Dunia Digital Memudahkan Aktivitasku Tanpa Batas

Saya mengenal komunikasi dengan handphone sejak jaman kuliah di semester dua, itupun  dibelikan oleh orang tua  yang harganya murah. Asalkan cukup umtuk sms dan telepon saja itu sudah cukup. Saat itu sih belum ada era digital internet HP seperti saat ini. Jadi masih fitur 2G. Berhubung baru pertama kali mempunyai handphone saya jadi bingung mau memakai Sim Card apa baik itu kekuatan sinyalnya maupun murah harganya. Saya coba tanyakan kepada teman-teman kampus dan kebanyakan mereka memakai Sim Card biru, uning, hijau dan orange. Tapi untuk keluarga saya semuanya memakai Sim Card Telkomsel baik itu kartu Halo, Simpati maupun As. Sinyal Telkomsel pun tak diragukan. Lancar dan tidak ngadat. Telkomsel merupakan anak perusahaan dari Telkom. Sedangkan kartu Simpati merupakan produk dari Telkomsel.

Akhirnya setelah ditimbang-timbang dan berpikir lama, saya beli saja Sim Card Telkomsel Simpati. Pada saat itu sih harga nomor perdanyanya masih mahal. Nomor yang saya gunakan angkanya lumayan cantik dengan harga Rp.150.000. Mengapa akhirnya saya memilih Simpati, karena bisa menelepon murah ke keluarga  dengan menggunakan Talk Mania. Jadi gak bikin boros pulsa. Maklumlah anak kos yang jauh dari keluarga akan selalu kangen dan rindu keluarga. Satu-satunya ya dengan menelepon dan mendengarkam suara keluarga terutama ayah dan ibu. Handphone menjadi media digital yang sangat membantu dikala itu. Mengirim surat dengan Pos sudah tidak berlaku lagi, karena butuh waktu yang lama. Sedangkan dengan HP, hanya butuh waktu singkat dan hitungan menit saja. Lumayanlah dengan harga segitu untuk ukuran mahasiswa seperti saya pada waktu itu. Berhubung masih mahasiswa, beli pulsa Rp. 100.000  harus cukup selama sebulan. Makanya harus diirit dan tidak keseringan menelepon. Kalau habis di tengah bulan terpaksa deh gak bakalan diisi tuh pulsa sampai akhir bulan lagi. Anak kos kan uangnya pas-pasan.

Cara Menggunakan Talk Mania, cukup dengan menekan tombol:
     -   *999*99# atau
     -   *999*90#

Model HP saya waktu itu masih belum ada jaringan internet dan tidak bisa bersosmed ria. Jadi gak perlulah membeli paket data untuk internet. Cukup ke warnet saja kalau ingin browsing mbah google karena jaman itu warnet lagi menjamur tidak seperti sekarang. 

Dulu masih booming ringtone di HP, dimana kita yang menelepon bisa mendengarkan lagu selama panggilan, saya pun ikut-ikutan meramaikan dengan menggunakan ringtone HP. Tapi untuk anak kos seperti saya, ringtone HP cukup menguras uang jajan karena mahal. Cukup sekali saja hanya sekedar mencoba.  Memang aktivitas digital di jaman 2G tidak terlalu banyak dan bermacam-macam seperti sekarang ini.

Sampai dengan saat ini pun saya masih setia dengan kartu Telkomsel Simpati. Meskipun harganya mahal dibandingkan kartu yang lain. Tapi saya masih cinta dan masih cukuplah uang gaji dipakai untuk membeli pulsa perbulannya. Ada harga ada rupa dong. Sinyal Simpati memang tak terkalahkan. Berada di ujung desa pun waktu pulang kampung ke Madura Hp saya tetap on dan sinyal tetap menyala tanpa putus. Bahkan ketika berada di sekitar gedung-gedung tinggi. Sinyal Simpati tetap paling oke. Cepat dan tak terkalahkan. Maka dari itulah mengapa saya tak pernah berpindah ke lain hati. Karena bagi saya Simpati telah membuat saya bersimpati lebih sampai benar-benar menjadi cinta. Eaaa. Lebay.

