Asyiknya Belajar Photoshop di Kelas Blogger bersama Mas Satto Raji

Kali kedua tanggal 30 Oktober 2016 hari Minggu kemarin saya menghadiri #KelasBlogger ke-11. Saya sangat antusias dengan adanya #KelasBlogger kali ini. Kali pertama ikutan temanya adalah membuat Vlog tapi untuk kelas kali ini temanya adalah Photoshop. Ye ye ye. Materi ini sudah lama ingin saya ikuti. Meskipun sudah lama kenal dengan yang namanya photoshop sejak kuliah tapi sampai sekarang saya belum canggih bener kalau ngedit foto pakai photoshop. Dulu sih sampai dibela-belain beli bukunya. Tapi ya tetap saja belum profesional banget kalau ngedit foto. Plangak-plongok karena cukup sulit.

Mengolah Foto untuk Blog Mrnggunakan Photoshop (doc. Satto Raji)


Kelas Blogger 11 (doc. pribadi)

Beruntung sekali saya bisa hadir di Kelas Blogger 11. Kebetulan tempatnya tidak di kantor Kudo, tapi di Mitra Terrace daerah Gatot Subroto Jakarta. Lokasinya pun di sebelah Hotel Kartika Candra.

Fasad depan Mitra Terrace (doc.pribadi)

Sedikit cerita sih menuju lokasi. Saya sempat nyasar mau ke arah Blok M dan nyangkut di kantor Mabes Polri. Mana daerahnya sepi lagi. Akhirnya nanya-nanya sama pak polisi yang sedang berjaga. Mereka bilang kalau gedung Mitra Terrace tuh kelewatan. Saya disaranin naik gojek saja karena cukup dekat. Untung saya gak turun di Blok M. Kalau turun disana mah jauh banget kali jarak tempuhnya. Naik gojek pun kemahalan pastinya. Baiklah akhirnya saya putuskan naik gojek saja. Langsung buka aplikasi dan pesan. Syukurlah ongkosnya cuma Rp.7000,- saja. Tak berapa lama abang gojek datang dan sampai deh di Mitra Terrace. Ah akhirnya lega juga dah sampai tempat acara. Padahal tadi dah deg-degan di daerah yang buta lokasi sama sekali. Tadi sih hampir saja abang gojeknya kebablasan. Untung saya melihat papan nama di depan pintu masuk bertuliskan Mitra Terrace. Selamat. Selamat. Gak jadi nyasar lagi. Hehehe.

Atap mitra Terrace (doc. pribadi)

Sampai lokasi beruntung saya belum terlambat. Para peserta #BCKB11 sudah beberapa orang yang datang.  Sampai di lokasi, saya mengisi buku kehadiran yang dijaga oleh Mbak Tia. Sebelum acara dimulai nih, saya mau cerita dulu tentang Gedung Mitra Terrace ini. Dari kejauhan sudah tampak papan tulisan Mitra Terrace di fasad bangunan. Bangunan yang atapnya berbentuk tenda berwarna putih ini sangat khas. Mirip kayak tenda di Mekkah. Mengapa disebut Terrace? Mungkin karena interiornya berbentuk terrace, luas seperti teras dan atapnya hanya bertenda. Pertama kali masuk langsung ada stage panggung untuk acara dan ada tatanan kursi untuk pengunjung. Di bagian atas ada balkon yang bisa dilewati melalui tangga. Nah di teras atas ini nih tempatnya sangat instagramable. Ada stage yang ditata dengan tempat duduk yang berumput sintesis warna hijau. Cocok banget buat foto-foto dan dipajang di IG. Contohnya nih foto teman kelas blogger yang satu ini. Beuhh gayanya gak nahanin deh. Cucok jadi foto model. Namanya Imawan Anshari. 

Stage/Panggung acara di Mitra Terrace ( doc.pribadi)

Eksterior Room Mitra Terace (doc.pribadi)


Di  tempat ini juga dipasang quotes-quotes dari berbagai tokoh terkenal di dunia baik dalam negeri maupun luar negeri. Asyik banget. Tempatnya juga coozy banget deh. Mushollanya juga enak banget. Unik karena bangunannya berbentuk segitiga dan tepat di depan imam menggunakan kaca warn-warni sebagai pencahayaan. Ada juga planting tanaman yang diletakkan di pot-pot besar. Bikin adem.

