Mewujudkan Resolusi Bagi Si Hobi Gambar Dengan Asus Zenbook Flip S (UX371)

 

Pasti semua orang punya resolusi yang ingin dicapai pada tahun 2021 ini. Begitu juga dengan aku. Walaupun punya banyak resolusi, aku berharap bisa tercapai satu-persatu. Namun untuk mencapainya butuh perjuangan keras dan usaha. Insyaallah pasti akan terpenuhi sesuai dengan impian kita. Nah, resolusimu apa sih tahun 2021 ini? Kalau aku sendiri banyak sih. Berikut adalah perjalanan resolusi yang ingin aku capai.

Resolusiku Masa Kecil

Hobi menggambar sejak kecil sudah tertanam dalam jiwaku. Walaupun hanya sekedar corat-coret saja tanpa sebuah keseriusan. Orang tuaku melihat bakaT gambarku hingga aku diikutkan beberapa lomba menggambar sejak kecil walaupun seringkali kalah. Tapi tidak mengapa, namanya saja sebuah usaha. Menang atau kalah tetap disenyumi saja.

Sejak kecil selalu senang melihat gambar-gambar kartun. Teringat dulu waktu masih SD sering menggambar ulang kartun Sailormoon di kertas bergaris, karena saat itu tidak punya kertas HVS. Untuk membeli HVS saja tidak cukup uangnya. Pada saat itu aku adalah penggemar kartun Sailormoon yang ngehits di jamannya.


Aku kumpulkan gambar-gambar dari majalah remaja , lalu aku jadikan satu bendel dan digambar ulang serta diwarnai sesuai dengan gambar aslinya. Ternyata hasilnya bagus juga untuk anak seusia aku. Ini adalah beberapa hasil gambar ulang Sailormoon yang aku kerjakan sendiri. Bagaimana menurutmu?

Semenjak punya hobi menggambar tersebut, dulu sempat bercita-cita ingin menjadi seorang Arsitek yang terkenal dan bisa mendesain bangunan bertingkat. Khayalanku tinggi sekali dan berharap itu bisa tercapai. Sampai akhirnya aku suka melihat-lihat gambar rumah dan bangunan yang menarik di majalah-majalah. Maklumlah saat itu tidak ada yang namanya internet.

Entah mengapa sejak SMA, resolusi dan cita-citaku untuk menjadi seoarang Arsitek makin menggebu. Apalagi didukung oleh support dari orang tuaku. Belajar dengan giat aku lakukan dan memang sepertinya aku hobi belajar. Aku ini memang aneh, disaat anak lain seusiaku lebih suka bermain, justru aku lebih suka belajar. Oh no.

Ketekunan belajar akhirnya membuahkan hasil. Resolusiku sejak kecil tercapai dan aku bahagia. Begitu juga orang tuaku bangga. Karena bakatku adalah menggambar, tanpa pikir panjang dan impian sudah ada di depan mata yaitu penerimaan kuliah melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Akhirnya pilihanku jatuh kepada kuliah jurusan Teknik Arsitektur. Aku lulus masuk perguruan tinggi tanpa tes, karena nilai pelajaranku dari kelas 1 sampai 3 SMA bagus. Impian dan cita-citaku tercapai. Resolusiku yang bertahun-tahun aku idam-idamkan tercapai. Padahal saat itu adalah resolusi anak kecil di usia labil.

Memang benar masuk jurusan Teknik Arsitektur itu paling tidak kita harus bisa menggambar. Teknik menggambar dipelajari begitu juga dengan segala macam teknik warna. Aku suka dengan jurusan ini walaupun terasa agak berat untuk tugas-tugasnya. Namun akhirnya aku bisa lulus tepat waktu juga.

Awal-awal menggambar, keahlian hand drawing sangat dibutuhkan yaitu bagaimana tangan ini dengan luwes membuat sketsa di atas kertas sehingga menghasilkan desain yang sempurna.

Resolusiku Saat Kuliah

Masa kuliah dulu, aku suka sekali mensketsa dan menggambar. Semua aku lakukan dengan menggunakan kertas folio atau kertas bergaris dan pensil. Bahkan buku tulispun seringkali jadi korban keusilan tanganku yang nggak pernah diam untuk mensketsa. Kertas apapun yang ada di dekatku, aku lahap saja dijadikan alas untuk menggambar apapun yang aku suka. Lalu aku kumpulkan dalam satu bendel, meskipun kertasnya itu ukuran kecil atau bahkan ukuran post it yang berwarna-warni.


Saat kuliah, perangkat menggambar yang ada saat itu adalah komputer PC. Di jurusan Arsitektur inilah , aku mengenal bahwa menggambar bisa dilakukan di komputer PC. Bahkan hasil sketsa kita yang menggunakan tangan di atas kertas bisa di aplikasikan secara langsung di dalam komputer PC.

