Skip to main content

Impian Menuju Kehamilan dengan Mengetahui Masa Subur Yang Tepat

IMPIAN HAMIL

Memiliki seorang anak selalu menjadi impian setiap pasangan suami istri (Pasutri). Kehadiran seorang anak mampu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Tapi memiliki anak adalah sebuah kehendak yang Maha Kuasa. Kehadirannya membutuhkan campur tangan Yang Maha Kuasa. Walaupun sekeras dan sekuat apapun berihktiar untuk mendapatkan seorang anak, kalau Tuhan belum berkehendak, maka usaha tetap harus dilakukan. Butuh kesabaran yang luar biasa untuk menghadapi semua ini.

Ini yang aku alami sekarang. Sudah lima tahun pernikahan tapi belum juga dihadirkan sang buah hati. Tetapi aku dan suami tak pernah berputus asa. Berusaha dan berikhtiar dengan beragam cara telah kami lakukan. Tinggal pasrah dan tawakal menunggu keajaiban dari Tuhan.



Setiap bulan selalu deg-degan menunggu telat menstruasi atau tidak. Selalu menghitung jadwal menstruasi apakah maju atau mundur. Pernah telat menstruasi sekitar 2-4 hari, tapi akhirnya menstruasi juga. Bahkan sampai berkali-kali beli tespek dengan bermacam merk tapi hasilnya negatif. Gagal lagi dan lagi.

Lalu kami berusaha untuk periksa ke dokter. Sebelum melakukan program hamil aku memang memiliki masalah dalam rahimku yaitu hanya mempunyai satu indung telur sebelah kiri. Yang sebelah kanan sudah diangkat bersamaan dengan kista yang sudah pecah.

Teringat kala itu sebelum menikah, aku memang sudah mengalami operasi kista di sebelah kanan perut. Sampai-sampai indung telurku harus diangkat karena sudah terkena campuran dari pecahan kista tersebut. Entahlah aku kurang paham istilah kedokterannya seperti apa. Akhirnya pasrah saja dengan kondisiku yang hanya memiliki satu indung telur. Sempat juga merasa khawatir takut nanti setelah menikah susah mendapatkan keturunan hanya dengan satu indung telur. Sampai-sampai setelah operasi kista tersebut aku tiap tahun rutin kontrol ke dokter untuk mengetahui perkembangan kistaku yang katanya bisa tumbuh lagi.

Di tahun kedua setelah pernikahan aku kembali memeriksakan diri ke dokter dan aku divonis kalau kistaku tumbuh lagi bahkan di kedua sisi yaitu kanan dan kiri. Mendengar hal itu, langsung down rasanya. Makin kecil lagi kemungkinanku untuk mempunyai keturunan.

Satu dokter mengatakan kistanya harus dioperasi dan diangkat. Sedangkan dokter lain mengatakan tidak perlu dioperasi karena masih kecil dan aku disarankan untuk makan sehat. Insyaallah pasti bisa hamil.

Sejak saat itulah aku mulai mengubah pola makanku, yaitu dengan menerapkan pola makan sehat supaya bisa menghambat pertumbuhan kistaku. Dengan memperbanyak sayur dan buah. Jikapun dengan pola makan sehat ini akhirnya aku hamil itu adalah sebuah bonus bagi kami berdua, aku dan suami.

Sejak gadis sampai sekarang pola menstruasiku teratur dan tidak pernah mengalami keterlambatan. Biasanya selalu maju 2 hari dari jadwal menstruasi sebelumnya. Dokterku pun mengatakan kalau siklus menstruasiku bagus dan rahimku tidak ada masalah. Tinggal menunggu waktu saja kapan Yang Maha Kuasa memberikan mukjizat seorang bayi untuk kami berdua. Yang penting terus berusaha dan berdoa. Perkataan itu cukup membuat kami merasa tenang dan adem.

Rasa stress yang kami alami diawal-awal pernikahan karena tak kunjung mempunyai keturunan akhirnya makin lama makin pudar. Bahkan dengan beragam pertanyaan, "Kapan punya anak?". Kali ini aku pun mulai merasa santai dan tidak mau memikirkan perkataan orang karena belum mempunyai keturunan.

Dukungan dan semangat dari orang tua juga saudara adalah support yang sangat kami butuhkan. Karena justru dukungan merekalah kami tetap sabar serta berusaha untuk menunggu kehadiran sang buah hati.

