Monday, November 20, 2017

Tips Membeli Gamis secara Online

Sebagai seorang wanita,  saya merasa diri saya harus selalu tampil cantik dan rapi. Karena saya menyadari bahwa wanita diiciptakan dengan segala keindahannya. Itulah kuasa sang pencipta. Sebagai wanita muslim, berdasarkan kitab suci ajaran agama yang saya anut, semua wanita diwajibkan untuk menutup aurat yaitu memakai pakaian muslimah dan berhijab. Oleh karena itu saya menjalankan perintah agama yang saya anut dengan menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan. 

Gamis merupakan pakaian seorang muslimah yang berupa pakaian terusan yang panjang. Saat ini gamis wanita sudah mulai beragam model bahkan motifnya. Model gamis saat ini mulai modern dengan beragam model namun tetap tidak meninggalkan ketentuan syariat agama. Sehingga seorang wanita bisa tetap modis dan fashionable. 

Saya termasuk wanita yang suka memakai gamis dengan beragam model dan beragam warna. Kalau membeli gamis, saya akan membeli model yang menurut saya bagus dan sesuai dengan selera. 

Saya sering sekali membeli gamis secara offline yaitu datang langsung ke tokonya baik di pasar, mall maupun butik. Ada kesenangan sendiri ketika harus belanja secara offline, yitu saya bisa mencoba gamis yang saya inginkan secara langsung dan sesuai dengan ukuran tubuh saya. Selain itu saya bisa langsung tahu jenis bahan yang digunakan dengan cara memegang langsung bahannya dengan sentuhan tangan. Inilah yang menentukan kalau saya belanja offline dan online. 


Beda lagi kalau saya harus belanja online. Belanja online ini lebih memudahkan sih karena sangat menghemat waktu kita. Cukup dengan browsing dan melihat-lihat di aplikasi. Lalu pesan dan tinggal menunggu barang datang. Praktis dan simpel bukan? 


 Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum membeli gamis yang kamu inginkan secara online Kalau saya pribadi, ini beberapa hal yang harus saya perhatikan, yaitu:

 1. Model gamis.
Memilih model gamis tentunya disesuaikan dengan selera kita. Mau model yang modis atau tidak. Mau yang bercorak atau polos, mau yang ada pernak-perniknya atau tidak, mau yang bentuknya lurus ataupun yang mekar bagian bawahnya. Semuanya tergantung selera fashion yang kita punyai. Kalau saya pribadi lebih suka gamis yang modis dan terlihat fashionable. Kadang suka yang polos dan kadang juga beli yang bercorak dan berpernak-pernik. 

Saat membeli online, gamis yang dijual biasanya dipampang dengan foto model yang cantik dan tubuhny bagus. Disanalah kita bisa tahu, bagaimana model gamis yang kita inginkan.

 2. Bahan gamis
 Menentukan bahan gamis pertama kali itu penting sekali. Gamis saat ini selain modelnya bermacam-macam, bahannya juga bermacam-macam. Kembali lagi ke selera masing-masing suka yang bahan apa. Kalau saya pribadi lebih suka bahan yang menyerap keringat, tidak panas, tidak menerawang dan bahannya jatuh.  Saya punya banyak gamis dengan beragam bahan dan semuanya menyerap keringat. 

Saat membeli gamis secara online, lihat dulu keterangan bahan di dalam rinciannya. Kalau misalnya kita tidak tahu nama jenis sebuah bahan, maka browsinglah di google. Atau kalau ada fasilitas chatting dengan toko yang menjual, kita bisa tanyakan lebih dulu untuk memastikan bahan dari gamis yang kita beli apakah cocok dan sesuai selera.

 3. Harga gamis
 Harga memang menentukan kualitas dari gamis yang kita beli. Semakin mahal sebuah gamis pastinya akan semakin bagus bahannya atau kualitasnya. Bagi saya saat membeli gamis, yang saya lihat adalah sesuai dengan budget pengeluaran saya. Kalau memang ada yang murah dan berkualitas cukup bagus pasti saya beli. Kalau untuk gamis yang mahal cukup beli sesekali saja. Karena saya merasa sayang uangnya ketika harus membeli gamis yang mahal dengan harga jutaan rupiah. Toh saya bukan artis kan ya.

 4. Warna gamis
 Nah, warna juga ditentukan oleh selera masing-masing. Banyak warna gamis yang bisa kita pilih. Untuk era sekarang sepertinya warna pastel atau yang kalem adalah warna ngetren saat ini. Kalau saya sih semua warna suka. Kalau mau beli gamis tergantung selera mata saat memandang gamis tersebut. Tapi saya ini adalah pecinta warna-warna terang. 

