Pengalaman Sehat Bersama SoMan dan BloggerDay 2017

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja. 
Ralph Marston


Kata-kata itulah yang memotivasi saya untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Sudah hampir dua tahun saya melakukan pola hidup sehat, karena memang keinginan dari diri sendiri agar tubuh tetap sehat, bugar, bisa beraktivitas dan awet muda. Keinginan ini sudah saya tanamkan dalam hati bahwa saya harus sehat mulai dari sekarang. Dulu saya sering sekali sakit kepala dan hampir terjadi setiap hari. Bahkan saya pernah 2x dirawat di rumah sakit karena sakit demam berdarah. Yang terakhir saya pernah dioperasi dan dirawat di RS selama seminggu karena sakit kista. Berawal dari seorang teman yang selalu posting tentang pola makan hidup sehat, akhirnya saya tertarik untuk mengikutinya. Alhamdulilah pola hidup sehat yang saya ikuti ada hasilnya. Saya terasa lebih segar, dan sehat. Sebuah ikhtiar dimana apa yang saya lakukan adalah karena saya sayang terhadap diri dan tubuh saya sendiri. Karena Tuhan menciptakan tubuh ini untuk saya agar saya tidak mendzoliminya tapi justru saya merawatnya dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan ikhtiar ini membawa kebaikan untuk saya dan tubuh saya sendiri. Amin.

Lalu apa yang saya lakukan untuk memulai hidup sehat?

  1. Pola makan sehat. Dimana saya memulainya dengan makan banyak sayuran serta buah-buahan. Mengurangi karbohidrat  terutama nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah atau nasi hitam atau pengganti karbohidrat lainnya seperti jagung, ketela, ubi dan kentang. Mengurangi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi.  Dengan rajin makan buah dan sayuran, maka kondisi tubuh saya akan lebih basa sehingga tidak mudah sakit.
  2. Olahraga. Untuk olahraga biasanya saya hanya lari-lari kecil ataupun berjalan kaki mengitari lapangan. Kalau pagi hari setiap kali ke kantor selalu berjalan jauh dari rumah menuju tempat angkutan umum kurang lebih 800 meter.
  3. Istirahat yang cukup. Mengurangi begadang yang terlalu sering selama tiga hari berturut-turut, karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Begadang akan merusak tubuh dan otak. Bila dilakukan terus-menerus maka lama-kelamaan  tubuh menjadi tidak seimbang akhirnya muncullah penyakit.
  4. Manajemen stress. Hal ini penting sekali. Walaupun saya sudah melakukan pola hidup sehat, tapi kalau pikiran terganggu maka kesehatan saya nantinya akan terganggu juga. Oleh karena itu memanajemen stress itu penting. Pola makan dan pikiran harus seimbang untuk menciptakan kondisi tubuh yang basa. Bukan malah menambah kondisi tubuh lebih asam.


Lalu apa yang terjadi dengan saya selanjutnya? Hidup saya lebih terasa sehat dan tak mudah sakit. Maka dari itu ketika ada undangan dari BloggerCrony yang akan mengadakan BloggerDay 2017 untuk peringatan Ulang Tahun BloggerCrony di Kawasan Wisata Rumah Joglo (KWRJ) di Bogor, saya langsung tertarik untuk mendaftar. Yang utama alasan saya tertarik adalah ada materi dari Kemenkes tentang Kesehatan dan juga ada materi dari produk sponsor tentang Kesehatan dan Obat Herbal. Wah, materinya bagus sekali. Tak hanya itu saja ada juga materi tentang Blog dan Attitude.

Acara BloggerCrony dan BloggerDay 2017 by SoMan ini diikuti oleh 100 orang Blogger dari berbagai kota. Pasti terasa seru dan ramai. Pelaksanaan acara dilaksanakan tanggal 18-19 Maret 2017. Meeting point hari pertama, kami yang naik kereta berkumpul di Stasiun Bogor yang dikoordinasi oleh Mbak Yayat dan untuk seanjutnya kami akan diangkut menggunakan angkot menuju KWRJ dengan jarak yang lumayan jauh. Tapi kami tidak merasa keberatan dan hepi-hepi saja. Cukup dengan membayar ongkos angkot Rp.17.000,- saja. Untuk penginapan dan segala tetek bengeknya  selama disana diberikan secara gratis oleh BloggerCrony. Asyik kan?

