Jakarta Bird Land Ancol: Fun Education Burung Terbaik

Ada yang tahu nggak sih wahana baru di Ancol? Namanya Jakarta Bird Land (JBL). Nah wahana baru ini kamu bisa melihat beragam jenis burung yang lucu-lucu dan indah. Bahkan bisa jadi sarana edukasi juga lo.

Sabtu kemarin tanggal 5 November 2022, saya berkesempatan datang ke acara launching JBL lo sekaligus sebagai upaya untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Kegiatan yang diadakan di Ancol ini adalah keguatan mengeksplor Ragam Satwa Burung yang ada di JBL. Untuk memeriahkan kegiatan ini Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan para siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol. Kegiatannya seru dan ramai sekali. Aku pun ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan mengeksplor burung-burung yang ada di JBL. Sudah lama ya tidak melihat aneka burung langka begini. Begitu melihat langsung rasanya takjub sekali. Burung tersebut indah sekali.


Tentang Jakarta Bird Land ( JBL)


Jakarta Bird Land (JBL) adalah wahana terbaru dari Ancol Taman Impian. Lokasinya dekat dengan Sea World bahkan persis di seberangnya dan bersebelahan juga dengan Ocean Samudra. Karena lokasinya yang dekat banget, jadi enak dong bisa sekaligus datang ketiga tempat yang berbeda. Anak-anak pasti sangat senang sekali.

JBL ini memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 dan terbagi dalam 6 kawasan yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area. Wah area apa sajakah itu?

1. American Macaw Area

2. Indonesian Cockatoo adalah kakaktua yang bisa dikenali dari jambulnya yang menonjol dan paruh yang melengkung. Jebis dari kakatua ini yaitu Black Palm Cockatoo, Galah Cockatoo, Yellow Crested Cockatoo, dan White Cockatoo.



3. Hornbill Family adalah Rangkong yaitu burung yang memiliki paruh melengkung berukuran besar. Memiliki paruh berwarna terang yang menjadi daya tariknya.

4. Aviary Exhibit, contohnya Beo Betet, Sun Conure.

5. Water Bird adalah burung yang hidup di atas air atau sekitar air. Contohnya adalah mandarin Duck dan Black Swan.


6. Free Range Bird Area, ini dapat dikenali tidak hanya dari warna dan suara kicaunya, tetapi juga dapat dikihat dari cara terbangnya. Jenisnya antara lain Dusky Lory/Parkit Dusky, Red Lory/Parkit Merah, Black Winged Starling/Jalak Putih Sayap Hitam, dan Bali Myna/Bali Starling (Jalak Bali).



Jalak Bali adalah hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol. Jalak Bali adalah burung endemik Indonesia yang statusnya terancam punah. Tim Konservasi Ancol telah fokus menjalankan program ini sejak 2021 dan berhasil menghasilkan anakan yang semuanya sudah berada di Jakarta Bird Land.



Di JBL juga ada Sky Bridge lo. Untuk naik ke sky bridge ini bisa menggunakan eskalator menuju sky bridge. Nah di sky bridge ini berupa jembatan kaca yang maksimal dilewati oleh 10 orang lo. Di sky bridge kamu juga bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung - burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary. Sebagai Taman burung tempat para burung berhabitat, diusahakan bahwa desain kawasan ini dibuat semirip mungkin dengan habitat asli dari burung-burung yang menjadi penghuni JBL ini.

Di area JBL ini ada 2 tribun yaitu di area dalam sanhkar burung dan di luar area sangkar burung. Untuk tribun di area sangkar burung yang berkapasitas 150 orang, kamu bisa melihat mini show dari burung-burung yang ada. Konsep dari mini show ini sebagai fun education yang berdurasi sekitar 10 menit dengan pertunjukan 1-2 ekor burung. . Di area ini kamu tidak diperbolehkan untuk makan atau membawa makanan. 


Sedangkan tribun di luar area sangkar burung yang berkapasitas 850 orang , kamu bisa menikmati indahnya kolam buatan dengan air mancurnya dan juga air terjun buatan yang bikin adem. Di sini juga biasanya ada main show burung dengan durasi pertunjukan 22 menit. Di area ini kamu diperbolehkan makan dan minum.



Tak hanya bisa menyaksikan burung dan mini show yang ada, kamu juga bisa berfoto dengan burung, memberi makan burung lo dan berinteraksi langsung dengan burung yang ada. Banyak spot-spot cantik yang instagramable lo.

Pengunjang yang datang juga bisa mendapatkan edukasi tentang burung dari team education guide. Selain itu ada juga #KawanJagaLangit yaitu Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi yang memiliki karakter dan keunikan masing-masing juga siap mendampingi dan memeriahkan petualangan pengunjungl JBL.

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke Jakarta Bird Land (JBL), yuks datang bersama anak-anak sebagai sarana edukasi dan hiburan. JBL beroperasi setiap hari dari pukul 09.30 - 16.00 WIB.

Untuk membeli tiket masuk wahana Jakarta Bird Land, kamu bisa membelinya langsung di laman resmi Ancol (www.ancol.com). Lalu klik pada menu Tiket & Promo dan pilih tiket Jakarta Bird Land. Selamat bertamasya.

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