 5. Ukuran gamis
Ukuran gamis ini penting lo saat kita mau membeli gamis. Jangan sampai kekecilan saat membeli. Kalau memang kebesaran masih bisa dikecilkan. Lebih untung lagi kalau bisa ditukar. Kalau tidak bisa ditukar kan sayang uangnya. Untuk menentukan ukuran sesuaikan dengan bentuk dan ukuran tubuh kita. Gamis yang sesuai yaitu bagian bahunya pas dengan ukuran bahu kita. Jadi bagian garis  bahu tidak turun ke bawah ataupun diatas garis bahu kita. Kalaupun bagian ujung bawah kakinya kepanjangan, tidak masalah, bisa dikecilkan ke tukang permak.

Saat membeli gamis online, cukup dengan melihat deskripsi dari gamis tersebut. Biasanya ukuran sebuah gamis ditentukan dengan S, M, L dan XL. Tapi ada juga yang hanya menyantumkan ukuran dengan angka cemtimeter. Kalau kita tidak tahu umuran tubuh kita, maka ukurlah terlebih dahulu ukuran tubuh kita lalu sesuaikan dengan ukuran baju yang tercantum di deskripsi.

Setelah hal-hal tersebut diperhatikan, baru deh kita bisa menentukan baju yang kita beli.  Saat ini saya memang lagi butuh baju gamis terbaru yang nantinya akan saya gunakan untuk kondamngan. Berhubung baju gamis komdangan saya sudah lama dan saya sudah bosan dengan modelnya,maka saya berencana membeli baju gamis baru secara online. Rata-rata baju gamis yang saya beli adalah baju gamis untuk pesta. Maka dari itu saya mencoba mencari gamis secara online di e-commerce Tokopedia. Setelah saya browsing, ternyata xukup banyak model baju gamis disana. Saking banyaknya saya jadi bingung mau milih yang mana. Bagus-bagus dan murah.


Tak hanya baju gamis yang ingin saya beli untuk dipakai ke pesta. Saya juga mencari model baju batik pesta wanita muslim modern. Model baju batik ini nantinya akan saya gunakan kalau pergi ke pesta atau kondangan. Misal kondangan manten, pertemuan keluarga atau acara-acara kantor.


Baca juga:
http://www.faniasurya.com/2016/10/batikindonesia-sebuah-tradisi-dalam.html?m=1

Saat ini baju batik pun sudah banyak modelnya, harganya pun cukup murah. Beda lagi dengan baju batik tulis yang harganya cukup mahal. Baju batik kini tak lagi dipakai hanya untuk acara-acara tertentu seperti pesta tapi juga bisa dipakai untuk keseharian. 


Sebagai seorang muslim tentunya saya butuh baju batik yang menutup aurat. Bisa atasan lengan panjang atau gamis batik. Saya suka dua-duanya. Karena saya pecinta batik. Bahkan kalau perlu saya beli untuk koleksi batik saya.  Kalau kamu suka batik juga gak?

33 comments:

D. Pusupa said...

Gamis dan baju batik paling bawahnya bagus. Salam Fania:)

Anesa nisa said...

Setujuuuu sama tipsnya.
Soal bahan, pembeli online harus kenal.nama dan jenis bahan. Kalau nggak, walaaah bisa nggak nyaman dipake tuh baju.

Oline said...

Thank u utk tipsnya mba

Andri Mastiyanto said...

Wah tips nya bisa buat nyokap nih

Maria Margaretha said...

Fashionable ya. 😊

windhu said...

Tips-tips yang bermanfaat dalam membeli gamis online. Tanya dong, ada nggak online yang bisa ditukar secara online kalau yang kita beli kurang sreg dan agak beda dengan tampikan yang dilihat? thanks

idfipancani said...

bukan cuma kaum perempuan yg memakai gamis, kaum pria pun sukak. Termasuk aku. Kalo di rumah, waktu kecil, hampir tiap hari pake gamis. Adem.

Gita Siwi said...

Paling suka liat wanita berhijab itu pakai gamis. Anggun diliatnya. Hehe kalau aku pas ada acara tertentu aja. thank you info and tipsnya kak.

Reh Atemalem said...

Wahh, informasinya bermanfaat banget nih, Kakak!

Liswanti Pertiwi said...

Aku juga sering beli gamis secara online, cuma bisa mengandalkan ukuran LD sama panjang aja. Eh suka pas banget.

atanasia rian said...

aku senneg banget tuch belanja online juga. Wah gamisnya bagus-bagus modelnya, cocok banget buat dirimu mba

Perempuan November said...

untuk beberapa hal aku juga memilih belanja online, tapi karena emang jarang pake gamis jadinya aku belum pernah beli gamis di online shop.

