Sunday, August 5, 2018

Asyiknya Mewarnai dan Bermain dengan Colour To Life Dalam Versi Digital

ANAK DAN AKTIVITAS TUMBUH KEMBANGNYA


Pernahkah melihat anak balita mencorat-coret kertas sesuka hati? Aktivitas itulah yang berfungsi menggerakkan motorik halus pada otak si anak dan juga membantu tumbuh kembang anak. Dulu pun waktu aku masih balita juga suka mencorat-coret. Asalkan ada ruang untuk mencoret, baik di kertas, tembok lantai, baju bahkan tangan dan kaki pun dicorat-coret.

Makin bertambah pertumbuhan usianya, anak akan merasakan sensasi pada panca inderanya. Jika mereka senang maka mereka akan lebih bersemangat dan lebih ekspresif saat mencoret. Aktivitas inilah yang harus didukung dan tidak dibatasi supaya anak bisa berkreasi sejak dini.

Mereka pun mulai mengenal yang namanya menggambar. Biasanya mereka menggambar apa yang mereka ketahui dan sering mereka lihat. Apalagi kalau kita sebagai orang tua sering melatihnya. Untuk mengenalkan gambar ini butuh benda seperti wujud aslinya maupun buku bergambar sebagai contoh real. Melatih mereka secara rutin pasti akan membuat mereka bisa menggambar dengan baik. Aktivitas menggambar pasti seiring dengan aktivitas mewarnai dengan mengenalkan warna-warna pada anak-anak.

Sarana untuk menggambar dan mewarnai biasanya adalah pensil, pensil gambar dan buku gambar. Ini adalah sarana paling mudah untuk mengenalkan gambar pada anak-anak. Teringat sewaktu aku kecil dulu. Memang suka sekali dengan yang namanya menggambar. Padahal orang tua maupun sekolah tidak mengajarkannya secara khusus. Kemampuan untuk menggambar dan mewarnai itu terjadi begitu saja dan berlatih sendiri sambil melihat film dan video edukasi menggambar di televisi dan buku-buku mewarnai. Sejak TK aku dibiasakan oleh ibuku untuk mengikuti perlombaan mewarnai. Bahkan saat SD sempat menjuarai lomba menggambar dan mewarnai. Teringat pula dulu sering sekali menggambar ulang kartun Sailormoon dan mewarnainya kembali. Sehingga aku punya satu buku khusus untuk menggambar ulang Sailormoon. Karena saat itu film kartun paling ngetop dan paling aku sukai adalah Sailormoon.

Tidak dapat dipungkiri akhirnya aku melanjutkan kuliah ke jurusan Arsitektur. Alasan utamanya karena aku suka menggambar dan jadilah sekarang Sarjana Arsitektur. Bahkan sampai sekarangpun masih suka menggambar dan mewarnai.

MANFAAT AKTIVITAS MENGGAMBAR DAN MEWARNAI


Saat ini aktivitas menggambar dan mewarnai tak hanya menjadi aktivitas bagi ana-anak saja. Remaja dan dewasa pun juga menyukai aktivitas ini. Bahkan sekarang mulai banyak buku-buku mewarnai yang dijual toko buku untuk segala umur. Ada beberapa manfaat dari aktivitas menggambar dan mewarnai bagi orang dewasa yaitu:

1. Bagi orang dewasa, mewarnai akan berpengaruh terhadap psikologi. Aktivitas ini akan memberikan ketenangan dan menciptakan kefokusan terhadap sesuatu. Buat kita yang sering sibuk dan bingung dalam melakukan pekerjaan atau hal lainnya, aktivitas ini sangat bagus untuk lebih membuat kita fokus melakukan sebuah pekerjaan tanpa dikejar kebingungan dan juga kecemasan.

2. Bagi orang dewasa, menggambar dan mewarnai bisa mengurasi stress dan rasa cemas. Aktivitas tersebut bisa menjadi terapi dan pengalih perhatian bagi orang yang suka cemas dan stress. Misalkan nih bagi para pekerja yang sudah seharian bekerja keras, maka dengan melakukan aktivitas ini bisa mengurangi beban pekerjaannya sebagai aktivitas yang menyenangkan. Begitu juga bagi ibu rumah tangga yang seharian mengurus rumah, anak dan juga suami, bisa lo menyempatkan diri untuk refresing sejenak melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai. Hal tersebut berguna untuk mengurangi rasa stress karena beban yang ditanggung.

3. Menggambar dan mewarnai akan memunculkan ekspresi dan kreatifitas kita sendiri. Sebab dengan aktivitas tersebut kita bebas mau menggambar apa saja dan mau mewarnai dengan warna apa saja sesuai dengan keinginan kita tanpa ada yang ikut campur. Kebebasan ekspresi inilah yang akan memunculkan kepuasan dalam diri kita. Dengan kepuasan yang ada maka kita akan terhindar dari kecemasan.

4. Mencegah dan menunda demensia bagi orang tua. Aktivitas menggambar dan mewarnai ini sangat cocok dilakukan oleh orang tua. Dengan umur yang sudah tidak muda lagi dan seringkali menjadi pelupa terhadap segala hal, maka dengan aktivitas ini tanda-tanda demensia dan pelupa bisa dicegah. Inilah yang disebut juga dengan terapi.

Sedangkan manfaat menggambar dan mewarnai untuk anak -anak adalah:

1. Mengasah motorik halusnya supaya lebih berkembang dan tumbuh dengan baik.
2. Melatih kretivitas dan seni
3. Melatih penglihatan dan kefokusan
4. Melatih tubuh kembang anak
5. Melatih pengenalan warna dan bentuk
6. Meningkatkan ingatan

Nah, itulah beberapa manfaat menggambar dan mewarnai baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Karena aktivitas ini identik dengan anak-anak, maka buat kita yang sudah dewasa tidak menutup kemungkinan bisa pula melakukan aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak anak bukan?

Jangan salah, akupun yang sudah berkepala 3 ke atas sampai detik ini masih suka menggambar dan mewarnai. Apalagi saat bekerja dan merasa suntuk maka segera saja aku mengambil kertas kosong dan mencorat-coret kertas tersebut sesuai dengan imajinasi dan keinginanku. Nah, baru setelah itu pikiran menjadi segar dan refresh kembali. Apakah kalian sama denganku?

TENTANG FABER CASTELL COLOUR TO LIFE





Zaman sekarang aktivitas menggambar dan mewarnai sudah makin canggih dan berteknologi tinggi. Dulu menggambar dan mewarnai itu hanya butuh pensil gambar dan buku gambar. Mewarnaipun secara manual tanpa bantuan apapun. Tapi kali ini menggambar dan mewarnai sudah semakin berubah menjadi digital lo. Maksudnya apa coba?

Begini lo. Tahu Faber Castell kan? Merk ini sudah ada sejak jaman aku kecil dan sampai sekarang menjadi merk andalanku untuk menggambar dan mewarnai. Terutama saat jaman aku kuliah nih. Semua peralatan menggambarku merk Faber Castell lo. Iya dong, soalnya merk ini sudah terkenal bagus, awet dan hasilnya keren. Tahu nggak pensil warna Faber Castellku sejak jaman kuliah sampai sekarang pun masih ada, awet dan masih bagus digunakan. Keren kan ya. Faber Castell emang TOP banget nih.

Sebagai merk tertua dan terbesar bahkan sampai saat ini, Faber Castell mulai melakukan inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Mengingat perkembangan teknologi dan digitalisasi makin pesat dan berkembang, apalagi ditambah dengan berkembangnya gawai dengan beragam merk dan spesifikasi, maka seiring dengan itu Faber Castell pun mengeluarkan produk inovasi terbarunya yang tak kalah canggihnya. Yaitu produk Colour To Life.



Produk Colour To Life (CTL) ini merupakan salah satu produk andalan Faber Castell yang mengedepankan perpaduan antara menggambar konvensional dengan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR). Produk ini akan memanfaatkan gawai yang ada sehingga menghasilkan karya digital dan akhirnya bisa menjadi sebuah permainan yang mengasyikkan dan tetap mengedepankan kreativitas mewarnai.