Tak hanya orang tua ataupun saudara, lingkungan sekitar baik teman, dan orang-orang yang kenal kita juga seharusnya mendukung dan memberikan semangat. Bukan malah menjatuhkan, menyindir, membandingkan dengan orang lain bahkan menanyakan terus-menerus kapan kami akan mendapatkan keturunan. Justru kondisi itulah yang membuat kami bisa menjadi down dan stress.

Beragam cara kami lakukan untuk merencanakan sebuah kehamilan. Setiap saran orang-orang terdekat selalu kami lakukan. Bacaan-bacaan dari ibu-ibu yang berhasil hamil baik di media sosial amupun buku dan majalah juga telah kami lakukan. Tak berhenti untuk berusaha dan berusaha terus.

Ternyata selama ini aku tidak tahu betul bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui masa subur dan bagaimana merencanakan sebuah kehamilan. Karena mengetahui masa subur itu penting untuk merencanakan kehamilan.

BLOGGER GATHERING BERSAMA SENSITIF

Kebetulan nih kemarin tanggal 6 Oktober 2018 saya menghadiri acara Blogger Gathering bersama Sensitif dan Tabloid Bintang di Resto Ocha Bella Hotel Morisses.



Di acara ini kami yang hadir menggunakan dress code ungu yang disesuaikan dengan sponsor acara yaitu Sensitif yang juga berwarna ungu. Acara dimulai pulul 10.00 WIB.



Acaranya seru dengan MC yang kocak dan cantik. Untuk sesi pertama adalah talkshow dengan dr.Huthia Andriyana,SpOG dari Morulla Ivf. Beliau menjelaskan tentang perencanaan kehamilan bagi pasutri.

Ada juga artis cantik yang mengisi acara yaitu Chacha Frederica. Dia menceritakan tentang kehidupan pernikahannya dan kenapa sampai 3 tahun ini belum mempunyai keturunan. Chacha menyarankan supaya kita memiliki jadwal siklus haid selama satu tahun. Jadi jika periksa ke dokter untuk merencanakan kehamilan, si dokter bisa dengan mudah memperkirakannya. Dia juga memberikan tips-tips supaya tetap harmonis dengan pasangan. Caranya yaitu selalu memberikan kenyamanan kepada pasangan. Buat pasangan betah ketika berada di rumah dan sering-seringlah memuji suami supaya dirinya merasa dikagumi.  Boleh juga nih dicoba tips-tipsnya.

Ki-ka: dr Huthia Andriyana, SpOG, Ibu Anita w


Pembicara terakhir yaitu Ibu Anita Winata sebagai Product Manager Sensitif dan Ovutest, PT Danpac Pharma yang memperkenalkan tentang apa itu Sensitif dan Ovutest sebagai alat untuk mendeteksi masa subur dalam merencanakan kehamilan.

Selanjutnya yaitu adanya workshop membuat craf dari kain. Craft yang dibuat adalah bunga tulip. Para peserta sangat antusias sekali membuat bunga dari kain. Seru dan mengasyikkan sekali.

Aku - Mbak MC - Mbak Rami Craft_studio21


Peserta Blogger Gathering 


Berikut aku jelaskan mengenai perencanaan kehamilan bagi yang ingin mendapatkan buah hati. Termasuk aku juga. 

TERJADINYA PEMBUAHAN

Untuk merencanakan sebuah kehamilan, penting sekali kita mengetahui waktu yang tepat untuk berhubungan intim dengan pasangan.

Proses terjadinya pembuahan


Terjadinya kehamilan adalah sebuah proses yang terjadi setelah melakukan hubungan intim dan akhirnya terjadi pembuahan. Satu bulan sekali wanita mengeluarkan sel telurnya. Sel telur yang keluar dari indung telur ini akan ditangkap oleh saluran telur lalu berkembang satu persatu.

Saat mendekati masa subur hanya terjadi perkembangan satu volume telur saja. Hal ini akan menimbulkan peningkatan dari hormon-hormon yang ada seperti hormon Luteinizing Hormon (LH), Follicle Stimulating Hormone dan Estrogen. Saat mencapai puncak pelepasan dari hormon sehingga menyebabkan sel telur pecah dan keluar dari cangkangnya. Inilah yang disebut dengan masa subur/ovulasi. Sel telur inilah yang nantinya siap untuk dibuahi.