Sejak itulah aku mengenal apa itu photoshop, corel draw, autocad, paint, sketchup dan masih banyak lagi. Dengan teknologi menggambar yang makin canggih ini, tentu saja kualitas gambar kita jadi lebih baik bahkan lebih cepat dan praktis. Untuk menduplikatnya atau mengkopinya pun tidak perlu menggambar dua kali. Tinggal pencet-pencet tombol keyboard pada komputer PC, dalam sekejap sudah jadi deh hasilnya.

Namun untuk mempelajari teknologi menggambar tersebut dulu aku harus membeli buku panduan di toko buku atau harus kursus di tempat kursus menggambar yang biayanya lumayan cukup mahal ya. Maklumlah saat itu masih jadi mahasiswa yang belum berpenghasilan, jadi masih mengandalkan uang jajan dari orang tua.

Kelemahan menggambar di komputer PC adalah perangkat ini tidak bisa dibawa kemana-mana. Jadi kalau mau gambar ya harus di tempatnya karena ukuran komputer PC ini sangat berat dan tidak bisa mobile.

Sejak kuliah ini resolusiku cuma satu yaitu harus bisa menggambar desain arsitektur dengan benar dan tepat menggunakan komputer PC. Hingga akhirnya supaya bisa belajar dengan cepat dan bisa praktek, aku dibelikan seperangkat komputer PC oleh orang tuaku. Alhamdulilah kali ini resolusiku untuk bisa menjadi lulusan Arsitek terpenuhi hingga aku lulus dan bergelar Sarjana Arsitektur atau ST.

Demi mencapai cita-cita tinggi hingga ke negeri China, aku melanjutkan kuliah Teknik Arsitektur ke tingkat pasca sarjana karena saat itu aku beresolusi dan bercita-cita menjadi Dosen. Sejak kuliah pasca sarjana inilah akhirnya perangkat menggambarku beralih lebih ringkas dan praktis lagi yaitu laptop. Namun saat itu, laptop yang aku punya ukurannya besar dan berat yaitu 15”, namun sudah memiliki spesifikasi yang tinggi. Harganya juga sesuai dengan spesifikasinya. Lagi-lagi ini adalah pemberian orang tua. Yang menjadi keresahan aku saat punya laptop ini, yaitu terasa berat untuk dibawa sampai akhirnya punggungku terasa sakit karena membawa beban yang cukup berat. Tapi kuat-kuat aja ya saat itu. Namanya saja masih muda.

Alhamdulilah resolusiku lulus pasca sarjana tercapai dengan lancar dan sesuai dengan keinginanku. Orang tuaku bangga. Aku akan berusaha untuk mencapai resolusiku berikutnya yaitu menjadi dosen negeri.

Resolusiku Saat Bekerja

Setelah lulus kuliah, tidak serta merta mudah mendapatkan pekerjaan. Berulang kali melamar pekerjaan sebagai Dosen Arsitektur, selalu gagal dan gagal. Memang tak selamanya resolusiku terus tercapai. Ada kalanya harus jatuh dan gagal. Atau bahkan memang bukan takdirnya, karena Allah sudah mentakdirkan yang lain terbaik untukku.

Resolusi menjadi dosen akhirnya pupus sudah. Ternyata rejekiku bukanlah menjadi dosen, namun bekerja di bidang yang lain yang benar-benar tak sesuai dengan ilmuku. Namun tetap aku syukuri, aku jalani dan aku pelajari. Tidak perlu ada penyesalan.




Sejak bekerja, aku tetap menerima jasa desain rumah. Alhamdulilah ada beberapa klien yang berminat dengan jasaku. Menjadi blogger juga sudah aku lakukan sejak awal-awal kuliah. Saat itu aku belum paham tentang desain grafis pada blog. Hanya paham dasar-dasarnya saja. Namun belum dipraktekkan lebih dalam lagi.

Resolusiku di dunia digitalisasi

Entah mengapa sejak bekerja di bidang lain, resolusiku mulai beralih. Namun tetap masih berhubungan dengan dunia menggambar. Aku makin suka mensketsa doodle dan menggambar kartun. Tapi aku melakukannya masih di atas kertas, karena masih belum mahir menggunakan aplikasi program gambar di laptop.




Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin maju, fitur untuk menggambar design grafis mulai banyak bermunculan. Makin mudah diinstal dan mudah juga digunakan. Apalagi saat ini untuk mempelajarinya tinggal membuka youtube. Belajar otodidak pun sudah bisa asalkan tekun. Beberapa aplikasi menggambar yang bisa digunakan seperti canva, picsart, medibang, ibispaint dan masih banyak lagi bisa aku pelajari dengan mudah berkat perkembangan teknologi. Aplikasi tersebut banyak fungsinya, bisa digunakan untuk membuat design grafis, presentasi, untuk media sosial, membuat kartun, doodle, dan lainnya.
Hasil sketsa  kartun Fania

Hasil sketsa doodle fania

Tak hanya bekerja di bidang tertentu, aku pun juga berprofesi sebagai blogger yang cukup menghasilkan juga. Di dunia digitalisasi ini, menjadi blogger itu dituntut banyak hal dan harus tahu banyak ilmu. Dunia blogger itu mencukupi hampir semua ilmu pengetahuan, mulai dari teknologi, industri, kesehatan, kesenian, sosial , ekonomi dan lainnya. Itulah mengapa aku harus bisa dan belajar membuat design grafis untuk blog menjadi lebih bagus, artistik dan menjual.

Majunya perkembangan dunia digitalisasi, mau tidak mau, aku harus mengejarnya supaya bisa menjadi orang yang berkembang dan tidak tertinggal. Untuk mencapai itu aku harus belajar keras beberapa aplikasi yang bisa aku pelajari seperti yang aku sebutkan di atas. Karena aku adalah tipe pembelajar dan selalu ingin bisa, semua aplikasi digitalisasi untuk design tersebut aku pelajari satu-persatu. Begitu juga dengan dunia blogger. Harus makin berkembang ilmu pengetahuan tentang dunia blogger dan yang berhubungan dengan itu terutama membuat design grafis yang menarik dan memukau pembaca.

Resolusi yang paling aku inginkan supaya tercapai di tahun 2021 ini adalah aku bisa pintar dan canggih menghasilkan gambar kartun atau manga. Dari dulu tertarik sekali bisa membuat gambar manga dengan pewarnaan yang menarik juga. Pengen rasanya bisa bikin komik sendiri. Siapa tahu kan nanti komik buatanku bisa dijadikan buku. Wah senang rasanya. Kalau aku nanti pintar membuat kartun atau manga yang menarik, aku akan memenuhi ruang blog di setiap artikelku dengan hasil gambar kartunku. Tentu saja setiap gambar kartun yang aku bikin disesuaikan dengan teman artikel yang aku buat.

Aku juga ingin mempunyai sosmed khusus untuk semua karya-karya kartun atau manga yang aku buat. Mulai dari instagram, facebook, twitter dan juga blog. Bahkan jika aku canggih membuat kartun atau manga, nantinya aku akan membuat tutorial di youtube dan juga tiktok. Lumayan ya bisa menambah jumlah subscriber youtube dan juga following tiktok. Siapa tahu aku bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sosmed yang aku punya. Syukur-syukur kalau bisa diendors oleh brand seperti alat tulis dan gambar, perangkat teknologi terbaru untuk menggambar dan brand lainnya.

Tapi untuk mendukung resolusiku tahun 2021 yaitu bisa membuat manga atau kartun lebih menarik, tentunya aku butuh perangkat laptop yang simpel, praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Apalagi aku orangnya sering mobile. Laptop yang aku butuhkan yang bisa dibawa dan diletakkan di dalam tas, lalu saat mobile bisa aku gunakan dimana saja dan kapan saja. Entah itu saat lagi menuju perjalanan ke sebuah tempat yang memakan waktu dan jarak tempuh lama, di waktu yang terbuang aku bisa menyalurkan hobiku menggambar manga atau kartun. Menggambar itu bisa menghilangkan rasa suntuk dan stress juga.

Perangkat yang aku gunakan untuk menggambar selama ini adalah laptop Asus yang berukuran 14”. Bersyukurlah kali ini laptop yang cukup ringan dan bisa dibawa kemana-mana ini bisa aku beli dengan uangku sendiri, hasil dari bekerja. Namun, yang aku sayangkan, laptop ini meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi bagiku terasa ribet dan cukup berat juga untuk ditaruh ke dalam tas kerjaku. Jadi aku letakkan di rumah saja dan digunakan saat di rumah saja. Padahal sebenarnya aku ingin sekali punya perangkat yang slim dan tipis, dan bisa dimasukkan ke dalam tas selempang atau jinjing dan bisa dibawa mobile. Dibawa naik motorpun aman dan tidak terguncang.

Kebutuhan Laptop seperti apa sih yang aku butuhkan?

Praktis, ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

Seringkali mobile kemana-mana, saat jam kerja maupun saat weekend. Tentu saja aku harus tetap produktif. Kapanpun dan dimanapun berada karena aku orangnya tidak bisa diam dan banyak ide di kepala.

