Tips Agar Perjalanan Bisnis Lancar dan Efektif

Untuk melakukan sebuah perjalanan tentunya anda membutuhkan persiapan yang sangat matang, begitu juga saat akan pergi melakukan bisnis. Tak hanya akomodasi dan transportasi saja, tetapi juga termasuk materi aktivitas juga menjadi hal penting yang harus anda persiapkan. Mengapa? Sebab, perjalanan bisnis ini berbeda dengan liburan biasa yang biasanya lebih fleksibel. Dalam perjalanan untuk berbisnis anda akan dihadapkan dengan berbagai macam kegiatan misalnya rapat kerja, membuat presentasi, menyelesaikan pekerjaan kantor, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan.




Dengan padatnya aktivitas kerja yang ada, tentunya hal inilah yang mendorong anda, para pebisnis dan eksekutif untuk memiliki strategi tertentu saat melakukan perjalanan bisnis. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan mencoba membahas tentang kiat-kiat supaya perjalanan bisnis anda berjalan dengan lancar dan efektif. Berikut adalah kiat-kiatnya:

1. Siapkan Agenda Kegiatan

Tips yang pertama yaitu Anda harus mempersiapkan agenda kegiatan. Agenda ini berbeda dengan kondisi saat Anda bekerja di kantor. Saat melakukan perjalanan bisnis anda justru akan terbatas oleh waktu dan ruang. Bagaimana tidak? Ya, Anda tentunya tidak akan memiliki ruang kerja pribadi, begitu juga dengan durasi business trip yang akan membatasi waktu setiap aktivitas Anda.

Nah, agar seluruh perjalanan berbisnis Anda berjalan dengan lancar, sebaiknya buatlah agenda kegiatan sesuai dengan durasi perjalanan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memulainya dengan cara membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, lalu setelah itu sesuaikan jadwal pertemuan bersama rekan/klien bersangkutan tersebut. Dengan demikian, tujuan business trip anda bisa berjalan dengan efesien.

                 


2. Lebih Teliti Dalam Memilih Transportasi

Tips yang kedua adalah lebih teliti dalam memilih sarana transportasi. Misalnya memilih pesawat. Biasanya, pesawat akan dipilih sebagai sarana transportasi yang efektif menuju kota atau negara tujuan bisnis. Karena moda pesawat ini  menawarkan kenyamanan dan waktu tempuh yang lebih singkat daripada trasportasi lainnya. Namun, anda harus tetap lebih teliti dalam memilih sarana transportasi agar tidak menghambat perjalanan bisnis.

Meskipun durasi perjalanan bisnis biasanya sudah ditentukan sebelumnya, tapi anda tentunya tidak dapat memastikan saat ada perubahan jadwal. Oleh karena itu, anda perlu memilih transportasi yang fleksibel juga.

3. Jangan Terlalu Banyak Barang Bawaan

Saat melakuan business trip, tentunya anda dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Terutama jika anda harus pindah ke beberapa tempat dalam satu waktu. Nah, supaya lebih leluasa, sebaiknya anda tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Pilihlah barang yang memang sangat dibutuhkan supaya lebih praktis selama dalam perjalanan.

Selain itu, gunakanlah tas yang memiliki banyak kantong supaya anda bisa memisahkan keperluan pribadi dan pekerjaan dengan lebih mudah. Apabila barang bawaan anda sedikit, maka perjalanan bisnis juga akan semakin efektif. Dengan begitu, anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bepergian, mulai dari kesulitan berkemas, menghindari lamanya menunggu bagasi, sampai dengan kesulitan saat membawa barang bawaan.

4. Pilih Akomodasi Strategis

Tips yang ke empat ini merupakan hal penting lainnya yang harus anda perhatikan. salah satunya yaitu memilih hotel yang strategis dengan fasilitas memadai sehingga bisa mendukung semua kegiatan anda. Mulai dari penyediaan sarapan, akses Wi-Fi, sampai dengan pusat kebugaran yang semua itu bisa membuat business trip anda lebih efektif dan menyenangkan.

5. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Tips yang terakhir yaitu perhatikanlah kondisi kesehatan anda. Dengan banyaknya kegiatan dalam waktu singkat jangan sampai anda lupa menjaga diri. Kondisi kesehatan yang prima adalah salah satu faktor penting yang bisa memperlancar semua urusan pekerjaan anda.

Maka setiap melakukan perjalanan, cobalah untuk selalu membawa obat-obatan pribadi maupun vitamin yang bisa dikonsumsi. Selain itu, anda juga perlu untuk mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan kondisi kota/negara yang akan dituju.


Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