Workshop " Blogger Pitching Letter Writing Class" bersama TBI dan Bloggercrony

Hari Sabtu kemarin tanggal 18 Mei 2024, aku datang mengikuti acara Bloggerhangout bersama Komunitas Bloggercrony yang mengadakan workshop “Blogger Pitching Letter Writing Class” bersama teman-teman blogger. Lokasinya di Carro Square Pondok Indah Jakarta Selatan. Lokasinya ini dekat dengan Gandaria City.


Workshop ini diselenggarakan oleh TBI yaitu The British Institude yang merupakan lembaga kursus bahasa inggris yang berdiri sejak 1984 di Indonesia. Workshop ini tak hanya diselenggarakan secara offline tapi juga diselenggarakan secara online melalui zoom buat teman blogger yang di luar jabodetabek. Wah keren kan.

Sebagai hostnya yaitu Kak dennis Sihombing dari BCC SQUAD PRIORITY. Sedangkan pembicaranya adalah Bapak Sugeng Riadi sebagai Senior Teacher dr TBI Depok serta Bapak Victorius Nugraha sebagai School Manager dr TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata.

Aku berminat banget ikut workshop ini dan langsung daftar. Meskipun libur-libur nggak apa-apa deh. Aku luangin waktu sebentar aja buat workshop sama Bloggercrony, meskipun lokasinya lumayan jauh ya dari rumah. Bayangkan dari Jakarta utara ke Jakarta Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam-an itu pun karena macet. Kalau nggak macet mah perjalanan se-jam sudah sampai.

Yang mengikuti workshop adalah teman-teman blogger juga. Aku bersama teman-teman blogger kali ini belajar bareng di workshop ini. Pertama-tama ada sambutan dari Pihak Carro sebagai tempat penyelenggara workshop ini yaitu Ibu Susy Draviani sebagai Partnership Manager Carro. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Victorius Nugraha sebagai School Manager dr TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata. Baru deh dilanjutkan materi dari Pak Sugeng Riadi sebagai Senior Teacher dr TBI Depok.


Sebelum workshop berlangsung hari ini, peserta diberi kesempatan untuk mengikuti Toefl Prediction Test e Certifikat dari TBI depok. Pelaksanaanya seminggu sebelum workshop. Bisa dikerjakan di rumah dan secara online. Kebetulan karena nggak ada waktu aku ngerjainnya pagi hari. Deg-degan juga sih karena sudah lama nggak tes toefl lagi. Tesakhur kalau nggak salah sih tahun 2019 ya, itupun sewaktu mau ikut tes CPNS. Setelah itu ya bye bye nggak ikutan tes lagi karena udah capek ikut tes CPNS. Dan sampai sekarangpun nggak tembus-tembus tuh CPNS. Ah ya sudahlah, bukan rejeki. Hahahaha.

Tapi tes TOEFL nggak hanya sekedar buat tes CPNS saja tapi juga buat pengajuan beasiswa kuliah di luar negeri seperti LPDP. Pengen sih ikut, tapi sepertinya nyali ini ciut untuk ikut lagi dan masih banyak yang diprioritaskan ke depannya kalau mau sekolah di luar negeri.

Yeay aku tuh senang bisa Test Toefl gratis dari TBI. Jadi aku bisa paham kemampuan TOEFL ku berapa saat ini. Sertifikat TOEFL nya diberikan juga saat workshop berlangsung. Dag dig dug dong sama hasilnya. Sertifikat ini bisa digunakan untuk daftar apapun dan resmi.



Tema workshop kali ini yaitu "Blogger Pitching Letter Writing Class”. Dengan tema ini diharapkan supaya para blogger bisa menuliskan surat penawaran secara baik dan benar kepada brand/agensi agar mereka bisa merekrut kita untuk diajak bekerja sama dalam mempromosikan produk brand/agensi tersebut. Apalagi sekarang tidak hanya brand/ agensi dalam negeri saja yang bisa diajak kerjasam dengan blogger tapi brand/agensi luar negeri pun bisa. Contohnya adalah intellifluence.com. Sebuah platform tempat blogger bisa bekerja sama dengan brand luar negeri. Nah dengan belajar workshop ini blogger bisa menulis penawaran dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar termasuk grammar dan struktur bahasanya juga.

