Thursday, January 7, 2016

Memaksimalkan Hobi Ngeblog Agar Menjadi Profesi di Fun Blogging 8


Berbicara tentang blog, merupakan sesuatu yang menarik perhatian saat ini. Bagaimana tidak, blogger saat ini sudah banyak dilirik oleh para perusahaan dan brand-brand tertentu untuk membantu mempromosikan produknya kepada masyarakat melalui tulisan di blog. Mengapa itu bisa terjadi? Karena blogger sudah bisa menghasilkan tulisan yang mampu mempengaruhi pembaca dari berbagai sudut pandang. Maka dari itu, saat ini blogger sudah menjadi sebuah profesi dari sebuah hobi yang awalnya hanya curhatan belaka. Dari ngeblog kita bisa menghasilkan sesuatu entah itu barang, atau uang. Yang terpenting juga adalah sebuah kepuasan batin. Apa iya itu bisa terjadi? Tentu saja bisa. Karena semua yang akan terjadi tergantung bagaimana kitanya saja. Bagaimana membuat tulisan yang menarik dengan konten yang bagus, bagaimana cara memarketingkan tulisan dan bagaimana menghasilkan benefit dari tulisan kita.

Menjadi blogger itu sebenarnya bukan sebuah paksaan. Menurut saya kegiatan ngeblog adalah sebuah hobi, asalkan mempunyai niat dan keinginan yang kuat untuk konsisten menulis. Tanpa itu, mustahil blog kita akan terisi penuh dengan tulisan yang kita tulis serta akan mendapatkan benefit yang diinginkan.

Tadinya menulis blog bagi saya hanyalah sesuatu yang iseng saja.  Selain curhat juga untuk merefreshkan pikiran dan berbagi manfaat serta pengalaman kepada orang lain. Tapi saat ini saya mulai menyadari bahwa sebuah hobi kalau dilakukan dengan tulus dan niat pasti akan menghasilkan sesuatu yang bisa kita miliki. Tidak hanya itu saja, saya pun menjadi termotivasi dengan tulisan-tulisan para blogger yang sudah serius dengan kegiatan ngeblognya bahkan sudah mendapatkan sesuatu yang banyak dari tulisannya. Maka dari itu saya berusaha untuk belajar lebih jauh tentang blog, blogger dan blogging dengan mengikuti berbagai workshop dan kelas-kelas yang diadakan baik itu berbayar ataupun gratis.

Fun Blogging 8

Bulan lalu tanggal 19 Desember 2015, saya mengikuti workshop blogging bernama Fun Blogging 8 dengan tema 'Hobi menjadi Profesi'. Lokasinya di Gedung Gracia Center, Graha Telematika, Ciputat Raya, Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Fun Blogging ini sebenarnya sudah berjalan 8 kali dan inilah kali pertama saya mengikuti workshop yang dipandu oleh 3 blogger wanita kece dan sudah mempunyai banyak prestasi di dunia blog. Yaitu mb Haya Alia Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Mereka bertiga sudah sangat terkenal dan saya pun sudah mengenal mereka dengan tulisan-tulisannya.



Sejak pertama kali  workshop ini dibuka,  saya masih belum tertarik untuk mengikutinya. Tapi setelah banyak yang share tentang dampak positif  setelah mengikuti workshop ini, kemudian saya jadi termotivasi juga untuk mengikuti. Beruntunglah saya bisa terdaftar di sesi ke-8 karena untuk mendaftar workshop Fun Blogging saja kuotanya sangat terbatas dan harus antri. Jadi siapa cepat dia dapat. Kalau tidak kebagian kuota terpaksa harus mendaftar di sesi berikutnya lagi.

Gedung Gracia Centre Ciputat Raya


Pelaksanaan Fun Blogging tidak hanya di Jakarta saja, tapi juga sudah mulai merambah ke kota Surabaya, Bandung dan masih direncanakan akan melebarkan sayap ke kota-kota lain di Indonesia. Jadi jangan khawatir untuk para blogger yang tinggal di luar Jakarta. Pasti akan ada kesempatan untuk mengikuti workshop ini. Pelaksanaannya biasanya tiap sebulan sekali dan itupun harus cepat-cepat daftar ya, karena kalau tidak cepat bakalan kehabisan kuota. Buat yang sudah ikut di sesi sebelumnya tidak boleh ikut lagi ya, karena materinya sama. Kasihan kan buat yang belum pernah ikut sama sekali bakalan enggak dapat kuota.