HARI PERTAMA BLOGGERDAY 2017

Hari pertama, sesampainya di KWRJ sekitar pukul 12.00 WIB, kami dipersilahkan makan siang untuk selanjutnya para peserta dipersilahkan istirahat di pendopo masing-masing yang sudah disediakan. Kemudian Opening Ceremony dibuka oleh produk sponsor yaitu PT. SoMan Indonesia dan diadakan di main stage dengan lapangan luas yang ada dibagian depan KWRJ dan dekat dengan pintu masuk. Di acara  ini kami berkumpul sambil berdiri. Host acara adalah Bang Yos. Tak hanya SoMan, Mbak Wardah Fajri  sebagai ketua panitia acara sekaligus yang memotori komunitas BloggerCrony juga memberikan sambutannya. Tepuk tangan riuh dan ceria dari para peserta begitu gegap gempita. Hingga akhirnya diumumkan pemenang Best E-poster Facebook Share by SOMAN.




Tepat siang hari pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan acara BloggerHangout, dimana kami diharuskan berkumpul di pendopo KWRJ dengan memakai dress code berwarna ungu. Mengapa harus ungu?  Karena produk SoMan ini warnanya ungu. Maka biar selaras dan matching jadi kita diwajibkan memakai dress code ungu.




Acara pertama adalah pemberian materi dan workshop tentang  "Social Media VS Real World" Workshop oleh mas Ferri Yuniardo (Dikidi).  Selesai workshop acara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan untuk pembicara dan foto bersama dengan semua peserta BloggerDay 2017. Jujur sekali dari workshop ini saya banyak mendapat ilmu dan belajar bahwa apa yang kita tampilkan di media sosial itu bukanlah hal nyata. Semuanya hanyalah semu dan pencitraan belaka. Jadi kalau kita melihat orang lain memposting status maupun foto apapun itu janganlah sampai dibawa perasaan alias baper. Itulah inti pesan yang disampaikan oleh Mas Ferri di dalam workshopnya. Jadi, bijaklah menggunakan medsos, karena suatu saat medsos bisa menjadi bumerang buat kita sendiri. Jangan percaya apa yang ditampilkan orang lain disana, karena belum tentu hal tersebut sebuah kenyataan.


Akhirnya workshop bersama Mas Ferri selesai dan kami dipersilahkan untuk istirahat sejenak. Hingga sore harinya jam 16.00 WIB acara akan dilanjutkan kembali.  Sesi ini merupakan sesi Blogger View yaitu sebuah sesi dimana di dalamnya adalah acara seru dengan adanya permainan/games  dari pemateri produk sponsor yaitu SoMan berupa pembagian kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang dan hanya mempunyai waktu 2 menit untuk memisahkan kartu-kartu berdasarkan 39 bahan baku SoMan. Sayangnya saat permainan ini kelompok saya banyak salahnya. jadi kami tidak memenangkan permainan. Dengan permainan ini saya dan yang lainnya jadi tahu mana saja yang termasuk buah dan mana saja yang termasuk sayuran. Ternyata persepsi teman-teman banyak yang berbeda ya. Seru, ramai dan lucu.

Pemateri diwakili oleh mas Ario Fajar sebagai Head of Marketing Communications and Promotion PT. SoMan Indonesia, dr. Grace Maria Salindeho, M.Kes sebagai Konsultan Medis SoMan dan Dokter BPJS Kesehatan serta mbak Tatu Ratna Sari, S.Farm., Apt Sebagai Konsultan Produk Soman.

Materinya sangat menarik. Tidak hanya berbicara tentang produk SoMan saja tapi juga berbicara tentang kesehatan serta konsultasi kesehatan dan bagaimana cara mengkonsumsi SoMan untuk kesehatan bersama dokter Grace Maria.




Akhirnya acara dilanjutkan lagi dengan adanya pengumuman pemenang Live Tweet by SoMan. Saya termasuk salah satu pemenangnya. Yeay. Alhamdulilah menang juga. Terima kasih SoMan dan BloggerCrony. Gak nyangka juga sih bisa menang. Hadiahnya pun lumayan buat nambah ongkos pulang ke Jakarta. Eh atau saya belikan SoMan saja ya?