Disaat semuanya memakai Sim Card yang berpromo dan murah dengan paket internet yang bergiga-giga. Tapi saya tetap setia dengan Simpati karena sinyalnya yang tetap on. Modem internet pun saya memakai Simpati Loop. Selain sinyal dan internetnya secepat Roller Coaster. Simpati Loop juga memberikan promo internet yang murah.

Sejak Simpati memberikan promo-promo menarik sampai dengan saat ini, saya jadi lebih nyaman menggunakan kartu Simpati. Bahkan akses Simpati bisa lebih mudah dengan adanya aplikasi My Telkomsel. Saya tahu aplikasi ini dari teman saya.

"Fan, mau dapat pulsa gratis 50 ribu gak?"
"Eh gimana caranya, Lin? Emang kamu dapat?"
"Dapat dong. Baru saja aku coba. Nih kamu tinggal instal aplikasi My Telkomsel. Nah terus kamu isi data kamu. Nanti bakalan langsung dapat pulsa 50 ribu. Bisa digunakan untuk telepon dan sms. Kamu sudah instal belom?"
"Wah.. serius nih Lin? Kalau benar saya mau coba ah.."

Akhirnya saya instal juga tuh aplikasi My Telkomsel dan ternyata benar saya dapat pulsa gratis dari Telkomsel  sebesar RP.50.000 selama 7 hari. Senangnya. Tapi hal ini hanya berlaku untuk yang pertama kali menginstal aplikasi saja. Kalau yang sudah pernah menginstal ya gak bakalan dapat pulsa gratis. Promo ini dulu pernah saya dapatkan. Saat itu hampir semua teman-teman saya yang berkartu Telkomsel berbondong-bondong menginstal aplikasi Telkomsel untuk mendapatkan pulsa 50.000. Asyik. Telkomsel tambah keren nih.

Caranya gampang lo:

1. Download aplikasi My Telkomsel di playstore HP kamu
2. Lalu daftarkan nomor Telkomselmu
3. Tutuplah aplikasi, kemudian buka lagi aplikasinya
4. Pulsa akan segera terkirim ke nomor yang kamu daftarkan

Yuks dicoba, tapi untuk sekarang ini promonya sudah habis. 

My Telkomsel juga sering mengirimkan pesan-pesan melalui sms di HP kita tentang bonus kuota dan pulsa yang bisa kita gunakan. Jadi saya lebih gampang untuk mendapakan informasi terbaru dari telkomsel. Selain itu di aplikasi My Telkomsel kita juga bisa tahu sisa pulsa kita tinggal berapa. Poin yang didapatkan berapa, begitu juga kuota internet, sms, telepon yang kita miliki di HP. mengeceknya gampang sekali khan. Nah untuk Poin Telkomsel ini, bisa lo kita tukarkan ke merchant-merchant yang ada di aplikasi seperti Lazada, Blanja, Blibli, dan lainnya. jangan lupa poin yang kita dapatkan juga bisa ditukarkan dengan undian akhir tahun nanti. Siapa tahu kan dapat rezeki akhir tahun. Kalau yang ini pastinya buat ibu rumah tangga seperti saya menjadi sesuatu yang diincar-incar yaitu berburu promo dan undian. Hehehe.