Berawal dari mewarnai gambar secara analog dari buku gambar yang sudah tersedia dan menggunakan Connector Pen warna warni kemudian menghasilkan karya digital dengan bantuan gawai yang ada. Permainan ini tak hanya menarik perhatian anak-anak, tapi juga mampu menarik perhatian orang dewasa. Termasuk aku sendiri. Kini aktivitas mewarnai akan semakin menarik perhatian dan tidak membosankan bahkan kita bisa bermain-main dengan hasil gambar yang sudah kita warnai. Asyik banget kan?

Produk ini cocok banget untuk anak-anak. Kini orang tua tidak perlu khawatir lagi dengan penggunaan gawai yang makin tak dapat dicegah untuk digunakan. Dengan produk dari Faber Castell ini penggunaan gawai akan lebih bermanfaat dan lebih bijak digunakan oleh anak-anak.

Produk Colour To Life ini akan menjadikan anak sebagai subjek bukan lagi sebagai objek. Jadi anak-anak akan menjadi kontributor dengan mensupply karakter dari objek yang sudah diwarnai lalu bisa digunakan untuk bermain games.

Produk Colour To Life ini merupakan produk mewarnai yang sudah dilengkapai dengan Connector Pen yang dipacking dalam sebuah box ekslusif dengan warna merah dominan. Mencirikan sebuah produk dari Faber Castell. Produk ini terdiri dari:

1. Buku gambar Augmented Reality dengan 15 halaman. Buku gambar ini sudah tersedia gambar yang bisa kita warnai. Ada 5 karakter gambar dengan masing masing karakter memiliki 3 gaya yang berbeda beda.



2. Connector Pen dengan 20 warna berbeda. Connector Pen ini digunakan untuk mewarnai buku gambar. Ada beberapa ciri dari Connector Pen ini yaitu:

- Memiliki warna yang cerah.
- Dapat digabung-gabungkan agar tidak hilang.
- Dapat dicuci dan tidak meninggalkan noda pada pakaian.
- Tidak beracun dan aman untuk anak-anak.
- Bisa dirangkai menjadi aneka bentuk craft.





3. Panduan mewarnai dan bermain dengan Colour To Life.



LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN COLOUR TO LIFE

Sebagai pecinta kegiatan mewarnai kali ini aku mau mencoba mewarnai menggunakan produk Faber Castell Colour To Life.

Berikut langkah-langkah aku menggunakan Colour To Life:

1. Langkah mewarnai (Colour)

A. Buka kotak Colour To Life dan akan kamu temukan buku gambar beserta Connector Pennya.

B. Siapkan buku gambar yang sudah tersedia dengan 5 karakter dan 20 gaya.

C. Ambil Connector Pen dan warnailah buku gambar itu sesuka hatimu dan sekreatif mungkin. Saat mewarnai buku gambar cukup diarsir saja menggunakan Connector Pen. Tidak perlu diwarnai dengan memblok gambar. Karena dengan mengarsir maka saat divisualisasi menggunakan gawai akan langsung terwarna sempurna dengan sendirinya. Perlu diingat untuk mewarnai jangan melebihi frame dan frame tidak perlu diwarnai karena frame merupakan barcode yang digunakan waktu melakukan scan gambar menggunakan gawai.

Ada 5 teknik mewarnai Colour To Life dengan Connector Pen yaitu:

a. Teknik patterning. Cara mewarnai dengan teknik ini yaitu kamu membuat motif atau pola apapun secara berulang-ulang sehingga seluruh bidang gambar tertutupi warna.



b. Teknik pointilism. Mewarnai objek dengan menggunakan titik-titik.




c. Teknik squiggling. Dengan teknik ini kamu bisa mewarnai dengan menggunakan garis kusut/tidak beraturan (seperti benang kusut) ke seluruh bidang.



d. Teknik shading. Mewarnai dengan teknik ini yaitu membuat garis yang akhirnya bisa membentuk bayangan pada bidang.



e. Teknik contouring. Dengan teknik ini kamu bisa mewarnai menggunakan garis yang mengikuti alur outline dari bidang yang ada. Garis-garis alur itu dibuat terus menerus sehingga semua bidang tertutupi warna.