Memiliki hobi menggambar dan tangan juga usil untuk mencorat-coret, aku butuh banget perangkat menggambar yang praktis, simpel, ringan dan bisa dibawa-bawa. Apalagi kalau laptop itu bisa difungsikan sebagai tablet. Bekerja sambil menggambar di kendaraan umum seperti Transjakarta atau KRL juga lebih nyaman. Ukurannya yang kecil, bisa dimasukkan ke dalam tas baik ransel atau selempang. Asyik ya.

Memiliki stylus untuk menggambar

Dari dulu sangat mengidam-ngidamin laptop yang punya stylus. Karena dengan menggunakan stylus, berasa menggambar itu memakai pensil dan lebih tergenggam dengan nyaman di tangan. Beda dengan menggunakan jari yang terkadang jari kita lebih besar dari ujung pensil. Jadi kalau menggambar di laptop menggunakan jari itu terkadang kurang presisi karena ukuran jari yang besar. Dengan penggunaan stylus ini hasil gambar lebih halus dan lebih cepat.

Kualitas layar yang aman untuk mata.

Berlama-lama di depan layar laptop itu bikin mata sakit. Apalagi kalau saat menggambar. Mulai dari sketsa hingga pewarnaan dan finishing tentu butuh waktu yang lama untuk menatap layar laptop. Supaya mata tidak lelah dan sakit saat menatap layar laptop, aku butuh laptop yang layarnya nyaman. Kebersihan layar laptop mempengaruhi kenyamanan dan keefisienan saat menggambar. Sehingga bekerja dan menggambar dengan laptop lebih sehat dengan layar yang tidak menyilaukan mata. Perlindungan mata juga terjamin.

Layar yang membantu menggambar dengan tingkat kedetailan yang tinggi dan kualitas warna yang akurat sangat aku butuhkan saat menggambar komik atau manga.

Performa kencang

Menggambar di laptop butuh kecepatan dan performa laptop yang kencang. Tidak ada buffer, loading atau ngelag sehingga menghambat dalam menggambar. Apalagi kalau ada pekerjaan menggambar yang seharusnya selesai dalam 2 jam, akibat kinerja dan performa laptop yang lambat, pekerjaan bisa selesai sampai 10 jam. Tentu bikin bete banget kan? Pekerjaan jadi tidak produktif.

Bisa berfungsi sebagai tablet.

Punya laptop yang bisa juga berfungsi untuk tablet? Wah ini aku suka banget nih. Udah impian dari dulu. Maksudnya berfungsi jadi tablet tuh, si laptop bisa dilipat hingga menjadi tablet. Kalau saat menggambar, laptop yang berfungsi sebagai tablet, bisa dianggap seperti canvas atau kertas gambar. Kalau laptop berbentuk tablet kayak gini lebih mudah digenggam dengan tanganku serasa membawa tas jinjing yang ringan atau serasa bawa buku yang hanya segenggaman tangan. Keren ya.


Keunggulan Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371

Dari kelima kebutuhan laptop yang aku sebutkan di atas, aku langsung jatuh cinta dengan laptop ASUS ZenBook Flip S UX371. Apa ya keunggulannya?

Keunggulan ASUS ZenBook Flip S UX371 sebagai laptop yang membantu penggunanya menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan produktif adalah:

1. Desain yang ringan dan ringkas.

ASUS ZenBook Flip S UX371 ini mempunyai desain yang lebih premium. Bentuknya lebih ringkas. Karena laptop ini seri S, yang berarti "Slim " dan "Sophisticated" atau tipis dan mewah, jadi desainnya lebih slim dan tipis dengan ketebalan 11,9 mm atau sekitar 1,2 cm dan ukurannya 13.3 inci. Tipis banget ya. Panjangnya 30,5 cm dan lebarnya 21,1 cm. Bobotnya hanya 1,2 kg. Cukup ringan ya. Yang paling menarik dari laptop ini yaitu desainnya yang compartible atau disebut laptop 2-in-1. Layarnya bisa dilipat atau ditekuk sampai 360 derajat dan sudah bisa berbentuk tablet. Jadi kayak menekuk buku saja ya. Praktis banget nih.



Kalau menggunakan laptop ini dengan posisi sebagai laptop biasa yaitu layar ditekuk 90°, maka hinge-nya membuat posisi keyboard agak sedikit terangkat. Hal ini dimaksudkan supaya saat mengetik posisi jadi lebih nyaman, dan sirkulasi udara dari bawah bisa mengalir dengan baik. Untuk airhole pada laptop ini berada di sisi belakang karena bentuknya yang tipis.



