Tuesday, June 12, 2018

Tips Memesan Tiket Kereta Api Online

Bulan puasa sudah berjalan hampir selesai. Rasanya sedih ya, meninggalkan bulan Ramadhan yang hanya ada sekali dalam setahun. Itu pun hanya 30 hari lamanya. Sebentar lagi kita akan merayakan lebaran Idul Fitri 2018. Ada yang sudah mudik kah atau sedang dalam perjalanan mudik? Kalau mudik kalian naik transportasi apa nih? 

Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap Lebaran Idul Fitri aku selalu mudik ke kampung halaman, di tahun 2018 ini aku pun mudik untuk ke sekian kalinya. Kampungku tepatnya di Pulau Madura. Berhubung sekarang sudah bersuami, jadi mudiknya berdua saja. Transportasi yang aku gunakan seringnya sih kereta api karena kami merasa nyaman dan harga tiketnya cukup terjangkau. Naik kereta api pun tidak perlu bermacet-macet di jalan raya. Selain itu bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Menikmati perjalanan di kereta api itu menyenangkan. Walaupun waktu tempuhnya lebih lama daripada naik pesawat. Kalau naik pesawat kan satu jam sudah sampai. 

Karena mudiknya ke Pulau Madura, maka kalau naik kereta harus transit di stasiun Surabaya terlebih dahulu, baru setelah itu naik travel atau menggunakan mobil pribadi untuk menuju pulau Maduranya. Cukup ribet yah. Tapi tetap aku nikmati perjalanan ini. Demi mengunjungi kampung halaman dan bertemu dengan orang-orang tercinta.



Mudik menjadi tradisi yang setiap tahun aku lakukan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan transportasi mudik harus jauh-jauh hari pemesanannya terutama untuk tiket kereta api. Untuk mendapatkan tiket kereta api, aku harus memesan 3 bulan sebelumnya, karena pembukaan pemesanan tiket kereta api sudah dibuka oleh PT. KAI. Berburu tiket kereta api untuk mudik memang tidak mudah. Ada trik-trik yang harus dipelajari supaya saat pembukaan pemesanana tiket kereta api kita langsung mendapatkan tiketnya.

Berikut tips-tips yang bisa kalian lakukan, untuk mendapatkan tiket kereta api mudik secara online, yaitu:

1. Catat tanggal pemesanan

Nah, buat yang mau mudik, tentukan kapan tanggal mudik dan baliknya. Lalu catat dan hafalkan. Kalau perlu buat alarm di HP dan lingkari kalender supaya tetap diingat dan tidak kelewatan. 

2. Sediakan kuota internet yang banyak dan sinyalnya lancar

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api secara online pastinya membutuhkan kuota internet yang banyak dan sinyal yang lancar. Dengan sinyal yang lancar dipastikan pemesanan tiket kereta api online akan mudah. Kita tahu sendiri kan pesan tiket kereta api dalam satu detik saja sudah habis. Kalau sudah nggak kebagian rasanya nyes banget ya.

3. Sediakan laptop/computer dan atau HP

Pesan tiket kereta api secara online butuh perangkat yang mumpuni seperti Komputer dan laptop atau HP. Kalau kesemuanya ada akan lebih baik lagi karena akan mempermudah pemesanan online. 

4. Stand bye sebelum jam 12 malam di depan komputer/laptop

Pemesanan tiket kereta api online biasanya start di jam 12 malam untuk pemesanan di tanggal esok harinya. Oleh karena itu, kita harus stand bye sebelum jam 12 malam dan persiapkan segala hal yang diperlukan. 

5. Siapkan identitas yang akan diinput dalam pemesanan tiket 

Menyiapkan identitas yang diperlukan saat pemesanan tiket kereta api online seperti KTP atau KK. Selain itu juga siapkan alamat email, dan nomor telepon.

6. Instal aplikasi untuk pemesanan tiket kereta api.

Untuk aplikasi yang biasanya tersedia di HP adalah aplikasi KAI Access atau bisa juga aplikasi travel online seperti Traveloka, Tiketdotcom dan lainya. Kalau di komputer bisa langsung membuka situs PT. KAI.

7. Instal mobile banking dan siapkan dana cukup di rekening

Mobile banking ini sangat dibutuhkan banget saat pemesanan tiket kereta api online. Karena setelah kita selesai melakukan pemesanan, harus segera mentransfer uang yang harus dibayarkan. Pembayaran pun ada batas waktunya, biasanya hanya 1 jam saja. Oleh karena itu, agar lebih mudah installah mobile banking di HP kita. Melakukan pembayaran tinggal memencet jari saja tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

8. Lakukan pemesanan dengan kecepatan jari tangan.

Melakukan pemesanan tiket kereta api ini butuh kecepatan dan ketangkasan. Itu menurut aku ya. Karena kalau kita lambat mengetikkan jari tangan kita di layar Komputer atau HP, maka dipastikan kita akan kehabisan tiket kereta. Oleh karena itu, belajar yuk gimana caranya mengetik dengan cepat.

9. Berdoa yang banyak

Nah, yang terakhir yaitu berdoa yang banyak supaya kita mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan. 

Itulah beberapa tips dari aku supaya bisa mendapatkan tiket kereta api yang kita inginkan. Sudah siap dengan tips dari aku ini? Semoga berhasil ya.

No comments:

Resep Sayur Asem Sunda

Menjadi ibu rumah tangga yang tidak mempunyai ART (Asisten Rumah Tangga), diusahakan untuk bisa masak. Meskipun masaka bukan hobi tapi sek...