Proses siklus haid yang normal


Sel telur yang pecah dari cangkangnya ini hanya bertahan selama 24 jam saja. Saat berhubungan intim, sperma yang masuk akan naik ke rahim melalui saluran telur dan siap membuahi sel telur sehingga terjadilah pembuahan. Kurang lebih 5-7 hari sel telur menempel di rahim dan jika bertemu dengan sperma maka terjadilah kehamilan.

Tetapi jika tidak melakukan hubungan maka sel telur akan mati setelah 24 jam. Akhirnya cangkang akan mengeluarkan hormon dan menebalkan dinding rahim. Setelah 14 hari akan luruh dan akan menimbulkan haid.

MENENTUKAN MASA SUBUR

Masa haid yang normal hanya terjadi satu kali dalam satu bulan. Kalau siklus haid teratur yaitu sekitar 25-35 hari maka 90% akan terjadi ovulasi. Tetapi kalau siklus haidnya tidak teratur misal 2 atau 3 bulan sekali haid makan tidak akan ada masa suburnya. Siklus haid yang teratur yaitu selama 28 hari dan hanya ada 10-15% wanita yang memiliki siklus tersebut.

Cara mendeteksi masa subur


Siklus menstruasi ini dipengaruhi oleh beberapa hormon wanita yang diproduksi yaitu Luteinizing Hormon (LH), Follicle Stimulating Hormone dan estrogen.

Oleh karena itu terjadinya ovulasi adalah tergantung dari bagaimana siklus haid kita apakah teratur atau tidak. Hal ini penting sekali supaya perencanaan kehamilan bisa terjadi.

"Masa subur dihitung 14 hari sebelum haid berikutnya."

Untuk menentukan masa subur ada beberapa cirinya yaitu:

1. Perubahan suhu tubuh basal

2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).

Cirinya yaitu adanya keputihan yang banyak dengan lendir yang lengket dan kalau ditarik melar. Jika dilihat dengan mikroskop maka bentuknya seperti pola daun pakis. Dengan bentuk pola seperti itu akan memudahkan sperma cepat masuk agar bertemu dengan sel telur.

Pola daun pakis yang menandakan masa subur


Cara mendeteksi masa subur:

Yaitu dengan mendeteksi hormon LH dan estrogen. Hormon ini akan naik pada puncaknya yaitu tepat pada masa subur. Jika dilakukan tes urin maka hasilnya positif sehingga LH juga tinggi yang diikuti oleh masa subur dan dalam 36 jam akan terjadi ovulasi.

3. Adanya Indikator minor seperti nyeri perut dan perubahan pada payudara.

MERENCANAKAN KEHAMILAN

Merencanakan kehamilan adalah hal yang penting demi mendapatkan si buah hati yang selama ini diidamkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin merencanakan kehamilan, yaitu:

1. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim?

Waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim adalah di masa subur. Jika kita sudah tahu kapan masa subur, maka segeralah lakukan hubungan intim dengan pasangan.

2. Seberapa sering frekuensi hubungan intim harus dilakukan?



Lakukan juga hubungan intim secara teratur agar kehamilan cepat terjadi. Sebaiknya berhubungan intim itu dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. 

3. Seberapa besar potensi saya hamil bulan ini?

Kemungkinan besar terjadi kehamilan bila mempunyai masa subur dengan siklus haid yang teratur. Lalu melakukan hubungan intim secara teratur juga. Menjaga kesehatan masing-masing pasutri. Disertai dengan banyak mengkonsumsi asam folat bagi wanita. Dengan mengkonsumsi asam folat ini maka akan menghindarkan bayi dari cacat bawaan. 

CARA MENENTUKAN GENDER BAYI

Untuk merencanakan kehamilan, apakah menginginkan bayi laki-laki atau wanita ada caranya yaitu:

1. Jika menginginkan anak cewek maka saat berhubungan suami istri itu sebaiknya dilakukan sebelum masa subur. Supaya sperma Y laki-laki kalah duluan. Sehingga yang bertahan hanya sperma X.

2. Jika menginginkan anak laki-laki maka saat berhubungan suami istri seharusnya saat masa subur. Dimana sperma Y yang sifatnya lincah dan nggak tahan banting langsung bergerak cepat ke seltelur. Sperma Y ini hanya bertahan selama 24 jam saja sejak saat dikeluarkan. 

Sudah tahu kan caranya ? Sekarang kalian mau merencanakan anak berjenis kelamin apa nih? Ikuti saja saran diatas ya. Siapa tahu berhasil apa yang diharapkan. Good luck.

