Pentingnya Pertolongan Pertama Untuk Luka bagi Keluarga

Punya kotak P3K di rumah itu wajib lo guys. Apalagi buat kita yang punya anak masih kecil. Karena kotak P3K ini sebagai pertolongan pertama buat kita sebelum ada tindakan lanjutan baik ke dokter atau ke Rumah Sakit. Hayo… siapa di rumahnya yang sudah menyediakan kotak P3K?

Untuk isi kotak P3K yang wajib ada tidak ada patokan sih. Tegantung keperluan dan kebutuhan masing-masing keluarga. Bisa plester, cairan antiseptic, parasetamol, obat sakit kepala, obat sakit batuk dan flu, minyak angin, minyak kayu putih, kapas, kasa dan masih banyak lainnya yang bisa menjadi perlengkapan pertama untuk pertolongan pertama. Tempat kotak P3K nya bisa beli jadi atau bikin sendiri baik itu menggunakan bahan plastik, kayu, atau bahkan karton. Mau diletakkan di laci juga boleh. Tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang paling utama adalah peletakan kotak P3K nya mudah dijangkau dan strategis ya. Jadi seluruh nggota keluarga di rumah harus tahu letak kotak P3K dan apa yang harus dilakukan pertama kali kalau terjadi luka atau sesuatu diluar dugaan.




Untuk kita yang punya anak kecil, biasanya yang paling umum dan utama dibutuhkan yaitu obat untuk mengobati luka. Seeperti kita ketahui, bahwa anak kecil itu gampang terjatuh dan terluka, meskipun hanya main di rumah saja. Biasalah anak-anak itu suka sekali bergerak dan nggak mau diam kan? Apalagi kalau di rumah main dengan saudaranya atau temannya. Karena setiap ujung rumah dan barang-barang yang ada di rumah bisa menjadi perantara terjadinya luka pada anak- anak kita contohnya meja, kursi, lantai, karpet, mainan dan lainnya. Apalagi di masa pandemi, kita harus tetap di rumah dan tidak keluar kemana-mana termasuk anak-anak. Jadi rumah selalu berantakan dan kemungkinan terjadi hal-hal di luar dugaan pada anak sehingga menyebabkan luka.

Oh, ya kamu tahu nggak apa isi utama kotak P3K ku? Yapp, semuanya produk-produk dari Hansaplast. Ada plester anak dan dewasa, salep luka, cairan antiseptic, kasa, perban, gunting dan kapas. Semuanya aku sediakan di kotak P3K yang aku tempatkan di laci plastik. Jadi kalau butuh, akan mudah digunakan.



Pertolongan Pertama Untuk Keluarga.


Sebagai produk pertama yang selalu aku sediakan di rumah, Hansaplast selalu membantu pertama kali ketika terjadi luka pada keluargaku. Terutama diriku sendiri yang ketika memasak seringkali terluka kena irisan pisau yang tajam. Langsung saja aku bersihkan luka dan darahnya, lalu aku pakaikan cairan antiseptic terlebih dahulu, kemudian pasangkan plester di daerah luka.

Nah, pada tanggal 11 September kemarin yang merupakan Hansaplast First Aid Conference 2021, saya mengikuti webinar zoom yang bertujuan mengkampanyekan pentingnya persiapan dan implementasi Pertolongan Pertama untuk menangani cedera akibat kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dalam konferensi tersebut, Hansaplast mengukuhkan komitmennya dalam melindungi keluarga Indonesia dengan merayakan Hari Pertolongan Pertama Sedunia melalui sebuah kampanye.




Hansaplast First Aid Conference 2021 merupakan wadah untuk memperkenalkan pertolongan pertama untuk luka yang baru dan jarang diajarkan di masyarakat yang sesuai dengan keadaan pandemi seperti saat ini, yaitu pertolongan pertama mandiri saat mengalami cedera dan kecelakaan kecil. Lalu, bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenisnya saat terjadi situasi darurat?




Dalam acara webinar zoom tersebut dihadiri oleh dr. Adisaputra Ramadhinara (Certified Wound Specialist Physician) sebagai pembicara, Alanna Alia Hannantyas (Brand Manager Hansaplast), beserta artis cantik dan terkenal yaitu Nirina Zubir (Mom Influencer).



Banyak sharing ilmu yang aku dapatkan di webinar kali ini. Baik dari segi kedokteran dan juga segi kehidupan artis tentang pertolongan pertama di rumah. Semua yang mereka sharing sangat relate dengan kehidupan kita sehari-hari yaitu pentingnya pertolongan pertama di dalam rumah.

dr. Adisaputra Ramadhinara memberikan arahan bahwa kita jangan menyepelekan pertolongan pertama pada luka agar tidak terjadi infeksi akibat debu dan kotoran sehingga proses penyembuhan luka cepat terjadi. Selain itu, kita sebagai orang tua juga disarankan agar mempunyai pengetahuan tentang penanganan luka yang baik dan tepat.

Sebagai seorang artis yang memiliki anak, Nirina Zubir juga membagikan pengalamannya tentang pemberian pertolongan pertama pada anak-anaknya. Berhubung anak-anaknya suka bereksplorasi di rumah, ada kemungkinan, mereka bisa terluka atau terjatuh. Oleh karena itu, pemberian pertolongan pertama untuk mereka saat jatuh atau terluka perlu diperhatikan dan disegerakan bertindak.

Dalam rangka memperingati Hansaplast First Aid Day 2021, Hansaplast juga memberikan sebanyak 500 Kotak Perlengkapan Pertama untuk 500 Sekolah di Indonesia. Sebuah kegiatan yang luar biasa dan perlu banyak dukungan dari kita.



Nah, apakah para Ibu sudah menyediakan kotak P3K Hansaplast sebagai persiapan pertolongan pertama untuk keluarga di rumah? Kalau belum, yuks dari sekarang kita siapkan sebagai upaya pertolongan pertama untuk luka bagi keluarga anda.

Tidak ada komentar