Quotes-quotes keren di Mitra Terrace (doc.pribadi)

Musholla di Mitra Terrace (doc.pribadi)

Interior Star Dimsum -Mitra Terrace (doc.pribadi)

Tadinya sih acara Kelas Blogger bakalan diadakan outdor dekat stage ini. Tapi berhubung ada kendala pemasangan layar akhirnya pindah deh ke indoor yaitu di Star Dimsum, ruangannya coozy banget. Ada AC nya lagi. Nyaman deh pokoknya dan ada pool barnya juga. Meskipun ruangannya kecil tapi cukup banget menampung 50 orang peserta dan juga panitia Kelas Blogger.

Star Dimsum Mitra Terrace (doc pribadi)

Kali ini maing-masing peserta Kelas Blogger tidak perlu membawa potluck karena menu makan siang sudah disedikan oleh pihak Mitra Terrace. Yeay asyik dong. Ini karena Kelas Blogger bekerja sama dengan Blogger Crony dalam penyelenggaraannya, makanya disebut #BCKB11. Asyik ya dua komunitas bisa bekerja sama begini. 

Acara dimulai jam 09.00 WIB. Berhubung kelasnya membahas fotoshop jadi masing-masing peserta harus membawa laptop dan harus sudah menginstal aplikasi fotoshop juga. Bagi yang belum menginstal bisa kok dibantu oleh panitia untuk menginstal aplikasinya. Nah, setelah semua siap dengan laptopnya masing masing dan menginstal fotoshop, acara dimulai dengan adanya sambutan pertama kali oleh mbak Liswanti sebagai panitia Kelas blogger. Ketua kelas untuk #KelasBlogger kali ini adalah mbak Tia. Lalu sambutan berikutnya adalah perwakilan dari #kelasblogger yaitu Kang Arul. Dilanjutkan mbak Wawa sebagai Makmin dari #BloggerCrony. Untuk pemateri fotoshop sendiri adalah mas Satto Raji. Nama aslinya sih Santo Rahmawan. Hmm, ternyata mas Satto ini adalah suami mbk Wawa lo. Baru tahu saya. mas Dede sebagai perwakilan dari Kelas Blogger yang ikut membantu teman-teman bila mengalami kesulitan waktu belajar. Tak hanya itu perwakilan dari Mitra Terrace sendiri juga memberikan sambutannya.

Sambutan di Kelas Blogger (doc.pribadi)


Pemateri Kelas Blogger 11, Mas Satto Raji (doc.pribadi♧

Selfie ki-ka ( saya, bowo, imawan, mbak hany dan ipan). doc. pribadi 

Kelas fotoshop dimulai oleh pemateri Mas Satto Raji. Pertama kali kita dikenalkan apa itu fotoshop dan fungsi tombol-tombolnya. Baru setelah itu dikenalkan bagaimana mengedit foto dengan mengatur tonenya baik itu saturation, higtlight, contrast, brightnest dan lainnya. Yang terpenting dari sebuah foto adalah  Warna, Konten/Moment dan Posisi. Para peserta pada antusias sekali. Belajar sendiri-sendiri dan saling bertanya antar teman kalau tidak tahu. Berhubung saya di sebelah peserta bernama Bowo. Ya kalau tidak tahu saya tanya sama dia. Eh giliran tanya ternyata dia juga gak tahu. Planga-plongolah kita. Akhirnya saya tanya teman di depan saya yaitu Ipan. Untung anak ini pintar  dan lucu lagi. Dengan sabarnya ngajarin kita. Kalau kita sudah mentok gak tahu baru deh langsung tanya ke mas Satto Raji. Dengan telaten pula mas Satto ini mengajari kita sampai bisa. Alhamdulilah saya bisa.

Adobe Photoshop 7 dan CS3 (doc. Satto Raji)
Menu pada Photoahop (doc. Saato Raji)


Hal penting pda sebuah Foto (doc. satto Raji)

Suasana Kelas Blogger 11 (doc.pribadi)


Nah pelajaran selanjutnya yaitu Memberi teks atau watermark pada foto dn juga menggabungkan dua buah foto. Ini nih yang cukup sulit untuk dipraktekkan. Maklumlah kita semua masih pemula dan belum ekspert. So, sama-sama saling belajar bersama ya. Di materi menggabungkan kedua foto ini cukup seru. Menyenangkan dan sesekali senda gurau tercipta. 

