Skip to main content

Kekhasan Kota Sumenep Sebagai Wonderful Indonesia



Kota Sumenep adalah salah satu kota di Madura yang lokasinya di ujung timur pulau dan memiliki tata bahasa yang paling halus daripada ketiga kota lainnya. 

Kalau kamu mau ke Kota Sumenep maka disepanjang jalan raya akan terlihat ladang garam yang menjadi ciri bahwa kamu sudah mau mendekati kota Sumenep. Selain itu khususnya di kampung-kampungnya sudah berjejer pohon kelapa dan juga siwalan. Bahkan di sepanjang jalan kampung tersebut banyak yang berjualan buah siwalan beserta airnya. Terutama jalan yang menuju ke arah Pantai. 

Sebagai kota yang masih kental dengan seni dan budayanya, ternyata Sumenep banyak menyimpan kekayaan dan keindahan alam dan budaya. Bahkan sekarang Pemerintah Sumenep sedang berusaha untuk mengeksplor semua itu agar bisa menjadi destinasi utama wisatawan untuk berkunjung ke Sumenep. kekhasan Kota Sumenep ini merupakansalah satu wonderful Indonesia.

Karena merupakan kota yang penuh dengan sejarah dan memiliki ciri khas Kerajaannya, kamu bisa menelisik beberapa keistimewaan dan keindahan yang dimiliki oleh kota Sumenep saat ini. Apa sajakah itu? 

1. Wisata Sejarah dan Budaya 

Kota sumenep sangat kental dengan nilai sejarah dan budayanya. Karena disini masih tersimpan kekayaan sejarah dan budaya yang masih terawat dengan baik sampai saat ini. Beberapa wisatansejarah dan budaya yang bisa kamunkunjungi saat ke kota ini yaitu: 

# Keraton Sumenep 
Sumenep adalah kota dengan ciri khas tersendiri karena memang berbeda dengan kota lainnya. Kalau mendengar kota Sumenep yang terlintas di pikiranku adalah Keratonnya. Karena Sumenep satu-satunya kota di Madura yang masih memiliki keraton yang disebut sebagai keraton Sumenep. 



                keraton Sumenep (sumber: www.eastjava.com) 

Lokasi Keraton ini berada di pusat kota dengan memiliki ciri yang khas dan mempunyai garis linier sejarah dengan mesjid Jamik Sumenep dan alun-alun kotanya. Inilah yang menjadi ikon dari kota Sumenep. 

Keraton ini masih terawat dengan baik, bahkan dijadikan tempat tinggal anggota kerajaan dan memiliki museum yang juga digunakan untuk tempat menyimpan benda-benda bersejarah kota Sumenep. Lokasinya pun memiliki nilai sejarah yang masih melekat. 



# Masjid Agung Sumenep 
Mesjid Agung Sumenep ini adalah mesjid yang tertua dengan ciri bangunan yang khas terutama di pintu depannya. Memiliki nilai sejarah yang juga kental dan mempunyai hubungan dengan sejarah Keraton Sumenep. Pintu gerbang depan mesjid ini adalah memiliki campuran seni daerah dan seni cina. Bahkan sampai sekarang berdiri kokoh tak ketinggalan jaman. Masih terlihat elegan dan eksotis. 


          Mesjid jamik Sumenep (sumber: www.situsbudaya.id) 


Lokasinya yang strategis dan di pusat kota seringkali menjadi tempat persinggahan sementara untuk beristirahat dan melakukan shalat lima waktu bagi para wisatawan. Terutama pada saat liburan Idul Fitri, Idul Adha dan liburan besar lainnya. 

2. Wisata Bahari 

Disamping kotanya yang khas, Sumenep memiliki wisata bahari yang banyak dan menjadi destinasi wisata yang banyak dicari wisatawan. Lokasinya yang dikelilingi oleh pantai menjadikan Sumenep sebagai kota dengan banyak wisata baharinya. Bahkan memiliki pulau-pulau kecil dengan pantai-pantainya yang indah dan eksotis. Untuk menuju pulau tersebut kamu harus menyeberang menggunakan perahu atau kapal. 

Pulau-pulau yang ada sebanyak 127 pulau yang ternyata menyimpan beragam keindahan alam yang tidak kita bayangkan. Tidak kalah dengan keindahan destinasi wisata di kota lainnya. Namun sayang keeksotisan dari pulau-pulau kecil di Sumenep ini masih ada beberapa yang belum terkuak dan belum dikenal banyak orang. 

Diantara pantai pantai yang dimiliki oleh Sumenep adalah: 

# Pantai Lombang. 

Pantai Lombang ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kota Sumenep. Pantai ini terletak di utara kota Sumenep. Pantainya yang indah dengan pasirnya yang putih mampu membuatmu terpesona dan betah berkunjung.




