Langkah Mudah Mengatasi Bosan Ketika Ngeblog

Bagi saya ngeblog itu pekerjaan yang mengasyikkan karena disana saya bisa mencurahkan segala apa yang ada dalam benak dan pikiran saya. Gak harus curhat yang menyayat hati sih, tapi juga bisa berupa pengalaman-pengalaman yang pernah terjadi dalam hidup saya. Kegiatan ngeblog yang saya lakukan selain untuk menuangkan benak pikiran dan pengalaman sehari-hari juga dimaksudkan untuk memberikan info kepada orang lain. Biasanya kan manusia mencari jawaban atas sesuatu apa yang ingin mereka ketahui di internet. Semoga tulisan saya bermanfaat dan bisa menjadi sumber info bagi siapa saja.

Tidak dipungkiri kegiatan ngeblog terkadang membosankan dan bikin malas-malasan. Malas karena capek atau banyak aktivitas lain misal aktivitas kerja kantoran, pekerjaan rumah dan lainnya. Hal inilah yang membuat kegiatan ngeblog saya jadi moody. Apalagi nih kalau laptop yang saya punya rusak gak bisa digunakan. Karena hal tersebut pernah saya alami, alhasil setahunan saya gak ngeblog. Hp yang saya punya pun saat itu tida mendukung untuk menulis blog lewat HP. Katena masih jadul kali ya? Jadi terpaksa deh harus hiatus dulu dari dunia per-blog-an. 

Pengalaman lain pernah terjadi yaitu malasnya sampai ketulungan untuk menulis. Wah kalau sudah begini artinya laptop bakalan mangkrak gak pernah saya sentuh. Meskipun ada HP yang juga mendukung untuk menulis, tetap saja saya malas. Padahal selama ini saya seringnya ngeblog pakai HP lo, sebab HP itu lebih praktis digunakan dan saya tidak perlu mengeluarkan atau membuka laptop yang terasa berat itu. Lewat HP juga saya bisa ngeblog dimana saja dan bahkan bisa sambil tiduran. Asyik kan?

Nah, untuk mengatasi rasa bosan dan malas melakukan kegiatan ngeblog, ada beberapa langkah mudah yang saya lakukan, diantaranya yaitu:
1. Matikan laptop dan tinggalkan HP, lalu melakukan aktivitas lain. Misal baca buku atau beberes rumah atau bahkan ngaji. Nanti kalau sudah selesai biasanya nih jadi semangat lagi untuk ngeblog. Hal ini setidaknya mengurangi sedikit rasa jenuh yang saya alami saat ngeblog.

 2. Refresing dulu sejenak keluar ke halaman rumah. Keluar rumah gak harus ke mall. Cukup keluar halaman rumah dan menghirup udara yang segar. Pagi, siang dan malam keluar ke halaman rumah bisa membuat pikiran lebih fresh dan segar. Sejenak nikmati situasi di lingkungan sekitar rumah dan bertegur sapa dengan para tetangga. Pasti deh rasa jenuhnya mulai menghilang dan pikiran jadi fresh lagi.  

 3. Baca-baca status teman-teman sesama blogger di medsos. Biasanya kan status-status mereka ini selalu berhubungan dengan dunia perblogingan. Nah dengan membaca status mereka entah itu yang mendapat hadiah lewat lomba blog atau yang datang ke event blogger dan lainnya membuat saya jadi semangat lagi untuk ngeblog. 

 4. Mencari-cari lomba atau giveaway lomba blog yang hadiahnya keren-keren. Ini nih bisa juga jadi penyemangat saya untuk mgeblog. Sebenarnya hadiahnya sih yang membuat saya semangat ngeblog. #eh enggak juga kok tapi bener juga.

 5.  Membuat craft. Saya orangnya suka sekali dengan yang namanya kreatifitas salah satunya craft. Kalau sudah bosan dengan menulis blog saya langsung deh beralih sejenak membuat craft. Craft yang sering saya buat adalah bros pita, origami, gambar dan lainnya. Kegiatan ini bisa saya lakukan sehari dua hari. Bahkan seringkali lupa untuk ngeblog. Namun juga membuat kangen ngeblog. Nah, cara ini cukup mujarab membuat otak pikiran saya fresh lagi untuk ngeblog. 

 6. Mendengarkan radio dan beristirahat. Biasanya kalau sudah mentok gak ada ide untuk membuat tulisan dan saya merasa jenuh. Yang saya lakukan adalah menghidupkan radio yang menyetel musik-musik sambil tidur-tiduran melepas penat sejenak. Meskipun laptop tetap menyala tapi saya biarkan saja dulu. Nanti kalau rasa bosannya hilang baru saya beranjak dari tempat tidur dan mulai menulis lagi. Terkadang ide muncul dengan sendirinya dan inspirasi itu biasanya berasal dari lirik-lirik lagu yang saya dengarkan. Tapi terkadang kalau sudah tiduran saya bisa bablas tertidur beberapa jam. Toh hal itu gak jadi masalah, malah jadi lebih segar lagi lo. 

Beberapa langkah mudah mengatasi bosan ketika ngeblog yang saya lakukan boleh lo kalian coba. Setiap orang pasti mempunyai cara masing-masing untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Bagi saya apa yang saya lakukan adalah langkah terbaik saya sendiri. Cukup ampuh lo. Mau mencoba?

4 komentar

Abdul Cholik mengatakan...

Sepakat, saya juga melakukan beberapa kegiatan di atas.
Salam hangat dari Jombang

Titis Ayuningsih mengatakan...

Saya biasanya mendengarkan radio Mbak untuk sedikit mengobati rasa bosan saya ketika ngeblog

FaniaSurya mengatakan...

Sip. Salam hngat juga dari sini pak dhe

FaniaSurya mengatakan...

Iya mbak. Saya sering banget dengerin radio