Untuk para blogger yang belum kenal mbak Haya, mbak Shinta dan mbak Ani Berta, cobalah menjadi teman mereka di Facebook atau Twitter. Berakrab-akrab rialah dengan mereka bertiga karena ketiganya itu sangat welcome dan baik lo. Dari Facebook dan Twitter mereka bertiga kita bisa memantau pelaksanaan acara Fun Blogging berikutnya. Yang berminat, jangan pernah melewatkan hal ini ya. Pokoknya kalau sudah mengikuti workshop ini, dijamin puas deh. Kalau saya masih kurang puas sih, karena ilmunya kurang banyak. Hehe. Tapi dengar-dengar kabar nih,  bakalan diadakan Fun Blogging Advance. Ikutan yuks kalau ada.

Bersama para Cikgu di Fun Blogging 8 (ki-ka: Shinta Ries, Haya Alia Zaki, saya dan Ani Berta)


Walaupun lokasi workshopnya jauh dari rumah, saya sih fun-fun saja datang ke acara ini. Berhubung datangnya udah mepet-mepet jadwal acara. Terpaksa deh saya kebagian tempat duduk di belakang. Padahal sebenarnya pengen banget duduk di depan supaya lebih konsen dengan materi yang dipaparkan oleh ketiga pemateri. Jumlah peserta kali ini sepertinya paling banyak dari biasanya yaitu sekitar 45 orang sehingga ruangan terasa full banget.

IWITA  (Indonesian Women IT Awareness)


Logo IWITA


Acara tepat dilaksanakan pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Sebelum acara dimulai, ada pembicara dari IWITA yaitu mbak Martha Simanjuntak. IWITA merupakan salah satu sponsor terselenggaranya Fun Blogging 8 ini. IWITA (Indonesian Women IT Awareness) adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi yang berbadan hukum dan memiliki kegiatan dibidang Sosial dan bersifat Nirlaba. IWITA berdiri pada tanggal 9 April 2009, berkedudukan di Jakarta dan mempunyai daerah operasional di seluruh Indonesia.
Mbak Martha dari IWITA



Visi yang akan diwujudkan oleh IWITA adalah terwujudnya perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui awareness (kesadaran), learning (pembelajaran), implementation (implementasi dalam kehidupan masyarakat) dan socialization (sosialisasi) sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.

Sedangkan misi yang ingin dicapai oleh IWITA adalah:

1. Menciptakan kesadaran perempuan Indonesia akan manfaat dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mempelajari, mengimplementasikan dan mensosialisasikan TIK agar dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan khususnya dan taraf hidup masyarakat Indonesia pada umumnya dengan kegiatan pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, sosialisasi, promosi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.

2. Memberikan masukan kepada Pemerintah berkaitan dengan regulasi dan kebijaksanaan yang menyangkut bidang teknologi informasi

3. Bekerjasama dengan organisasi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pengembangan produktifitas pribadi dibidang Teknologi Informasi

Dalam sambutannya, Mbak Martha  sangat mendukung kegiatan blogger dengan dunia blognya. Beliau akan selalu melihat tulisan blogger yang bagus dengan konten yang juga bagus dan siapa tahu nantinya bisa diajak kerjasama. Ini peluang yang bagus lo. Mbak Martha juga mengatakan bahwa dalam menulis, kekuatan konten itu sangat penting. Saya pun saat ini harus lebih memfokuskan pada konten agar mudah dapat job.

Setelah pembukaan acara oleh Mbak Martha dari IWITA, acara selanjutnya yaitu pemberian materi dari 3 blogger wanita yang kece yaitu Haya Alia Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta.