Yang istimewa adalah sepanjang pantai ini ditumbuhi oleh pohon cemara udang yang rimbun dan pohonnya tinggi. Jadi sangat membuat teduh bagi para pengunjung jika ingin berteduh, duduk-duduk bersama keluarga sambil menikmati pantai. Lautnya yang biru memberikan keindahan tersendiri. 




Jalur menuju ke sana cukup melalui darat dengan menggunakan kendaraan baik umum atau pribadi. Hanya saja dulu itu jalur jalannya masih belum bagus dan beraspal. Tapi sekarang untuk menuju ke sana sudah bagus. Jarak tempuh dari pusat kota Sumenep sekitar 1 jam dengan melewati desa-desa dan pemandangan alam kampung Sumenep. 

# Gili Labak 
Gili Labak ini berada di salah satu pulau kota Sumenep. keindahannya tak kalah dengan keindahan pantai-pantai lainnya di Indonesia. adanya keindahan alama di bawah laut menjadi sebuah keistimewaan tersendiri di pantai ini. sangat eksotis dan masih terlihat alami. 



                                        www.pegi-pegi.com 

pantainya yang indah dengan airnya yang jernih mampu memperlihatkan alam bawah laut dengan jelas beserta biota-biota laut yang ada di dalamnya. Tak heran kalau akhirnya banyak wisatawan datang ke sini untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantainya. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Lombok atau Bali untuk melihat alam bawah laut. 

Untuk menempuh pantai ini dari kota Sumenep bisa menggunakan perahu motor selama 2 jam. 

# Gili Genting 
Pantainya yang indah dan juga memiliki air yang bersih dan bening menampakkan keindahan alam bawah laut yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Disini juga tersedia beberapa penginapan yang diperuntukkan wisatawan supaya bisa menginap.







# Gili Iyang. 

Gili Iyang merupakan salah satu pantai indah yang juga ada di Pulau di Sumenep. Pantai ini memiliki kadar oksigen yang tinggi sebesar 27% sehingga disebut juga pantai dengan oksigen tertinggi yang dimiliki. 


                                  sumber: IG rizahimawan 

Keindahan alam bawah lautnya pun tak kalah bagusnya. Pantainya jernih dan bersih dengan pemandangan bawah laut yang tampak dengan jelas dilihat dari atas. Di Gili ini kamu jtak hanya bisa menyaksikan pantainya yang indah, tai kamu juga bisa menikmati indahnya gua-gua yang ada di sini karena disini banyak terdapat gua. Untuk menempuh Gili Iyang ini, dari Sumenep juga menggunakan perahu motor sekitar 45 menit. 

3. Akses Menuju Sumenep 

Sudah tahu kan betapa eksotisnya kota Sumenep ini. Beragam wisata bisa kamu saksikan dan kunjungi. Apa yang ada di kota Sumenep ini akan siap memanjakanmu. Tinggal memilih mana wisata yang akan kamu kunjungi. 

Untuk menuju kota Sumenep ini mudah sekali. kalau kamu dari kota Surabaya, kamu bisa banyak menggunakan alternatif kendaraan. kalau dari bandara, kamu juga bisa langsung menggunakan pesawat langsung menuju kota Sumenep. sesampainya di kota Sumenep, tinggal menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi. atau kalau dari Surabaya kamu bisa menyewa mobil sampai ke Sumenep dan bisa juga menggunakan travel menuju kota Sumenep. Jarak tempuh dari Surabaya ke Sumenep dengan menggunakan kendaraan mobil bisa mencapai 6-7 jam. 



Yuks ikut berpartisipasi di Wonderful Indonesia Blog Competition. Tulislah salah satu keindahan dari Indonesia menurutmu sendiri.


Comments

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Make Up Look Mustika Ratu Beauty Queen Series Untuk Acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga

Assalamualaikum semuanya.
Ramadhan dan Lebaran sudah lewat nih. Tapi rasanya baru kemarin dan masih terasa suasananya. Penampilan saat Ramadhan dan Lebaran bagiku sih penting banget. Terutama untuk make up, supaya wajah terlihat lebih baik dan tidak kusam. Itu sih menurut aku ya. Bukan untuk ajang pamer make up sih. Tapi lebih ke kepercayaan diri saja. Siapa sih yang nggak pengen terlihat pede dengan tampilan yang terbaik dan siapa sih yang nggak bakalan suka kalau melihat tampilan kita menarik. 
Berhubung lebaran kemarin sudah lewat dan aku belum sempat pamer make up edisi Ramadhan dan Lebaran, maka kali ini aku mau memamerkan hasil make up untuk ke acara-acara lain. Misalnya acara luar rumah seperti acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga. Ke acara itu pun aku usahakan untuk tetap bermake up cantik, flawless, simpel dan bagus.
TENTANG MUSTIKA RATUBEAUTY QUEEN SERIES DAN KANDUNGAN MORINGA SEED EKSTRACT
Produk make up yang aku pakai kali ini adalah produk dari Mustika Ratu yaitu Bea…