Skip to main content

Langkah Mudah Mengatasi Bosan Ketika Ngeblog

Bagi saya ngeblog itu pekerjaan yang mengasyikkan karena disana saya bisa mencurahkan segala apa yang ada dalam benak dan pikiran saya. Gak harus curhat yang menyayat hati sih, tapi juga bisa berupa pengalaman-pengalaman yang pernah terjadi dalam hidup saya. Kegiatan ngeblog yang saya lakukan selain untuk menuangkan benak pikiran dan pengalaman sehari-hari juga dimaksudkan untuk memberikan info kepada orang lain. Biasanya kan manusia mencari jawaban atas sesuatu apa yang ingin mereka ketahui di internet. Semoga tulisan saya bermanfaat dan bisa menjadi sumber info bagi siapa saja.

Tidak dipungkiri kegiatan ngeblog terkadang membosankan dan bikin malas-malasan. Malas karena capek atau banyak aktivitas lain misal aktivitas kerja kantoran, pekerjaan rumah dan lainnya. Hal inilah yang membuat kegiatan ngeblog saya jadi moody. Apalagi nih kalau laptop yang saya punya rusak gak bisa digunakan. Karena hal tersebut pernah saya alami, alhasil setahunan saya gak ngeblog. Hp yang saya punya pun saat itu tida mendukung untuk menulis blog lewat HP. Katena masih jadul kali ya? Jadi terpaksa deh harus hiatus dulu dari dunia per-blog-an. 

Pengalaman lain pernah terjadi yaitu malasnya sampai ketulungan untuk menulis. Wah kalau sudah begini artinya laptop bakalan mangkrak gak pernah saya sentuh. Meskipun ada HP yang juga mendukung untuk menulis, tetap saja saya malas. Padahal selama ini saya seringnya ngeblog pakai HP lo, sebab HP itu lebih praktis digunakan dan saya tidak perlu mengeluarkan atau membuka laptop yang terasa berat itu. Lewat HP juga saya bisa ngeblog dimana saja dan bahkan bisa sambil tiduran. Asyik kan?

Nah, untuk mengatasi rasa bosan dan malas melakukan kegiatan ngeblog, ada beberapa langkah mudah yang saya lakukan, diantaranya yaitu:
1. Matikan laptop dan tinggalkan HP, lalu melakukan aktivitas lain. Misal baca buku atau beberes rumah atau bahkan ngaji. Nanti kalau sudah selesai biasanya nih jadi semangat lagi untuk ngeblog. Hal ini setidaknya mengurangi sedikit rasa jenuh yang saya alami saat ngeblog.

 2. Refresing dulu sejenak keluar ke halaman rumah. Keluar rumah gak harus ke mall. Cukup keluar halaman rumah dan menghirup udara yang segar. Pagi, siang dan malam keluar ke halaman rumah bisa membuat pikiran lebih fresh dan segar. Sejenak nikmati situasi di lingkungan sekitar rumah dan bertegur sapa dengan para tetangga. Pasti deh rasa jenuhnya mulai menghilang dan pikiran jadi fresh lagi.  

 3. Baca-baca status teman-teman sesama blogger di medsos. Biasanya kan status-status mereka ini selalu berhubungan dengan dunia perblogingan. Nah dengan membaca status mereka entah itu yang mendapat hadiah lewat lomba blog atau yang datang ke event blogger dan lainnya membuat saya jadi semangat lagi untuk ngeblog. 

 4. Mencari-cari lomba atau giveaway lomba blog yang hadiahnya keren-keren. Ini nih bisa juga jadi penyemangat saya untuk mgeblog. Sebenarnya hadiahnya sih yang membuat saya semangat ngeblog. #eh enggak juga kok tapi bener juga.

 5.  Membuat craft. Saya orangnya suka sekali dengan yang namanya kreatifitas salah satunya craft. Kalau sudah bosan dengan menulis blog saya langsung deh beralih sejenak membuat craft. Craft yang sering saya buat adalah bros pita, origami, gambar dan lainnya. Kegiatan ini bisa saya lakukan sehari dua hari. Bahkan seringkali lupa untuk ngeblog. Namun juga membuat kangen ngeblog. Nah, cara ini cukup mujarab membuat otak pikiran saya fresh lagi untuk ngeblog. 

 6. Mendengarkan radio dan beristirahat. Biasanya kalau sudah mentok gak ada ide untuk membuat tulisan dan saya merasa jenuh. Yang saya lakukan adalah menghidupkan radio yang menyetel musik-musik sambil tidur-tiduran melepas penat sejenak. Meskipun laptop tetap menyala tapi saya biarkan saja dulu. Nanti kalau rasa bosannya hilang baru saya beranjak dari tempat tidur dan mulai menulis lagi. Terkadang ide muncul dengan sendirinya dan inspirasi itu biasanya berasal dari lirik-lirik lagu yang saya dengarkan. Tapi terkadang kalau sudah tiduran saya bisa bablas tertidur beberapa jam. Toh hal itu gak jadi masalah, malah jadi lebih segar lagi lo. 

Beberapa langkah mudah mengatasi bosan ketika ngeblog yang saya lakukan boleh lo kalian coba. Setiap orang pasti mempunyai cara masing-masing untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Bagi saya apa yang saya lakukan adalah langkah terbaik saya sendiri. Cukup ampuh lo. Mau mencoba?

Comments

Abdul Cholik said…
Sepakat, saya juga melakukan beberapa kegiatan di atas.
Salam hangat dari Jombang
Saya biasanya mendengarkan radio Mbak untuk sedikit mengobati rasa bosan saya ketika ngeblog
FaniaSurya said…
Sip. Salam hngat juga dari sini pak dhe
FaniaSurya said…
Iya mbak. Saya sering banget dengerin radio

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…