Dengan dimensi yang slim ini cocok banget buatku, cukup dimasukkan ke dalam tas kerja berupa tas jinjing. Bahkan dibawa kemana pun tidak akan membuat pegel di punggung. Lebih asyiknya lagi dengan dimensi slim, digenggam oleh tangan saat dibawa-bawa juga enteng, layaknya membawa buku yang cukup dipegang oleh satu genggaman tangan saja. Diletakkan di pangkuan juga nyaman dan gak terasa berat di paha. Cocok buat aku yang sering menggambar sketsa dimana-mana. Kalau pakai laptop ini serasa membawa buku gambar ukuran A4 yang setiap saat bisa dicorat-coret.




Material yang digunakan oleh laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini adalah metal. Penggunaan metal menampakkan kondisi laptop yang kokoh. Bahkan laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 sudah bersertifikat military grade. Mau dibawa kemanapun dengan kendaraan apapun yang selalu terkena guncangan, benturan, bahkan suhu ekstrem pun akan lebih aman dan tahan/kuat. Cocok banget nih aku bawa kemanapun karena sering membawa sepeda motor, dimana selalu mengalami guncangan selama dalam perjalanan.


Mengenai Cover yang ada pada laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini sudah tertulis logo reflektif ASUS yang dikelilingi pola melingkar. Untuk menambah kesan premium, ASUS menambahkan desain ekstra berupa garis yang disebut Red Copper mengelilingi bodinya. Sedangkan pada warna laptop ini, ASUS menyebutnya dengan warna Jade Black pada seluruh bagian chassis-nya.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini desainnya premium dan ringkas. Benar-benar produk kelas atas. Sekarang bagian sudut-sudutnya dipangkas sedikit beberapa bagian menyudut sehingga potongannya berbentuk mirip dengan potongan berlian. Kemudian disebut dengan diamond-cut design sehingga terlihat mewah dan premium. Desain dari ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini sangat berbeda sehingga mudah dikenali meskipun dari jauh.

2. Layarnya Touchscreen dan Konvertibel

ASUS ZenBook Flip S UX371 memiliki layar touchscreen atau layar sentuh. Jadi saat berfungsi sebagai tablet, layar pada laptop ini cukup disentuh dengan jari tangan dan bisa langsung bekerja.



Layar yang dimiliki oleh ASUS ZenBook Flip S UX371 ini sudah konvertibel dan memiliki resolusi 4K UHD atau 3840×2160 pixel serta sudah menggunakan panel OLED dengan tingkat kecerahan 400 nits. Dengan panel OLED, maka layarnya sudah memiliki warna yang kaya dan akurat pada tingkat kecerahan yang rendah (low brightness) khususnya untuk reproduksi warna hitam yang sesungguhnya. Selain itu juga mendukung fitur HDR yang sudah tersertifikasi oleh VESA. Konten HDR akan menghasilkan detail gambar yang lebih baik karena memiliki dynamic range yang lebih luas. Dengan adanya panel yang mendukung HDR ini maka gambar yang dihasilkan akan lebih detail.

Wow ini pasti sangat keren banget ya. Apalagi kalau buat gambar, saat memberikan warna akan muncul pewarnaan yang jernih, tajam dan terang. Aku tidak perlu lagi memaksimalkan tingkat kecerahan saat menggambar. Hasilnya pun pasti akan memuaskan.

Color gamut pada layarnya memiliki spesifikasi yaitu sRGB 100%, NTSC-nya 97%, Adobe RGB 100%, dan DCI P3 97%. Fantastis sekali kan. Sebagai content creator yang suka menggambar, memang butuh banget layar yang tajam. Spesifikasi color gamut pada layarnya membuat aku makin jatuh cinta untuk memilih laptop ini supaya bisa menggambar lebih menyenangkan dan nggak bakalan bikin jenuh.

Meskipun memiliki layar yang tajam, namun laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini tidak akan merusak mata saat aku menggunakannya dalam waktu yang lama. Mengapa? Karena layarnya sudah disertifikasi TรœV Rheinland yang melindungi mata dan sertifikasi Validasi Pantone yang warna layarnya sudah memiliki standar sesuai. Sertifikasi tersebut merupakan sebuah teknologi layar khusus sehingga bisa mengurangi gelombang biru dan efek flickering tanpa harus mengorbankan kualitas visual layarnya.

3. Memiliki Touchpad yang dilengkapi dengan Fitur Numberpad.

Karena pada keyboradnya sudah touchpad maka fitur yang digunakan yaitu NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook Flip S (UX371) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Cocok sekali untuk kita yang sering menggunakan numpad untuk bekerja.