Setelah acara selesai, para peserta dipersilahkan Isoma. Tepat malamnya pukul 19.00 WIB, pemberian materi dilanjutkan kembali. Kali ini adalah sesi BloggerHangout. Materi yang akan dibawakan adalah bertema "Attitude Penting Ya?" Workshop Personality & Personal Branding oleh mbak Ririn Rosaline. Materinya bagus sekali. Tentang attitude. Dari materi ini dapat saya simpulkan bahwa menjadi Blogger ataupun Penulis itu harus mempunyai attitude dimanapun kita berada terutama dikala mendapat job review, menulis dan di komunitas maupun di dalam undangan acara yang didukung oleh produk sponsor. Attitude yang kita tunjukkan adalah siapa diri kita sebenarnya. Personal Branding bukanlah sebuah pencitraan semu belaka. Personal Branding juga bukan mengubah kepribadian kita. Tapi untuk menciptakan Personal Branding, kita harus konsisten, komitmen dan berkelanjutan. Sehingga apa yang kita bangun menciptakan personal branding yang positif. Perlu diingat ketika kita menerima undangan sebuah acara, jangan asal datang saja, tapi kita harus tahu syarat dan ketentuan yang berlaku. Ciptakan kesan positif dan mematuhi aturan agar kesan positif  yang kita bangun tidak dirusak hanya dengan nila setitik. Jadi kalau mau dinilai tinggi oleh orang lain, maka milikilah attitude yang bagus. Apa yang disampaikan oleh mbak Ririn memang banyak benarnya sih. Jadi saya harus belajar attitude yang baik mulai dari sekarang.




Hari mulai malam, saya sih mulai mengantuk dan lelah. Tapi ketika materi dilanjutkan oleh mas Anwari Natari tentang Workshop Menulis Review Elegan dan Berdampak, rasa kantukku tiba-tiba hilang. Ternyata materi yang dibawakan oleh mas Anwari ini lebih banyak banyolan dan lucunya. Peserta pun yang tadinya terkantuk-kantuk jadi melek dan ikutan tertawa. Apalagi saya sendiri. Memang sih materinya tentang tata bahasa dalam menulis. Tapi jujur saya dibikin ngakak oleh apa yang dibawakannya. Hingga akhirnya materi selesai sekitar jam 12.30 WIB. Kelelahan sih tidak terasa karena saya merasa puas dengan materi hari pertama ini. Seru, senang, lucu dan tawa bercampur aduk. Kesan yang begitu mendalam dan akan selalu terkenang.

HARI KEDUA  BLOGGERDAY 2017

Yeay, sudah hari kedua saja nih. Pagi-pagi sekitar jam 04.30 WIB kami harus bangun dan berkumpul di lapangan untuk melakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) serta Tes Kebugaran bersama Kementerian Kesehatan RI. Sebenarnya saya agak kurang fit, karena kepala sedikit pusing. Mungkin saja karena kelelahan dan tidur hanya  beberapa jam saja. Akhirnya saya ingat kalau saya mendapat produk SoMan gratis kemarin. Langsung saja saya minum 5 tetes saja. Sebelumnya saya sudah sarapan buah dan minum perasan jeruk nipis serta air hangat yang saya bawa sendiri dari rumah. Alhamdulilah beberapa jam kemudian rasa pusing saya berkurang dan lama-lama hilang. Ternyata khasiat SoMan bagus sekali ya.


Tepat jam 06.00 WIB saya dan teman-teman berkumpul di lapangan menunggu giliran untuk di tes kebugaran. Pertama kali saya di cek kadar gula, tekanan darah, kadar kolesterol dan beratnya. Ternyata diketahui bahwa kolesterol saya tinggi yaitu 210. Langsung saja saya syok dan terkejut. Kok bisa ya? Padahal beberapa bulan yang lalu saya cek ke RS, justru kolesterol saya normal dan saya pun sudah mengurangi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi selama ini. Tapi akhirnya saya ingat-ingat kembali, ternyata kemarin saya mencoba makan bakso saking penginnya. Baru sekali makan bakso saja kolesterolnya sudah naik. Apalagi kalau makan bakso setiap hari ya? Waduh, bisa berabe nih.

Tapi ketika di cek kesehatan jantung saya dengan disuruh olahraga jalan cepat mengitari lapangan sebanyak 7 kali, alhamdulilah kesehatan jantung saya cukup baik dan saya dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin supaya jantung saya kesehatannya bagus. Oke akan saya mulai detik ini juga.




Acara Germas sudah selesai, dilanjutkan dengan sarapan, berenang, istirahat dan packing. Kemudian tepat jam 12.00 WIB kita makan siang dilanjutkan kembali dengan acara Closing dan Awarding. Kami sudah mulai bersiap-siap dengan packingan masing-masing yang sudah dibawa ke pendopo utama. Di acara penutupan ini dimulai dengan sambutan Mbak Wawa dan panitia yang lain. Serta peniupan lilin ultah BloggerCrony kedua dimana kuenya berasal  dari Komunitas Asinan Bogor. Ini adalah acara puncak dari ulang tahun BloggerCrony yang sebenarnya.