ALAT TES MASA SUBUR DAN KEHAMILAN

Merencanakan kehamilan bisa dilakukan dengan cara manual dan bisa juga dilakukan dengan menggunakan alat. Nah kali ini aku akan bahas bagaimana merencanakan kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan pribadi dari SENSITIF.

Alat untuk mendeteksi kesuburan


1. OVUTEST STRIP

OVUTEST STRIP adalah alat uji masa subur yang digunakan untuk membantu memaksimalkan terjadinya kehamilan Ovutest Strip ini bereaksi jika terjadi kenaikan LH dan mendeteksi apakah kamu akan berovulasi selama jangka waktu 24-48 jam berikutnya atau tidak Keakuratannya mencapai 99.9% bila dilakukan dengan benar.

Ovutest strip


Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan strip yang berwarna putih pada urin sampai dengan batas tulisan "MAX" selama +/- 3-5 detik sekitar pukul 10.00 sampai 20.00. Lalu angkat dan letakkan di bidang datar. Tunggu 1-5 menit untuk melihat hasilnya.

Jika hasilnya positif, warna garis di bagian bawah lebih gelap atau sama dengan warna garis bagian atas. Berarti terjadi ovulasi (masa subur) dalam waktu 24-48 jam ke depan.

Jika hasilnya negatif, warna garis di bawah lebih muda dari di atas, atau cukhanya muncul warna di garis bagian atas saja. Artinya ovulasi (masa subur) tidak terjadi.

2. OVUTEST SCOPE

Ovutest Scope juga merupakan alat uji masa subur yang digunakan untuk membantu memaksimalkan terjadinya kehamilan yang bentuknya seperti stik lipstik. Kecil dan mungil banget. Warnanya putih.

Ovutest scope


Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air liur ke kaca. Lalu periksa dengan alat ini dengan cara mengekernya. Gunakan di pagi hari sebelum menggosok gigi, makan, atau minum. Jangan minum alkohol atau merokok karena bisa berpengaruh terhadap analisis salivanya. Cukup gampang kok.

Ovutest Scope ini bisa digunakan oleh:

- Wanita yang ingin hamil secara aman, alami, praktis, dan ekonomis.

- Wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

- Wanita yang ingin memantau siklus haidnya secara alami.

- Pasangan yang ingin memantau kesuburan secara ekonomis.

- Pasangan yang ingin menikmati kehidupan intim yang normal dengan hubungan seksual yang terbuka dan program keluarga berencana yang alami.

- Wanita yang baru memasuki masa dewasanya, yang perlu memantau kemungkinan ketidakteraturan dalam siklus kesuburannya.

- Wanita yang tidak ingin menggunakan uji air seni dan perangkat ovulasi saliva yang merepotkan.

3. OVUTEST DIGITAL


Ovutest digital ini merupakan alat uji masa subur yang berbentuk strip dan bisa gunakan selama 7 hari sejak masa subur. Tekniknya yaitu dengan mengukur kadar LH pada urine. Cara kerjanya sangat tepat dan cepat. Hasilnya akan keluar tulisan YES or NO. Kalau muncul YES berarti Subur. Kalau muncul NO berarti tidak subur. 

Ovutest digital


4. SENSITIF

Sensitif adalah Alat uji kehamilan yang mendeteksi hormon hCG dalam urin yang diproduksi selama masa kehamilan. Kepekaannya mencapai 25 mIU/ml urin.

Alat ini dipakai setelah terlambat haid, atau setelah 7 hari berhubungan. Kapanpun kamu boleh saja menggunakan alat ini untuk menguji kehamilanmu. Waktu terbaik adalah urin di pagi hari karena mengandung hormon hCG terbesar.

Oh iya, tadi dijelaskan juga oleh Ibu Anita, bahwa ada program charity yaitu “Sensitif Journey with Ovutest: Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan”. Dengan program ini mereka bisa membantu pasutri yang ingin mendapatkan kehamilan yang diinginkannya. 

Program ini ternyata banyak lo diminati oleh pasutri. Dari sekian banyak pasutri yang daftar hanya dipilih 50 pasutri untuk mengikuti program ini. Ke-50 pasutri yang terpilih tersebut akan dibimbing hingga berhasil hamil. Dan sebagian besar dari mereka setelah satu bulan ada yang berhasil hamil lo. Ternyata program ini benar-benar membantu banget ya. Aku sama suami juga mau nih mendaftar suatu saat. Semoga ikhtiar kami ini sukses ya. Doakan ya.

