Menulis Bahasa Inggris di The British Institute

Menulis Bahasa Inggris di The British Institute 

Menjadi blogger tak hanya mampu mengasah tulisan di blog menggunakan bahasa indonesia saja tapi perlu juga mengasah kemampuan menulis bahasa inggris. Menulis Bahasa Inggris ini juga menjadi hal yang penting lo, karena kalau kita menulis blog dengan bahasa inggris, kemungkinan pembaca blog kita bisa mencakup dari luar negara Indonesia. Lumayan kan bisa nambah pembaca yang mau berkunjung ke blog kita. Apalagi kalau nanti ada job review yang berbahasa inggris, bisa tuh kita apply. Siapa tahu rejeki kan?



Menulis bahasa inggris bagiku menjadi hal yang harus dipelajari dan harus dicoba serta diasah terus. Sudah lama sih aku berharap bisa menulis bahasa inggris di blog. Tapi selalu maju mundur karena kemampuan menulis bahasa inggrisku sangat kacau alias amburadul grammarnya. Hahaha. Soal grammar ini nih yang susah-susah gampang karena harus benar-benar memahami.

Tapi bersyukurlah kemaren aku mendapat undangan untuk ikut short course writing  dari TBI ( The British Institute yang bekerja sama dengan ISB (Indonesian Social Blogger). Penyelenggaran short course menulis Bahasa Inggris ini dilaksanakan 3 hari yaitu dari tanggal 21 sampai 23 Juli 2020 mulai jam 11.00 sampai jam 13.00 WIB.



Pelaksanaan short course menulis bahasa inggris ini dilaksanakan secara online melalui google classroom dan zoom. Dimana di dalam short course ini  dipandu dengan teacher dari TBI tiap harinya.

Pertama kali memulai short course, kita masuk ke menu google classrom. Baru setelah itu diberi link menuju zoom class dan diminta untuk mengunduh materi yang nantinya akan diajarkan. Di dalam materi tersebut juga ada beberapa soal latihan yang langsung bisa dikerjakan oleh peserta short course saat pelajaran di mulai.

Menulis Bahasa Inggris Hari Pertama ( Introducing Myself)

Di hari pertama, para peserta diberi materi tentang bagaimana menulis bahasa inggris berupa perkenalan diri kita. Kita diminta menulis tentang biodata diri  (introducing my self) dengan grammar yang baik dan benar.

Setelah kita menuliskan tentang diri dengan menggunakan bahasa inggris, lalu tulisan kita dikoreksi oleh tutornya. Apakah penulisan dan grammarnya benar atau salah atau ada yang kurang. Cukup banyak koreksinya saat menulis perkenalan diri ini. Padahal pelajaran ini cukup simple kalau dituliskan dalam bahasa Indonesia. Tapi kalau sudah dituliskan dalam bahasa inggris, ternyata nggak mudah.

Pelajaran introducing myself ini sangat penting bagi kita sebagai blogger, karena ini adalah langkah awal kita memperkenalkan diri kepada pembaca di bagian profil blog. Jadi pembaca bisa paham siapa sih pemilik blog yang sedang dibacanya tersebut.

Menulis Bahasa Inggris di Hari kedua (Type on sentences and characteristic)



Di hari kedua ini, kita belajar tentang Type on sentences and characteristic. Di sini kita akan mempelajari bagaimana karakteristik dan tipe kalimat dalam menulis bahasa inggris. Tentunya grammar tetap diperhatikan dengan baik dan benar.

Materi yang diberikan yaitu berupa simple sentences, compound sentences, dan complex sentences. Cukup rumit juga ya. Hehehe. Bagiku ini nggak mudah, karena harus benar-benar paham. Harus dipelajari ulang dan terus diulang supaya menghasilkan tulisan yang baik dan bagus dalam penulisannya.

Di hari kedua ini juga tiap peserta diberi pelatihan menulis bahasa inggris. Kemudian akan dikoreksi oleh tutor yang mengajar hari itu.


