Travelling Nyaman Bersama Bayi Tanpa Ruam Popok

Travelling Nyaman Bersama Bayi Tanpa Ruam Popok - Popok bayi adalah pemakaian yang praktis untuk anak-anak baik bagi newborn ataupun sudah balita. Apalagi bayi pada umumnya sering buang air kecil berkali-kali dalam sehari. Terutama kalau kita sering bepergian dengan bayi yang pastinya bikin repot di jalan jika tidak memakai popok. Membawa bayi bepergian, akan selalu merepotkan jika bayi merasa tak nyaman dan seringkali gelisah karena popok yang digunakan juga tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua memperhatikan kenyamanan penggunaan popok bayi saat bepergian atau travelling.

Jika travelling kebutuhan utama bayi adalah popok. Karena praktis dan mudah diganti. Hanya sekali pakai langsung buang. Tidak repot harus cebok dulu mencari toilet atau WC. kalau membawa bayi travelling, pastikan bayi nyaman dan gak rewel. Selalu perhatikan juga popok yang digunakannya apakah sudah penuh atau tidak karena harus diganti secara berkala supaya tidak terjadi ruam popok.

Tidak hanya selama bepergian, walaupun di rumah saja, saat ini popok menjadi sebuah kebutuhan penting untuk bayi. Popok adalah hal yang penting demi kenyamanan dan keamanan bayi saat di rumah maupun saat bepergian. Keberadaan popok ini membuat orang tua aktivitasnya lebih praktis dan cepat serta efisien dalam mengasuh bayi atau balita.

Ruam Popok Pada Bayi

Berbicara tentang popok, pasti orang tua sering melihat anak mengalami ruam karena pemakaian popok yang lama atau tidak cocok dengan kulit bayi . Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi kita selaku orang tua. Penggantian popok pada bayi juga bisa menjadi perhatian seorang ayah juga. Karena di dalam merawat dan membesarkan bayi keduanya ikut andil mengasuh bayi mereka. Supaya bounding anak dengan ayah tetap terjaga dengan baik.

Apa saja yang menjadi perhatian orang tua terhadap popok yang dipakai anak supaya tidak terjadi ruam popok?

1. Lakukan penggantian popok secara rutin setiap 2- 3 jam sekali. Hal ini dilakukan supaya bayi merasa nyaman dan tidak terjadi ruam popok. Jaga-jaga kalau popok penuh dan luber.

2. Bersihkan kotoran bayi sampai bersih dan tidak ada sisa yang tertinggal. Seringkali sisa-sisa kotoran bayi bisa menyebabkan ruam popok. Karena kulit bayi sangat sensitif. Apalagi kalau ada sisa kotoran, bisa menyebabkan tidak nyaman pada bayi.

3. Lap bokong bayi sampai benar-benar kering dan bersih. Bayi akan merasa tidak nyaman kalau bokongnya masih basah. Apalagi saat basah langsung dipakaikan diapers. Tentunya akan terjadi kelembaban di kulit bayi dan bisa menyebabkan ruam popok.

4. Jika sudah terjadi ruam pada bokong bayi, usapkan salep/cream ruam pada bagian bokong bayi. Ruam pada bayi memang sungguh tak nyaman. Bayi akan selalu gelisah dan menangis. Jika ruamnya masih ada, boleh gunakan salep/cream ruam pada bayi. Usahakan konsultasi dulu dengan dokter anak.

5. Jika ruam pada bayi masih berlanjut, periksakan ke dokter anak terdekat.




Memilih Popok Bayi Yang Benar 

Memakaikan popok pada bayi sebenarnya gampang dan mudah. Kalau sudah dibiasakan pasti nanti juga akan terbiasa. Bagi ibu muda yang baru punya bayi memang butuh latihan terlebih dahulu. Terkadang cara memakaikan popok pada bayi salah sehingga seringkali mengalami rembes atau bocor. Bahkan bayi merasa gak nyaman karena pemakaian yang kurang tepat.

Pemakain popok pada bayi juga harus diperhatikan dengan baik. Jika terjadi ruam pada bokong bayi sebaiknya segera dicari penyebabnya. Apakah popoknya tidak cocok dengan kulitnya atau ada kulit bayi mengalami alergi. Atau penyebab lainnya. Orang tua harus benar-benar memperhatikan hal ini. Kalau ruam terjadi pada bayi akan benar-benar nggak nyaman bagi bayi. Bahkan sembuhnya terkadang agak lama. Kasihan kalau hal ini terjadi pada bayi kita.

Faktanya, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok. Oleh karena itu, perlu memilih popok bayi yang cocok dengan kebutuhan bayi. Cara untuk memilih popok bayi yang benar yaitu:

1. Pilih popok yang sesuai dengan ukuran bayi. Jangan terlalu ketat atau terlalu longgar.jika popok yang diguankan bayi tidak sesuai, akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Bahkan bisa menyebabkan ruam pada bokongnya.

2. Hindari popok yang terlalu ketat dan bayi tidak merasa nyaman. Popok yang ketat benar-benar tidak nyaman bagi bayi. Sebaiknya hindari popok yang ketat. Ruam atau alergi dan gatal-gatal bisa timbul karena popok yang ketat.

