Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir Yang Nyaman

Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir Yang Nyaman. Terkadang saat menyusui bayi timbul berbagai permasalahan seperti putting lecet, payudara bengkak, timbul jerawat putting, dan berbagai permasalahan menyusui lainnya. Hal tersebut biasanya timbul karena ibu baru tidak tahu bagaimana cara menyusui yang benar. Agar hal tersebut tidak terjadi, Ibu dapat mencegahnya dengan mencari tahu bagaimana menyusui yang benar. Pelajari cara menyusui bayi baru lahir berikut ini untuk meminimalisir permasalahan menyusui nantinya.


Tips Posisi Menyusui

  • Posisikan diri dengan nyaman, gunakan sandaran punggung berupa bantal yang menopang lengan dan bayi
  • Posisikan bayi di dekat Moms, dengan pinggul tertekuk, sehingga ia tidak perlu menoleh untuk meraih payudara
  • Pastikan mulut dan hidung bayi menghadap puting susu
  • Tubuhnya harus sangat dekat sehingga bayi benar-benar menyentuh Moms
  • Jika memungkinkan, minta seseorang penolong untuk menyerahkan bayi setelah Moms mendapatkan posisi nyaman
  • Sangga payudara agar tidak menekan dagu bayi
  • Dagu dan hidung bayi harus menyentuh payudara
  • Pasangkan atau tempelkan bayi ke payudara, dorong dia untuk membuka mulutnya lebar-lebar dan menariknya mendekat dengan menopang punggungnya (bukan bagian belakang kepalanya) sehingga dagunya menyentuh payudara terlebih dahulu.
  • Tangan Moms berfungsi untuk membentuk "leher kedua" bayi, jadi tubuh mereka aman

Posisi Menyusui Bayi Yang Nyaman


1. Cradle Position

Posisi ini dilakukan dengan lengan Moms menopang bayi di payudara. Kepala bayi diletakkan di dekat siku, dan lengan Moms menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher. Pastikan ketika melakukan posisi ini, Moms dan Si Kecil harus bersentuhan dari dada ke dada.


2. Cross Cradle Position

Posisi menyusui yang benar lainnya adalah cross cradle position. Dr. Nia mengatakan posisi ini berlawanan dengan posisi cradle hold. Ketika menyusui menggunakan payudara kanan, maka ibu menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi.

Posisi cross-cradle menggunakan lengan yang berlawanan untuk menopang bayi, dengan bagian belakang kepala dan leher bayi dipegang salah satu tangan Moms.

Sementara, tangan lainnya digunakan untuk menopang dan memposisikan payudara jika diperlukan. Dalam posisi ini, Moms dapat menuntun bayi dengan mudah menuju payudara ketika siap untuk menyusui.

3. Football Hold

Posisi ini bisa menguntungkan bagi ibu yang telah menjalani operasi caesar, karena tidak menempatkan atau membatasi berat pada area dada dan perut ibu.

Selain itu, posisi menyusui yang benar ini juga cocok untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, atau bayi yang mengalami kesulitan mengunci dengan pas saat menyusui.


4. Side Lying Position

Posisi ini dilakukan dengan Moms yang berbaring miring dan menghadap ke arah bayi, posisikan mulut bayi sejajar dengan puting. Moms dapat menggunakan bantal untuk sandaran punggung dan leher.

Posisi ini bisa menguntungkan bagi ibu yang telah menjalani operasi caesar, karena tidak menempatkan atau memberi berat pada daerah dada dan perut.


5. Laid Back Position

Laid back position dilakukan dengan bayi dalam posisi bayi tengkurap dan menyender di dada sambil mengangkang. Sementara, Moms berposisi duduk tegak atau dalam posisi craddle.


Ibu bisa menggunakan berbagai posisi menyusui di atas agar nyaman saat menyusui. Si Kecil juga perlu dibuat nyaman dengan posisinya. Selain itu si Kecil perlu menggunakan popok yang nyaman agar kegiatan menyusui menyenangkan. Gunakan popok Merries yang lembut untuk kulit si Kecil, serta memiliki sirkulasi udara sehingga bebas iritasi.

Tidak ada komentar