2. Langkah Scan and Interact in 3


A. Setelah mewarnai siapkan gawai dan installah aplikasi Colour To Life. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store untuk Android ataupun di Apple Store untuk IOS secara gratis. Atau bisa dengan cara lain yaitu menggunakan QR Code yang berada di depan box Colour To Life untuk mendownload aplikasi. Cukup dengan menscan barcode yang ada tersebut di gawaimu.





B. Ambil dan scan gambar yang sudah kamu warnai tadi.

C. Saat menscan gambar usahakan framenya terlihat semua, karena berhubungan dengan barcode yang langsung terhubung dengan aplikasi. Saat scan usahakan antara gawai dan buku gambar dibuat tegak lurus dengan jarak 30 cm. Nah, kalau muncul lampu warna hijau pada aplikasi maka gambar otomatis bisa discan dan menghasilkan bentuk 3D.






D. Kalau sudah muncul gambar 3D, kamu bisa berinteraksi dengan gambar 3D tersebut. Saat berinteraksi ini usahakan gambar tetap menghadap buku gambar supaya gambar 3D-nya tidak hilang. Kalau keluar dari buku gambar maka bentuk 3D akan hilang dan kamu harus menscan lagi.



3. Langkah Take Selfie

Langkah ini nih yang paling asyik menurutku. Karena dengan bentuk 3D yang sudah ada kamu bisa bermain-main dan mengambil gambar selfie dengan beragam gaya sesuka hati. Yang paling seru tuh kalau mengambil foto selfie di luar ruangan atau di tempat terbuka. Kita bisa bebas berekspresi selfie dengan background alam untuk gambar yang berbackground di luar ruangan seperti Riding Knight.



Cara mengambil foto selfie dengan gambar 3D yaitu:

-  Tekan tombol selfie di aplikasi.
- Setelah itu aplikasi tidak perlu berhadapan lagi dengan buku gambar. Gambar 3D akan terbentuk sendiri dan tidak akan hilang. Gambar 3D bisa kita mainkan dengan memutar-mutar posisinya menggunakan jari tangan langsung pada gawai sesuai dengan kemauan kita.

4. Play Game Gambar 3D dengan 5 karakter

Sudah berpuas-puas berfoto selfie bersama gambar 3D, kita bisa bermain game juga lo. Inilah yang membuat Colour To Life sangat menarik dan menghibur. Selain mewarnai kita juga bisa bermain game. Keren ya.



Nah, berhubung di buku gambar ada 5 karakter, maka gamenya pun ada 5 game yang berbeda. Cara memainkan game yaitu cukup dengan menekan tombol "Play The Game" pada aplikasi di gawai. Baru deh kita siap bermain game sesuka hati. Seru banget deh pokoknya.

Berhubung ada 5 karakter game dengan masing-masing karakter ada 3 pose/gaya, disini aku jelaskan masing-masing karakternya ya:

1. Riding Knight.

Gambar ini berupa seorang pengawal dengan seragam besinya yang sedang naik kuda. Ada 3 gaya yang bisa kita pilih untuk diwarnai dan diajak bermain game. Nama permainan dengan karakter ini yaitu Giddy Up. Cara memainkan games ini yaitu dengan memacu kudamu dan berhati-hatilah dengan hambatan yang ada di sekelilingnya.



Manfaat dari permainan Giddy Up ini yaitu:

- Meningkatkan konsentrasi mata dan tangan.
- Melatih keterampilan motorik halus
- Meningkatkan konsentrasi dan latihan
- Melatih refleks

2. Pogo Boy.

Gambar ini berupa seorang anak dengan permainan pogo sticknya (alat jumping). Gambar ini juga ada 3 gaya. Nama permainan dengan karakter ini juga disebut Pogo Boy. Cara memainkannya yaitu lompatlah dengan pogo stikmu dan jangan sampai jatuh ke air.



Manfaat dari games Pogo Boy yaitu:

- Meningkatkan konsentrasi mata dan tangan.
- Melatih keterampilan motorik halus
- Meningkatkan konsentrasi dan latihan
- Melatih refleks

3. Fashion Girl.

Gambar ini berupa anak perempuan dengan dress cantiknya. Gambar ini juga memiliki 3 buah gaya. Nama permainan dengan karakter ini yaitu Dress Up Challenge. Cara bermain games ini yaitu untuk melatih ingatan kita dengan cara menata ulang dress yang dipakai oleh manequin anak perempuan tersebut dengan waktu yang cepat.



