Solusi Anak Susah Makan Sayur

Solusi Anak Susah Makan Sayur - Anak-anak biasanya paling anti dengan yang namanya sayuran. Betul nggak sih? Entah mengapa, mereka begitu paranoid dan kesal kalau di dalam makanannya ada sayuran meskipun itu hanya sedikit. Padahal sayuran itu menyehatkan dan banyak vitaminnya. Sehingga dengan kondisi ini banyak orang tua terutama Ibu yang marah kepada anaknya jika susah makan sayur. Jika hal itu terjadi, pastilah ada jalan pintas yang dilakukan oleh Ibu, supaya anaknya mau makan sayur. Contohnya anak akan diberi sogokan hadiah, benda atau semacamnya jika mau makan sayur. Contoh lainnya yaitu anak akan dipukul, dihukum atau diancam tidak boleh main atau nonton TV. Ancaman tersebut justru malah membuat anak menangis dan ngambek. Jadilah mereka makin paranoid dengan yang namanya sayuran.



Ada beberapa hal yang menjadi sebab, kenapa anak tidak suka makan sayur, diantaranya yaitu:

1. Tidak diajarkan makan sayur sejak kecil
2. Tidak memperkenalkan macam-macam sayuran sejak kecil
3. Anak dibiarkan jajan makanan pabrik
4. Anak dibiarkan makan fast food dan semacamnya.

Dengan alasan-alasan diatas, perlu adanya beberapa solusi supaya anak mau makan sayur. Berikut adalah beberapa solusi anak susah makan sayur yang bisa diterapkan:

1. Kenalkan anak-anak dengan beragam macam sayuran.

Memperkenalkan anak-anak dengan bermacam-macam sayuran seharusnya dilakukan sejak kecil. Bahkan sejak anak berumur 1 tahun. Caranya bisa dengan mengajak anak belajar tentang sayuran dari buku. Memperkenalkan anak tentang wujud fisik dan nama sayuran saat berbelanja ke pasar atau supermarket supaya pengetahuan anak bertambah, Ajarkan juga dengan memberi penjelasan kepada mereka tentang manfaat dari sayuran tersebut.


2. Ajarkan anak sejak dini makan sayuran.

Mengajarkan anak anak makan sayuran sebaiknya sejak dini, sejak anak sudah mulai MPASI. Ketika anak MPASi, berarti anak tersebut sudah bisa diberi makan nasi, lauk dan juga sayuran. Nah, dalam makanan MPASi, cobalah campurkan sayur-sayuran yang dihaluskan, supaya anak mau makan sayur. Anak bisa merasakan rasa dari masing-masing sayuran sampai mereka terbiasa memakannya. Jika hal tersebut diajarkan secara rutin, anak pasti akan mudah mengenali rasa dari masing-masing sayuran dan mau memakannya dengan mudah.


3. Orang Tua menjadi contoh dan teladan makan sayuran bagi anak.

Kebiasaan makan sayur berawal dari keluarga yaitu orang tua sebagai contoh dan teladan buat anak-anaknya. Bagaimana mungkin anak mau makan sayur, kalau orang tuanya sendiri justru tidak suka sayuran. Jadi, orang tua memberikan contoh di depan anak-anak sejak dini dengan makan sayuran saat makan bersama di meja makan. Ini adalah salah satu solusi anak susah makan sayur.


4. Kreasikan sayuran menjadi bermacam-macam makanan atau kue.

Salah satu solusi anak susah makan sayur yang lainnya adalah dengan mengkreasikan sayuran menjadi bermacam-macam masakan atau kue. Kreasi sayuran ini akan membantu anak tertarik untuk memakannya. Cara mengkreasikannya, misalnya sayuran di jus atau di smoothies dengan perpaduan yang pas sehingga rasanya enak meskipun tanpa memakai gula. Sayuran juga bisa direbus atau dimasak dengan bumbu yang enak. Sayuran juga bisa dikreasikan seperti bento dengan bentuk yang lucu-lucu. Hal tersebut bisa menarik perhatian anak untuk memakannya. Contoh lainnya bisa disajikan dalam bentuk kue. Jadi sayuran bisa di mix dengan bahan-bahan kue dan tercampur. Anak-anak biasanya suka dengan kue. Kalau sayuran dicampur ke dalam kue dan rasanya pas bagi anak-anak, sehingga anak- anak suka memakannya.



5. Mengajak anak memasak sayuran ersama-sama.

Solusi anak susah makan sayur salah satunya juga dengan cara mengajak anak memasak sayuran bersama-sama. Ajak anak ikut ke dapur dan ajarkan mereka memotong sayuran sambil memperkenalkan nama sayuran yang akan di masak, termasuk dengan manfaatnya. Hal ini demi menambah pengetahuan tentang sayuran buat mereka. Kenalkan juga bagaimana cara memasaknya dan rasanya. Setelah selesai memasak bersama, ajak anak untuk makan bersama-sama sayuran hasil masakannya sendiri. Pasti anak-anak akan antusias dengan hasil masakannya sendiri.


Itulah beberapa solusi anak susah makan sayur yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja berhasil ya Moms. Anak- anak makin suka makan sayur dan mereka jadi sehat serta cerdas.

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