Menulis Bahasa Inggris di Hari ketiga ( descriptive a product)



Di hari ketiga, peserta mendapat materi tentang menulis bahasa inggris yaitu mengulas sebuah produk. Di dalam materi ini, peserta diminta untuk mendeskripsikan sebuah produk baik positif maupun negatif. Mendeskripsikan sebuah produk juga harus menuliskan tentang bagaimana menjelaskan visual produk tersebut, bagaimana kualitasnya dan juga bagaimana menjelaskan tentang harganya. Penjelasan yang disampaikan oleh kita di blog harus benar-benar mampu memberikan pemahaman kepada pembaca blog kita. Tak lupa diperhatikan juga grammarnya, supaya pembaca memahami bahwa apa yang dijelaskan oleh kita sesuai dengan ekspektasinya. Pengungkapan karakteristik produk ini juga diharapkan mampu menarik minat pembaca supaya tertarik dengan ulasan produk yang kita tulis.

Dalam menulis produk, kita harus paham bagaimana menguraikan tentang perbandingan ( comparison), hipotesa (hypothesis), kritikan ( criticsm) dan spekulasi ( speculation) terhadap suatu produk. Keempat hal tersebut harus dipahami benar perbedaannya.

Materi tentang menulis produk dalam bahasa inggris ini sangat penting bagi seorang blogger, karena biasanya blogger mendapat job review berupa mengulas sebuah produk ke dalam blognya. Hal ini memudahkan kita sebagai peserta memahami penulisan dalam bahasa inggris.



Oh iya, short course bahasa inggris singkat ini cukup memberikan pemahaman bagiku bagaimana mengulas sebuah produk di blog dengan tulisan bahasa inggris. Meskipun singkat tapi rasanya masih kurang dan harus banyak belajar lagi nih. Karena aku rasa tulisan bahasa inggrisku masih kurang bagus.

Nah, buat kamu yang ingin mengasah kemampuan menulis bahasa inggris baik itu untuk blogger, mahasiswa, pelajar atau pun umum bisa lo langsung belajar di The British Institute yang terdekat. Apalagi buat mereka yang ingin sekolah di luar negeri nih, sangat penting untuk memulai belajar menulis bahasa inggris dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar lo.


Tentang The British Institute ( TBI)



Belajar bahasa Inggris di The British Institute ini benar-benar memuaskan, meskipun hanya belajar online saja. TBI didirikan pada tanggal 18 Februari 1984, sebagai institusi pendidikan untuk pembelajaran Bahasa Inggris. TBI merupakan tempat kursus Bahasa Inggris yang patut diacungi jempol karena  mampu mempertahankan komitmen dan mengembangkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kualitas belajar dan mengajar.

Kali ini adalah pertama kalinya aku ikut short course menulis Bahasa Inggris di TBI. Hasilnya cukup memuaskan. Pengajarnya juga enak cara ngajarnya, ramah dan bersahabat. Mereka mampu memandu kita dan mengkoreksi kesalahan kita saat belajar. Meskipun yang aku ikutin berupa short course online tapi cukup memberikan ilmu tentang menulis bahasa inggris yang cukup.

Kebetulan pengajar yang menjadi mentor di TBI ini sudah memenuhi syarat kualifikasi  sesuai dengan standard internasional.  TBI merupakan institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang sudah disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages). Dengan adanya sertifikasi tersebut TBI mampu menjadi tempat kursus Bahasa Inggris yang  akan selalu mengikuti perkembangan terbaru untuk pelatihan guru serta selalu   terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.

Seperti kita ketahui bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa utama dunia yang harus dikuasai oleh seluruh warga di dunia ini. Terutama dalam menghadapi persaingan global yang makin ketat. Dengan menjadikan Bahasa Inggris sebagai  2nd languange maka kita bisa dan mampu bersaing dalam persaingan global saat ini. Apalagi bahasa Inggris ini akan selalu dipergunakan seumur hidup oleh kita. Jadi selama kita mampu untuk belajar, maka belajarnya Bahasa Inggris sebaik mungkin terutama menulis bahasa inggris buat para blogger yang ingin mengasah kemampuan menulis blognya dalam bahasa inggris.

The British Institute Ultah ke-36 tahun


Tak terasa bahwa TBI sudah menginjak angka ke-36 tahun. Kesempatan emas nih buat para murid yang ingin mengasah kemampuan bahasa inggrisnya dengan mengikuti  beberapa kompetisi yang diadakan oleh TBI. Ada lomba menulis, membuat vlog, kompetisi video dan lainnya. Yuks yang mau ikut bisa lo ikutan lombanya.