Beberapa manfaat bermain games ini yaitu:

- Mempertajam memori
- Meningkatkan konsentrasi dan latihan.


4. Pi-Cat-So.



Waktunya untuk keseimbangan otak yaitu dengan cara menyamakan/cocokkan teks dengan warna pada lukisan. Nama games dengan karakter ini yaitu Balance Your Brain. Manfaat bermain games ini yaitu:

- Menstimulasi koordinasi otak kanan dan kiri.
- Meningkatkan konsentrasi dan latihan
- Meningkatkan kecepatan otak


5. Pilot in Action.



Terbangkan pesawatmu ke atas dan sejauh-jauhnya dan hindari awan. Nama permainan ini yaitu Save Flight. Beberapa manfaat dari bermain games ini yaitu:

- Meningkatkan kekuatan koordinasi tangan dan mata.
- Melatih kemampuan motorik halus.
- Meningkatkan konsentrasi dan latihan.
- Melatih refleks.


PENGALAMAN MENGGUNAKAN COLOUR TO LIFE

Asyik, saatnya aku bermain-main dengan Colour To life. Kali ini aku mau mewarnai gambar Pilot in Action Aku mewarnainya menggunakan Connector Pen dengan teknik-teknik mewarnai yang ada. Aku tidak perlu memblok seluruh bidang kosong dengan warna yang full.

Mewarnai Colour To Life ini butuh konsentrasi tapi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk satu karakter dan satu gaya. Ternyata mengasyikkan banget. Pikiranku jadi refresh dari segala kemumetan yang dipikirkan. Ternyata kalau sudah bermain dengan mewarnai ini pikiran jadi fokus dan berpusat pada gambar yang akan diwarnai. Misalnya. " " "Bajunya mau diwarnai pakai warna apa ya? Mau menggunakan teknik apa ya? Cocok nggak ya dengan warna ini?"

Pasti deh pertanyaan-pertanyaan itu muncul dipikiranmu saat mewarnai. Betul kan?

Sebelum mewarnai aku sudah instal aplikasi Colour To Life di gawaiku. Kapasitas memori untuk aplikasinya 58 MB. Nah, setelah mewarnai, lanjut deh aku scan hasil warna gambarku menggunakan aplikasi gawai. Yea... akhirnya muncullah gambar 3D aku. Ih... keren banget ya. Aku mau main-main dulu ah sambil muter-muterin Pilot in Action dulu dengan jari tanganku. Eh.. gambar 3Dnya ikut bergerak waktu aku putar-putar. Makin asyik saja nih.



Sekarang aku mau melanjutkan foto selfie dengan hasil gambar 3D yang aku buat. Ini dia bermacam gaya foto selfieku dengan Pilot in Action.






Berpuas-puas diri berselfie ria dengan Pilot in Action 3D, rasanya masih kurang ya. Habis benar-benar menghibur banget nih. Trus aku mau main games dong dengan Pilot in Action namanya adalah Safe Flight. Tinggal pencel tombol Play The Games. Langsung deh bisa main games.

Untuk bermain games Save Flight ini aku cukup menerbangkan pesawat agar jangan sampai menabrak awan. Karena kalau menabrak awan akan mati/kalah. Kalau ada bintang ditabrak saja supaya dapat poin. Dengan bermain games ini Kemampuanmu mengasah otak dan kecepatan konsentrasi akan dinilai pada games ini. Seru banget deh. Yuks ah berpuas-puas main games ini.









Gimana? Tertarik untuk mencobakah?


KESIMPULAN.

Nah, tertarik kan untuk mencoba produk baru dari Faber Castell Colour To Life ini? Cocok banget buat anak-anak. Tapi buat orang tua maupun dewasa juga cocok-cocok saja lo. Aku saja pakai produk ini. Bahkan bikin nggak beranjak dari kursi saat main games dan berselfie ria. Ternyata mengasyikkan sekali produk ini. Aku suka banget. Buat kamu yang ingin beli produk ini, bisa juga beli di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat. Buat kamu yang ingin kebih tahu cara mengguankan Colour To Life, bisa mendownload dan menonton video disini.

https://www.youtube.com/watch?v=xRCCr0U5pl4


Yuks ajak anak dan keluargamu mewarnai dan bermain bersama produk Colour To Life.