Meskipun selama ini aku sering dapat penawaran kerjasama dengan brand tapi ilmu ini penting banget terutama penulisan dalam penggunaan bahasa Inggris. Ternyata waktu pengajuan penawaran di intellifluence.com bahasa inggrisku seadanya saja. Tapi alhamdulilah sih , agenci atau brand menerima penawaranku dan bayarannya lumayan banget dengan nilai dollar. Paling tinggi sih aku dapat 100$. Lumayan banget kan sekali job dapat nilai segitu.

Nah, dengan adanya workshop "Blogger Pitching Letter Writing Class ini ada banyak benefit yang didapatkan oleh blogger dan juga brand. Sungguh ilmu ini bermanfaat banget lo buat aku sebagai blogger.

Apa aja sih benefitnya.
Benefit untuk brand:

1.Targeted audience reach. Benefit untuk brand yaitu traget yang dicapai akan selaras dengan target yang ingin brand capai.
2. Authenticity. Blogger dapat memberikan konten yang otentik dan relevan sesuai dengan audiens mereka targetkan sehingga bisa meningkatkan kepercayaan brand.
3. Storytelling. Blogger bisa menceritakan produk dari brand sesuai dengan kreativitasnya masing-masing dengan cara storytelling.
4. Engagement. Kerjasama bligger dengan brang mampu meningkatkan engagement dan interaksi dengan target dari brand.

Benefit untuk blogger:
1. Increased visibility. Apabila kita kolaborasi dengan brand terutama brand terkenal, maka akan menarik lebih banyak pengunjung ke konten kita.
2. Credibility and authority. Kerjasama dengan brand akan meningkatkan kredinilitas dari niche yang ditonjolkan oleh blogger.
3. Monetization. Nah ini yang paling penting buat aku ya. Bekerja sama dengan brand bosa menghasilkan uang. Baik itu sesikit atau banyak tergantung dari penawaran dan negosiasi dengan brand dan tentunya niche blog kita. Monetization ini tak hanya dari kolaborasi dengan brand tapi juga berupa sponsorship dan affiliate.
4. Content Variety. Bila kita kerjasana dengan brand maka kontent kita isinya kan beragam. Idenya juga beragam. Jadi kblogger bisa memiliki banyak ide untuk menulis.

Nah, benefit buat blogger dan brand itu sama-sama menguntungkan. Tapi benefit ini jika masih saling menjaga silaturrahmi dengan baik ke depannya, blogger akan mendapatkan benefit lebih dan akan terus dipakai oleh brand untuk mempromosikan produknya.

Kembali ke workshop kali ini. Ketika materi di sampaikan oleh Pak Sugeng, para blogger kemuadian diberi sebuah kertas kecil berwarna pink. Di mana kita akan melakukan games . Tiap blogger diminta menuliskan nama dan alamat blognya. Lalu buatlah 3 deskripsi tentang blognya sendiri. Nah gamesnya adalah. Berhubung kami ada 7 blogger. Lalu dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok ada 3-4 orang. Aku kebetulan berkelompok dengan 4 orang. Lalu cardnya masing-masing di aduk. Setiap blogger pilih satu buah card dan tidak boleh megang cardnya sendiri. Setelah masing-masing pegang card. Lalu salah satu yg pegang card menjelaskan deskripsi di card tersebut apakah benara atau salah. Dan berilah poin masing-masing dari blogger. Begitu seterusnya sampai card ke 4 habis. Nah blogger yang paling banyak poin adalah yang paling bagus hasilnya.



Games yang kedua yaitu setiap blogger diberi kertas yang sudah berisi email example. Kami diminta untuk mengurutkan susunan email yang benar. Sedangkan games yang ke empat yaitu kami diberi selembar kertas dan ada 2 email example. Kami diminta untuk mengkoreksi masing-masing email example tersebut.

Lanjut dengan games yang kelima yaitu kami diminta untuk mengisi google drive dan menuliskan surat penawaran dalam bahasa inggris yang baik dan benar sesuai dengan perintah.