KESIMPULAN

Untuk merencanakan kehamilan ada beragam metode yang bisa kamu lakukan. Yang terpenting adalah menentukan masa suburmu agar potensi untuk hamil lebih besar.

Tidak ada yang sia-sia atas sebuah usaha yang keras. Insyaallah pasti akan ada jalan dan mukjizat dimana kamu sudah berusaha sejauh mungkin demi sebuah impian: "HAMIL".

*******

Nah, buat pembaca setiaku nih, yuks aku ajak kalian untuk ikut challenge dengan memberikan komentar di kolom komentar ya. Caranya cukup dengan menceritakan pengalamanmu menuju kehamilan. Buat yang ceritanya paling menarik, akan mendapatkan hampers dari Sensitif.  Yuks dikomen yuks. 

Ceritakan yuks pengalamanmu menuju kehamilan. 

Comments

Uci said…
Semangat ya mba untuk promil lagi, semoga disegerakan hamil. Aku seneng banget karena ada alat tuk Alat tes kesuburan semoga ini bisa menjadikan ikhtiarku tuk bisa hamil.
Kang Didno said…
terima kasih infonya saya jadi tahu juga masa subur nih
Nurul Rahmawati said…
Huaaahhh ini penting banget untuk dibaca dan dipahami ortu zaman now ya
kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com
Reh Atemalem said…
Semangat ya Mba, semoga dilancarkan usahanya.
Soal masa subur ini penting banget memang, tulisanmu lengkap banget btw.
Selamet Hariadi said…
hamil emang perlu disiapkan dan dijalani dengan baik
aduhh..
mbak kalau boleh saran, font di blogspotnya ganti aja boleh, lho.
khawatir yang lainnya pada kesakitan mata saat bacanya..
hihi.
maaf ya mbak.

btw, aku baru tau kalo ada masa subur ya, ku kira semua sama aja. hmm
Catcilku said…
sekarang ada ya alat untuk mengecek masa subur, makin maju saja teknologi. Oh iya tetap semangat mbak
Andiyani Achmad said…
semangat terus mba... inshaa allah diberikan yang terbaik ya
Adriana Dian said…
Mbak Faniaaaa, semangat terus ya mbak.. InshaaAllah segera diberikan momongan disaat yang terindah ya.. aamiin. Semangatbterus mbak Fania dan suami..
Ria Buchari said…
Mba fania semangat ya smoga diberikan kelancaran untuk mendapatkan momongan
Lintas Nusa said…
Sangat informatif, dijelaskan panjang lebar dengan bahasa yg mudah dimengerti,