Promo dari My Telkomsel
My Telkomsel Saya

Poin yang saya dapatkan di kartu telkomsel

Pesta Akhir tahun dari telkomsel

Poin bisa ditukarkan dengan produk di Merchant

Semua kartu memang memberikan berbagai promosi paket data yang murah. Sekarang ini sudah jamannya beralih ke 4G. Tapi bagi saya Simpati tetaplah yang terdepan. Promo 4G yang ditawarkan oleh Telkomsel pun tak kalah murah meskipun sedikit lebih mahal dari kartu yang lain. Tapi sinyallah yang menentukan keunggulan dari Simpati. Di era digital ini kecepatan 4G memang sangat dibutuhkan sekali. Segala hal dari yang kecil sampai dengan yang besar pun sudah berbasis digital. Meskipun tidak menutup kemungkinan yang manual juga masih digunakan. Namun kecanggihan teknologi digital akan memudahkan kita melakukan segala hal secara cepat dan singkat. Apalagi bagi saya yang seorang ibu rumah tangga, bekerja kantoran, ngeblog dan juga crafter. Semua pekerjaan di dalamnya perlu dukungan alat-alat digital supaya mudah dan lancar tanpa batas dan tidak membuang-buang waktu.

Dengan kecepatan dan sinyal yang lancar bagaikan Roller Coaster saya bisa melakukan segala aktivitas yang saya lakukan secara online dalam satu waktu dan cepat. Nah, sekarang apa yang bisa saya lakukan jika saya yang punya banyak kegiatan dan tak haus oleh ilmu? Mau tahu? 

Ini adalah beberapa kegiatan yang bisa saya lakukan dengan teknologi digital saat ini:

1.      Sebagai Ibu Rumah tangga

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan wajib bagi seorang wanita. Banyak pekerjaan yang tak akan di dapatkan di dunia sekolah. Sehingga seringkali apa yang saya lakukan membutuhkan ketangkasan, kecepatan dan keteraturan. Pekerjaan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang multitasking, mulai dari menjadi manager keuangan, manager buat anak, manager buat suami, manager pekerjaan rumah, manager memasak dan lainnya. Tentunya semua itu harus dilakukan bersama-sama dan tidak akan pernah ada hentinya. Sebagai ibu rumah tangga, di era digital ini terutama adanya Hp dan internet, membantu memudahkan pekerjaan saya. Misalnya,

a.       Melakukan transaksi online. Era digital sangat memudahkan sekali bagi kita melakukan berbagai aktivitas yang bisa dilkukan secara online. Pembayaran online merupakan salah satunya. Misalnya pembayaran untuk pembelian tiket kereta api dan pesawat, melakukan pembayaran online shop, pembayaran listrik, PDAM dan yang berhubungan dengan rumah tangga, saat ini sudah bisa dilakukan menggunakan HP melalui Mobile Banking. Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke ATM atau kantor yang dituju untuk melakukan itu semua. Praktis dan mudah. Cepat dan tak butuh waktu lama. Cukup menginstal aplikasi Mobile Banking yang kita punyai dan mendaftarkan No HP yang kita punya di bank-bank terdekat.

Era digital memunculkan banyak olshop yang memudahkan customer membeli hanya cukup dengan satu aplikasi di HP. Hanya cukup melihat barang yang diinginkan, beli dan bayar. So tinggal menunggu barang datang esoknya. Hal ini sangat memudahkan sekali. Seperti ketika kebutuhan rumah tangga saya habis, sedangkan saya tidak punya waktu untuk pergi ke mall atau pasar. Nah, saya bisa dong menggunakan aplikasi online shop untuk berbelanja apa yang saya butuhkan dalam waktu cepat. Tidak perlu menuju tempat yang dituju, cukup dengan hitungan menit dan kecepatan jari memilih barang di aplikasi, tinggal beli dan bayar melalui Mobile Banking. Sudah deh. Walaupun butuh ongkos kirim tapi kita tak perlu capek-capek mengeluarkan biaya transportasi offline. Semua pekerjaan dan kebutuhan bisa segera terpenuhi. Yang penting adalah sinyal sumpati yang menemani hari hari belanja onlineku.
Berhubung saya pakai kartu Telkomsel Simpati, melakukan berbagai transaksi online bisa juga lo dengan menggunakan T-Cash. Salah satu produk Simpati yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kartu Simpati. T-Cash ini merupakan layanan uang elektronik mobile dari Telkomsel, dengan lisensi resmi dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, TCASH dapat digunakan untuk membayar tagihan, berbelanja, transfer uang, dan banyak lainnya.