Seru juga ya workshop kali ini. Sayang sekali waktunya kurang panjang nih. Masih pengen belajar lagi dan lagi.

Kesimpulan dalam membuat proposal email yaitu kuncinya harus ada:
1. Introduction
2. Blog overview
3. Collaboration ideas
4. Benefit for the brand
5. Call to action


Workshop dari TBI ( The British Institute) ini menyenangkan banget. Tahu nggak sih apa itu TBI? TBI adalah tempat kursus bahasa Inggris di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1984. Visi dan misi dari TBI yaitu selalu menjadi yang terdepan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris terbaik dan terpercaya di Indonesia sampai ke lingkup internasional. Standar kualifikasi mengajar di TBI sesuai dengan standar kebutuhan internasional, dan TBI berkomitmen dalam sinergitas keterampilan Bahasa Inggris untuk memajukan perkembangan dunia edukasi, dunia kerja, serta sektor – sektor perindustrian lainnya. TBI adalah satu – satunya Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi langsung oleh the University of Cambridge English, dalam rangka melakukan kursus pelatihan guru melalui Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages (CELTA). Keren banget kan ya?

TBI ada 4 cabang yaitu di TBI Depok, TBI Cibubur dan TBI Kota Wisata. Ketiga lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dan berada di pusat kota. Jadi tidak perlu khawatir untuk kursus bahasa Inggris karena lokasinya yang mudah.


Bertepatan dengan usia TBI yang ke-40 tahun ini TBI perkuat komitmen untuk terus adaptif di segala lini industri dengan menggaungkan core values yaitu:
1. transformasi (transformation),
2. membangun (build), dan
3. inovasi (innovation).

TBI menyediakan berbagai program bahasa Inggris mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Program bahasa tersebut yaitu:

1) Very Young Learner (children age 4-6). Program ini meliputi kelas anak-anak hingga remaja, mulai dari usia 4 – 6 tahun.
2) Children Class (Primary school students Grade 1-4)
3) Pre-Teenager Class (Primary school students Grade 5-6)
4) Teenager Class (Junior High School students)
5) Global English (High school students & adults.

Selain program bahasa, TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata juga memiliki program khusus yaitu:

1. Exam Preparation Class ( TOEFL ITP, TOEFL IBT dan IELTS). Bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan juga untuk beasiswa.
2. Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks bisnis.
4. Conversation Class, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris khususnya soeaking skills
Cukup banyak kan program kelasnya. Kamu bisa memilih sesuai dengan kriterimu. Harganya juga terjangkau kok.

Pembelajaran di TBI ini merujuk pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), yaitu standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Cocok banget nih buat blogger nih kursus bahasa ainggris di TBI terutama dalam kemampuan menulis ya. Kalau rajin kursus di TBI, pasti makin bagus nih skill Bahasa Inggrisnya.

Selain itu TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata juga memiliki program rutin tiap tahun seperti Holiday English Programme, English Competition, dan Halloween. Kira-kira seperti apa ya programnya? Jadi penasaran kan.



Nah buat kamu yang ingin mengajak anak-anak atau orang dewasa kursus bahasa Inggris, silahkan datang ke TBI terdekat. Berikut adalah alamat cabangnya yang ada:

• TBI Depok: Jl. Raya Margonda No.56 Ruko ITC Depok No.7-8, Pancoran Mas Depok
16431. Ph: 021 77211000, 0857 1573 3386
• TBI Cibubur: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.1 No. 9 B-C. Cimanggis, Kota Depok
16454. Ph: 021 84309595, 0813 8330 7474
• TBI Kota Wisata: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.6 Ruko Boston Square Rk.1 No.7-9,
Kota Wisata Cibubur, Kota Bogor 16968. Ph: 021 22962690, 0857 7213 8651

Nah untuk Informasi lainnya tentang TBI, kamu bisa searching langsung ke webnya di www.tbi.co.id.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yuks bergabunglah sekarang juga dengan TBI. Jangan ditunda-tunda ya. Come on Sobat. 

13 komentar

Suci mengatakan...