Dilanjutkan kembali pengumuman para pemenang dengan kriteria-kriteria sebagai berikut:
  1. Most Wanted Blog Award by BloggerCrony
  2. Pengumuman Pemenang Best Instagram Post by SoMan
  3. Sharing Session Bloggers - 3 Testimoni - Hadiah dari BloggerCrony
  4. Pengumuman 3 Peserta Teraktif Workshop - Hadiah dari BloggerCrony
  5. Pengumuman 3 Peserta Teraktif di Medsos - Hadiah dari BloggerCrony

Nah, pengumuman dan pemberian hadiah sudah selesai nih. Ternyata hadiahnya banyak banget ya. Saya pun belum menang untuk kali ini. Tak apalah toh saya sudah bersenang-senang dan mendapat banyak ilmu disini. Saya ikut senang atas kemenangan mereka. Mereka adalah Blogger-blogger hebat lo.




Selanjutnya yaitu Penyerahan Kenangan dari BloggerCrony ke Pembicara Workshop, dilanjutkan dengan Pengumuman Blog dan Vlog Competition berhadiah total lebih dari 9 Juta Rupiah. Untuk acara penutup, kita semua melakukan sesi foto bersama baik BloggerCrony maupun sponsor. Acara ini sangat berkesan sekali dan mudah-mudahan di ulang tahun BloggerCrony berikutnya acara seperti ini diadakan kembali sebagai media Blogger Gathering untuk lebih mempererat silaturrahmi antar komunitas dengan anggota-anggotanya serta memperoleh ilmu-ilmu yang belum kita dapatkan. Bravo BloggerCrony. Selamat ulang tahun ya.

Untuk lebih serunya, simak yuk video berikut ini. 





SAYA DAN SOMAN

Sesampainya di rumah rasa lelah dan capek baru terasa ya. Bayangkan saja, pulang dari acara BloggerDay 2017, naik angkot menuju Stasiun Bogor. Apalagi sesampainya di stasiun, hujan langsung mengguyur dan terpaksa deh menuju KRL hujan-hujanan juga. Sesampainya di KRL ternyata saya tidak mendapatkan tempat duduk. Akhirnya terpaksa harus berdiri dengan bawaan tas yang sangat berat. Saya berdiri cukup lama jarak tempuh dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Jatinegara. Nah, sesampainya di Stasiun Jatinegara, saya pindah kereta yang menuju ke arah Stasiun Senen. Tapi saya pun masih harus berdiri lagi karena tidak kebagian tempat duduk. Dari Stasiun Senen masih harus naik tangga lagi menuju pintu keluar mencari Metro Mini. Alhamdulilah akhirnya bisa duduk dan selonjoran sebentar hingga sampai ke rumah. Tapi jarak dari turun metro mini menuju rumah pun harus berjalan. Oh Tuhan, perjalanan ini benar-benar melelahkan. Alhamdulilah sampai rumah juga. Lumayan bisa melepas kepenatan kaki yang berjam-jam berdiri hingga terasa tegang dan kaku. Malam harinya saya ternyata lupa minum SoMan yang diberikan gratis di acara kemarin. 




Dalam kondisi lelah saya pun besoknya harus berangkat kerja ke kantor. Badan masih terasa capek sekali dan seharusnya saya meluangkan waktu untuk cuti satu hari saja agar mengistirahatkan badan yang sangat lelah. Sampai akhirnya saya terserang flu dan batuk. Mungkin karena hujan-hujanan kemarin kali ya. Tenggorokan gatal, hidung berair dan kepala terasa pening sekali. Apalagi ditambah dengan tanda-tanda mau datang bulan. Wah makin lengkap deh sakitnya. Sampai akhirnya keesokan harinya saya benar-benar gak kuat untuk berangkat kerja lagi. 

Saat itu saya masih belum berkeinginan untuk ke dokter, karena saya yakin keesokan harinya pasti sembuh. Tapi ternyata dugaan meleset. Ketahanan saya untuk tidak pergi ke dokter akhirnya runtuh. Saat itu juga saya memeriksakan diri ke dokter. Ternyata tekanan darah saya rendah dan saya kekurangan hemoglobin. Pantesan kepala terasa pening dan memang ada tanda-tanda datang bulan. Dokter pun meresepkan obat dan saya tebus. Saat itu saya tidak ingat sama sekali dengan yang namanya obat tetes SoMan. Saya biarkan saja tergeletak di dalam tas ransel sehabis dari KWRJ kemarin. Karena tempatnya tersembunyi saya pun jadi lupa. Kalau kondisi sudah sakit, memang otak dan pikiran sering tidak sinkron ya.

Disaat saya mengkonsumsi obat dokter, tanpa sengaja saya membuka tas ransel. Saya langsung sedikit teriak.
"Loh ini kan SoMan!" Layaknya orang kaget saja. 
"Kenapa saya gak minum SoMan saja ya? Duh lupa deh." Sambil berbicara dengan diri-sendiri.

