Asus VivoBook 15 A516, Hadiah Impian untuk Ibuku Berusia Senja

Pandemi sudah berjalan setahun lebih, dan begitu membuat runtuh kehidupan di negara kita. Mulai dari kehidupan sosial, beribadah, ekonomi, budaya dan lainnya. Hal ini pun berdampak terhadap kehidupanku dan khususnya ibuku. Ya, sudah 10 tahun ibuku tinggal sendirian di kampung halaman Madura dengan usianya yang sudah mencapai 65 tahun. Tanpa ada satu orang pun yang menemaninya. Hidup di rumah yang besar dan sendiri sedangkan anak-anaknya ada di perantauan di kotanya masing-masing. Itupun jauh dari kampung halaman. Kedua adikku tinggal di ibukota Jatim dan aku lah anak perempuan satu-satunya yang merantau di Ibukota Jakarta. Aku pun jauh dari ibu dan adik-adikku. Hanya satu impianku yaitu membahagiakan Ibuku di kampung halaman.

Me and My Mom



Seringkali terpikir dalam benakku, untuk memboyong ibuku ke sini, kota Jakarta ini. Tapi sepertinya ibuku kurang berminat untuk hidup di kota Jakarta. Apalagi di masa pandemi ini, kehidupan di Jakarta seperti begitu terasa sesak dengan banyaknya berita yang bikin suram dan sedih. Sedangkan ruang kehidupan di kota Jakarta sepertinya kurang bersahabat dengan ibuku yang sudah usia senja. Apalagi, seperti tidak ada ruang untuk bernafas dan menghirup udara segar. Tidak ada pemandangan sawah dan tanaman hijau yang subur dan rimbun dimana-mana bagi ibuku. Itulah yang membuat ibuku enggan tinggal di Jakarta. Namanya anak ya ikuti saja apa yang menurut ibuku senang dan bahagia.

Bagaimanapun sebagai anak, selalu merasa khawatir dengan ibuku apalagi tinggal sendirian di kampung halaman. Bagaimana makannya, bagaimana bersih-bersih rumah, bagaimana kalau ada barang elektronik yang rusak, listrik atau air mati, bagaimana kalau sakit atau butuh bantuan. Ah, tidak bisa membayangkan betapa repotnya ibuku, harus memikirkan itu sendirian. Semoga saja ibuku selalu sehat dan bahagia selalu di kampung halaman.

Apa Yang Membuat Ibuku Bahagia


Sejak pandemi ini, kegiatan atau aktivitas ibuku berhenti total. Meskipun usianya senja tapi aktivitas ibuku ke luar rumah lumayan banyak saat sebelum pandemi. Biarkan saja. Yang penting ibuku punya kegiatan dan bahagia. Biasanya hampir setiap hari ibuku ada acara kumpul-kumpul dengan teman-teman sekolahnya dulu, acara arisan, acara pengajian, shalat di musholla dan banyak aktivitas lainnya. Sebenarnya aktivitas itu demi untuk mengusir kesepian yang dirasakan oleh ibuku, selain itu juga supaya ibu memiliki kegiatan yang tidak bikin bosan. Sejak pandemi, semua itu berhenti dan ibuku tidak berani kemana-mana atau keluar rumah lagi. Akhirnya kegiatannya hanya di rumah saja. Ketemu tembok dan tembok. Bahkan tidak berani naik sepeda motor lagi karena kakinya sudah tidak kuat menahan. Sedih sih. Tapi ya harus gimana lagi.

Lalu terpikirkanlah oleh anak-anaknya, bagaimana caranya supaya ibu tidak bosan tinggal di rumah terus-menerus:

1. Bercocok tanam.


Dari dulu ibuku suka sekali dengan tanaman bahkan sampai mengkoleksinya. Kemudian sempat terhenti karena kesibukannya saat masih bekerja dan setelah pensiun karena banyak memiliki kegiatan. Sejak pandemi ini, sepertinya hobi bercocok tanamnya mulai dibangkitkan lagi. Ibu mulai semangat menanam lagi. Sampai-sampai ibu membeli tanaman-tanaman kecil lewat toko online. Itupun beliau belanja online sendiri. Entahlah siapa yang mengajarinya. Padahal anak-anaknya jauh di rantau tak ada yang mengajari. Ibuku hebat. Kami bahagia sih, ibu sudah punya kesibukan bercocok tanam lagi.