3. Usahakan jangan memberikan bedak pada bokong bayi karena bisa menyebabkan iritasi. Bedak bila ditaburkan pada bokong bayi dan bergesekan dengan popok yang dipakai, bisa menyebabkan ruam popok pada bayi. Jadi harus diperhatikan dengan baik.

4. Pilih popok bayi dengan bahan yang mudah menyerap dan tidak bocor. Popok yang mudah menyerap cairan akan memberikan kenyamanan pada bayi. Apalagi kalau sedang bepergian atau travelling yang cukup jauh.

5. Pilih popok bayi yang tidak mengandung bahan kimia. Bahan kimia pada popok akan sangat berbahaya. Bisa juga menyebabkan iritasi, alergi dan ruam.

6. Pilih popok yang bebas iritasi pada kulit bayi. Kukit bayi sangat sensitif sekali. Jika popok yang digunakan tidak cocok, maka akan menimbulkan iritasi dan ruam.

7. Pertimbangkan budget untuk membeli popok dan sesuaikan dengan kebutuhan. Belilah popok yang sesuai dengan kebutuhan dan budget rumah tangga. Harga mahal bukanlah menjadi pilihan terbaik. Yang terpenting adalah nyaman dipakai, mampu menyerap cairan dengan baik dan tidak menimbulkan ruam.

MAKUKU SAP Diapers Slim, Rekomendasi Popok Bayi Ternyaman

Setiap ibu dalam memakaikan popok untuk bayinya pasti yang dicari adalah bahan yang mudah menyerap dengan baik. MAKUKU SAP Diapers Slim adalah rekomendasi popok bayi terbaik. Menurut Branding Director MAKUKU, yaitu Bapak Lucky Zheng memaparkan bahwa Ruam popok adalah salah satu penyakit kulit yang sering dialami oleh bayi saat menggunakan popok. MAKUKU sendiri adalah Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award. Untuk peningkatan daya tampung popok, MAKUKU SAP Diapers Slim berfungsi untuk peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, serta untuk menjaga kualitas tidur yang baik untuk Ibu.

Saat bayi tidur menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim, bayi akan merasa nyaman karena penyerapannya sangat baik, sehingga bayi tidak mudah bangun tengah malam karena menangis atau popoknya kepenuhan. Jika bayi mempunyai kualitas tidur yang baik, maka ibu juga akan merasa nyaman dan tidur dengan baik pula tanpa terjaga tengah malam.


Kemasan MAKUKU SAP Diapers Slim ini berwarna putih bersih yang sangat menggemaskan. Dengan kombinasi warna biru dan oranye pada bagian tulisan dan gambarnya. Bahkan kemasannya juga sangat tebal sekali. Jika dibawa kemana-mana dan terkena hujan tidak akan membuat basah popok di dalamnya. Pada bagian atasnya sudah ada pegangan yang bisa ditenteng tanpa menggunakan plastik lagi. Dibawa pakai motor pun tinggal diletakkan di bagian depan jok dan digantungkan pada cantolan motor.

Untuk popoknya sendiri, bahannya sangat lembut. Terlihat tipis tapi mampu menampung cairan dalam jumlah banyak. Jika dipakaikan pada bayi, terlihat kalau bayi seperti tidak sedang memakai popok. Saat popok dipenuhi cairan pun, tidak akan terjadi gumpalan dan rembesan.




MAKUKU SAP Diapers Slim ini memiliki kualitas dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) yang bisa menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok. struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional seperti tisu, kapas dan busa. Jika air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpan molekul air sehingga lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.



MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, yang tadinya 400ml menjadi 500ml. Dengan kualitas yang meningkat ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% sehingga bisa mengurangi kebocoran. Padahal volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml, jadi daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik, aman dan lebih maksimal bagi bayi.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, seorang dokter spesialis anak memaparkan bahwa popok bayi harus diganti popok setiap 3-4 jam sekali untuk mencegah kontak yang lama dengan urin dan feses sehingga bisa meningkatkan pH basa pada kulit. Biasanya bayi akan sering rewel kalau merasa tidak nyaman dengan popoknya yang terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok.

Untuk struktur dari MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah terancang dengan baik dan mampu menyerap cairan dalam jumlah yang banyak serta maksimal. 



Berikut adalah kelebihan dari MAKUKU SAP Diapers Slim:


MAKUKU sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP hadir dalam pilihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) mulai dari Rp.36.000,00 hingga Rp. 237,900. Seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan, anda dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.


Kemarin, saya beli diapers MAKUKU SAP Diapers Slim di salah satu toko susu dekat rumah dengan harga Rp 85.000 yang ukuran L, sedangkan untuk ukuran lain NB/S/M/XL harganya beda-beda.

Untuk memesan langsung melalui online bisa cek link pembeliannya di alamat ini https://makuku.co.id/id/toko-kami/toko-online-offline/https://makuku.co.id/id/toko-kami/toko-online-offline/


Tentang MAKUKU

MAKUKU berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

Visi

MAKUKU berharap lebih banyak bayi di Indonesia bisa menggunakan produk popok bayi dengan inti struktur SAP agar efektif mengurangi ruam popok.