Materi 1 . Writing Great Content

Untuk materi tentang Konten akan dipaparkan oleh Mbak Haya Alia Zaki, seorang blogger wanita yang sudah memiliki banyak prestasi. Karya karyanya pun sudah diterbitkan di media dan juga dalam bentuk buku. Bahkan dari hasil ngeblognya seringkali mendapat tawaran job dengan imbalan yang menggiurkan. Mbak Haya ini sangat rajin menulis blog dan berani mengirimkan tulisan-tulisannya ke media. Motivasi inilah yang membuat saya tergerak untuk mengikuti langkahnya juga. Kalau kamu orang yang hobi membaca media seperti koran, jangan lupa kalau menemukan tulisan karya mbak yang satu ini, langsung share ke publik ya. Dari tulisannyalah kita bisa belajar banyak. Tak menutup kemungkinan kalau kita mempunyai keberanian yang sama, pastilah tulisan kita juga bisa dimuat di media.

Materi pertama dari Mbak Haya Alia Zaki
Profil Mbak Haya Alia Zaki



Menurut Mbak Haya dalam paparannya bahwa ketika kita menulis blog perhatikanlah konten. Apa yang kita tuliskan usahakan adalah jati diri kita dan menyentuh kehidupan sehari-hari. Jangan membuat konten yang tidak sesuai dengan diri kita sendiri karena pastinya hal itu akan merugikan kita sendiri. Menulislah dengan hati dan perasaan sepenuh jiwa. Karena menulis dengan hati pastinya akan menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik untuk dibaca.

Banyak sekali yang bisa kita jadikan konten dalam blog. Semuanya tergantung dari minat. Isi tulisan juga diusahakan jangan hanya curhat tapi juga bisa memberikan solusi. Karena kebanyakan pembaca adalah mencari artikel yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka baik berupa sharing pengalaman,  tips dan trik, solusi, manfaat dan lainnya. Usahakan konten yang kita buat adalah sesuatu yang paling banyak dicari oleh pembaca dan juga berhubungan dengan mesin pencari di google. Semakin mudah terindeks google, maka tulisan kita akan semakin mudah ditemukan oleh pembaca. Itulah perlunya sebuah konten.

Tidak hanya konten saja yang menjadi salah satu syarat agar tulisan kita dilirik oleh media atau brand. Tapi juga butuh skill yang memadai dan hubungan baik atau networking. Mempunyai networking dengan siapa saja pastinya akan membuka peluang bagi kita untuk mendapatkan tawaran job. Oleh karena bila networking sudah terjalin, usahakan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka. Menjaga silaturrahmi walaupun hanya sekedar tegur sapa di medsos. Sebuah silaturrahmi itu tidak akan sia-sia. Kita tak akan pernah tahu kapan rezeki job akan menghampiri kita. Betul tidak?

Menentukan sebuah konten di dalam blog memang tidak mudah. Kita harus sering menulis apa saja yang akan kita tuliskan. Sejalan dengan waktu kita pasti akan menemukan konten apa sebenarnya yang kita miliki. Jangan pernah takut untuk menuliskan sesuatu. Kalau sudah menemukan konten, sebaiknya kita tetap konsisten dengan konten yang sudah kita punyai. Walaupun sekali-kali bolehlah menulis di luar konten. Itu sih sah-sah saja. Tidak ada yang melarang.

Bagi kita yang terbiasa blogwalking atau membaca suatu artikel, biasanya kita lebih tertarik dengan tulisan yang disertai foto-foto yang menarik. Maka dari itu usahakan untuk memanjakan blog kita dengan konten yang bagus, foto yang menarik dan informasi yang lengkap. Dengan begitu apa yang kita tulis lebih mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga pembaca tidak hanya sekali saja berkunjung ke blog kita bahkan berkali-kali. Pembaca yang setia akan selalu menunggu tulisan-tulisan kita selanjutnya. Kalau sudah seperti itu maka tulisanmu akan menjadi bagian dari diri si pembaca.

Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa ada juga blog yang hanya menampilkan tulisan saja atau foto saja. Itu semua tergantung dari si blogger bagaimana konten yang akan dia berikan kepada pembacanya. Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa nafas dari tulisan adalah konten.

