Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 

Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. Kebetulan hari itu hari Sabtu dan saya pikir masih buka dan masih jam kerja. Ternyata salah perkiraan.  Yah, sia-sia kesini hari ini. Daripada sia-sia mending saya mampir ke Carrefour saja belanja buah, kebetulan lagi pada diskon nih. 

Berhubung hari ini gak berhasil ke Grapari, besoknya hari Minggu saya mencoba pergi ke Grapari di Mall Lapiazza setelah dhuhur sekitar jam 1 siang. Sampai disana, saya senang karena Graparinya buka. Lokasinya masuk dulu ke Malla Lapiazza dan letaknya di lantai 2. Dari jauh sudah terlihat tulisan Grapari. Yeay, akhirnya ketemu juga nih tempat dan kali ini gak sia-sia datang ke sini. Kalau sampai Grapari disini tutup saya terpaksa harus ke Grapari Rawamangun atau yang di Patung Tani yaitu di Graha Alia.


Warna merah menjadi ciri khas dari brand yang bernama Telkomsel ini. Terkesan berani dan menantang. Saat menuju pintu masuk yang otomatis terbuka bila kita mendekat terlihat fasad bangunan dengan kaca-kaca transparan. Dari luar terlihat suasana di dalamnya ramai dan penuh orang. 
Ketika masuk saya disambut oleh petugas berseragam yang berdiri di sebuah mesin dan membantu mencetakkan nomor antrian para pengunjung. Karena saya ingin mengganti kartu maka saya diberi nomor antrian yang khusus untuk mengganti kartu. Setelah itu saya disuruh untuk menuju petugas lain di mesin yang lain yang memang khusus untuk penggantian kartu. Lumayan banyak juga yang mau mengganti kartu dan kebanyakan dari mereka ingin mengganti dengan kartu 4G. 

Saat giliran saya, saya langsung menyerahkan kartu SIM card saya yang sudah kepotong itu. Lalu si Mas petugas meminta KTP Elektronik asli saya dan bukan fotokopian. Dia kemudian segera memasukkan nomor HP saya, serta tanggal lahir saya di mesin tersebut. Pada waktu itu HP saya harus selalu stand bye hidup, supaya dapat membaca kiriman sms dari Telkomsel.



Berhubung SIM card saya gak bisa dipakai di HP yang lama, akhirnya sama si mas Petugas, SIM card saya dimasukkan ke HP nya. Setelah itu baru muncul SMS dari telkomsel yang berisikan PIN yang nantinya harus dimasukkan ke mesin. Setelah itu muncul lagi nomor token  yang hanya bisa digunakan satu kali dalam tiga menit  ke depan. Baru kemudian KTP saya ditempelkan di mesin dan dari bawah mesin muncullah kartu baru yang saya minta. 


Saya tidak hanya memgganti kartu dengan ukuran nano tapi juga sekaligus menggunakan basis 4G. Karena skg sudah jamannya 4G. Masak saya harus ketinggalan jaman sih. Gak asyik kan? Senang sekali deh. Serba canggih nih Gerai Grapari. Setelah selesai saya kemudian memasukkan SIM card yang baru ke HP saya. Akhirnya bisa juga dipakai. Untuk pengaktifan internetnya saya harus menunggu sekitar 1 jam.



Di dalam ruangan Grapari ini susananya ramai banget. Ternyata pelanggan Telkomsel tuh banyak. Tak henti-hentinya pengunjung datang mau ina inu di tempat ini. Saat saya mengganti kartu saja sudah berdiri banyak orang yang antri di belakang saya. Suasana ruangannya juga adem dan nyaman. Kurang lebih 15 menit saya numpang istirahat dan duduk-duduk disini. Eh keenakan. Saking keenakannya sampai males mau pulang. Hadeh.  

Comments

tarie tarr said…
Aku belum ganti ke 4G nih, Mbak. Alasannya malas ke kota. Hihi. Jauh dan pasti antre soalnya
FaniaSurya said…
Sesempatnya saja mbak. Gak antre panjang kok. Bikinnya juga cepat banget.
Harus pakai ktp elektronik ya? Punyaku belum jadi ktp nya.
FaniaSurya said…
Iya. Harus pakai ktp elektronik mbk.
Ayhie Ochien said…
Ohh klo g pake e-ktp g bisa yah mba? Wahh untung blm berangkat k grapari nya, thanks infonya mba 😊
Ayhie Ochien said…
Ohh klo g pake e-ktp g bisa yah mba? Wahh untung blm berangkat k grapari nya, thanks infonya mba 😊
regina said…
mau nanya,kalau mau ganti yang mikro berapa yah biayanya mbak? terus syarat2
panji aji said…
Mbak itu ketika kita ngisi2 gtu yh d mesin pengganti katu kita yg isi apa petugas y???
Fania surya said…
Waktu itu petugasnya yang ngisi mas panji. Kita cm ngasih KTP aja ke petugasnya.
Fania surya said…
Harus eKTP mbk. Krn nanti di scan di alatnya
Fania surya said…
Gratis mbk regina. Gak dikenain biaya. Syaratnya cm bawa hp sama ktp aja.
Adif Setiawan said…
Hari minggu buka gk ya graparinya
FaniaSurya said…
@adif setiawan. Saya kurang tahu buka hr minggu atau nggak. Coba langsung saja datang.
Dede Neulis said…
Mbak, kl pulsa-y yg d kartu lama bisa kembali gk ya?