Selama ini ibu beli tanamannya secara online lewat HP yang ukuran layarnya kecil dan sepertinya kalau berlama-lama menggunakan HP, berdampak gak baik buat penglihatan ibuku yang sudah usia senja. Apalagi ibu butuh pandangan layar yang agak luas saat menggunakan barang elektronik seperti HP, supaya lega saat memilih-milih tanaman. Itulah mengapa sepertinya ibuku butuh laptop karena layarnya lebar. Ibu bisa membuka toko online sepuasnya di layar laptop karena kalau lihat di laptop, layarnya lebih lebar, tulisan dan gambar yang besar terlihat lebih jelas sehingga tidak melelahkan mata beliau.

2. Menonton film atau drama


Meskipun ada televisi di rumah. Tapi ibuku sangat jarang sekali menonton televisi. Karena kebanyakan acara di TV itu adalah sinetron Indonesia yang alur ceritanya kurang bermanfaat dan terlalu menyebalkan. Termasuk juga berita TV yang kebanyakan isi beritanya tentang pandemi yang bikin suram dan sedih sehingga berdampak terhadap kewarasan ibuku dan kesehatan mentalnya.

Kami anak-anaknya meminta ibu supaya menghindari berita-berita TV yang bikin sedih. Itulah mengapa ibu gak pernah lagi menonton acara di TV.

Sepertinya ibu butuh hiburan lain yaitu menonton film atau drama-drama yang ringan, lucu dan menghibur. Misalnya film-film indonesia, film barat, drama korea, drama jepang atau bahkan drama cina. Saat ini kan banyak sekali drama-drama dan film yang menghibur dan tidak berat alur ceritanya. Caranya ya tinggal menontonnya menggunakan laptop dengan layar lebar. Aku dan adik-adikku sudah menyiapkan banyak drama dan film yang bisa ibuku tonton di laptop nantinya. Caranya pun gampang banget. Bisa ditonton sambil tiduran dan di kasur juga. Kalau TV kan adanya di ruang keluarga dan tidak bisa dibawa ke kamar.

3. Main games


Dulu aku pernah punya komputer PC , bekas aku kuliah. Tapi sekarang PC nya rusak dan nongkrong aja di dalam kamar tanpa bisa diapa-apain. Berkat adanya PC ibuku bisa main games untuk mengisi waktu kosongnya. Tapi karena rusak, jadi main gamesnya di HP aja padahal layar HP itu kecil banget. Kalau kelamaan main kan bikin mata sakit banget. Pengalaman banget karena aku aja kalau kelamaan main games di hape jadi pegel dan sakit matanya.

4. Berkomunikasi dengan anak, keluarga dan temannya dan ikuti Seminar Zoom.


Selama ini untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya ibu menggunakan HP. Begitu juga berkomunikasi dengan keluarga yang jauh dan juga teman-temannya. Seringkali kami bikin zoom keluarga untuk berkomunikasi karena jarak kami saling jauh. Itulah mengapa ibu butuh laptop supaya semua yang ikut zoom bisa terlihat wajahnya.

Selain itu ibu juga bisa ikut seminar zoom gratis yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan ibuku. Karena selama pandemi ini banyak banget zoom gratis yang bisa diikuti.


5. Mendengarkan musik dan murrotal


Musik dan murrotal seringkali menjadi penghibur ibuku dikala di rumah. Kalau lagi pengen musik, nyetel musik lewat HP. Pengen dengerin murrotal juga nyetelnya di HP. Masalahnya kalau ada notifikasi telepon atau WA kan seringkali terhenti dengan sendirinya. Nah, sepertinya ibu butuh perangkat yang mendukung keduanya tanpa ada gangguan.

Yang ibuku butuhkan adalah laptop yang lebar, jadi bisa dengerin musik dan murrotal lewat laptop. Apalagi kalau ada video tentang belajar Alquran dan cara bacanya. Laptop dengan layar lebar pasti sangat cocok banget dengan ibuku yang sudah usia senja.



Kebutuhan laptop untuk Ibuku.


