Tips Buka Puasa dengan Pola Makan Sehat

Sudah memasuki bulan Ramadhan adalah saatnya umat Muslim menjalankan kewajibannya untuk beribadah puasa selama sebulan penuh. Puasa bukan hanya tentang menahan hawa nafsu tapi juga tentang bagaimana kita menjalan rukun islam dengan benar.

Berpuasa ada waktu untuk berbuka dan ada waktu untuk sahur. Berbuka adalah waktu kita membatalkan puasa yaitu pada saat adzan maghrib berkumandang. Sedangkan sahur adalah waktu kita berpuasa yaitu sebelum imsya' dan adzan subuh berkumandang. 

Setelah seharian berpuasa pasti saat berbuka ingin segera makan makanan yang diinginkan bukan? Bahkan hampir semua makanan ingin dimakan. Artinya kita lapar mata. Padahal sebenarnya kalau sudah berbuka ternyata kita hanya makan makanan secukupnya saja kan?

Padahal saat berbuka itu kita hanya membutuhkan makanan secukupnya saja. Bukan hanya mengikuti hawa nafsu dengan memakan semua makanan. Jadi kita tidak terlalu kekenyangan saat sudah berbuka. Kalau sudah kekenyakan peruta kan terasa begah lalu mengantuk kan?

Berhububg aku sudah lama nih menerapkan pola makan sehat, berbuka puasa pun juga menerapkan pola makan sehat. 

Nah, berikut beberapa tips pola makan sehat dari aku saat berbuka puasa. Diantaranya yaitu:

1. Biasanya sebelum makan aku selalu minum jeniper (jeruk nipis hangat). Mengapa? Selain untuk detoks dan menjaga daya tahan tubuh, dengan meminum jeniper kita tidak akan mudah terserang flu dan batuk karena jeniper ini ammpu bersihkan kerak2 yang ada di dalam mulut kita.




2. Setelah minum jeniper biasanya aku makan buah. Untuk buah ini aku bikin jus atau hanya sekedar dipotong/dikupas saja. Sewaktu bikin jus aku tidak menambahkan susu,gula atau madu. Tapi supaya terasa manis biasanya jus ini aku kombinasikan dengan buah yang manis misalnya semangka, melon, pepaya, dan buah manis lainnya. Bisa juga lo jus buah ini dicampur dnegan kurma sejumlah ganjil. Karena kurma termasuk buah juga kan? Atau mau dimakan terpisah juga nggak pa2. Mau makan kurma dulu atau buah dulu juga bisa.


3. Setelah makan buah beri jeda waktu setengah jam untuk makan besar. Biasanya sebelum amakan besar aku shalat maghrib dulu dan mengaji. Baru setelah itu makan besar menggunakan nasi, lauk dan sayuran. Tentunya porsi makan harus secukupnya. Jangan sampai kekenyangan.



4. Nah baru deh setelah makan besar ini. Beberapa jam kemudian aku mulai ngemil2 makanan ringan misal kacang-kacangan, kue atau lainnya. 

Nah, itu adalah kebiasaanku setiap kali berbuka. Tipsnya mudah banget dan tentunya menyehatkan lo. Insyallah di bulan puasa ini flu dan batuk bakalan nggak menyerang diri kita karena dengan pola makan yang baik dan sehat.

Kalau kamu bagaimana buka puasanya? Sharing yuks. 

Comments

Nia K. Haryanto said…
Wah keren, pola makannya sehat. Aku nih, begitu beduk, minum air putih dan langsung gorengan. Huhuhuhu... gak sehat banget. Sayur dan buah dikit atau bahkan sering ke-skip. :(
Okti Li said…
Pas buka langsung makan kurma, minum air putih. Udah cukup. Lanjut ngurusin anak yg juga sedang belajar puasa. Hehehe
Setelah tarawih baru deh makan besar. Gitu kebiasaan say aman
Awan said…
Waah tips pola makan sehat Mba Fania ini patut dicoba, boleh dicoba tuh si jeniper supaya tidak mudah flu. Noted! Terima kasih tipsnya Mba Fania :)
Gita Siwi said…
Puasa itu memang mencari berkah sehat juga ya melalui makanan yang kita siapkan. Nggak berlebihan atau mewah tapi memenuhi gizi seimbang deh
Fenni Bungsu said…
Kalau daku malah nggak kuat minum jeniper duluan sebelum makan, soalnya punya gangguan lambung. Kalau setelahnya bisa
Hanni Handayani said…
wah baru tau klo buka bisa minum jeniper...perutnya apa ga kaget mba,, biasa klo saya minum sebelum tidur
unggulcenter said…
Di Jeda dulu ya untuk makan besarnya setelah berbuka. Oke sip.. !
Nefertite said…
Aku seneng baca tulisan ini, karena aku lagi latihan buka dengan sehat, kaya ada motivasi begitu, makasih Teh
Ida said…
Secara teori mah dah paham pas giliran prakteknya suka kalah sama akang suami yg hobi bikin gorengan heu..
Ida said…
Secara teori mah dah paham pas giliran prakteknya suka kalah sama akang suami yg hobi bikin gorengan heu..
Nufa Zee said…
MasyaAllah 😍 senang deh ada yg ikut polmak sehat, kalau aku minum lemon peres pas sebelum santap sahur, klo berbuka cukup dengan air putih hangat dan buah buahan, sehat selalu yak
Sara Neyrhiza said…
Aku juga rutin minum jeniper termasuk saat lagi nggak puasa. Bener bikin daya tahan tubuh lebih bagus
Elly Nurul said…
Aku perbanyak makan sayur dan buah mbak.. nyemilnya juga yang kaya serat dan protein tinggi seperti oat dan granola, yang melepas energi lebih lama, jadi ngga gampang laper.. bismillah ya mba, bulan baik memulai semuanya dengan yang baik termasuk pola makan
Dwina said…
Tipsnya oke juga. Tapi kayaknya cuma saya deh yang ngga suka rasa jeniper. Ngga tau tuh kenapa. Aneh ya? Padahal banyak yang bilang seger...
Nunu Halimi said…
Kebiasaan buka puasa makannya lontong, jadi pingin beralih nih ke yang lebih sehat minum jeniper..

Popular Posts