Sewaktu menulis, tulislah apa saja yang ada di pikiranmu dengan hatimu. Baru setelah itu draft yang kamu buat dikoreksi dan edit lagi agar lebih enak dibaca.  Karena sebagai blogger hanya kita sendirilah yang jadi penulis sekaligus editor. Pembaca hanya sebagai penikmat tulisan kita saja. Ketika menulis perhatikanlah 5W 1H yaitu Who, What, Where, When, Why dan How. Kalau salah satu hilang maka tulisan kita akan terasa janggal.

Begitu juga dengan EYD (Ejaan Yang Dibakukan) perlu diperhatikan ketika menulis dan mengedit. Belajarlah lebih banyak bagaimana menulis yang baik dengan ejaan yang benar. Kalau perlu bacalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) agar apa yang kita tuliskan tidak salah eja dan kita bisa tahu arti dari kata yang kita tulis. Percuma saja kan kalau isi dari tulisan bagus tapi ejaannya banyak yang salah.

Tulisan yang thypo juga perlu mendapat perhatian yang besar ketika mengedit.  Thypo itu adalah tulisan yang salah ketik.  Kalau tulisan kita banyak thyponya, maka akan mengubah makna tulisan tersebut. Kita bisa saja dianggap orang yang ceroboh dan kurang serius.  Jadi setelah menulis perlulah kiranya mengoreksi lagi tulisan kita. Pembaca akan mudah paham apa yang kita tuliskan tanpa harus bertanya-tanya lagi.  Jadi teknik penulisan itu penting banget untuk para blogger. Saya pun harus banyak belajar lagi tentang teknik penulisan yang benar termasuk EYD juga.

Bolehkah blog menghasilkan uang?


Ketika media online dan blogger mulai menjamur, brand-brand pun mulai melirik mereka. Untuk apa? Ya, hal itu untuk membantu memasarkan produk-produk brand tersebut dan juga untuk pencitraan brand. Jangan pernah memandang negatif sebuah pencitraan. Karena pencitraan itu tidak selamanya buruk. Bagaimana bisa sebuah brand akan dikenal masyarakat kalau tidak dipromosikan?  Untuk itulah blogger menjadi andalan bagi sebuah brand. Mempromosikan produk sama halnya dengan marketing atau mengiklankan. Iklan adalah kehidupan dari blogger. Ketika mengiklankan sebuah produk diusahakan agar apa yang kita tulis adalah sebuah cerita yang mengalir bukan sebuah tulisan iklan. Coba deh bedakan mana tulisan media dan mana tulisan blogger. Pasti berbeda bukan?

Oh ya, selanjutnya mbak Haya memberikan sebuah games, dimana peserta Fun Blogging diberi selembar kertas kuning kecil dan diharuskan menuliskan apa yang ingin kita capai dengan menggunakan tangan kiri. Cukup menuliskan 2 hal saja yaitu berupa sesuatu/barang. Saat itu saya menuliskan ingin naik haji dan keliling dunia dengan jalan-jalan. Nah setelah ditulis kita disuruh menyimpan tulisan tersebut di tempat yang mudah kita baca. Karena menurut Mbak Haya, dia juga melakukan hal yang sama. Alhamdulilah dari apa yang dia tuliskan ada beberapa yang sudah tercapai. Mudah-mudahan impian saya dalam kertas kecil itu pun juga cepat tercapai. Harus terus-menerus dibaca nih biar termotivasi untuk mencapainya. Amin.

Dua impian saya yang ditulis dengan tangan kiri


Sari Husada

Setelah mendapat materi dari Mbak Haya, kemudian disisipi dengan materi dari Sari Husada yang diwakili oleh Mbak Dewi. Sari Husada merupakan salah satu sponsor dari acara Fun Blogging 8. Sponsor lainnya yaitu Qwords.com, Pixy, IWITA, Snapy Pondok Pinang dan DAG.