Sebagai orang tua yang sudah berusia senja tak banyak yang dibutuhkan ibuku di masa pandemi ini. Yang dibutuhkan adalah hiburan untuk kebahagiaannya karena kesepiannya tinggal sendiri di rumah yang cukup besar. Itulah impianku dan adik-adikku. Anak-anaknya pun hanya bisa sebulan sekali untuk mengunjunginya dan menemaninya di kampung halaman. Selebihnya ibuku harus hidup mandiri di rumah dengan keterbatasan kegiatan yang hanya bisa dilakukan di rumah saja. Meskipun usianya yang sudah senja, tapi ibuku bukan tipe orang tua yang gaptek. Kalau belajar cepat lancar meski sudah tua. Bahkan sering update informasi. Itulah mengapa aku optimis ibu senang kalau dibelikan laptop berlayar lebar.




Karena semua hal sekarang sudah serba digital. Segala berita dan hiburan juga lebih banyak di dapatkan dari dunia digital. Apalagi kalau menggunakan sosial media dan internet. Kondisi pandemi sekarang, ibuku tidak butuh mobilitas yang sering. Berhubung sekarang sudah stay di rumah saja, yang ada hanya televisi dan HP, Ibuku juga butuh laptop yang bisa dipakai oleh orang tua yang sudah usia senja ini. Maka mimpi saya sejak dulu adalah membelikan ibuku laptop dengan layar lebar dan luas supaya ibuku bahagia dan senang ada perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk mencari hiburan untuknya di rumah. Tujuannya adalah:

1. Supaya ibuku bisa menonton film dan drama dengan layar lebar dan memiliki pandangan luas

2. Supaya ibuku bisa mendengarkan musik atau murrotal setiap hari menggunakan laptop. Bahkan ibu bisa belajar Al-Quran beserta tajwidnya dengan ukuran tulisan yang besar jika menggunakan laptop ukuran lebar tanpa harus merusak mata.

3. Supaya ibuku bisa main games kalau ada waktu senggang atau lagi bengong. Kegiatan main games juga bikin pikiran gak kosong saat sendirian di rumah.

4. Bisa buka-buka sosmed yang ibu punya dan berselancar sesuka hatinya bahkan sepanjang hari.

5. Bisa mencari-cari tanaman yang disukainya dengan membuka toko online seperti shoopee, lazada dan lainnya. Tujuannya untuk menambah koleksi tanaman ibu sebagai hobi agar ada kegiatan di rumah.

6. Kalau cucu atau anaknya datang ke rumah, bisa digunakan oleh mereka tanpa harus membawa laptop dari rumah asal.

7. Kalau aku pulang kampung ke rumah ibuku, bisa memudahkanku untuk tetap eksis ngeblog dan berselancar di sosmed tanpa harus membawa laptop lagi dari Jakarta. Tetap bisa update blog dan mengerjakan job demi menghasilkan cuan. Atau tetap bisa ikut lomba blog yang deadlinenya saat berada di kampung halaman demi memenangkan hadiah. Semoga aja ya, Bu terkabul impianku ini.


Impian besar menghadiahkan Laptop Asus VivoBook 15 A516 untuk ibuku.


Mungkin banyak yang bingung kenapa sih ribet banget mau ngasih hadiah laptop Asus VivoBook 15 A516 untuk seorang nenek yang usianya sudah senja? Alasannya sudah saya sebutkan di atas. Mengapa harus laptop Asus yang ukurannya 15'? Kenapa harus Asus VivoBook 15 A516? Apa sih kelebihannya?

1. Layar yang lebar dan jarak pandang lebih luas.


Seorang ibu yang sudah usia senja pasti penglihatannya berkurang. Karena aku punya impian menghadiahkannya laptop dengan layar lebar 15', tentu saja Asus VivoBook 15 A516 ini cocok untuk ibuku. Dengan layar lebar, ibuku bisa menggunakan laptop dengan jarak pandang yang lebih luas baik itu untuk menonton film atau drama, bermain games dan berselancar di sosmed ( nenek-nenek ternyata doyan banget maen sosmed, bahkan lebih aktif dari yang muda-muda kayak aku ini. Hahaha).

Layar NanoEdge yang dimiliki oleh Asus VivoBook 15 A516 ini cocok untuk bermain dan juga bekerja. Panel yang dimiliki hingga resolusi Full HD dengan sudut pandang lebar ini memiliki lapisan anti-silau/anti-glare sehingga saat menatap layar laptop tidak terganggu oleh pantulan dan silauan cahaya. Sudut pandang yang ditawarkan oleh Asus VivoBook 15 A516 yaitu 178°. Kita bisa lebih fokus dan tenang saat menggunakan laptop baik itu bermain atau bekerja. Apalagi nenek-nenek seperti ibuku, lebih aman dipakai saat benar-benar khusyuk menonton atau main games. Wah, pasti ibuku bakalan senang nih.