makasih sharing-nya
Luana Yunaneva said…
Semoga mb Fania segera dikaruniai momongan yaaaaaa... Wah ini informatif banget tulisannya. Coba ada tulisan ini sebelum aku hamil, bisa lebih siap2 akunya, mbak, hehehe
hitung-hitung masa subur itu susah ya, karena setiap orang kan beda-beda ya.
Semangat terus ya mbak, semoga segera dikabulkan semua keinginan dan doanya. Amin!
PutriKPM said…
Aku baru tahu loh kalau ada perhitungannya untuk masa subur itu. Nambah ilmu baruuu
Waah swtelah lahir tiga anak baru paham soal masa subur haha
fenni bungsu said…
Daku mah belum paham soal ini, haha. Yang penting selalu mendoakan kepada para perempuan yang telah menikah untuk dimudahkan oleh Allah Swt memiliki anak, aamiin
Semangat terus mbak aku juga lagi program hamil kembali setelah 4tahun lepas KB dan setelah ikut acara ini jadi paham masa subur
gita siwi said…
Jodoh, mati dan rejeki harga mati rahasia Allah SWT ya. Pun usaha (ikhtiar) adalah bagian dari manusia. Asyik ya dibamtu alat ini
Uchy Sudhanto said…
Ihiyy asik.. dapet ilmunya buat dapetin anak cowok. Thanks for sharing mbak
Ada yang mudah hamil dan ada yang lama untuk hamil. Saya nih termasuk yang mudah hamil, tanpa ada rencana apa -apa. Semoga bisa lanjut bulan depan ya
Di bookmark, biar inget pas program nanti klo udah nikah
Semangat terus ya mba, semoga dimudahkan segalanya ya
Atisatya Arifin said…
Semangat terus ya mbak, semoga diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Adanya alat bantu deteksi kesuburan ini juga bisa jadi salah satu ikhtiar kita ya untuk berusaha. Aku penasaran sama yang bentuknya kaya mikroskop kecil deh, itu bisa dipakai berulang kali sampai jangka waktu berapa lama ya mbak?
Wah berarti harus sering-sering liat kalender yaks
Kania Safitri said…
Penting banget ya perencanan kehamilan ini
Marga Apsari said…
Aku siklus haidnya masih berantakan. Kadang kecepetan, kadang telat :(
Semangat ya mbak, insya Allah apa yang diminta selalu didengar oleh Allah. Aku pun jadi teringat saat program hamil dulu, perjalanan yang seru dan banyak belajar juga.
Pengalaman hamil pertama aku agak khawatir karena kondisi ekonomi belum mapan tapi kan Allah memberikan kita anak pasti beserta rejekinya juga. Awalnya mau nunda hamil dengan cara menginstal app masa subur di android, eh akhirnya malah aplikasi itu digunain untuk bisa hamil karena suami dan keluarga mendukung dan saya mencoba positif aja tentang rejeki. Alhamdulillah bulan ke dua setelah pernikahan saya hamil. Rasanya gak nyangka karena Allah kasih kemudahan untuk bisa hamil di mana mungkin pasangan lain harus berjuang lebih keras. Saya yakin bahwa Allah kasih saya kemudahan itu bukan semata-mata karena saya pantas mendapatkannya tapi juga sebagai sesuatu yang saya harus perjuangkan untuk mempertahankannya dengan cara menjaga kesehatan saya dan janin selama kehamilan.
Phrazey said…
Fani semangat yaa.. Semoga Allah SWT memberi rejekiNya pada saat yang terbaik, aamiin yra. InsyaAllah perjuanganmu nggak akan sia-sia. *peluk*
Terimakasih sharing infonya ttg masa subur, menarik sekali.
ft3_studio said…
Semangat fania... Percaya deh gusti Allah bakal ngasih kita disaat kita sudah dianggap siap, husnudzon sama Allah fan...
Hmmmm 3 dokter spesialis vonisnya aku gak bakal bisa punya anak secara normal alias harus bayi tabung dengan sebelumnya melakukan serangkaian terapi yang melelahkan suntik hormon, usg adablah adableh.
Tapi rupanya gusti Allah blm juga kasih kepercayaan sama aku... Akhirnya kami pasrah berdoa dan hidup sehat. Alhamdulillah akhirnya setelah 4 tahun saya dinyatakan positif dan sekarang si sulung udah 7 tahun, si nomer 2 udah 2,5 tahun dan sekarang lagi dalam penantian persalinan si ke 3...
Fania dan suami tetap semangat ikhtiar ya... Lavvvv yuuu
Rioichi shopp said…
Semangat faniaa, semoga disegerakan dikasih momongan. .Yg penting ikhtiar terusss
cici desri said…
aku belum pernah liat bentukannya di apotek mba, kalo gak baca artikel di blog mba mungkin aku pikir itu lipstik atau alat tes darah hehehe
maya rumi said…
makasih mbak fania infonya, lagi berusaha nih buat anak kedua, jadi bisa nambah ilmu lagi nih biar jadi, hahahaha,

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Make Up Look Mustika Ratu Beauty Queen Series Untuk Acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga

Assalamualaikum semuanya.
Ramadhan dan Lebaran sudah lewat nih. Tapi rasanya baru kemarin dan masih terasa suasananya. Penampilan saat Ramadhan dan Lebaran bagiku sih penting banget. Terutama untuk make up, supaya wajah terlihat lebih baik dan tidak kusam. Itu sih menurut aku ya. Bukan untuk ajang pamer make up sih. Tapi lebih ke kepercayaan diri saja. Siapa sih yang nggak pengen terlihat pede dengan tampilan yang terbaik dan siapa sih yang nggak bakalan suka kalau melihat tampilan kita menarik. 
Berhubung lebaran kemarin sudah lewat dan aku belum sempat pamer make up edisi Ramadhan dan Lebaran, maka kali ini aku mau memamerkan hasil make up untuk ke acara-acara lain. Misalnya acara luar rumah seperti acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga. Ke acara itu pun aku usahakan untuk tetap bermake up cantik, flawless, simpel dan bagus.
TENTANG MUSTIKA RATUBEAUTY QUEEN SERIES DAN KANDUNGAN MORINGA SEED EKSTRACT
Produk make up yang aku pakai kali ini adalah produk dari Mustika Ratu yaitu Bea…