Cara mengaktifkan numpad ini yaitu dengan menekan ikon yang ada di pojok kanan atas selama 1 detik sampai menyala. Numpad tersebut mempunyai dua tingkat kecerahan. Untuk mendapatkannya cukup dengan menekan ikon di sisi kiri atas. Meskipun saat bekerja dengan laptop ini numberpadnya menyala, namun tidak perlu khawatir karena touchpad juga masih aktif. Keduanya bisa digunakan. Dengan menggunakan touchpad, aku bisa menggunakan kalkukator, tinggal slide ikon pada kiri atas pada layar laptop. Hanya saja touchpad ini tidak memiliki dedicated button. Dengan layar touchpad, aku lebih nyaman melakukan navigasi pada landasannya. Melakukan klik kiri dan kanan tidak terlalu sulit. Yang lebih istimewanya lagi yaitu pada touchpad bisa menggunakan multi gesture sampai dengan 4 jari. Boleh juga nih.

4. Memiliki Stylus




Seperti aku sebutkan diatas, bahwa perangkat laptop yang aku inginkan agar resolusi tahun 2021 ini tercapai, aku butuh laptop yang memiliki Stylus. Nah, ASUS ZenBook Flip S UX371 ini adalah pilihanku karena memiliki stylus yang berfungsi sebagai alat tulis (pensil atau pena). Saat aku melipat layar pada ASUS ZenBook Flip S UX371 ini dan menjadikannya tablet, langsung bisa difungsikan layaknya kanvas digital. Aku bisa lebih mudah untuk mencorat -coret menggunakan stylus pada layar saat menggambar. 



Stylus ini memiliki 4096 pressure level dengan dukungan Windows Ink, yaitu daya tekan ujung penanya yang bisa mengatur tingkat ketebalan saat menulis atau menggambar. Selain itu pada stylusnya memiliki tombol fisik yang digunakan untuk beberapa fungsi.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

5. Keyboard dengan desain Edge To Edge

Keyboard pada Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 sudah berdesain edge-to-edge keyboard yaitu, layout keyboardnya didesain sampai mepet ke posisi kiri dan kanan. Artinya desain keyboardnya lebih lebar dan mempunyai ukuran tombol yang lebih luas. Hal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang yang sangat terbatas pada ZenBook Flip S (UX371) sehingga mengetik menjadi lebih baik. Jadi lebih efisien ya. Alasan desain keyboardnya seperti itu yaitu supaya terlihat lebih ramping, dan jarak antar tombol lebih renggang. Melakukan pengetikan pada tombol keyboardnya lebih nyaman.




Tombol Caps Lock pada keyboard akan terlihat menyala saat diaktifkan. Asyiknya lagi keyboardnya memiliki backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan pada tombol keyboardnya. Keberadaan backlit ini akan mempermudah tetap beraktivitas menggambar walaupun dalam keadaan ruangan gelap tanpa cahaya. Bekerja tetap produktif kan. Jadi makin jatuh cinta banget kan sama Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini.

6. Performa Terbaik di Kelasnya.

Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core i7-1165G7 yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. Penggunaan prosesor 11th Gen Intel Core ini ditenagai oleh GPU yang terintegrasi Intel Iris Xแต‰ Graphics dengan performa yang lebih tinggi.

Hal tersebut dimaksudkan supaya lebih efisien dan hemat daya. Sebagai laptop tablet yang cukup ringan, memiliki performa yang kencang juga terutama saat digunakan menggambar grafis yang butuh kecepatan lebih.

Prosesor Intel Core pada ZenBook Flip S (UX371), telah terverifikasi sebagai laptop Intel EVO yang menghasilkan performa responsif, konektivitas terdepan, serta memiliki daya tahan baterai yang lama.

Prosesor yang dimiliki oleh ZenBook Flip S (UX371) ini mempunyai clock yang stabil di kondisi base clock yaitu 2,8GHz. Hal tersebut dimaksudkan agar suhu pada laptop tidak terlalu panas. Bahkan cocok sekali digunakan untuk merender video di after effects dan blender yang lebih lama.

Buat kamu pecinta gaming, laptop tablet ini juga cukup aman digunakan untuk gaming tapi hanya untuk game-game yang esport dan beresolusi 1080p dengan detail rata kiri. Namun untuk game-game yang berat, laptop ZenBook Flip S (UX371) ini tidak aman digunakan. Kalau buat aku sih, karena laptop ini khusus untuk aktivitas gambar dan menulis, pastinya sangat jarang atau bahkan gak pernah main game. Jadi lebih aman ya. Cocok sekali kalau aku bisa punya laptop ini.