Mbak Dewi dari Sari Husada


PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional seperti susu pertumbuhan SGM, SGM Bunda dan Lactamil. Sarihusada telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Perusahaan Sarihusada


Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition, sebuah perusahaan nutrisi yang tersebar di beberapa negara di dunia dengan lebih dari 100 tahun pengalaman menyediakan nutrisi terbaik bagi buah hati. Didukung oleh lebih dari 400 ilmuwan, Danone Nutricia Early Life Nutrition telah menghasilkan 263 penelitian dan147 inovasi mengenai ASI dan nutrisi awal kehidupan.

Produk Sarihusada


Sarihusada sudah terpisah dengan Nutrisi Untuk Bangsa. Dimana Nutrisi Untuk Bangsa tidak menjual produk. Justru yang menjual dan menghasilkan serta memarketingkan produk  nutrisi adalah PT. Sarihusada. Nutrisi Untuk Bangsa, merupakan gerakan dari masyarakat, untuk masyarakat dalam meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah gizi di Indonesia. Nutrisi Untuk Bangsa mengajak seluruh elemen bangsa untuk bekerja sama memerangi permasalahan gizi di tanah air.



Nutrisi Untuk Bangsa mengajak dan melibatkan seluruh aspek masyarakat termasuk para ibu, ayah, calon orang tua, para pakar, mahasiswa ilmu gizi, serta seluruh lapisan masyarakat untuk terjun bersama-sama dalam meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan gizi di Indonesia. Disinilah kita diajak untuk melek gizi. Kegiatan-kegiatan untuk mendukung hal tersebut dilakukan baik di dunia offline maupun dunia maya termasuk sosmed. Bahkan para blogger juga dilibatkan sebagai  sarana untuk menyebarkan kegiatan Nutrisi Untuk Bangsa melalui tulisan-tulisan di blog. Tidak hanya itu di dalam webnya, Nutrisi Untuk Bangsa juga mewadahi aktivitas menulis untuk para blogger dengan cara log in ke dalam webnya.  

Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Nutrisi Untuk Bangsa adalah mengadakan lomba Jelajah Gizi setiap tahunnya dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah jalan-jalan. Setiap bulannya Nutrisi Untuk Bangsa juga mengadakan nutritalk dan  talkshow tentang tumbuh kembang anak, gizi dan parenting  bahkan travelling. Talkshow yang diadakan biasanya mengundang 10 blogger dan media. Bahkan dua atau tiga bulan sekali selalu mengadakan aktivitas di medsos dan web. Kalau ingin lebih tahu banyak tentang Sari Husada bisa langsung ke webnya http://www.sarihusada.co.id.

Acara Fun Blogging sepertinya makin seru saja. Tapi saatnya kita untuk  istirahat, makan siang dan shalat. Kita yang haus dan lapar mulai dimanjakan dengan makanan yang dibungkus daun pisang namanya Nasi Bali. Isinya sih pepes ayam, pepes tongkol ditambah kacang panjang. Rasanya bener-bener enak. Katanya sih buatan home made. Pantas saja enak.  Jadi pengen nambah lagi.

Nasi Bali bungkus daun pisang yang enak 


Materi 2. Advance Your Blog Platform

Setelah istirahat, makan siang dan shalat. Materi selanjutnya dibawakan oleh mbak  Shinta Ries dengan tema Advance Your Blog Platform. Mbak Shinta ini juga memiliki banyak prestasi di dunia perbloggeran. Tulisannya bagus dan saya banyak belajar darinya. Di dalam materi ini akan dijelaskan bagaimana menata dan membuat blog yang bagus serta enak dibaca baik ketika dibuka di laptop/PC maupun di smartphone. Selain itu, bagaimana sebuah tulisan di blog akan mudah dicari dan terindeks oleh google.
Materi kedua oleh Mbak Shinta Ries
Profil Mbak Shinta Ries



Menata dan membuat sebuah blog memerlukan tatanan layout yang menarik, simple dan enak dilihat. Untuk layout blog, jangan pernah menggunakan pernak-pernik seperti bling-bling, kupu-kupu bergerak, salju-saljuan atau lainnya. Hal tersebut sangat mengganggu para pembaca dan membuat webnya  terasa berat ketika dibuka di laptop maupun di smartphone. Termasuk juga dengan aplikasi musik. Hal-hal seperti itu dirasa kurang perlu untuk dipasang di blog. 

