Skip to main content

Aneka Jenis Sambungan untuk Fitting Pipa Beda Material

Setiap saluran yang dibuat pastinya membutuhkan pipa dan juga segenap komponennya. Tapi dalam pelaksanaannya, semua saluran belum tentu memakai material pipa yang sama.



Ada perbedaannya yang disebabkan oleh banyak faktor, termasuk juga kecocokan jenis komponen dan material penyusunnya. Proses fitting pipa yang beda material ini caranya yaitu:

1. Flange

Flange adalah metode penyambungan pipa dengan beda material. Komponen ini bisa menyambungkan dua pipa dimana keduanya memiliki flange. Meskipun berbeda material, kedua pipa tersebut ternyata mudah disambungkan menggunakan flange karena ada pemakaian mur dan baut dimana jumlahnya disesuaikan berdasarkan jenis materialnya.

Dengan menyesuaikan jumlah mur dan baut, maka penyambungan pipa  yang beda material dengan flange ini bisa berjalan lancar. Solusi tersebut sangat efektif untuk pemasangan saluran air yang lancar serta bisa meminimalisir risiko saluran, contohnya kebocoran atau ketidakoptimalan penyambungan pipa.

2. Clamp Saddle

Cara ini adalah cara penyambungan pipa beda material dengan menggunakan clamp saddle. Aksesori pipa yang ini sudah berstandar SNI dan bisa menyambungkan pipa beda material dan bercabang. Metode yang digunakan yaitumenggunakan solvent cement dan menggunakan spigot dan socket.

Tidak banyak komponen yang dibutuhkan untuk fitting ini, jadi kebutuhan perpipaan bisa lebih ekonomis. Metode ini sangat aman karena mampu mengurangi risiko kebocoran saluran air atau saluran pembuangan. Pemakaian pipa ini lebih efektif dikarenakan sangat minim risiko.

3. Socket Weld

Komponen pipa memiliki ukuran berbeda-beda berdasarkan spesialisasi fungsi masing-masing. Materialnya berbeda jiga dikarenakan menyesuaikan ukurannya. Dalam penyambungannya, pasti perlu cara yang berbeda. Socket weld ini ternyata mampu memudahkan penyambungan komponen pipa berukuran kecil.

Penyambungan dengan metode socket weld akan lebih mudah karena bisa digunakan ke dalam berbagai ukuran. Hal tersebut bisa dicoba supaya terpenuhi kebutuhan pemasangan saluran air yang prima. Jangan lupa konsultasikan dengan ahlinya jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.

4. Union Thread

Metode yang terakhir dalam penyambungan pipa dengan beda material atau bahan penyusun yaitu metode union thread. Fitting dengan metode union thread ini sangat fleksibel karena dalam penyambungannya menggunakan sistem dratting yang mudah sekali dilepas dan dipasang lagi. Hal inilah yang mempermudah proses perbaikan saluran air atau saluran pembuangan.

Beragam cara untuk menyambungkan pipa berbeda material akan lebih optimal jika menggunakan metode tersebut. Gunakanlah jenis komponen tersebut supaya proses penyambungan pipa bisa berjalan mudah dan cepat walaupun berbeda material. Saat ini fitting pipa beda material sudah mudah dan didukung pula dengan kelengkapan peralatan yang canggih.

Comments

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…