Berikut adalah hasil dari Benchmark ASUS ZenBook Flip S (UX371):




7. Memiliki Webcam

Meskipun memiliki bezel layar bagian atas yang tipis, tapi ASUS ZenBook Flip S (UX371) masih bisa menempatkan webcam disitu. Untuk resolusinya 720p dengan aspect ratio 16:9 dan frame rate 30 fps. Karena sudah disupport oleh Windows Hello, disebelah webcam terdapat infrared yang menggunakan teknologi IR camera-tuning. Infrared tersebut berfungsi untuk mendeteksi wajah kita dan demi keamanan laptop yang kita punya. Kita bisa membuka layar dengan menggunakan fitur Face Recognition. Kecepatan layar mendeteksi wajah kita ini cukup cepat, begitu juga saat digunakan di ruangan yang sangat redup.


Pendeteksian wajah dengan menggunakan webcam ini lebih memudahkan kita, karena tidak perlu memasukkan password atau PIN untuk membuka layar yang terkunci. Jadi lebih aman ya karena yang hanya bisa buka layar yang terkunci hanya kita pemilik laptop ASUS. Kualitas kamera juga cukup bagus. Bahkan saat melakukan zoom meeting dan video call terlihat lebih nyaman meskipun kemampuan webcam yang dihasilkan masih standar. Untuk noise yang dihasilkan memang masih ada tapi tidak masalah sih. Oke-oke aja.

8. Audio yang jelas dan bersih

Laptop ZenBook Flip S (UX371) ini menggunakan dua speaker yang berada di bagian bawah. Posisinya berada di bagian depan, tidak lagi berada di samping seperti biasanya. Audio yang digunakan sudah menggunakan Harman Kardon. Itulah yang menyebabkan suaranya lebih beda dari yang lain. Jika disetel ke volume 100%, suara yang dihasilkan cukup lantang. Suara treble yang dihasilkan cukup baik dan tidak cempreng. Untuk suara bass-nya lebih minimalis dan cukup kecil yang dikarenakan laptop ZenBook Flip S (UX371) ini hanya memiliki dua speaker tanpa subwoofer.


Kelebihannya yaitu ada fitur peredam suara di latar belakang dan suara akan diperjelas saat melakukan video conference yaitu dengan adanya array microphone dengan teknologi AI Noise Canceling pada mikrofonnya. Nah kan, cocok banget nih buat dipake di rumah saat zoom online nih. Karena di rumahku cukup bising dengan suara kendaraan dan anak-anak hampir setiap harinya. Kalau menggunakan laptop ini, kebisingan akan teredam oleh audio yang keren sekali. Jadi aku tak perlu khawatir keberisikan di luar rumah mengganggu kenyamananku bekerja dengan laptop.

9. Kapasitas penyimpanan yang besar

Laptop ZenBook Flip S (UX371) memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dengan satu storage SSD yang berkapasitas 1 TB. Sangat cocok sekali untuk penyimpanan dalam bentuk gambar. Apalagi aku sering menyimpan hasil foto, video dan juga gambar. Kapasitas penyimpanan yang besar ini cocok banget buat aku, karena selama ini butuh laptop yang kapasitas penyimpanannya banyak. maklum anak digital harus banyak mengkoleksi foto dan video.

Kelebihan yang lain yaitu mempunyai kecepatan baca dan tulis yang cukup kencang. Hal ini disebabkan karena SSD M.2 NVMe yang ada menggunakan PCIe 3.0 x4.

RAM yang dimiliki oleh Laptop ZenBook Flip S (UX371) ini berkapasitas hingga 16 GB. Dengan kecepatan RAM yang cukup besar, kinerja laptop pun juga besar, produktivitas menggambarku juga terbantu lebih cepat. Apalagi kalau bikin kartun dan manga yang butuh detail yang cukup sempurna.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

10. Kapasitas Baterai yang bertahan lama

Mempunyai laptop dengan kapasitas yang besar siapa yang nggak mau. Hal ini penting sekali, apalagi kalau laptop sering dibawa mobile untuk bekerja dan berproduksi. Jika daya tahan baterainya cepat habis, akan sering mengisi dan saat mobile seringkali susah menemukan colokan. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Laptop ZenBook Flip S (UX371) yaitu 67 Wh.


Untuk ketahanan baterainya bisa bertahan sampai dengan 9 jam 10 menit. Lumayan ya. Paling tidak kalau sedang mobile, laptop bisa digunakan cukup lama, sehingga tetap berproduktivitas dong.

Laptop ZenBook Flip S (UX371) ini memiliki Adaptor yang berbentuk kotak namun tidak terlalu besar. Daya yang dimiliki oleh adaptor ini yaitu 65 watt. Menggunakan konektor USB type-C yang support fitur pengisian cepat dan daya tahan baterainya yang tergolong panjang.

11. Port dan Konektivitas yang lengkap

Berhubung laptop ZenBook Flip S (UX371) ini memiliki desain yang tipis, sangat disayangkan konektivitasnya sedikit dikorbankan. Di sebelah kiri laptop ZenBook Flip S (UX371) ini terdapat HDMI serta dua port USB type-C. Dua port USB ini sudah mendukung Thunderbolt 4 yang mana salah satunya berfungsi sebagai DC-in. Thunderbolt 4 tersebut mendukung display output dan fitur power delivery.