Layout blog yang benar yaitu terdiri dari header bar, side bar dan konten. Biasanya yang mudah dan enak dilihat adalah layout blog dengan letak konten di sebelah kiri sedangkan letak side bar di sebelah kanan. Untuk background tulisan pada blog  gunakanlah background yang tidak gelap  seperti putih atau warna-warna pastel. Warna tulisan juga harus bisa terlihat. Jangan sampai warna tulisan sama atau blur dengan warna background. Misalkan saja warna background hitam sedangkan warna tulisan kuning. Sepertinya bikin silau dan pusing untuk dibaca kan? Lebih enak kalau background putih dan tulisan warna hitam.  Maka dari itu kalau membuat layout blog usahakan yang bersih dan simpel sehingga terlihat profesional. Pada umumnya brand-brand itu akan melirik blog yang simpel.  Mulai sekarang perbaiki lagi ya layout blogmu menjadi lebih simpel.

Kalau konten dan layout sudah bagus, kita tinggal membuat cara agar tulisan kita mudah terindeks oleh google.  Salah satu caranya dengan menentukan Keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah sinyal utnuk menaikkan blog kita agar terindeks google. Selain itu sering-seringlah share di facebook dan twitter agar banyak yang membaca sebab facebook dan twitter sangat membantu menaikkan blog kita dipencarian google. Buat kamu semua yang malu-malu untuk mensharing tulisanmu, mulai sekarang hilangkan perasan malu dan minder. Beranikan diri itu lebih baik. Dengan blogwalking dan berkomentar di blog orang juga akan menambah traffic pembaca blog kita. Perlu diingat juga bahwa blog yang bagus menurut mbak Shinta adalah blog  yang pembacanya lebih lama berinteraksi di blog kita. Itulah yang membuat blog kita mudah terindeks google. Menulis juga usahakan menggunakan jumlah kata yang panjang  sekitar 1000-1500, karena biasanya akan lebih menarik perhatian google search.

Teknikal blog itu sangat penting dalam menarik perhatian brand agar melirik blog kita untuk diajak kerjasama. Begitu juga dengan media-media social seperti facebook dan twitter yang saat ini menjadi sosmed yang sangat berpengaruh dalam menaikkan rating pembaca. Ilmu ini sangat penting bagi saya. Meskipun agak susah bahasannya tapi kalau kita terus belajar memahami dan mempraktekkannya pasti akan menjadi mudah. Tetap semangat ngeblog aja sih.

Materi 3. How to Monetize Your Blog

Setelah sesi mbak Shinta Ries selanjutnya adalah sesi terakhir dari mbak Ani Berta. Mbak Ani juga termasuk  blogger profesional yang sudah banyak mendapat job dari brand-brand. Benefit yang didapatnya pun tak kalah lo dengan gaji karyawan. Mbak Ani ini adalah wanita pemberani yang mau keluar dari zona nyaman yaitu yang awalnya sebagai seorang karyswan dengan jam kerja yang tetap kemudian berubah haluan menjadi seorang full blogger dengan jam kerja yang relatif.
Materi ketiga oleh Mbak Ani Berta

Profil Mbak Ani Berta


Kali ini mbak Ani akan memberikan materi tentang Memaksimalkan Benefit Blog. Tentunya hal ini berhubungan dengan job dan uang. Materi ini adalah materi yang ditunggu-tunggu oleh saya. Siapa sih yang tidak tergiur dengan job dan uang atau bahkan bisa jalan-jalan gratis, nginep di hotel gratis, dapat produk gratis atau makan gratis. Wah pastinya semua blogger mau dong ya. Nah.. itulah pentingnya belajar tentang memaksimalkan benefit blog dari mbak Ani Berta.

Kesuksesan yang akan didapatkan oleh seorang blogger adalah tergantung bagaimana cara kita mengelolanya. Bila kita mengelolanya dengan sepenuh hati dan ikhlas. Insyaallah akan mendapatkan imbal balik dari itu semua. Tidak hanya dilirik oleh brand dengan imbalan yang besar tapi juga bisa membantu kesejahteraan kita sendiri. 

