Tips Menghemat Ongkos ke Acara Blogger

Menjadi blogger itu banyak hal menyenangkan. Selain sering ikut lomba dan dapat hadiah, itupun kalau dapat ya. Juga bisa kopdaran antar blogger entah itu di acara temu blogger atau acara-acara yang dilakukan oleh brand-brand tertentu. 

Saya sendiri mulai aktif ikut acara blogger sejak tahun lalu. Ternyata menyenangkan banget lo. Agar bisa mendapatkan undangan-undangan acara gratis dari brand-brand tertentu tentunya seorang blogger tuh harus bergabung di sebuah komunitas blogger. Nah pastinya kalau brand punya acara yang diundang adalah kita-kita. Undangan pun melalui admin komunitas. Tapi bagi saya tidak semua undangan harus saya datangi. Karena pastinya saya juga punya acara lain. Apalagi kalau pada hari kerja, sudah pasti saya tidak bisa ikut. Baru bisanya pas weekend saja.




Banyak keuntungan menghadiri sebuah undangan blogger, diantaranya bagi saya yaitu:

 1.  Datang ke acara gratis gak pake bayar.

 2. Dapat goodie bag gratis dari penyelenggara. Nah goodie bag ini isinya bisa bermacam-macam sesuai dengan apa yang disediakan oleh penyelenggara. Biasanya isi dari goodie bag selalu ada nama brand dari penyelenggara. Yang sering saya dapatkan dari goodie bag itu  yaitu topi, dompet, buku, bolpen, handuk, kaos, gantingan kunci, gelas, voucher belanja dll. Bisa jadi itu semua sama simpan baik -baik lo. Karena bisa dibuat kenangan.

 3. Biasanya tiap acara blogger ada  live tweet competition. Dimana setiap blogger wajib membuat tweet di twitter sejak acara berlangsung sampai selesai. Nanti bakalan ada pemenangnya. Nah hadiahnya lumayan lo kalau menang. Saya sendiri pernah dapat voucher kartu flash sebesar 500.000 rupiah dan pulsa 100.000 rupiah. Lumayan kan? 

 4. Terkadang ada brand-brand yang mengadakan lomba blog selesai acara. Kalau beruntung dan hoki, menangin lomba blog menjadi hal yang istimewa dan sebuah prestasi.

 5. Di tiap acara blogger juga bisa dapat makanan gratis lo. Lumayan kan buat blogger yang nge-kos gak usah susah-susah cari makan. Menghemat pengeluaran lagi.

 6. Dapat materi yang penting sebagai ilmu buat kita. 

 7. Kenalan dengan teman-teman blogger yang sebelumnya hanya kita kenal di dumay. Dengan begitu saya bisa punya banyak teman. 

Itu beberapa manfaat yang bisa saya dapatkan bila datang ke acara blogger. 

Namun, untuk datang ke acara blogger tentunya dibutuhkan ongkos juga ya. Apalagi kalau blogger seperti saya yang kemana-mana selalu mengandalkan angkutan umum. Mau naik sepeda motor, takut ramainya jalanan. Mau naik mobil belum punya mobil. Kalau lokasi acara dekat dari rumah dan hanya sekali angkot cukup menghemat pengeluaran. Tetapi kalau lokasinya yang jauh misalkan luar kota atau dari ujung ke ujung pastinya membutuhkan angkutan umum beberapa kali. Ongkosnya juga lumayan banyak. 

Tips saya untuk menghemat ongkos atau biaya:

1 . Karena lokasi saya di Jakarta, gunakanlah busway saja. Karena kalaupun harus transit berkali-kali ongkosnya cuma 3500 di atas jam 7 pagi. Kalau dibawah jam 7 pagi lebih murah lagi yaitu 2000 rupiah. Buat yang datang ke acara pagi hari mendong naik busway sebelum jam 7 pagi. Lumayan menghemat ongkos. Yah walaupun menunggu busway itu cukup lama dan belum tentu kebagian dapat tempat duduk, tapi fun-fun sajalah. Dinikmati setiap perjalanan kemanapun saya melangkah. Capek sih iya, tapi pengalamannya itu lo tak terlupakan.

 2.  Cari tebengan sesama teman blogger yang juga maudatang ke acara. Tebengan bisa pakai sepeda motor atau mobil pribadi. Triknya tanyakan pada teman blogger yang saya kenal, apakah dia juga datang ke acara itu. Kalau datang dan dia bawa kendaraan, nebeng saja sekalian pulang pergi. Ongkospun irit kan. 

 3. Minta antar jemput suami atau saudara. Kalau punya suami dan  saudara itu jangan disia-siakan lo ya. Berdayakan buat mengantar dan menjemput kita ke tempat acara. Kalau suami yang antar pasti gratislah. Tetapi kalau saudara yang mengantar cukuplah ditambahin ongkos buat beli bensin satu liter. Toh satu liter saja gak bakalan habis sehari buat antar jemput kita kan?

 4. Gunakan angkutan umum atau online yang memberikan promo. Misalnya nih gojek online sedang ada promo denga menawarkan harga yang murah buat pelanggan. Kebetulan di saat promo itu ada acara blogger, so saya bisa pesan gojek online terutama kalau lokasinya jauh sekali. Menghemat ongkos dan tenaga juga lo.

 5. Kalau saja di acara blogger saya bisa dapat ilmu yang bermanfaat, goodie bag dan makan, tidaklah menjadi masalah, karena sebanding dengan uang dan tenaga yang saya keluarkan. Tetapi kalau di acara blogger itu saya tidak mendapatkan apa-apa, sebenarnya rugi juga sih. Tapi di balik kerugiaan itu pastilah ada manfaat dan hikmah yang bisa saya dapatkan. Jadi kalau tidak dapat apa-apa ya dinikmati saja. Anggap saja saya sedang jalan-jalan dan sedang refresing. Menikmati hiburan di acara blogger. Bisa ketemu dan kopdaran dengan teman blogger yang lain selain mendapatkan ilmu dari acara blogger tersebut. 

Asyik kan menjadi blogger itu? Tips diatas bisa lo dijadikan referensi untuk menghemat ongkos kita bila datang ke sebuah acara. Saya sudah melakukannya. Dan saya enjoy-enjoy saja kalau harus datang ke sebuah acara blogger. Yang terpenting adalah ilmunya dan silaturrahminya dengan para blogger. Toh nanti pasti ada balasan lain yang bisa saya dapatkan dari Allah, kalau memang di acara blogger saya tidak mendpat apa-apa. So far dinikmati saja yuks sebagai pengalaman, ilmu dan hiburan. 

Comments

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia