Aneka Jenis Sambungan untuk Fitting Pipa Beda Material

Setiap saluran yang dibuat pastinya membutuhkan pipa dan juga segenap komponennya. Tapi dalam pelaksanaannya, semua saluran belum tentu memakai material pipa yang sama.



Ada perbedaannya yang disebabkan oleh banyak faktor, termasuk juga kecocokan jenis komponen dan material penyusunnya. Proses fitting pipa yang beda material ini caranya yaitu:

1. Flange

Flange adalah metode penyambungan pipa dengan beda material. Komponen ini bisa menyambungkan dua pipa dimana keduanya memiliki flange. Meskipun berbeda material, kedua pipa tersebut ternyata mudah disambungkan menggunakan flange karena ada pemakaian mur dan baut dimana jumlahnya disesuaikan berdasarkan jenis materialnya.

Dengan menyesuaikan jumlah mur dan baut, maka penyambungan pipa  yang beda material dengan flange ini bisa berjalan lancar. Solusi tersebut sangat efektif untuk pemasangan saluran air yang lancar serta bisa meminimalisir risiko saluran, contohnya kebocoran atau ketidakoptimalan penyambungan pipa.

2. Clamp Saddle

Cara ini adalah cara penyambungan pipa beda material dengan menggunakan clamp saddle. Aksesori pipa yang ini sudah berstandar SNI dan bisa menyambungkan pipa beda material dan bercabang. Metode yang digunakan yaitumenggunakan solvent cement dan menggunakan spigot dan socket.

Tidak banyak komponen yang dibutuhkan untuk fitting ini, jadi kebutuhan perpipaan bisa lebih ekonomis. Metode ini sangat aman karena mampu mengurangi risiko kebocoran saluran air atau saluran pembuangan. Pemakaian pipa ini lebih efektif dikarenakan sangat minim risiko.

3. Socket Weld

Komponen pipa memiliki ukuran berbeda-beda berdasarkan spesialisasi fungsi masing-masing. Materialnya berbeda jiga dikarenakan menyesuaikan ukurannya. Dalam penyambungannya, pasti perlu cara yang berbeda. Socket weld ini ternyata mampu memudahkan penyambungan komponen pipa berukuran kecil.

Penyambungan dengan metode socket weld akan lebih mudah karena bisa digunakan ke dalam berbagai ukuran. Hal tersebut bisa dicoba supaya terpenuhi kebutuhan pemasangan saluran air yang prima. Jangan lupa konsultasikan dengan ahlinya jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.

4. Union Thread

Metode yang terakhir dalam penyambungan pipa dengan beda material atau bahan penyusun yaitu metode union thread. Fitting dengan metode union thread ini sangat fleksibel karena dalam penyambungannya menggunakan sistem dratting yang mudah sekali dilepas dan dipasang lagi. Hal inilah yang mempermudah proses perbaikan saluran air atau saluran pembuangan.

Beragam cara untuk menyambungkan pipa berbeda material akan lebih optimal jika menggunakan metode tersebut. Gunakanlah jenis komponen tersebut supaya proses penyambungan pipa bisa berjalan mudah dan cepat walaupun berbeda material. Saat ini fitting pipa beda material sudah mudah dan didukung pula dengan kelengkapan peralatan yang canggih.

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