Cara menggunakan T-Cash sangat mudah lo, yaitu:

a.       Aktifkan T-Cash dengan cara menghubungi *800*88#
b.      Isi Saldo T-Cash di  Grapari terdekat , Jaringan ATM Bersama, BCA atau Indomaret terdekat.
c.       Gunakan T-Cash untuk bertransaksi.

                Banyak hal yang bisa saya lakukan dengan menggunakan T-cash:

      a.       Bayar Cepat Pakai tap. Dengan teknologi NFC terbaru, TCASH menawarkan cara pembayaran paling modern, aman, dan nyaman. Rasakan sensasi lebih dari sekedar membayar. Dapatkan stiker TCASH TAP atau download aplikasi TWallet.


      b.      Belanja Online. TCASH hadir untuk mempermudah transaksi belanja kamu
      c.       Bayar beli di HP

                 - Pembayaran Pulsa
    
Langkah-langkah isi pulsa


            - pembayaran Kartu Halo
langkah-langkah pembayaran kartu halo

                 -Pembelian Tiket
langkah-langkah pembelian

      d.      Kirim uang. Dengan TCASH kirim uang jadi lebih mudah, untuk siapapun, dimanapun dan kapanpun bahkan yang tidak memiliki rekening bank. Transaksi kirim uang dan tarik tunai hanya dapat dilakukan oleh pelanggan full service.

Langkah-langkah kirim uang


           Kalau tidak ada kendaraan pribadi untuk berbelanja ke pasar atau mall cukup dengan memesan               transportasi online melalui sebuah aplikasi. Murah dan praktis lo. Pekerjaan menjadi Ibu Rumah Tangga teratasi dengan mudah dan cepat selesai.



2.      Sebagai Pekerja Kantoran

Tidak hanya sebagai ibu rumah tangga, saya pun juga seorang pekerja kantoran yang harus stand bye di kantor dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Pekerjaan kantoran juga membutuhkan aplikasi digital untuk mempermudah pekerjaan. Dengan adanya email di HP, mengirim dokumen-dokumen pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah. Berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja dan juga bawahan pun bisa lebih mudah dengan adanya berbagai macam media komunikasi seperti Whatsapp dan BBM. So tidak perlu lagi pergi ke wartel. Di dalam perjalanan pun komunikasi digital ini sangat penting lo. Maka dari itu kelancaran dan kemudahan berkomunikasi tentunya diikuti dengan kecepatan dan kelancaran penggunaan internet pada kartu yang dipakai. Simpati menjadi pilihan terdepan dalam aktivitasku berkomunikasi online.

3.      Sebagai Crafter

Hobi crafter sudah saya geluti sejak dulu. Tapi untuk lebih seriusnya baru-baru ini saya jalani yatu membuat hias hantaran nikah dan mahar. Karena hobi bisa menjadi duit, maka  saya usahakan hobi saya ini benar-benar menghasilkan duit. So, dengan bermodal HP dan sinyal yang selalu on, saya bisa mempromosikan hasil craft saya di media sosial dan media komunikasi online, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, G+, Pinterest, Whatsapp, maupun BBM. Saya pun bisa membuka online shop di situs-situs belanja dengan cukup menginstal aplikasinya dan mendaftarnya. Dengan begitu hasil craft saya bisa dilihat dan diketahui banyak orang dan akan mudah untuk menjangkau konsumen yang memang berminat dengan hasil karya saya. Beruntunglah dengan adanya itu semua, saya akhirnya mendapatkan konsumen yang memesan hasil karya saya. Saya pun bermimpi suatu saat hobi saya ini menjadi bisnis yang besar dan disukai banyak orang. Artinya banyak yang order. Amin. Mudah-mudahan terwujud ya.

Hasil craft saya di IG


Nah buat para pebisnis. Era digital sangat memudahkan sekali. Apalagi saya juga suka bisnis craft hias hantaran. Saya pun cukup mendaftar secara online di HP misal di online shop seperti Bukalapak, Lazada, Matahari Mall, Tokopedia dan Shoppe. Tinggal menunggu konsumen membeli barang kita. Dengan adanya online shop ini kita tak perlu membuka toko offline yang tentunya membutuhkan biaya sewa toko yang mahal. Kecuali memang dagangan kita ada offline shopnya. Pokoknya era digital tuh memudahkan kita berdagang apa saja sampai barang-barang kecilpun bisa dijual. Cukup bermodalkan HP yang berinternet dan sinyalnya wes wes.

Untuk melakukan promosi di media online tentunya internet saya harus selalu on dong. Aplagi kalau memakai instagram yang memang memakan kuota banyak. Jadi saya harus mempunyai paket internet di HP yang kapasitasnya besar dan bergiga-giga. Walaupun modal untuk pulsa ini besar, tapi tak akan menyurutkan saya untuk berpromosi di internet dan berbagai media sosial.

4.      Sebagai Blogger

@Posting Blog

Terakhir adalah saya memang seorang blogger. Menjadi blogger memang harus sering posting tulisan di blog. Ngeblog menjadi hobi saya sejak kuliah. Dengan ngeblog saya bisa menyalurkan seluruh isi kepala, termasuk hobi yang saya geluti. Di dunia digital ini saya bisa posting blog dalam hitungan waktu. Ngeblog dimanapaun dan kapanpun bisa saya lakukan dalam waktu cepat. Termasuk di sela-sela pekerjaan kantor maupun rumah. Asalkan kalau ngeblog waktu dikantor tidak mengganggu pekerjaan kantor dan tidak diketahui atasan ya. Eh kok saya curcol.

Blog saya 


Ngeblog di HP membuat saya tak perlu lagi membuka laptop yang ukurannya besar. Hp membantu saya bisa menulis dan posting blog  secara singkat kemudian mengesharenya di sosmed supaya dibaca banyak orang. Di dalam aktivitas ngeblog ini tentu saja sinyal internet dari Simpatilah yang menentukan apalagi kalau tidak ada Wifi. Kalau posting lomba blog yang waktunya sudah mepet, sinyal internet memang sangat dibutuhkan. Supaya apa yang kita posting di waktu jadwal deadline seperti saya bisa secepat kilat mengirim link blog ke panitia lomba. Syukur-syukur menang lomba. Gak menang pun yang penting sudah bisa menulis menyalurkan hobi di era digital ini.

Menulis blog adalah salah satu aktivitas di era digital yang patut dikembangkan bagi generasi muda. Menulis secara manual saat ini mulai beralih ke digital. Namun kegiatan ngeblog juga perlu didukung dengan kegiatan membaca. Meskipun saat ini perpustakaan manual sangat jarang dikunjungi tapi perpustakan digital sudah banyak berseliweran di Google. Tinggal mau pilih yang mana. Perpustakan digital ini sangat ringkas dan bisa dibaca dimana saja hanya bermodalkan HP  tanpa harus membawa buku yang tebal dan memenuhi tas. Budaya menulis dan membaca inilah yang perlu diterapkan di generasi muda sekarang. Karena di era digitallah, segala kemudahan bisa kita dapatkan. Apa yang tidak ada secara konvensional  maupun manual insyaallah ada secara digital. 

@Posting sosial media.

Instagram adalah sosial media yang sering saya gunakan. Terutama untuk memposting Foto yang saya dapatkan dari job blog dan juga untuk memposting tentang hobi craft yang sedang saya jalani. Saya bisa mempromosikan hobi craft saya dengan langsung memfotonya menggunakan HP dan langsung menguploadnya di IG. Mengedit foto pun juga bisa langsung di HP dengan cukup menginstal aplikasi edit foto yang banyak banget di Play Store. Karena dunia digital berkembangnya begitu pesat saat ini banyak sekali bermunculan  aplikasi edit foto yang oke punya tanpa harus membuka laptop seperti Picsart, Snapseed, Line Camera dan lainnya. Sinyal Simpati membantuku memudahkan upload foto dengan cepat bila sedang tidak ada Wifi.  So saya bisa selalu update tentang pekerjaan yang menjadi hobi saya.  