"Perasaan kemarin di Bogor waktu saya sakit kepala minum SoMan jadi agak mendingan deh. Coba lagi ah. " ujarku pada diri sendiri.


Tanpa basa-basi  dua jam kemudian setelah saya minum obat dari dokter, lalu saya minum 5 tetes SoMan. Setelah itu saya rutin minum SoMan 5 tetes sebanyak 3x dalam sehari. Efek setelah minum ternyata saya merasa ngantuk sekali. Lalu saya bawa tidur dan istirahat. Setelah 3 hari mengkonsumsi SoMan alhamdulilah badan saya mulai pulih kembali. Badan terasa segar walaupun flu dan batuknya tinggal sisa-sisa saja. Efek lainnya yaitu ketika buang air besar warnanya agak kehitam-hitaman. Tadinya kaget apa yang terjadi dengan tubuh saya ya. Ternyata itu efek dari SoMan yaitu membersihkan kotoran dalam tubuh alias terjadi detoksifikasi.  Efek ini merupakan gejala normal yang terjadi 3 hingga 14 hari. Ah lega jadinya. Seminggu kemudian alhamdulilah saya sudah sehat, fit dan bugar lagi. Yeay, waktunya bersemangat lagi. 

Sewaktu workshop kemarin, ada beberapa testimoni dari para penggunan SoMan bahwa setelah mengkonsumsi SoMan, penyakit kista yang dideritanya berangsur membaik. Maka dari itu, saya memberanikan diri untuk rutin mengkonsumsi SoMan, supaya penyakit kista saya yang muncul lagi setelah operasi bisa mengecil dan sembuh. Saya takut dan gak mau dioperasi untuk yang kedua kalinya. karena merasakan setelah tindakan operasi itu sakit. Selain dengan mengkonsumsi SoMan tentunya saya juga menjalankan pola hidup sehat seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Siapa sih yang mau sakit. Pastinya semua orang menginginkan sehat kan? Kalau tidak dari sekarang membiasakan hidup sehat, kapan lagi?


SOMAN ITU APA SIH

Oh iya, setelah panjang lebar ngejelasin efek SoMan yang saya konsumsi, pasti belum tahu ya SoMan itu apa? 

SoMan diproduksi oleh kerjasama antara PT Soman Indonesia, dan PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI). PT Soman Indonesia adalah perusahaan nasional yang membidangi pengadaan dan pemasaran produk berbahan dasar herbal asli Indonesia yang didirikan pada 5 Februari 2009. Perusahaan bersinergi dengan PT Harvest Gorontalo Indonesia, kemudian mengembangkan dan memasarkan produk berkualitas bernama SoMan (Sozo Formula Manggata 1). Sedangkan PT Harvest Gorontalo Indonesia adalah inovator produk kesehatan yang memanfaatkan tanaman obat herbal asli Nusantara. Hasil inovasi dan pengembangannya adalah SoMan (Sozo Formula Manggata 1) yang merupakan produk kesehatan kategori jamu tetes herbal.

HGI telah mendapatkan sertifikasi Quality Management System ISO 9001:2008, Jamu Tetes SoMan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia dengan POM TR 083677661, SoMan juga telah tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.




SoMan adalah obat herbal dalam bentuk cair (tetes) yang diformulasikan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan campuran 39 bahan alami yang terdiri dari 18 buah-buahan, 12 sayur-sayuran, dan 9 rempah terpilih, SoMan mengandung senyawa fitonutrien yang baik untuk memelihara daya tahan tubuh (imun) dan menjaga kesehatan. SoMan mengandung multivitamin (A,C,E,K), mineral, asam amino esensial & non-esensial, EPA, DHA, dan omega (3,6,9).

Ke- 39 bahan alami tersebut antara lain : buah merah, manggis, nanas, buah naga, kiwi, mengkudu, belimbing bintang, belimbing sayur, air kelapa, anggur, nanas, tomat, buah maja, apel malang, sirsak, mangga, alpukat, jeruk bali, jeruk cina, pepaya, pisang goroho, bayam, seledri, wortel, sawi putih, kentang, kemangi, paria, umbi manggata, rosella, kayu manis, pasak bumi, temu putih, bawang putih, jinten hitam, ketepeng cina, terong ungu, kacang merah, kedelai.

Tatu Ratna Sari, S.Farm., Apt., Konsultan Produk SoMan, menjelaskan, hingga saat ini SoMan merupakan produk kesehatan yang paling banyak bahan bakunya di Indonesia. SoMan juga memiliki tingkat pH tertinggi yakni mencapai 9+ yang mampu menangkal penyakit. Setiap tetesnya mengandung senyawa yang bersifat sebagai antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, analgetik, antiradang dan antivirus.

SoMan telah mengantongi serangkaian uji antara lain Uji Kandungan & Toksisitas di Lab Saraswanti Indo Genetech, Uji Fitokimia di LPPM IPB, Uji Pre Klinik Kolesterol di Universitas Pancasila, dan Uji Klinik Diabetes di Universitas Gadjah Mada.

Uji Klinik Diabetes

Ketua Tim Peneliti SoMan dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., menguraikan, pengujian SoMan dilakukan di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mulai bulan Desember 2015 hingga Mei 2016. 

Dalam pengujiannya, Tim Peneliti melibatkan pasien DM tipe 2 (yang tidak tergantung insulin) di mana metode penelitiannya berupa randomized controlled trial, double blind, consecutive sampling, dan random allocation.

Kriteria sampel pengujian meliputi ; pasien DM, usia 35-60 tahun, pria dan wanita, pasien dengan kadar gula darah lebih dari 126 mg/dL, pasien dengan HbA1C lebih dari 7%, pasien yang menggunakan antidiabetes metformin.

Selama pengujian berlangsung, sampel penelitian dikelompokkan menjadi dua yakni;
1.    Kelompok yang diberi SoMan dan Metformin.
2.    Kelompok yang tidak diberi SoMan (Plasebo) dan Metformin.

Penggunaan SoMan dengan dosis 10 tetes 3 kali sehari selama 3 bulan menghasilkan kesimpulan ; 

• Pada bulan ke-1
Kadar gula darah puasa kelompok yang diberi SoMan turun 33,65% sementara Plasebo (yang tidak diberi SoMan) hanya turun 3,36%.

• Pada bulan ke-2
Kadar gula darah puasa yang diberi SoMan turun 26,65% sementara kelompok Plasebo (yang tidak diberi SoMan) justru naik 5,14%.

• Pada bulan ke-3
Kadar gula darah puasa kelompok yang diberi SoMan turun 28,53% sementara kelompok Plasebo (yang tidak diberi SoMan) hanya turun 1,64%.

Jadi SoMan ini ternyata sangat efektif untuk mengobati penyakit diabetes




Sekarang saya percaya, kalau SoMan itu khasiatnya banyak banget. Ada 7 keunggulan dari SoMan yaitu:

  1. Terkuat. Karena SoMan berkhasiat meningkatkan vitalitas pria dan juga mengandung banyak vitamin yang sangat baik. 
  2. Terbanyak. Karena SoMan mengandung paling banyak bahan alami yaitu sebanyak 39 bahan yang terdiri dari 12 sayur, 18 buah dan 9  rempah.
  3. Tertinggi. Karena SoMan memiliki pH tertinggi yaitu 9+ yang dapat menangkal penyakit. setiap tetesnya mengandung senyawa bersifat sebagai antioksidn, antibakteri, anti-inflamasi, analgetik, antiradang dan antivirus.
  4. Terkomplek. karena cara pembuatan SoMan sangat komplek dengan beragam cara pengujian. mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahannya sampai dengan prosesnya. bahkan Soman ini halal dan sudah terdaftar di MUI. 
  5. Teruji dan Terpercaya. Karena SoMan sudah melalui proses pengujian klinis seperti uji kandungan dan toksisitas, uji fitokimia, uji pre klinik kolesterol dan uji klinik diabetes. 
  6. Terbukti. Khasiat SoMan sudah terbukti menyembuhkan penyakit. Orang-orang yang mengkonsumsi SoMan sudah banyak yang merasakan manfaatnya seperti penyembuhan kista dan diabetes. 
  7. Terbaik. Karena diketahui siapa pembuatnya  serta lahan pabriknya berada dimana. Selain itu Soman juga mempunyai dokter medis.
Nah, SoMan juga aman lo diminum oleh adik bayi bahkan ibu hamil. SoMan aman dikonsumsi oleh bayi bahkan mulai sejak lahir.  Nutrisi yang terkandung di dalam SoMan justru penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si bayi yang masih rentan, bisa juga dapat mencerdaskan otak bayi dan mensupport pertumbuhannya serta tidak mudah sakit. Karena SoMan ini tidak mengandung zat-zat kimia tapi mengandung beragam nutrisi dari 39 bahan alami.