Menurut Mbak Ani Berta, kalau kita mempunyai background ilmu apa saja janganlah disia-siakan begitu saja. Manfaatkanlah dengan baik dan buatlah sebuah konten khusus. Karena bisa saja ilmu yang kita punya bermanfaat dan memberikan sebuah informasi bagi orang lain. Isi blog juga usahakan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca baik tentang edukasi, self experiences, maupun lainnya.

Tulislah apa saja yang kita ketahui termasuk keahlian yang kita miliki. Jangan sampai ilmu atau keahlian yang kita miliki itu dibuang percuma saja. Kalau kita sudah konsisten dengan itu semua. Pasti hasilnya akan memuaskan dan bahkan lebih dari yang kita harapkan. Dari situlah personal branding akan tercipta dengan sendirinya. Membuat blog dengan konten khusus akan membantu kita menaikkan optimalisasi blog dan menarik brand-brand agar bekerja sama dengan kita. Dalam menulis, buatlah sebuah tulisan yang mengalir. Tulisan yang soft selling lebih menarik daripada tulisan yang hard selling. 

Ketika kita akan mensharing tulisan di sosmed, buatlah akun dengan nama yang tidak alay baik itu di facebook maupun twitter. Usahakan gunakan nama asli dan samakan semua nama akun di sosmed agar mudah dideteksi. Apalagi jika kita diundang oleh brand ke suatu acara atau diminta untuk menulis review produknya, pastinya brand tersebut akan meminta nama akun sosmed kita. Kalau namanya saja sudah alay akan membuat brand tersebut merasa kurang nyaman bekerja sama dengan kita. Terasa kurang profesional gitu lah. 

Ketika sudah mendapat job dari sebuah brand, tulislah dengan bahasa yang baik jangan sampai menyinggung brand lain. Usahakan setelah masa kontrak berakhir dengan sebuah brand tetaplah menjalin komunikasi dengan brand tersebut. Siapa tahu suatu saat kita akan diajak kerjasama lagi. Begitu juga ketika diundang ke acara blogger,  usahakanlah datang atau kalau tidak bisa datang, berikanlah kabar melalui email maupun telepon.  Sehingga brand yang mengundang kita merasa dihargai. Kalaupun tidak ada kewajiban untuk membuat reportase terhadap undangan tersebut. Usahakanlah membuat tulisan reportase sendiri dengan sukarela agar si brand senang dan merasa dihargai pula. Siapa tahu nanti brand tersebut akan mengajakmu bekerja sama. Asyik kan?

Sesi Foto Bersama di Fun Blogging 8


Dalam setiap sesi selalu dibuka sesi tanya jawab. Para peserta diperbolehkan menanyakan apa saja yang ingin ditanyakan. Ini adalah kesempatan terbaik untuk bertanya. Karena diakhir acara akan ditunjuk siapa penanya terbaik untuk mendapatkan hadiah. Selain itu juga ada lomba tweet terbaik dan akan mendapatkan hadiah juga. Ternyata hadiahnya banyak ya. Di akhir acara ada sesi foto bersama dan pembagian sertifikat. Setelah itu barulah kita diperbolehkan pulang.

Hokben untuk makan sore.



Penanya terbaik dan pemenang live tweet


Workshop kali ini sangat berkesan bagi saya, selain dapat ilmu, saya juga dapat banyak teman baru. Dan pastinya jumlah followers twitter saya bertambah dengan saling follow antar teman baru. Asyik dong kalau teman blogger makin bertambah banyak.

Itulah materi-materi yang sangat bermanfaat buat saya dan kalian semua para blogger. Mudah-mudahan apa yang saya pelajari dari workshop Fun Blogging 8 ini bisa segera saya terapkan tanpa menunda-nunda lagi. Ya mulai dari hari ini saya harus bergerak lebih cepat. Agar apa yang kita inginkan bisa mencapai kesuksesan yang nyata. Dan ingatlah apa yang saya tuliskan di kertas kuning kecil di awal acara tadi, mudah-mudahan impian itu tercapai berkat ngeblog. Amin.