Pada sebelah kanan laptop terdapat USB type-A dan tombol Power. Kekurangannya yaitu tidak terdapat tombol fisik untuk volume dan tidak terdapat jack audio 3.5mm. Hal ini disebabkan karena laptop ZenBook Flip S (UX371) ini bisa difungsikan sebagai tablet. Tetapi tenang saja, saat pembelian laptop ini sudah dilengkapi dengan dua converter yaitu port USB to LAN ethernet dan port USB type-C to jack audio 3.5mm. Dengan adanya port yang lengkap, kita tidak perlu lagi menggunakan dongle.

Pada laptop ZenBook Flip S (UX371) ini konektivitas wirelessnya berupa nirkabel modern dan sudah menggunakan WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0. Kecepatan Wifi nya cukup bagus dengan 2 teknologi yaitu WiFi Stabilizer dan WiFi Smartconnect, Tidak perlu khawatir karena dengan laptop ini bisa menjangkau wifi dan internet dimanapun berada.

Fungsi dari WiFi Stabilizer yaitu mampu menstabilkan koneksi antara laptop dengan router. Sedangkan WiFi Smartconnect yaitu berfungsi untuk mengkoneksikan laptop dengan router yang memberikan sinyal paling kuat dan stabil secara otomatis.

12. Upgradability

Laptop ZenBook Flip S (UX371) ini mempunyai opsi upgrade yang terbatas. Karena keterbatasan tersebut, RAM yang sudah permanen pada laptop tidak bisa ditambah. Selain itu, tidak disedikan slot kosong untuk tambahan RAM. Untuk storage-nya yang disediakan hanya terdapat satu yaitu sebagai tempat SSD 1 TB. Sedangkan untuk HDD sudah tidak ada lagi.

13. Dilengkapi dengan Software My ASUS


Saat ini hampir semua laptoo ASUS sudah dilengkapi dengan software My ASUS. Segala informasi tentang ASUS berada di My ASUS mulai dari seputar hardware, spesifikasi, kondisi baterai, pengaturan fan, tampilan profil warna layar, aktivasi tombol Fn, sampai fitur WiFi Connect. Hal tersebut sangat memudahkan kita untuk memantau dalam satu software saja.

Harga Laptop ZenBook Flip S (UX371)


Sebagai laptop yang premium dengan desain yang mewah, bahkan untuk produktivitas yang terus terjaga laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 dibanderol dengan harga Rp24.999.000 dan memiliki masa garansi selama 2 tahun. Harganya cukup fantastik ya? Cocok banget buat kamu yang penuh dengan kreativitas dan produktivitas. Termasuk aku sendiri. Untuk membelinya ternyata aku harus nabung dengan konsisten nih. Siapa tahu kan bisa kebeli suatu saat. Kalau kamu cocok dengan harganya. Yuks dibeli.

Tempat Beli ZenBook Flip S (UX371)

Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini bisa kamu dapatkan di store-store terdekat secara offline maupun online. Juga terdapat pada e-commerce yang terpercaya dan dijamin keasliannya. Untuk lebih ahu lagi tentang laptop ini, bisa langsung ke websitenys yaitu www.asus.com. Kalau bukan sekarang belinya. Kapan lagi kan?

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap ZenBook Flip S (UX371) ini adalah sebagai berikut:

Kesimpulan

Mencapai sebuah resolusi di tahun 2021 ini, aku harus bekerja dan belajar dengan keras supaya resolusiku menjadi kenyataan. Memang menggambar kartun dan manga adalah resolusiku yang sejak dulu aku inginkan. Semoga tahun ini tercapai sehingga produktivitasku dalam hal menggambar lebih meningkat dan menghasilkan sesuatu yang baru.

Namun untuk mencapai resolusi tersebut, aku harus mempunyai laptop yang mendukung aktivitas menggambarku. Salah satu perangkat tersebut adalah ZenBook Flip S (UX371) yang sangat premium dan berkelas. Laptop ini adalah laptop impian yang cocok dengan pembuat konten termasuk aku sendiri. Aktivitas makin produktif dan makin berkembang lebih maju lagi.




Referensi:

https://pemmzchannel.com/2021/02/24/review-asus-zenbook-flip-s-ux371-layarnya-parah-pakai-panel-oled-4k-srgb-100/
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ZenBook/ZenBook-Flip-S-UX371-11th-Gen-Intel
http://bit.ly/asset-ux371













1 komentar

  1. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    BalasHapus

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜š