di HP dan lingkari kalender supaya tetap diingat dan tidak kelewatan. 

2. Sediakan kuota internet yang banyak dan sinyalnya lancar

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api secara online pastinya membutuhkan kuota internet yang banyak dan sinyal yang lancar. Dengan sinyal yang lancar dipastikan pemesanan tiket kereta api online akan mudah. Kita tahu sendiri kan pesan tiket kereta api dalam satu detik saja sudah habis. Kalau sudah nggak kebagian rasanya nyes banget ya.

3. Sediakan laptop/computer dan atau HP

Pesan tiket kereta api secara online butuh perangkat yang mumpuni seperti Komputer dan laptop atau HP. Kalau kesemuanya ada akan lebih baik lagi karena akan mempermudah pemesanan online. 

4. Stand bye sebelum jam 12 malam di depan komputer/laptop

Pemesanan tiket kereta api online biasanya start di jam 12 malam untuk pemesanan di tanggal esok harinya. Oleh karena itu, kita harus stand bye sebelum jam 12 malam dan persiapkan segala hal yang diperlukan. 

5. Siapkan identitas yang akan diinput dalam pemesanan tiket 

Menyiapkan identitas yang diperlukan saat pemesanan tiket kereta api online seperti KTP atau KK. Selain itu juga siapkan alamat email, dan nomor telepon.

6. Instal aplikasi untuk pemesanan tiket kereta api.

Untuk aplikasi yang biasanya tersedia di HP adalah aplikasi KAI Access atau bisa juga aplikasi travel online seperti Traveloka, Tiketdotcom dan lainya. Kalau di komputer bisa langsung membuka situs PT. KAI.

7. Instal mobile banking dan siapkan dana cukup di rekening

Mobile banking ini sangat dibutuhkan banget saat pemesanan tiket kereta api online. Karena setelah kita selesai melakukan pemesanan, harus segera mentransfer uang yang harus dibayarkan. Pembayaran pun ada batas waktunya, biasanya hanya 1 jam saja. Oleh karena itu, agar lebih mudah installah mobile banking di HP kita. Melakukan pembayaran tinggal memencet jari saja tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

8. Lakukan pemesanan dengan kecepatan jari tangan.

Melakukan pemesanan tiket kereta api ini butuh kecepatan dan ketangkasan. Itu menurut aku ya. Karena kalau kita lambat mengetikkan jari tangan kita di layar Komputer atau HP, maka dipastikan kita akan kehabisan tiket kereta. Oleh karena itu, belajar yuk gimana caranya mengetik dengan cepat.

9. Berdoa yang banyak

Nah, yang terakhir yaitu berdoa yang banyak supaya kita mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan. 

Itulah beberapa tips dari aku supaya bisa mendapatkan tiket kereta api yang kita inginkan. Sudah siap dengan tips dari aku ini? Semoga berhasil ya.

21 comments:

Andiyani Achmad said...

Tips no. 2 bener banget... kuota harus banyak dengan signal yang setroongg hahahah

Emma Malika said...

Kayaknya yang no.9 paling menentukan dech bikin deg dengan hehee

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Kalau inget tentang memesan tiket kereta api online, aku pernah nih salah pilih tanggal. Hahahahaaaa... Tapi untungnya masih bisa diganti dan reschedule. Sekarang sudah serba enak ya mbak, apa-apa bisa via online.

Reh Atemalem said...

Aku pernah tuh, pas klik-klik pesan tulisannya, "sisa dua kursi". Eh pas klik bayar kursinya sold out katanya. Ntap!

Kurnia amelia said...

Aku kalau beli tiket KA pakai aplikasi traveloka sih aja jadi gampang banget ga ribet bayarnya pula.

Tuty Saca said...

Mudik kali ini saya juga pakai kereta. Alhamdulillah masih kebagian tiket beli di blibli

Catcilku said...

Tips no.9 doa yg banyak ini bener banget mbak. Soalnya pernah ngerasain cari tiket kereta utk ibu luaaaar biasa bgt ��

maya rumi said...

aq belum pernah beli tiket ka online, tipsnya aq tandain yah mbak fania

cici desri said...

tips-tips nya detail dan sangat membantu sekali kak.. aku pun paling suka memesan tiket online, mudah dan cepat..

nursaidr said...

Jadi inget temen yg tengah malem ngewa minta tolong di transferin pake m banking buat pesan tiket kereta. Hihi perjuangan mau mudik. Mesti pesan tiket tengah malam.

idfipancani said...

yang pasti kalo beli tiket kereta lebih baik dari jauh2 hari kalo mepet suka abis seatnya

Miranti | jendelakeluarga.com said...

Menunggu realisasi kereta jawa-sumatera aja, biar mudik ku lebih hemat tiap tahunnya.

Mpo Ratne said...

Tenang aja soal pembayaran, ATM dan minimarket buka 24 Jam . Asal gak takut mah, langsung aja ke sini.

Honey Josep said...

rebutan pesen tiket tapi justru itu seninya, menegangkan :D

Sadewi Handayani said...

Makasih infonya kakak, aku biasanya langsung beli di minimarket atau di loketnya belum pernah beli tiket kereta api secara online

Uchy Sudhanto said...

stand by jam 12 malem nya itu lho.. hihihi tapi tips nya oke banget nih

Anisa Deasty Malela said...

Tips nomor 8 paling sulit dilakukan mba, soalnya saya sering ketinggalan promo karena kurang cepat dalam melakukan transaksi... Sering gagal jalan-jalan hemat deh. Makasih tips nya ya

Wian said...

Gilak emang nih klo peaen tiket kereta api online. Cepet banget ludesnya. Gak sanggup hatus stand by di tengah malamnya itu loh mba.

Liswanti Pertiwi said...

No 4 itu, aku pernah ngalamin juga pesen tiket kereta, tapi tetep ga dapet hehe

Vita Pusvitasari said...

Dulu ketika masih di Semarang dan belum punya mobil...dari 2009 sampai 2011, 2013 sampai 2015 sering banget pakai kereta api eksekutif dari Semarang Bandung, dan Bandung ke Surabaya...

Agung Han said...

Deg deg-an kalau beli tiket kereta, tau tau abis aja

Impian Menuju Kehamilan dengan Mengetahui Masa Subur Yang Tepat

IMPIAN HAMIL Memiliki seorang anak selalu menjadi impian setiap pasangan suami istri (Pasutri). Kehadiran seorang anak mampu memberikan ...