SoMan tak hanya untuk kesehatan saja, khasiat lainnya yaitu bisa menyembuhkan luka termasuk juga luka bakar. Terutama untuk orang yang mempunyai penyakit diabetes dan mendapatkan luka di beberapa bagian tubuhnya atau disebut dengan gangrene. Caranya gampang banget: 

  1.    Ambil SoMan dan teteskan langsung pada luka sebanyak 2-3x sehari. 
 2.  Bisa juga dengan diencerkan menggunakan air 1-10 ml lalu semprotkan menggunakan alat semprot bekas yang sudah bersih. Atau bisa juga bagian yang luka direndam ke dalam air SoMan tadi. Minimal perendaman selama 1 jam ya. 
 3.   Luka yang ada jangan ditutup supaya cepat sembuh dan terjadi regenerasi sel. Sehingga lukanya nanti tidak berbekas. 

Untuk penyembuhan terhadap suatu penyakit, SoMan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Hal tersebut sangat aman dan tidak menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya karena SoMan ini hanya mengandung bahan-bahan alami saja tanpa bahan kimiawi. Untuk penyembuhan terhadap suatu penyakit, tergantung dari metabolisme tubuh masing-masing orang yang mengkonsumsi SoMan. Ada yang butuh waktu lama untuk sembuh dan ada juga yang cepat sembuhnya setelah mengkonsumsi SoMan. SoMan akan efektif bekerja di dalam tubuh sejak pertama kali digunakan. 

Tapi kalau penyakitnya sudah sembuh sebaiknya tidak perlu lagi mengkonsumsi SoMan. Jangan lupa kalau sudah menghentikan komsumsi SoMan, tetaplah menjaga pola makan dan olahraga yang teratur ya. Kalau saya sendiri supaya badan tetap fit dan bugar, cukup mengkonsumsi 3 tetes SoMan sebanyak 3x sehari saja. 

Untuk lebih jelasnya tentang SoMan bisa langsung membuka situs websitenya di www.somanindonesia.com  

AKHIR CERITA

Dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat. Itulah sekiranya slogan yang patut kita perhatikan dan menjadi renungan diri. Setiap metabolisme tubuh yang dimiliki oleh masing-masing orang selalu berbeda. Ketahanan dan kekebalan tubuhnya juga berbeda. Oleh karena itu, kita sebaiknya berusaha menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Apapun aktivitas yang kita lakukan entah itu ringan ataupun berat harus ada porsinya dan tentunya harus diseimbangkan dengan pola hidup sehat, mulai dari pola makan sehat dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang banyak nutrisi untuk tubuh, olahraga teratur, tidak terlalu banyak begadang sampai dengan manajemen stress. Hal tersebut dilakukan demi untuk mendapatkan kondisi tubuh yang basa dan terhindar dari penyakit. Jadi mau hidup sehat mulai dari sekarang?




























28 komentar

satto raji mengatakan...

waduh perjuangan berat banget ya, pulang dari bloggerday2017. terima kasih sudah hadir dan tetapsehat bersama SoMan

Ruli retno mengatakan...

Beruntung bgt mba bs ikut acara itu... Apalagi soman nya berkhasiat bagus buat kesehatan

Tri Sapta mengatakan...

Banyak yang diperoleh di BloggerDay. Pengetahuan tentang sehat. Sehat badan, sehat dalam sosial media, sehat dalam review, dan sehat dalam branding.

Siti mudrikah mengatakan...

Wah beruntung bisa ikut acara keren ini, semoga thun depan bisa ikut.
Menjaga kesehatan memang harus diprioritaskan, terutama skrg kita bnyaknya konsumsi makanan instan, tp gimna lagi dong y itu lebih praktis.
Tp emang hrus diniatkan bgt buat memulai pola hidup sehat.
Owh soman ini obat cair toh aku kira tablet atau kapsul.
Salam sehat mab fania

vira elyansyah mengatakan...

Wah seru banget yah acaranya, ada olahraga bareng plus bisa ngecek kesehatan huga :),
aku mau ikutan tapi kuota keburu penuh :)


lah itu kok di video mukanya si aris terpampang nyata yah? hahahah

FaniaSurya mengatakan...

@sattoraji Perjalanan akhirnya berat. Tapi acaranya seru abis mas. Seneng banget. Kpn2 ikutan lagi ya...

FaniaSurya mengatakan...

@febrianty rahma : hihihi.. iya mbk gak nyangka menang live tweet. Aq juga hbs minum soman badan enakan.

FaniaSurya mengatakan...

@ruli retno: iya mbk beruntung. Kapan lagi ya ada acara blogger berhari2 gitu nginep di tempat yg keren.

FaniaSurya mengatakan...

@tri sapta: iyaa betul banget mbak.. banyak yg didapat.

FaniaSurya mengatakan...