Di hari ulang tahun TBI ini juga diadakan TBI Festival Citylink  yang berlokasi di  Bandung. Lokasi tersebut sangat strategis yaitu di  daerah Jalan Peta - Bandung. Lokasi TBI Festival Citylink ini adalah tempat yang tepat dan strategis serta memiliki Parkiran yang luas dan akses mudah ke Mall. Kita bisa mencari tempat makan dan hiburan dengan mudah pula. Asyik kan setelah ruwet kursus bahasa inggris lalu bisa santai-santai jalan ke mall sambil cuci mata.

Sistem Pembelajaran The British Institute


Di dalam festival TBI ini ada beberapa Sistem Pembelajaran, diantaranya yaitu:
- Classroom
- Online
- Blended Learning

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan belajar/kursus Bahasa Inggris di TBI, yaitu:

1. Sistem pembelajaran yang dipakai adalah menggunakan Metode dan materi pengajaran yang selalu up-to-date.
2. TBI sudah mendapat kepercayaan  dari banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.
3. TBI menerapkan sistem pengajaran yang sangat praktis dan relevan.
4. Untuk jadwal kelas  yang disediakan sangat bervariasi. Murid-murid dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Jadwal kelas di TBI ini mulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu yaitu pukul 10.00 – 19.00.
5. Tenaga pengajar yang disediakan oleh TBI berasal dari tenaga pengajar asing dan lokal yang sudah berpengalaman dan memiliki standard kualifikasi serta sertifikasi Internasional.
6. Di TBI, metode pembelajaran yang digunakan sangat menyenangkan dan dinamis. Kita bisa belajar dimana saja karena ada kelas online / digital learning yang disediakan oleh TBI.
7. Biaya kursusnya sangat terjangkau.


Program Kelas The British Institute


Ada beberapa Program Kelas yang tersedia di TBI, yaitu:
- Children
- Pre Teen
- Teen
- Global English
- Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
- Workshop
- In House Training
- Private Class
- Blended Learning
- Online Learning
- Teacher Training

Sedangkan untuk aktifitas yang disediakan diantaranya:
- Supporting acara acara pendidikan, pentas sesi.
- Special Promotion
- All Year Programme
- Holiday Programme & Back to School Programme

Lokasi  dan Informasi The British Institute


Buat kamu yang tertarik untuk kursus bahasa inggris di TBI, bisa langsung datang ke kota dan lokasi terdekat yang ada di daerahmu, yaitu:

- Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading
- Cibubur
- Depok
- Tangerang : BSD / Gading Serpong
- Bandung : Riau / Dago / Festlink /  Jatinangor
- Malang

Untuk lebih lengkapnya, kami bisa mendapatkan informasi tentang TBI ini langsung ke sini:

Info : 0823-1601-0164
Email : info.festlink@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
Instagram : tbibandung
Facebook: TBIBandung












9 komentar

  1. Di sby TBI ini juga terkenal lho mbak..
    Banyak yg belajar bahasa inggris disini

    BalasHapus
  2. Penting banget bisa kursus di lembaga seperti TBI mbak, apalagi dari dulu saya pengen banget nulis jurnal dalam bahasa Inggris tapi kadang terbentur sama susunan kata yang benar.

    BalasHapus
  3. Selamat ya mba,karena terpilih Mendapat undangan Short Course writing dari TBI dimana bekerjasama dengan ISB.
    Apalagi menulis menggunakan bahasa inggris itu merupakan tantangan tersendiri buatku,hem.. Jadi kepikiran pengen gabung juga.

    BalasHapus
  4. Wah menarik banget bisa ikutan kursus singkat Bahasa Inggris di TBI. Join komunitas blogger itu bayak banget keuntungannya. Bisa nulis artikel berbahasa Inggris itu sesuatu banget

    BalasHapus
  5. Yang mau belajar bahasa Inggris terbantu sekali nih, apalagi saat mau menulis jurnal dengan susunan kata yang benar

    BalasHapus
  6. Mbak, ini belajarnya online berarti kan? Pengen juga deh belajar nulis bahasa Inggris bareng TBI

    BalasHapus
  7. Wah beruntung ya bisa belajar di TBI. Anakku yg SMP jg mau les bahasa inggris di TBI. Untung aja deket rumah ada nih...

    BalasHapus
  8. Super sekali mbak, mupeng sih, aku pengen juga belajar bahasa inggris buat improve skills hehehe... Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  9. Senang'nya bisa berkesempatan belajar nulis bahasa Inggris di TBI. Ada step2 nya yang memudahkan yah mba. Jadi pengen deh ikutan belajar juga. Biar bisa nulis di blog bhs Inggris. Terimakasih mba info nya

    BalasHapus

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