Karena laptop Asus VivoBook 15 A516 ini adalah laptop all-round” artinya memang dirancang untuk semua kalangan termasuk kalangan nenek-nenek berusia senja seperti ibuku. Tak ada salahnya kan? Jadi gak cuma anak muda atau pekerja yang cocok dengan laptop Asus VivoBook 15 A516 ini.

Dengan teknologi NanoEdge Display ini, bodinya jadi lebih ringkas dan ringan dibawa-bawa karena meskipun ukurannya 15' tapi beda dengan laptop lain yang berukuran sama. Bisa dikatakan laptop ini setara dengan laptop 14 inci yang masih menggunakan bezel layar tebal. Bezel layar yang dimiliki oleh VivoBook 15 (A516) ini sangat tipis dan memiliki screen-to-body ratio hingga 83%. Untuk bobotnya yaitu hanya 1,8 kg dan ketebalannya hanya 19,9 mm. Ringan sekali dibawa-bawa kemanapun. Bahkan memiliki charger yang ringkas juga sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas yang berukuran apapun. Sangat terlihat Stylish & Portable kan.

Untuk warna yang tersedia adalah Slate Grey dan Peacock Blue. Kayaknya yang warna Peacock Blue ini cocok buat Ibuku nih. Ibuku kan suka warna-warna yang cerah. Biar lebih gaul.


2. Cepat dan Efisien


“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”



ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 yang merupakan prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertinggi yang dimiliki yaitu prosesor Intel Core i5-1035G1 dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6 GHz. Sehingga ASUS VivoBook 15 (A516) ini bisa diandalkan untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, berselancar di internet, dan menikmati konten multimedia.

ASUS VivoBook 15 (A516) ini ditenagai dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330 sehingga sangat cocok untuk performa yang membutuhkan grafis ekstra contohnya aplikasi photo editing, video editing, dan game kasual. Nah, kemampuan ini yang membuat semua pekerjaan lebih cepat dan efisien. Windows yang digunakan adalah Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business.

Jadi kalau ibuku mau tab tab windows saat berselancar di internet, jadi lebih cepat dan gak tersendat-sendat sehingga buang-buang waktu.



3. Memiliki Kapasitas besar


Punya laptop yang berkapasitas besar tentu asyik sekali. Apalagi kalau untuk menyimpan file-file seperti film dan drama, video-video serta foto-foto yang bisa ditonton oleh ibuku. Tentunya ASUS VivoBook 15 A516 adalah jawabannya. Laptop ini mempunyaindesain ruang penyimpanan ganda dengan kapasitas penyimpanan yang besar. SSD yang ada digunakan untuk menginstal aplikasi-aplikasi apapun dengan waktu load yang lebih cepat. Sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan file dengan ukuran besar seperti film,drama, koleksi musik, koleksi video dan foto-foto. ASUS VivoBook 15 (A516) ini menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade.




Desain penyimpanan laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini adalah ruang penyimpanan ganda dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta kinerja laptop yang lebih cepat dengan SSD berkapasitas mulai dari 256GB dan HDD sampai 1TB.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”


5. Memiliki Keamanan dengan Fingerprint Sensor





Punya laptop meski buat nenek-nenek tentunya juga butuh keamanan. Karena ibuku kan sendirian di rumah. Jadi buat jaga-jaga saja, apalagi laptop ini ringan dan mudah dibawa-bawa. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari (fingerprint sensor) bawaan di touchpad dan Windows Hello sebagai keamanan biometrik. Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap kali membuka laptop. Tapi hanya cukup dengan satu sentuhan saja.

6. Memiliki keyboard ergonomis dan backlit





ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki Keyboard full-size dengan backlit Chiclet Keyboard with Num-key yang bisa digunakan saat minim cahaya terutama saat mati lampu. Apalagi kalau di Madura di rumah ibuku ini sering mati lampu yang entah karena apa. Desain keyboardnya sangat ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh serta memiliki key travel 1,4 mm. Mengetik pun jadi lebih nyaman.

