Skip to main content

Resep Sayur Asem Sunda Untuk Menu Buka Puasa

Tiap kali mau menjelang buka puasa pasti kita akan menyediakan menu untuk berbuka puasa. Kalau yang suka memasak menu yang dihidangkan pasti bermacam-macam kan. Apalagi kalau menu yang dihidangkan disukai oleh semua keluarga. 

Biasanya kalau buka puasa di rumah nih aku suka menu yang berkuah lalu dipadukan dengan lauk-pauk yang cocok. Baik itu ikan atau ayam atau bisa juga daging. Rasanya kalau bebruka puasa tuh pengennya yang ada airnya karena biasanya lebih nikmat dan puas. Membayangkan buka puasa seperti ini jadi ngiler kan ya. 

Menu yang berkuah ini diantaranya yaitu sayur-sayuran seperti sayur bening bayam, sayur sop, sayur asem, capcay, sayur lodeh ataupun sayur tumis. Untuk menu berkuah selain sayur seperti soto, ayam disayur, ikan disayur dan masih banyak lagi. 

Untuk membuat sayuran berkuah, biasanya akuselalu stok sayuran tiap minggu di kulkas, khuusnya sayuran yang nggak cepat busuk selama seminggu. Misalnya timun, labu siam, buncis, kacang panjang, melinjo dan lainnya. Sedangkan untuk sayuran yang mudah buauk dan hanya bertahan selama 3 hari saja, aku belinya di pasar saat sore hari pulang kantor. Untung saja masih ada yang jualan meskipun sore hari. Atau bisa beli di tetangga rumah saat pagi hari. Disana juga sudah tersedia beragam sayuran dan lauk-pauk serta bumbu. Jadi tidak terlalu repot banget. 

Berhubung kali ini aku mau share resep sayur berkuah sebagai menu buka puasa, maka aku kan share resep sayur asem sunda. Sayur asem sunda ini cocok banget dimakan dengan ikan goreng apa saja ditambah sambal. Cocok juga dimakan dengan sambal teri goreng dan juga empal ditambah smabal terasi. Wah, bakalan nikmat banget lo. Hayo, ada yang ngiler nggak nih. 

Karena aku pekerja kantoran dan tidak punya pembantu, bahkan kalau pulang sore hari sampai rumah bisa-bisa jam 5 sore, sepertinya untuk memasak menu berbuka puas itu cukup sulit dan nggak bakalan nutut waktunya. Oleh karena itu, aku biasanya mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak utnuk berbuka puasa di saat pagi hari setelah sahur. Mulai dari bumbu, sayur dan lauk yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Baru setelah itu, aku taruh di kulkas. Nanti pulang kantor tinggal dimasak karena tinggal cemplung-cemplung saja. Sangat praktis kan? 

Oke, langsung aja ya aku tulis resep membuat sayur asem sunda.



Bahan yang dibutuhkan:
# 1 buah labu siam besar yang dipotong dadu.
# kacang panjang yang potong-potong sesuai selera.
# jagung manis secukupnya, lalu dipotong sesuai selera.
# 50 gram melinjo
# 25 gram daun melinjo
# 50 gram kacang tanah yang direbus hingga empuk
# 4 sdm air asam jawa
# 2 lembar daun salam
# 2 cm lengkuas geprek
# air secukupnya
# Garam secukupnya
# Gula merah secukupnya

Bumbu halus yang dibutuhkan:
# 8 siung bawang merah
# 4 siung bawang putih
# 7 buah cabai merah
# 1 sdt terasi
# 3 butir kemiri yang disangrai

Cara membuatnya:
1. Siapkan panci dan rebus air sampai mendidih.
2. Lalu masukkan lengkuas, daun salam, dan bumbu halus. Masak sampai mendidih.
3. Kemudian masukkan jagung manis dan melinjo, dan masak sampai jagung matang.
4. Masukkan kacang tanah dan labu siam. Masak hingga labu matang.
5. Masukkan daun melinjo, kacang panjang, garam, gula, dan air asam. Aduk hingga rata.
6. Masak sampai semua matang dan sajikan selagi panas.

Nah, resep sayur asem sundanya sudah selesai. Tinggal disajikan saat berbuka puasa bersama keluarga. Kalau ingin lebih pedas bisa ditambahkan cabe rawit pada bumbu halus atau cabe besarnya dibanyakin. Makan sayur asem ini lebih nikmat saat hangat.

Selamat berbuka puasa. 

Comments

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…