Senin, 17 Desember 2018

Jangan Menyesali Yang Telah Terjadi

Dalam hidup pasti kita mengalami kekecewaan terhadap apa yang telah terjadi pada kita. Setiap manusia itu pasti mempunyai masalah dalam hidupnya. Mempunyai kendala dan hambatan dalam menjalani hari-harinya. Tetapi jangan sampai kekecewaan yang kita alami menjadi sebuah penyesalan yang tidak ada habis-habisnya.

Menyesali sesuatu yang sudah terjadi itu berarti kita tidak mensyukuri apa yang telah kita hadapi dan jalani. Siapa tahu apa yang kita alami memang yang terbaik untuk kita. Justru apa yang kita harapkan terjadi dan ternyata tidak terjadi adalah hal yang bukan terbaik untuk kita. Berpikir positif saja terhadap setiap keputusan-Nya.



Aku pun pernah merasakan penyesalan dalam hidup. Contohnya nih, aku sempat menyesal karena harus merantau ke Ibukota, dan harus meninggalkan ibuku yang sendirian di kampung halaman. Menyesal kenapa tidak mencari pekerjaan yang dekat saja dengan kampung halaman. Eh termyata malah mendapat jodoh orang Ibukota juga. Akhirnya nggak jadi-jadi deh yang mau balik tinggal di kampung halaman. Padahal niatnya sih ingin lebih dekat dengan ibu karena usianya sudah lanjut. 

Toh, ibuku sudah ikhlas dan menerima keputusanku untuk merantau di Ibukota. Ibu hanya bisa memberikan doa yang terbaik untukku dan kehidupanku ke depannya. Memang itulah yang dibutuhkan seorang anak supya tetap kuat dan tegar menjalani hidup di kota rantau. Ibuku juga tidak terlalu memaksakan anaknya harus dekat dengannya. 

Akhirnya aku pun mulai introspeksi diri bahwa tak seharusnya aku menyesali apa yang terjadi padaku saat ini. Karena semuanya sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa.

Jadi saat ini aku lebih banyak bersyukur terhadap setiap apa yang telah terjadi. Selalu berpikir positif bahwa semuanya akan baik-baik saja dan semuanya memang sudah digariskan untukku. Berpikir dan bersikap positif akan menbuat segalanya lebih baik. 

Tidak ada komentar: