Zenfone 10, Mighty on Hand bagi Tunanetra, Aktivitas Jadi Lebih Mudah

Zenfone 10, Mighty on Hand bagi Tunanetra, Aktivitas Jadi Lebih Mudah - Smartphone saat ini menjadi perangkat yang penting banget dalam kehidupan kita. Segala hal bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman tangan saja sehingga memudahkan dalam beraktivitas sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Apa sih yang tidak. Menulis, bikin video, belanja, transaksi keuangan, komunikasi, belajar, mengirim berkas, bekerja dan masih banyak lainnya cukup pakai smartphone saja. Sangat ringkas, mudah dibawa dan gampang digunakan. Bahkan oleh para disabilitas, smartphone menjadi andalan dalam beraktivitas di era digitalisasi saat ini. Tunanetra artinya kehilangan fungsi penglihatannya. Dulu tunanetra sangat susah dalam beraktivitas dan berkomunikasi. Tetapi di jaman teknologi saat ini smartphone sudah memiliki fitur-fitur yang memudahkan para tunanetra untuk beraktivitas dan berkomunikasi. Sehingga mereka bisa hidup mandiri, tidak bergantung dengan orang lain dan bisa beraktivitas seperti layaknya orang berpenglihatan normal lainnya.





Sebagai smartphone yang menjadi kebutuhan primer saat ini, banyak orang yang seringkali lebih mementingkan membawa smartphone daripada membawa uang. Karena kalau tidak membawa smartphone, rasanya hampa , nggak bisa ngapa-ngapain terutama kalau di tempat umum, dan terbiasa scrol-scroll fitur dan sosmed di smartphone. Sehingga banyak orang nomophobia artinya sindrom ketakutan karena tidak membawa smartphone. Begitu juga dengan para tunanetra, orang yang penglihatannya normal saja, sangat ketakutan kalau tidak memegang smartphone, apalagi mereka yang tunanetra. Justru dengan adanya smartphone para tunantera sangat terbantu dalam beraktivitas segala hal.

Terutama bagi para tunanetra ini, mengapa smartphone itu penting banget buat mereka? Apa saja sih alasannya mereka harus punya smartphone?

Sebagai media komunikasi.

Tunanetra juga bisa lo berkomunikasi dengan orang lain menggunakan smartphone. Kelengkapan dari fitur samrtphone yang memudahkan mereka melakukan hal tersebut. Yaitu dengan adanya fitur talkback. Apa itu fitur talkback? Talkback adalah sebuah fitur khusus untuk tunanetra yang sistem kerjanya dengan mengeluarkan audio atau suara. Jadi setiap kita sentuh tombol di smartphone atau ada notifikasi apapun, langsung dijelaskan dan disuarakan oleh fitur talkback. Misalnya ketika mengetik pesan, maka setiap huruf yang ditekan akan disuarakan oleh fitur ini. Penggunaannya gampang sekali, tinggal setting di menu setting setiap perangkat smartphone dan sesuaikan juga dengan bahasa yang diinginkannya serta kecepatan pengucapannya apakah mau diucapkan lambat atau cepat.

Nah, sebagai media komunikasi, tunanetra bisa menggunakan sosmed dan fitur chat lainnya termasuk juga menelepon dengan bantuan fitur talkback ini. Semua smartphone dipastikan sudah dilengkapi fitur talkback ini. Jadi tidak perlu khawatir bagi tunanetra, komunikasinya akan tetap berjalan lancar saat memakai smartphone.

Sebagai media belajar.

Belajar di era teknologi digital saat ini tidak hanya bisa dilakukan di bangku sekolah atau kampus saja secara offline. Tetapi juga bisa dilakukan secara online melalui perangkat smartphone. Tunanetra juga bisa dan berhak mendapatkan ilmu dan belajar dengan lebih mudah memakai smartphone, karena secara sistem pembelajaran bisa secara online melalui zoom, meet google dan lainnya. Tentunya fitur talkback juga sangat membantu dalam pembelajaran online tersebut.

Sebagai media bekerja

Siapa bilang disabilitas netra tidak bisa bekerja? Sekarang sudah ada peraturan dari pemerintah kepada perusahaan dan instansi pemerintahan supaya bisa mempekerjakan para disabilitas, agar mereka lebih produktif dan menghasilkan uang sendiri. Nah, dengan adanya smartphone, bekerja juga lebih mudah bagi para tunanetra. Talkback pun membantu tunanetra bekerja dengan baik, seperti mengirim email, mengetik kerjaan dengan fitur menulis yang bisa diinstal di samrtphone. Apalagi bagi tuannetra yang bekerja di perusahaan, biasanya banyak grup kantor yang dibuat untuk mendiskusikan pekerjaan. Nah, cukup dengan smartphone, pekerjaan kita bisa dihandle dengan baik kepada atasan atau rekan kerja.

Sebagai media menemukan barang.

Sebagai tunanetra yang susah sekali untuk menemukan barang, dengan samrtphone justru sangat membantu sekali. Didukung dengan fitur-fitur atau aplikasi untuk menemukan barang, aktivitas para tunanetra menjadi lebih mudah. Fitur-fitur untuk menemukan barang tersebut tinggal diinstal di playstore dan langsung bisa digunakan. Keren sekali bukan.

Sebagai media berkomunitas.

Tunanetra juga butuh untuk berkomunitas, misalnya komunitas sesama tunanetra, komunitas hobi, dan komunitas lainnya. Supaya mereka mempunyai teman baru dan kegiatan yang tentunya positif. Bisa saling sharing dan mencari ilmu baru.

Sebagai media hiburan dan penyalur hobi seperti mendengarkan musik, bermain games, dan lainnya. Tentu saja tunanetra mempunyai hobi. Hanya saja terkadang susah untuk menyalurkannya. Dengan adanya smartphone, hobi mereka bisa disalurkan dan bahkan bisa viral lo. Seperti hobi nyanyi, musik, menulis, menggambar dan lainnya. Contohnya seperti Ariani, sang juara 4 American Got Talent. Gadis tunanetra yang hebat, keren dan pintar bernyanyi. Bisa dijadikan contoh dan motivasi bagi tunanetra lainnya.

Smartphone juga sebagai sarana hiburan buat tunanetra. Mereka bisa mencari hiburan di smartphone dengan bermain games. Memang harus dilatih sih saat bermain games. Tapi kalau sudah canggih, apa sih yang nggak bisa dilakukan oleh para tunantra.

Fitur-fitur di dalam smartphone sangat lengkap apalagi sekarang semua merek berlomba-lomba meluncurkan smartphone yang hang on banget dan mobile dengan harga yang terjangkau pula. Smartphone canggih tentu saja akan membantu tunanetra dalam beraktivitas. Mereka bisa mencoba dan menggunakan semua fitur yang ada di smartphone. Tahu nggak sih smartphone apa yang cocok buat para tunanetra ini.

Jawabannya adalah ASUS Zenfone 10. Wah, secanggih apa sih ASUS Zenfone 10 ini. Apa benar fiturnya cocok dan membantu para tunanetra dalam beraktivitas?

ASUS ZENFONE 10

Nah, aku bantu jelasin ya. ASUS Zenfone 10 ini telah diluncuran secara virtual pada tanggal 29 September 2023 pukul 19.00 WIB. ASUS Zenfone merupakan smartphone compact dan powerful yang menghadirkan platform mobile terbaru, dengan sistem kamera yang lebih baik, fitur-fitur smartphone yang ditingkatkan, dan fitur lainnya. Selain itu smatphone ini menggabungkan teknologi mutakhir dengan desain yang ramping dan modern.




Zenfone 10 tersedia dalam beberapa warna diantaranya warna Midnight Black, Starry Blue, Aurora Green, Comet White, dan Eclipse Red. Warnanya cakep-cakep banget dan enak dipandang. Kalau aku sih suka warna Aurora Greennya, adem gitu lihatnya.

COMPACT ON HANDS

Sebagai smartphone pintar yang compact banget, didukung oleh chipset terbaru, kekuatan yang tak tertandingi dan multitasking yang lancar. Zenfone 10 ini berukuran 5.9" saja. Sangat ringan dan nyaman dipegang dengan satu tangan. Apalagi digunakan dengan satu tangan saat mengetik, atau mengoperasikannya, jadi lebih mudah. Misal tangan kiri kita sedang memegang sesuatu nih, cukup gunakan tangan kanan saja untuk mengoperasikan fitur di smartphone Zenfone ini. Beratnya juga cukup ringan yaitu 172 gram dengan lebar 68.1mm < 70mm.

Terutama bagi tunanetra saat beraktivitas atau berjalan, ukuran yang ringan, compact dan hang on banget ini, justru membuat mereka lebih mudah mengoperasikan smartphone. Biasanya kalau lagi berjalan salah satu tangan memegang tongkat, dan tangan lainnya bisa memegang smartphone sambil mengoperasikannya dengan cukup satu tangan saja. Walaupun masih ada beberapa tunanetra yang masih belum fasih menggunakan smartphone dengan satu tangan. Jadi bagi mereka smartphone hang on itu hanya masalah kebiasaan saja. Beda dengan orang berpenglihatan normal lainnya.

STABILITY ON HANDS - sistem Kamera disempurnakan

Kenapa sih disebut stability on hands? Karena dioperasikan dalam kondisi apapun, baik menggunakan fitur video maupun foto, hasilnya akan tetap stabil meskipun menggunakan satu tangan saja. Hal ini karena Zenfone 10 ini dilengkapi oleh 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer, upgraded to version 2.0 dan didukung oleh hardware anti shake OIS, upgraded Electronic Image Stabilization (EIS) software algorithm, and fast auto-focus.merekan video jadi lebih stabil dengan menggunakan EIS Adaptif yang menggunakan gyro untuk mendeteksi pergerakan dan ukurannya disesuaikan dengan bidang yang kita lihat. Suara-suara atau noise yang ada di sekitar kita saat merekam video bisa dihilangkan karena tersedia OZO Audio technology. Hasilnya video akan lebih jernih dan terhindar dari noise sekitar. Suara-suara angin saat merekan juga bisa dihilangkan denga mengaktifkan “3D surround”.






Untuk pengambilan foto, juga akan menghasilkan foto yang stabil berkat 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer. Zoom akan lebih detail dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Tidak akan menghasilkan gambar yang buram apabila di zoom hingga menghasilkan hasil yang detail. Adanya mode Light Trail memungkinkan kita mengambil gambar sekelas profesional hanya dalam satu genggaman tanpa menggunakan tripod. Jadi sangat stabil ya. Hasilnya akan memuaskan juga. Setiap moment yang kita abadikan hanya cukup dengan satu tangan saja.

Untuk memotret cepat saat moment yang cepat pula cukup dibantu dengan fitur quick shot. Caranya cukup menekan tombol volume sebanyak dua kali. Tetapi untuk mensetting fitur ini hanya secara manual saja. Gambar bisa diambil dengan mode layar mati. Maka 3 bidikan berturut-turut akan dihasilkan tinggal kita pilih mana yang terbaik. Cukup mudah bukan.

Dilengkapi juga dengan AI Object Sense, fitur alam pengambilan gambar yang membagi gambar menjadi segmen terpisah dengan penyetelan warna yang berbeda. Fitur ini cocok untuk pengambilan gambar di luar ruangan seperti langit, pemandangan dan lainnya. Sehingga menghasilkan gambar yang sempurna.

Untuk foto selfie pun kualitas juga sangat bagus meskipun dalam kondisi minim cahaya.




Untuk kamera Zenfone 10 ini memiliki 2 kamera, yaitu:

1. Kamera utama 52 MP dengan kamera ultrawide 13 MP

2. Kamera depan 32 MP

Kameranya sudah evolusi impresif dan menghasilkan gambar dan video yang luar biasa.

POWERFULL ON HANDS

Zenfone 10 ini sangat powerfull karena sudah ditenagai oleh Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform dengan memory dan penyimpanan yang cukup besar. All is on hands dong. Memiliki RAM up to 16 GB dan ROM up to 512 GB. Sangat compact dan powerfull pastinya. Menyimpan video dan gambar dalam jumlah yang banyak tidak perlu khawatir lagi. Cocok banget untuk gaming karena performanya sangat cepat memiliki Refreh Rate 144 Hz artinya cocok untuk game yang support saja. Menonton film pun akan terasa seperti menonton bioskop dengan warna-warna yang jernih dan akurat. Fix sih ini perangkat smartphone yang portable yang hanya seukuran satu tangan saja.




Bagi tunanetra, bermain game bukan halangan lo. Karena kini sudah ada beberapa game yang support bagi tunanetra. Apalagi ditambah dengan penggunaan talkback, maka perintah dalam gaming akan lebih mudah diterjemahkan dalam bentuk suara, sehingga para tunanetra bisa mengikuti perintah yang ada dalam bermain games. Tentu saja hal ini butuh jam terbang yang cukup mumpuni.

BATTERY MUMPUNI

Kapasitas battery yang dimiliki oleh Zenfone 10 ini yaitu 4300 mAh yang sangat hemat daya. Dilengkapi dengan wireless charging 15 watt. Zenfone 10 ini bertahan hinga 21, 7 jam. Daya tahannya 13% lebih baik dari Zenfone 9. Batas pengisian daya sampai dengan 90% atau 80% dengan masa pakai hingga 2x. Cukup hemat bukan. Cocok banget nih buat yang sering mobile terutama saat bekerja, belajar maupun bermain games.





AUDIO MUMPUNI

Dilengkapi juga dengan audio yang mumpuni, Zenfone 10 benar-benar memanjakan penggunanya saat medengar musik atau menonton video dan film. Audio yang ada menghasilkan suara yang lebih keras, bebas distorsi, dan terhindar dari ekskursi berlebihan pada frekuensi terendah. Ketika mendengar musik ataupun video akan lebih nyaman seperti mendengar suara film di bioskop. Dilengkapi juga dengan ASUS AudioWizard yang menghasilkan audio lebih optimal.




ECO FRIENDLY MATERIAL

Yang istimewa dari Zenfone 10 ini yaitu penggunaan materialnya yang eco friendly material. Karena materialnya berasal dari daur ulang. Dimana terdiri dari 50% reduce petrochemical usage on back cover dan 2 kg reduce CO2 emission. Jadi sangat ramah lingkungan.

TOUGH , ON HANDS

Tidak perlu khawatir smartphonemu terkena air atau kecipratan air, karena Zenfone 10 ini sudah water resistence. Memiliki Ketahanan air IP6812 yang mampu menghindar dari cipratan tak terduga. Sehingga dibawa kemanapun aman dan nyaman.

Nah, smartphone compact yang mighty on hands banget ya Zenfone 10. Cocok dipakai beraktivitas bahkan hanya dengan satu genggaman saja. Tidak hanya cocok untuk yang memilki penglihatan normal, smartphone ini juga cocok dipakai oleh para tunanetra. Fiturnya yang lengkap membuat aktivitas mereka lebih mudah dan lancar dalam keadaan dan dimanapun berada. Tunanetra pakai Zenfone 10 , kenapa tidak?

Zenfone 10 ini udah resmi hadir nih di Indonesia . Ada promo khusus periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.

Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Untuk informasi dan harga promo bisa di cek di Mitra penjualan resmi ASUS baik offline maupun online. Untuk store offline yaitu Erafone, ASUS ekslusif store dan ASUS Authorize dealer. Sedangkan untuk store online yaitu Tokopedia, Eraspace, dan ASUS online Store.





Tidak ada komentar