Serunyaa bisa kumpul bareng bermanfaat sama temen2 sefrekwensi begini...
dapet ilmu, pengalaman dan relasi tentunya.
Salfok sama kak Dennise, udah jadi mc kondang aja yaa..

Fenni Bungsu mengatakan...

Wuah langsung bisa jajal tes TOEFL juga.
Bacanya daku pin ikut deg²an soalnya belum pernah hihi.
Seru ini belajarnya, jadi sekaligus mengukur kemampuan juga ya

dessy achieriny mengatakan...

Anakku lagi ngincer tes TOEFL juga nih. Berarti ada di sini ya. Kemarin nyari yang bisa test TOEFL bingung dimana. Klo yg kota wisata deket aku. The British Institude ternyata lembaga kursus bahasa inggris yang yang sudah berdiri sejak 1984 di Indonesia ya. Udh lama banget.

Maria G Soemitro mengatakan...

Wah ngiriii....

andai tinggal di jakarta saya pasti daftar, siapa tahu bisa lolos

karena penting banget blogger meningkatkan skill-nya

dan bersyukur Blogger Crony memberikan kesempatan ya?

Helloinez.com mengatakan...

Wah keren bgt nih. Upgrade skill baru bikin pitching email pake bahasa Inggris.

Annie Nugraha mengatakan...

Kesempatan banget Mbak Fania. Belajar dan meningkatkan kemahiran bahasa yang berhubungan langsung dengan pekerjaan atau dunia aktif yang sedang kita jalani. Belajar bahasa Inggris nyatanya adalah investasi menurut saya. Skill jangka panjang yang pastinya berguna banget. Baik secara pasif maupun aktif. Kemampuan berbahasa asing yang baik tuh gak akan rugi sepanjang kita aktif menggunakannya dan terus berlatih plus meningkatkan kemampuan berjenjang dari level ke level.

BTW, TBI dulu ada juga di Kelapa Gading kalo gak salah. Sudah tutup apa ya?

Dee_Arif mengatakan...

Ah seru banget bisa ikutan acara bermanfaat seperti ini mbak
Senang ya, ngumpul sekaligus ngulik ilmu

Khoirur Rohmah mengatakan...

Jadi ingat ingat lagi, pas ikutan Tes TOEFL waktu masih SMA dulu, hihihi
Seru banget sih workshop nya
Jadi pengen ikutan deh
Tapi sepertinya belum bisa
Mana ilmunya daging banget
Juga dibutuhkan apalagi untuk ajukan kerjasama dengan brand
Mauuu

lendyagassi mengatakan...

Seru sekalii..
Aku kebayang sih, tes TOEFL tuh selalu bikin jantung berdegup. Pasalnya memang hasilnya tuh bisa beda banget antara yang sering ((terbiasa)) dengan yang mengerjakan at that very moment.
Jadi kaya uda pasrah aja gitu yaa..

Dan bersama TBI ini bikin semangat untuk upskills terutama di bidang blogging.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Seru dan bermanfaat sekali ini workshopnya. "Blogger Pitching Letter Writing Class” bikin kita para blogger pede dan bisa menuliskan surat penawaran secara baik dan benar kepada brand/agensi dalam bahasa Inggris dan tentunya nanti menulis artikel dalam bahasa Inggris jika dibutuhkan. Keren!

Shinta Shyntako mengatakan...

workshopnya berguna banget ya kak, lumayan buat dipraktekkin buat kirim pitching letter gitu untuk calon klien kita dari luar negeri, jadi pengen ikutan juga deh huhu

andyhardiyanti mengatakan...

Seru ih kegiatannya, belajar bagaimana menulis proposal penawaran yang baik, sekaligus belajar Bahasa Inggris. Kegiatannya BCC ini benar-benar bikin para blogger jadi naik kelas. Salut!

Nanik Kristiyaningsih mengatakan...

Mbak kebayang kalo saya yang ikut tes Toefl saat workshop itu gimana, ya?
Sudah lama nggak cas cis cus pakai bahasa Inggris, duhh pasti nilainya auto anjlok, hihi.
Btw seruu banget sih mbak, saya jadi pingin ikutan meski nggak mahir bahasa Inggris.