Saya berharap akan ada workshop selanjutnya yang bisa memberikan ilmu lebih dalam lagi tentang dunia blog. Sukses buat saya dan kita semua. Terimakasih juga buat ketiga pembicara yang cantik untuk ilmu dan sharingnya. 


Referensi:

Foto-foto dari dokumen sendiri, dari IWITA dan Dede Ariyanto.

Http://www.sarihusada.co.id

Http://www.iwita.or.id

Materi Fun Blogging 8

20 comments:

cahaya theprinces said...

Emang acaranya keche bhadai yaaa Mbak. Btw, aku juga punya fotomu berempat sama pemateri lhoo :D

FaniaSurya said...

Iya mbak kece banget acaranya. Eh... punya foto aku juga? Wahhh... mau dong...

Roosvansia Sipahutar said...

Hallo mba Fania, salam kenal. Aku gagal fokus begitu liat makan siang kita hahahhaha, nasi Bali sedap ya mba ada ikannya ada ayamnya ada dagingnya hihihihi. Seneng ya bisa kenyang ilmu juga kita kenyang perutnya. Makin semangat nulisnya.

FaniaSurya said...

Halo juga mbak Roosvansia. Salam kenal ya. Iya mbak nasinya enak banget. Pengen nambah. Tp dijatah ya.. Haha.
Habis kenyang makan kenyang ilmu juga. Mantap deh...

Dede Ariyanto said...

Salam kenal mbak Fania :)
Mbak, nama saya Dede Ariyanto bukan Defe Ariyanto.
Itu tyfo he he

Murtiyarini, Arin said...

Huaaa...ada foto bareng para cikgu. Aku kemaren lupaaa foto.

Murtiyarini, Arin said...

Huaaa...ada foto bareng para cikgu. Aku kemaren lupaaa foto.

helni prabowo said...

ulasannya komplit... makan siang dan sore yang nikmat ya mbak :)

Sie-thi Nurjanah said...

Ga nyangka bisa ketemu mba fania lagi :D
Ga nyesel udah ikut, bersyukur sx bisa berkesempatan ikut di sesi yg ke-8
^_^

Abdul Cholik said...

Fun Blogging memang memperluas horison kita tentang blog dan ngeblog yang baik dan bermanfaat.
Tinggal bagaimana kita mengaplikasikan ilmu itu agar kita dan pengunjung blog juga mendapatkan manfaatnya
Salam hangat dari Jombang

FaniaSurya said...

Salam kenal juga mas dede. Kita sepertinya sdh 2x ketemu. Hehehehe.
Hahaha. Iya ya itu typo.. maaf ya.. udah saya ganti kok. Mksh fotonya.

FaniaSurya said...

Iya mbak.. itu aja fotonya pas sdh pada bubar semua. Hehe.

FaniaSurya said...

Mksh mb helni. Menu makannya enak-enak apalagi nasi balinya. ☺

FaniaSurya said...

Iya nih ketemu lagi. Moga2 acara2 berikutnya bs ketemu lg ya. Acaranya mantap. 😊

FaniaSurya said...

Iya pak dhe betul banget itu. Tinggal kitanya aja gmn mempraktekkannya.
Salam hangat jg dr jakarta.

Abdul Cholik said...

Para narasumber (Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta) sudah memberikan ilmunya kepada kita.
Ilmu tersebut semakin menambah pemahaman kita tentang blog dan ngeblog yang baik dan bermanfaat.
Kita tinggal mengaplikasikan ilmu tersebut agar blog beserta isi yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat bagi kita dan pengunjungnya.Amiin

Salam hangat dari Jombang

Windah Saputro said...

Seru yaa, sampe ga bisa move on

FaniaSurya said...

Betul mb seru banget..

Fubuki Aida said...

Wah kayaknya seru. Coba deket. Pasti udah dateng di acaranya

FaniaSurya said...

Iya mb seru banget. Emang mb di kota apa?

Cek-E, Aplikasi untuk Pengguna E-Money pada IWIC 11

Saat ini semua aktivitas dalam bidang apapun sudah mulai mengarah ke teknologi digital. Semua serba canggih dan praktis. Cara-cara konvens...