Resep Sayur Asem Sunda Untuk Menu Buka Puasa

Tiap kali mau menjelang buka puasa pasti kita akan menyediakan menu untuk berbuka puasa. Kalau yang suka memasak menu yang dihidangkan pasti bermacam-macam kan. Apalagi kalau menu yang dihidangkan disukai oleh semua keluarga. 

Biasanya kalau buka puasa di rumah nih aku suka menu yang berkuah lalu dipadukan dengan lauk-pauk yang cocok. Baik itu ikan atau ayam atau bisa juga daging. Rasanya kalau bebruka puasa tuh pengennya yang ada airnya karena biasanya lebih nikmat dan puas. Membayangkan buka puasa seperti ini jadi ngiler kan ya. 

Menu yang berkuah ini diantaranya yaitu sayur-sayuran seperti sayur bening bayam, sayur sop, sayur asem, capcay, sayur lodeh ataupun sayur tumis. Untuk menu berkuah selain sayur seperti soto, ayam disayur, ikan disayur dan masih banyak lagi. 

Untuk membuat sayuran berkuah, biasanya akuselalu stok sayuran tiap minggu di kulkas, khuusnya sayuran yang nggak cepat busuk selama seminggu. Misalnya timun, labu siam, buncis, kacang panjang, melinjo dan lainnya. Sedangkan untuk sayuran yang mudah buauk dan hanya bertahan selama 3 hari saja, aku belinya di pasar saat sore hari pulang kantor. Untung saja masih ada yang jualan meskipun sore hari. Atau bisa beli di tetangga rumah saat pagi hari. Disana juga sudah tersedia beragam sayuran dan lauk-pauk serta bumbu. Jadi tidak terlalu repot banget. 

Berhubung kali ini aku mau share resep sayur berkuah sebagai menu buka puasa, maka aku kan share resep sayur asem sunda. Sayur asem sunda ini cocok banget dimakan dengan ikan goreng apa saja ditambah sambal. Cocok juga dimakan dengan sambal teri goreng dan juga empal ditambah smabal terasi. Wah, bakalan nikmat banget lo. Hayo, ada yang ngiler nggak nih. 

Karena aku pekerja kantoran dan tidak punya pembantu, bahkan kalau pulang sore hari sampai rumah bisa-bisa jam 5 sore, sepertinya untuk memasak menu berbuka puas itu cukup sulit dan nggak bakalan nutut waktunya. Oleh karena itu, aku biasanya mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak utnuk berbuka puasa di saat pagi hari setelah sahur. Mulai dari bumbu, sayur dan lauk yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Baru setelah itu, aku taruh di kulkas. Nanti pulang kantor tinggal dimasak karena tinggal cemplung-cemplung saja. Sangat praktis kan? 

Oke, langsung aja ya aku tulis resep membuat sayur asem sunda.



Bahan yang dibutuhkan:
# 1 buah labu siam besar yang dipotong dadu.
# kacang panjang yang potong-potong sesuai selera.
# jagung manis secukupnya, lalu dipotong sesuai selera.
# 50 gram melinjo
# 25 gram daun melinjo
# 50 gram kacang tanah yang direbus hingga empuk
# 4 sdm air asam jawa
# 2 lembar daun salam
# 2 cm lengkuas geprek
# air secukupnya
# Garam secukupnya
# Gula merah secukupnya

Bumbu halus yang dibutuhkan:
# 8 siung bawang merah
# 4 siung bawang putih
# 7 buah cabai merah
# 1 sdt terasi
# 3 butir kemiri yang disangrai

Cara membuatnya:
1. Siapkan panci dan rebus air sampai mendidih.
2. Lalu masukkan lengkuas, daun salam, dan bumbu halus. Masak sampai mendidih.
3. Kemudian masukkan jagung manis dan melinjo, dan masak sampai jagung matang.
4. Masukkan kacang tanah dan labu siam. Masak hingga labu matang.
5. Masukkan daun melinjo, kacang panjang, garam, gula, dan air asam. Aduk hingga rata.
6. Masak sampai semua matang dan sajikan selagi panas.

Nah, resep sayur asem sundanya sudah selesai. Tinggal disajikan saat berbuka puasa bersama keluarga. Kalau ingin lebih pedas bisa ditambahkan cabe rawit pada bumbu halus atau cabe besarnya dibanyakin. Makan sayur asem ini lebih nikmat saat hangat.

Selamat berbuka puasa. 

Comments

Popular Posts