Selamat mencoba!

23 comments:

nursaidr said...

Saya waktu sd suka sekali menggambar. Sampe hasil gambaran saya jual. �� emang sih gambar itu menyenangkan ya. Eh eh... ini kok keren sih, hasil gambar nya bisa jadi nyata gtu. Bisa hidup dlm bentuk 3d. Keren dah mba.

uwan said...

aku pernah sekali hadir di acara faber castell.... diajari sama mbak2nya cara mewarnai pake ini. ahahaha... barengan sama anak2 kecil. btw aku mau ini. huhuuh

Elly Nurul said...

Seru banget ya mba.. jangankan anak-anak, saya juga tertarik Mencoba.. teknologinya modern banget, gambarnya bisa terkoneksi dengan Aplikasikan dan bisa selfie lagi.. sukaa

Dewi Nuryanti said...

Seru ihhh Colour to life ini. Apalagi utk anakku yg kelas 4 SD. Excited bgt melihat gambarnya bisa gerak gerak

Nova Violita said...

Seru ya..bisa bikin yg 3D, wah .jadi pengen bikin terbang dengan permadani...kaya jin dan Jun..

Ternyata mewarnai memiliki beberapa tehnik ya..biasanya aku orat oret aja..

unggulcenter said...

Wah CTL ini produk yang keren! Mau beli ah abis tu donlod app nya, jadi hape dipake anak2 untuk hal yang produktif juga yaaa

Rani Yulianty said...

Asik bangt ya menggunakan colour to life,mengasah kreativitas sekaligus bersenang-senang

Nefertite Fatriyanti said...

Cakep banget hasil gambarnya. Aku aja seneng lihat foto-foto penuh warna begini.
Anak-anak pasti sangat enjoy ya

Utie adnu said...

Ini aplikasi bikin daya imajinasi anak nambah ya..keren

Juliastri Sn said...

Mewarnai, sepertinya gampang dilakukan ternyata banyak sekali manfaatnya bagi anak-anak maupun orangtua juga ya..

Ade UFi said...

Seru deh ini permainannya.. saya suka yang balance your brain. Suka ketuker2.. hahahaha..

Anis Khoir said...

Bagus sekali anak dengan teknologi Augmented Reality bisa membuat gambar benar-benar seperti hidup dengan mewarnai menggunakan Faber Castell

Echi Mustika said...

Wah banni m raihan pasti suka banget alo punya main\n ginian secara msreka tuh suka gambar

Gita Siwi said...

Aish kegiatan mewarnai memang mengasyikan ya ingat aja zaman kita TK hahaha...ini juga bisa hidup ya bikin anak senang dan dekat juga karena ortu akan terlibat membantunya.

Faridilla Ainun said...

Senang ya anak bisa seperti melihat hasil yang diwarnai lebih hidup

Eni Martini said...

Keren ya kalau mewarnai gini, makin kreatif aja jadinya

farida said...

lucu bgt pesawatnya kyk melayang beneran :)

FaniaSurya said...

Wah hebat sdh bs ngejual hasil gambar. Aku dulu gak kepikiran

FaniaSurya said...

Serasa anak kecil juga ya.
Ayok dibeli. Dibeli

FaniaSurya said...

Seru sampe nggak mau berhenti mainan ini

FaniaSurya said...

Aku pun excited bngt mbak. Hehe

FaniaSurya said...

Fc ini keren banget mbak. Iya ada beberapa teknik mewarnai jd gk perlu di blok

Kontengaptek said...

Wah keren.
Makin seru mewarnai dengan faber castell.

Mendengarkan Musik Lebih Asyik dengan SPC Speaker Outdoor Noah Edition

Sering banget kan dengerin musik atau nonton film? Kalau aku sih sering banget. Hampir setiap hari nyetel lagu, intinya sih biar rumah ng...