@siti mudrikah: iya sayang bnget untuk dilewatkan mbk. Smg mbk siti tahun depan bs ikutan. Salam sehat juga.

FaniaSurya mengatakan...

@vira: seru mbk acaranya. Hahaha... itu gak sengaja aja thumbnail youtubenya malah pake wajahnya si aris.

Unknown mengatakan...

seru ya acara blogger itu bisa nambah saudara, mengistirahatkan dari rutinitas sehari-hari, semacam me time lah ya.. senang melihat acaranya.

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Lihat dari materinya, Mbak Fania beruntung sekali bisa ikut acara yang seru seperti itu. Ngg...itu sampai jam 12.30???

FaniaSurya mengatakan...

@adi setiadi: iya mas seru sekali ya. Seperti gak ada beban ikutan acara2 blogger. Hehehe

@nurul fitri: engg iya mbk sampe malem acaranya. Hahaha...

tomi mengatakan...

saya jg datang tuh mba acara bloggerday, tapi apa daya gak bisa ikut sampai selesai mba karena pas hari sabtu malam, aku balik karena keesokannya harus masuk kantor mba

selamat menjadi pemenang livetweet mba

Perempuan November mengatakan...

Selamat ulang tahun ya BloggerCrony, semoga semakin kece baday hehehe,, acara seru banget kelihatannya.

eh iya, daku baru tau ada produk SoMan ini mbak, cocok buat orang-orang yang padat aktifitas nih, biar tetap sehat dan bugar.

hellofika mengatakan...

Aku pas di palembang waktu ada acara ini... huwaaaa jadi iri pas baca tulisan ini.. seruuu banget ya acaranya

btw aku dikirimi teman, satu botol soman untuk ibuku.. alhamdulillah soman menurutku berkhasiat, karena aku jg ikutan coba

omith mengatakan...

kompleks sekali acaranya, sangat seru dan banyak manfaat ya.
setuju banget mba yg penting seinbang kudu istirahat cukup makan sehatvkurangi makanan mengandung lemak dan olahraga tentunya pola hidup bs memanagement stress secara di jkt banyak bgt tekanan haha. soman menarik jg mba buat kesehagan kompleks jg bahan2 nya ya.

lendyagasshi mengatakan...

Kadang yang muda-muda ini meremehkan masalah pola hidup sehat.
Nanti saat tua, akan menuai hasilnya dari pola hidup bagaimana ketika muda dulu.

Acara begini yang dibutuhkan...untuk menyadarkan masyarakat ((terutama para muda-mudi)) agar menjaga lebih baik daripada mengobati.

Kereeen Fania...perjuangannya.

Timo mengatakan...

Acara bloggernya seru amat! Full day ya, tp bermanfaat :)

Rindang Yuliani mengatakan...

Dulu, waktu masih zaman mendengar radio, saya sering mendengar iklan soman. Kalau produknya sekarang masih eksis berarti soman laku banget ya Mbak. Wajar sih ya kalau khasiatnya ternyata banyak begini. Keren Mbak bisa ikut acaranya, jadi mupeng juga. Pasti banyak ilmu yg bisa didapat di sana.

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Mudah mudahan blogger kalimantan juga dapet kesempatan dari Soman untuk ngadain acara seperti ini. Pasti seru banget berkumpul dengan teman sesama blogger. Berbagi dan share pengalaman. Ah menyenangkan sekali sepertinya

atanasia rian mengatakan...

seneng banget aku juga ikut blogger day. Apalagi bisa nyobain pake soman di badan enak banget

April Hamsa mengatakan...

Wuih rame seru acaranya ya? Sayang aku cancel datang :(
Beberapa kali baca review soman jadi makin penasaran, sepertinya cocok emang buat freelancer yg suka begadang kali ya? hehe
TFS ya cerita2nya :D

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 mengatakan...

banyaknyaa blogger yang datang, nyampe 100 blogger, rammmeee, petcaahhh dan seruu acaranya....Pengen ikutan dung kak

Fanny f nila mengatakan...

Aku udh baca bbrp review so man dan pgn bgt nyoba.. Bisa me renew sel2 tubuh .. Tertariknya krn itu mba.. Apalagi dengan cuaca skr yg ga nentu, sel2 tubuh udh mulai menua, kalo sakitpun jd lama sembuh.. :)

Unknown mengatakan...

Iya nih Soman Seru banget waktu itu. Saya ga bisa ikut krn sesuatu hal, tapi beberapa perwakilan blogger bogor hadir, seruuu katanya!

Dinyo mengatakan...

memang bener mbak, stlh mengubah pola hidup menjadi lbh sehat badan jd tahes haha... tp butuh konsistensi besar supaya nggak tergoda dan malas2an.