Misi

Bersama orang tua memberikan yang terbaik untuk anak dengan kualitas produk terbaik dalam setiap aspek perawatan keluarga. MAKUKU Indonesia memberikan edukasi tentang produk terbaik bukan hanya soal harga, tapi juga kualitas dan kebutuhan.

21 komentar

  1. Pastinya ruam popok ini gangguuuu bgt ya mba.
    Bayi balita jadi ngga nyaman.
    Potensi bikin kulit terinfeksi jugaaa.
    Kan kulit mereka biasanya sensitif

    Alhamdulillah ada solusinya yah

    BalasHapus
  2. Ketika terjadi ruam karena popok, harus peka dan gercep ya orangtua. Lalu gunakan diapers yang memang memahami kebutuhan si kecil

    BalasHapus
  3. Makuku bener-bener cocok banget dipakaikan ke baby, agar tidak terjadi lagi ruam popok. Ku juga pakai Makuku dan suka banget sama diaper nya

    BalasHapus
  4. beruntung sekali sekarang tersedia MAKUKU SAP Diapers Slim ya?
    Saya ingat sewaktu anak-anak masih kecil
    mereka terpaksa pakai popok kain ketika ruam popok

    BalasHapus
  5. Popok bayi itu memang jodoh-jodohan mba. Hehehe. Anakku udah 3, dan khusus buat yang anak tengah ni, itu sensitiiiiiif sekali kulitnya. Udah nyobain popok termurah sampai yang termahal, dia hanya bisa pas dengan 1-2 merek saja. Makuku ini masih imported apa udah ada pabriknya di Indonesia mba? Aku baru tahu brand ini. Cantik banget kemasan luarnya.

    BalasHapus
  6. Travelling ini wajib banget rempong, apalagi punya bayi.
    Dan yang paling oke adalah menggunakan popok yang memiliki daya tampung banyak, anti gumpal, menyerap cairan dengan cepat dan tetap slim. sehingga kulit anak tetap sehat dan bayi ceria.

    BalasHapus
  7. Waktu zaman anakku babby, memang kalau traveling pasti barang pertama yang harus dibawa adalah pampers. Biar babby nyaman di perjalanan. Makuku ini rekomended ya buat babby karena punya teknologi SAP untuk mencegah ruam popok

    BalasHapus
  8. Memilih popok untuk bayi emang harus perhatian bgt ya mbak. Biar nggak ruam popok. Kasian pasti ga nyaman kalo sampe ruam.

    BalasHapus
  9. MAKUKU brand. andalan para orangtua ya mba.. dengan teknologi SAP mampu menyerap lebih maksimal .. ponakanku juga udah buktiin nih

    BalasHapus
  10. Memilih popok juga kudu dipertimbangkan kenyamanan anak ya, jangan sampe salah pilih hingga terjadi ruam.

    BalasHapus
  11. Kalo udah kena ruam emang paling ngeganggu deh..

    BalasHapus
  12. Kalau sdh kena ruam...kasihan si bayi..pasti tdk nyaman...oleh sebab itu ortu harus benar2 teliti dlm memilih popok unt bayinya.

    BalasHapus
  13. makuku emang bagus siiih, harga lumayan, tapi sebanding dengan kualitasnyaa, top pokonya daaaah

    BalasHapus
  14. Setuju nih kalau traveling sama baby pastinya repot makanya harus mempersiapkan segala sesuatunya serti popok bayi ini dengan baik ya kak keren nih.

    BalasHapus
  15. Semangat ya mba, traveling bareng baby memang menantang ya. Semoga selalu sehat dan bisa menikmati perjalanan travelingnya.

    BalasHapus
  16. Makuku cepat menyerapnya ya, skrg udah ga perlu worry lagi klo pergi2 sama bayi. Anti bocor samping, tipis dan kering

    BalasHapus
  17. Keponakan aku udah coba nih diapers MAKUKU SAP Diapers Slim ini, emang menyerap banget dan gak gumpal, jd bobo malemnya bisa nyenyak banget kata mamanya. Jadi seneng deh kasih hadiah yang bermanfaat buat ponakanku.

    BalasHapus
  18. Betul anakku juga pakai ini. Buat Travelling jadi ngga kayak pake popok. Soalnya tipis kan yak

    BalasHapus
  19. Bepergian bawa anak memang punya kerepotan tersendiri ya. Dengan adanya Makuku sap Diapers Slim ini Alhamdulillah makin terbantu ya

    BalasHapus
  20. Pernah ngerasain waktu bawa sasqia jalan ke ancol. Saking riweh dan gada tempat utk ganti popoknya jadi kelamaan gantikan pampers sasqia.

    BalasHapus
  21. Jadi inget saat anak2 kecil dlu kalau pakai popok yang bocor dan bahannya panas pasti anakku rewel alhamdulilah bangt sekrang ada Makuku yang bkin anak nyaman dan gk rewel saat traveling

    BalasHapus

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