Wian said...

Aku paling gak bisa pake gamis loh mba. Nadannya tetllu mungil klo dipakein gamis.

honeyjosep said...

belanja online selalu memudahkan :)

Marfa U said...

Wah sekarang emang udah banyak banget model gamis di online shop, aku aja jadi pengin tapi ya masih takut salah beli gitu, jarang pakai gamis soalnya hihi. Maunya yang bahannya ringan, tapi juga nggak nerawang, bagus juga yuy buat kaya acara silaturahmi hihi

Fandhy Achmad Romadhon said...

Iya, dalam memilih dan membeli baju aku pun lebih sering dilakukan dgn secara online dan membelinya di olshop baik yg konvensional atau yg lewat aplikasi.

Kenapa? Karena di toko biasa, ukuran baju untuk badanku itu tidak ada, dan kebanyakan adanya justru di olshop ^^

Ruli retno said...

Ini info bagus buat aku yang sehari harinya pakai gamis. Karena biasanya patokanku cuma harga murah sama model kece.skrg jd bisa lebih detil kalo beli gamis

April Hamsa said...

Pernah beli gamis via online tapui suka kegedhean haha. Skrng kalau beli gamis via online triknya beli satu ukuran di bawahku :D

sally fauzi said...

Iya ya mbak, kalau membeli pakaian secara online, kita mesti hafal nama dan jenis bahan. Jadi gak salah persepsi. Oiya, hafal ukuran dan istilah2nya juga....

Ilham Kape said...

Aslinya banyak banget resiko kalo beli barang fashion secara online. Takutnya barang apa yang di-mau gak sesuai. Oleh karena itu, kita harus pintar jika mau beli barang fashion secara online. :)

unggulcenter said...

Memang harus paham soal jenis2 bahan tuh. KArena kan ngga bisa diraba, diterawang hehe..

William Giovanni said...

Kalau saya saat belanja online terutama fashion, lebih baik ukuran kebesaran bisa dikecilkan. Kalau bahan harus cari informasinya dulu, biar tak salah beli.

Widi Utami said...

Aku kalau beli gamis online cerewet banget soal bahan dan ukuran. Panjang lengan pun minta diukur karena lenganku termasuk unik. Sering kependekan dan harus pake manset. Huhuhu

Dikki Cantona Putra said...

Model haarus sesuai dgn gaya keseharian kita itu penting bgt mbam sama ukuran paling penting bgt juga nih

Hellofika said...

Tipsnya bermanfaat banget, tapi kalau aku selalu bentrok di ukuran wakaakkaak

Jadilah terpaksa jahit sendiri. Udah jarang banget bisa beli beli.. Maklum sizenya bukan ukuran standar. Tapi intinya aku setuju sih. Supaya nggak salah beli ye kan

Diah Kusumastuti said...

Sebagai emak rempong, saya juga suka belanja online Mbak. Dan beberapa kali beli gamis juga. Alhamdulillah kebanyakan sesuai harapan sih. Cuma ada yg kepanjangan, wajar aja sih. Tinggal motong aja :)

Ajen said...

Membeli gamis memang harus hati2 yahh
Biar dpt gamis terbaik

Timo said...

Wah aku msh blm pernah beli pakaian secara online nih, takut ukurannya kurang sesuai hahaha. Enak sih memang kalau bs dituker ya :)

Nova Violita said...

Gamis sih..udah keseharian aku..
Aku pilih bahan adem..dan model yg gak bikin keliatan makin gemuk..aku menghindari bahan Jersey..karena membentuk tubuh..kecuali kalo jilbab panjang .

Nabela Aprilia said...

Penting nih tips untuk beli baju saat online. Kadang aku pas belanja online tertipu dengan bahannya. Karena udah suka dengan model bajunya. Begitu sampai rumah, model bajunya udah cocok ternyata bahannya gak. Jadi harus lebih teliti lagi ya

Ilham Bachtiar said...

Beli gamis buat ibuku itu secara offline aja bingung sama ukuran dan warna hhaha. Apalagi online. Tapi bisa nih aku coba tipsnya. Makasih udah berbagi yaa.

Ivonie Zahra said...

Saya juga termasuk suka beli gamis online selain offline.
Kadang yg offline cutting e kurang sreg dengan gamis yg biasa sy beli online.

Siti mudrikah said...

Aku kalo beli gamis pasti aja kegedean mskipun udh pilih ukuran kecil, tapi memang pake gamis tuh berasa anggun dan nyaman

Berburu Voucher Murah di BambiDeal

Tiap kali weekend, ada saja keinginan untuk menghabiskan waktu berdua di luar rumah. Selain menghilangkan kebosanan juga supaya terasa leb...