@Menerima dan mengirim email

Nah ini juga penting. Banyak sekali aktivitas yang berhubungan dengan email, baik itu untuk mendaftar dan mengirim link lomba blog, serta mengirim dokumen-dokumen digital. Semuanya akan dimudahkan hanya cukup dengan mengirim email saja. Meskipun pengiriman manual seperti pos masih ada, tapi waktu menjadi bagian penting di era digital ini terutama untuk dokumen-dokumen atau file-file yang memang bisadikirim melalui email.

@Sekolah online 

Menjadi blogger, tak hanya menulis saja yang menjadi aktivitasnya. Tetapi Blogger juga butuh ilmu yang banyak, misalnya ilmu membuat Vlog, Ilmu mengolah foto yang cantik, Ilmu, mengolah Blog, ilmu membuat novel, ataupun cerpen dan lainnya. Termasuk juga jika ingin menambah pengetahuan bahasa, juga belajar ilmu bahasa secara online. Nah, sekolah tuh gak hanya offline saja. Ilmu-ilmu itu di era digital ini sudah banyak sekali bertebaran di internet dengan cara membuka kelas online. Cukup belajar melalui internet dengan cara diberi materi-materi dan soal-soal secara online. Sekolah ini tidak perlu membutuhkan tatap muka. Namun dengan sekolah online ini, kita cukup bermodalkan internet saja. Cukup gampang dan praktis. 

Banyak grup-grup di media sosial melakukan kelas-kelas online dengan membagikan materi melalui email maupun chating. Simple kan. Belajarpun bisa dimana saja kita berada dan tak perlu ribet-ribet ke kampus. Hanya sayangnya dengan sekolah online ini kita tidak bisa bertemu langsung dengan si mentor atau tatap muka langsung dengan teman-teman sekelas. Tapi tenang saja, era digital tak akan membatasi silaturrahmi kita dengan orang baru. Tinggal janjian dimana dan bisa belajar bersama. So bisa saling kenal kan? 

Itulah beberapa aktivitas yang saya lakukan selama ini. Mungkin aktivitas saya tidak seberapa sih, karena di luar sana masih banyak orang yang lebih padat aktivitasnya. Tapi dengan adanya #indonesiamakindigital, tentunya kita sebagai manusia yang berilmu harus terus bisa mengikuti perkembangan jaman. Jangan sampai kita ketinggalan dan tertinggal jauh. Asalkan apa yang kita ikuti tidak menyimpang dari aturan yang ada. Perkembangan era digital ini akan menuntut kita untuk berkembang dan belajar lagi. Banyak segi positif yang kita dapatkan di era digital. Segala pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan lancar. Termasuk apa yang menjadi pekerjaan saya sehari-hari.

Era digital adalah era terdepan, namun budaya dan adat istiadat jangan sampai dilupakan atau tergerus dengan adanya teknologi digital. Apa yang kita tanamkan dari nenek moyang harus tetap kita pegang teguh. Kemajuan jaman bukan berarti kita melupakan tradisi dan budaya. Justru dengan adanya kemajuan jaman di era digital apa yang sudah ada bisa dikembangkan bisa lebih jauh lagi. So #indonesiamakindigital akan membuat kita bisa lebih berkarya dan berkarya lagi menghasilkan sesuatu yang positif dan berguna bagi diri-sendiri, orang lain dan bangsa. Dengan #indonesiamakindigital segala aktivita yang kita kerjakan akan menjadi lebih mudah dan tanpa batas.

Tetap semangat dan terus berkarya.


Comments

Dewi Nielsen said…
Kita udah addict ya sama technology. Rasanya sehari aja tanpa internet bakal boring.
FaniaSurya said…
Bener mbk addict banget.