7. Memiliki Konektivitas mudah


Konektivitas laptop yang mudah itu paling dicari kalau ingin punya laptop. Nah ASUS VivoBook 15 A516 ini sudah dilengkapi dengan port USB-C® 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader sehingga memudahkan untuk menghubungkan dengan perangkat lain seperti periferal, layar, dan proyektor.




Mau transfer data juga lebih cepat hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama. Dilengkapi dengan combo audio jack dan Wi-Fi 5 (802.11ac) yang bisa terhubung dengan jaringan internet. Ditambah dengan adanya Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.




8. Memiliki Enhanced Protection




Laptop kalau sering dibawa-bawa kan biasanya terkena guncangan. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini mempunyai fitur Enhanced Protection, yaitu:

a. E-A-R® HDD protection

Dengan adanya E-A-R® HDD protection ini bisa melindungi data kita dari setiap benturan akibat terguncang atau dibawa kemana-mana karena HDD ini sangat rentan rusak daripada SSD. Protection yang ada bisa menyerap getaran dan benturan di tiga sumbunya, yang muncul saat perangkat terguncang serta bisa menyelamatkan HDD yang ada di dalam laptop.

b. Reinforced chassis

Laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki penahan logam di bawah keyboardnya sehingga membuat platformnya jauh lebih stabil ketika digunakan untuk mengetik dan menggunakan touchpad. Strukturnya lebih kaku dan lebih memperkuat engsel serta melindungi komponen internal. Kita bisa membuka dan menutup penutup laptop dalam satu gerakan halus.


c. Reinforced lid

Laptop ini memiliki Sisi tutupnya yang kuat yang fungsinya sebagai pelindung benturan pada bagian sisi mobil. Juga sebagai penopang struktur pada cover, layar, dan engsel.




9. Memiliki fitur My Asus


Hampir semua laptop Asus memiliki fitur MyASUS. Inilah keistimewaan laptop ASUS VivoBook 15 A516. Dengan fitur My ASUS kita bisa mengakses beragam aplikasi ASUS. Jadi kita bisa lebih maksimal dalam mengoperasikan laptop atau PC desktop. Nah, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli software office karena laptop ini ternyata dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed bahkan sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Officenya juga versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint). software yang ada akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin sehingga dapat melindungi perangkat, program dan data yang ada.




“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”


Dengan adanya MyASUS, kita bisa memantau status laptop dan melakukan troubleshooting. Selain itu juga bisa memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaiki secara otomatis. Di MyASUS juga ada status garansi perangkat dan fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Ada juga fitur Link to MyASUS untuk menghubungkan smartphone dengan laptop supaya bisa beraktivitas lebih produktif. Ada beberapa fungsi dari Link to MyASUS yaitu bisa menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, serta bisa membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Bahkan Link to MyASUS bisa digunakan untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone. Nah, ini dia nih yang diperlukan oleh ibuku. Bisa mengirim pesan  dan telepon lewat laptop. Jadi gak perlu susah banget ya. Pakai laptop pun bisa mengirim pesan dan melakukan telepon. Asyik kan?

KESIMPULAN


Nah, berhubung laptop ASUS Vivobook 15 A516 ini bisa untuk semua kalangan dan bisa digunakan untuk bekerja atau bermain, toh gak ada salahnya aku punya impian menghadiahkan laptop ini untuk ibuku. Ibuku meskipun sudah jadi nenek dengan usia yang tak muda lagi, tetap suka berselancar di internet dan sosmed. Selalu tahu dan up to date perkembangan saat ini. Jadi supaya tetap menjaga kewarasannya dan menjaga kebahagiaanya agar tidak kesepian apalagi di masa pandemi ini, laptop ini cocok buat ibuku. Apalagi, ibuku orangnya gak gaptek. Jadi dia bisa berkarya, bermain, berselancar apapun memakai laptop.  Aku katakan bahwa laptop tidak hanya untuk yang muda saja. Yang tua dan nenek-nenek pun juga pantas kok dihadiahi laptop.  Doakan ya, semoga impianku ini tercapai. Amin3x. 

Untuk harga laptop ASUS VivoBook 15 A516 yaitu:




Untuk spesifikasi lengkapnya adalah seperti pada tabel berikut:








Referensi:

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516

http://bit.ly/A516-Images

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