Nah menjelang makan siang kita istirahat dulu nih. Kebetulan makan siangnya menunya enak banget. Ada sup kepiting jagung, ikan gurame goreng, mie goreng, tumis buncis, tahu kecap dan buah-buahan seperti semangka dan melon. Minumannya es teh manis. Wah mantap deh. Sop jagungnya bikin nagih. Jadi pengen nambah lagi deh. Pelayanannya juga oke. Kalau gelas kita sudah kosong,  bakalan diisi lagi deh sama pelayannya. Asyik kan? Mantap.

Suasana makan siang Kelas Blogger (doc.pribadi)

Makan siang selesai lalu sholat dan sekitar jam 13.00 WIB berlanjut lagi kelasnya. Sepanjang Kelas Blogger ini, kita diharapkan untuk mengupload aktivitas yang ada di setiap sudut karena nantinya bakalan ada lomba Instagram dan akan ditentuin 3 orang pemenang dengan foto terbaik. Selain itu juga dibagikan banyak doorprize buat peserta. Asyik kan?

Para Pemenang  (doc.pribadi)

Menjelang akhir acara, diumumin para pemenang Instagram. Selamat ya buat yang menang. Kalian hebat deh. 


Acara selesai sekitar jam 15.00 WIB. Kemudian kami foto-foto deh di teras atas di tempat yang sangat unik dan instagramable. Yeay. Klik. Jadi deh foto bersamanya.

Foto bersama Kelas Blogger11 (doc.Liswanti Pertiwi)


Yang saya dapatkan di kelas ini banyak banget selain ilmu tentang edit foto pada fotoshop.  Saya mendapatkan teman baru, keakraban sesama teman blogger, saling belajar bersama dan bila tidak paham bisa saling bertanya. Suasananya kayak anak kuliahan lagi. Asyik banget. Dengan pelajaran ini banyak manfaat yang bisa kita dapatkan komunikasi antar teman terjaga, saling sharing ilmu meskipun sama-sama gak tahu dan juga menambah keakraban. Ya belajar kayak gini nih nyaman, banyak ketawa dan gak tegang. Apalagi nih yang namanya Ipan selalu saja bikin ngakak. Selalu saja bilang, "Kalau yang ini gak enak dipandang. Cari yang enak dipandang saja lah."
Hahahaha.


Terimakasih kelas blogger, ilmunya akan segera diterapin deh. Mudah-mudahan ada lagi nih kelas fotoshop yang lebih detail dan ekspert supaya ngedit fotonya lebih profesional kayak fotogafer keren2 itu tuh. Posting foto di blog lebih mendukung apalagi posting foto di IG. Siapa tahu kalau ada lomba foto IG bisa menang karena foto kita jadi kece. Dan siapa tahu juga bakalan dapat job di IG. Upss, amin aja deh.




So, Kelas Blogger gak cuma cukup disini saja. Bulan berikutnya bakalan ada Kelas blogger lagi lo. Yang mau ikutan pantengan fesbuknya ya. Materinya pasti tambah oke deh.

Comments

Fani, thx sudah datang di kelas blogger. sorry kemarin gak sempat ketemu karena saya ada acara lain dan balik setelah acara running.
FaniaSurya said…
@syaiful. Iya sama2 mas. Lain kali aja ketemunya. 😊
Wah seru juga jalan ceritanya nemuin mitra terrace mbak hehe
Satto Raji said…
Selamat belajar...nanti kalau sering di gunakan pasti makin cepet ngedit fotonya.
FaniaSurya said…
Iya mbk... sampe nyasar2.
FaniaSurya said…
Iya nih mau belajar terus biar lbh prof
Siti Mudrikah said…
Aku ikut kelas sebelumnya, kmrin pengen ikut lagi, tp cape banget badanny pengen istirahat
Semoga bermanfaat ya mb ilmunya
Siti Mudrikah said…
Aku ikut kelas sebelumnya, kmrin pengen ikut lagi, tp cape banget badanny pengen istirahat
Semoga bermanfaat ya mb ilmunya
FaniaSurya said…
Amin3x... mlsh mbk. Kpn2 kita ketemuan mbk kl di kelas yg sama.
Ahmad said…
wah ... banyak juga ya profesinya mbak.... tapi masi sempat lagi nulis blog ... salut dech
seru banget yak pake acer, banyak kegiatan yang bisa diselesaikan dan dikerjakan dalam waktu bersamaan. keren